Bahan Kosmetik Yang Memperparah Jerawat

Kosmetik adalah alat wajib bagi setiap wanita yang digunakan untuk menambah kecantikan dan kepercayaan diri. Padahal tidak semua produk kosmetik cocok bagi setiap jenis kulit. Tahukah anda bahwa ada bahan kosmetik yang memperparah jerawat? Bahan atau kandungan tertentu dalam kosmetik yang anda gunakan sehari-hari turut menyumbang iritasi dan memperparah kondisi jerawat pada kulit. Memang bahan-bahan kosmetik tidak akan langsung memperparah jerawat. Namun, bahan-bahan tersebut dapat menyumbat folikel kulit dan memperparah komedo dan jerawat.

Pilihlah bahan kosmetik yang bebas dari basis minyak atu berlabel oil-free karena hal tersebut termasuk bahan kosmetik yang memperparah jerawat. Pilih juga kosmetik yang non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat.

Bahan-bahan kosmetik dan skincare yang dapat memperparah kondisi jerawat akan dikupas tuntas dalam ulasan ini.

1. Bahan Alkohol

Alkohol ditujukan untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah. Alkohol akan membersihkan dan mengikat minyak atau lemak pada wajah. Namun, alkohol juga dapat membuat kulit wajah terlalu kering. Hal ini malah menyebabkan kelenjar sebaceous atau sebasea memproduksi minyak atau sebum lebih banyak lagi. Menurut Jane Iredale, founder skincare dan kosmetik mineral Jane Iredale, minyak atau sebum akan terjebak dalam kelenjar minyak dan bakteri pun akan masuk. Jane menganjurkan untuk memilih pembersih dan toner yang tidak mengandung basis alkohol. Basis minyak lebih disarankan dibandingkan basis alkohol.

bahan kosmetik yang bisa memperparah jerawat

Alasan mengapa alkohol merupakan bahan kosmetik yang memperparah jerawat:
• Alkohol dapat menyebabkan ketidak seimbangan dalam tubuh. Alkohol dapat menimbulkan ketidakseimbangan atau ketidakstabilan hormon estrogen dan testosterone dalam tubuh. Ketidakstabilan hormon inilah yang akan memperparah jerawat di wajah anda.
• Alkohol juga dapat menurunkan daya imun tubuh. Kekebalan tubuh yang terganggu dapat membuat tubuh tidak dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Hal inilah yang akan memperparah keadaan jerawat.
• Alkohol akan memicu kerusakan hati yang akan memperparah kedaaan jerawat. Hati adalah organ tubuh yang dapat mentralisir racun dan mengatur hormon yang ada dalam tubuh. Hati yang tidak bisa menjalankan fungsinya untuk membuang racun akan membuat racun memperparah jerawat yang bersarang dalam wajah anda.
• Alkohol dapat menyebabkan stress yang dapat memperparah jerawat. Faktanya, stress akan membuat hormon tubuh terganggu dan memperparah jerawat di kulit anda.
• Zat ini juga dapat mengurangi cadangan vitamin A dan C dalam tubuh. Vitamin A dan C berkhasiat sebagai antioksidan untu memerangi radikal bebas yang dapat memperparah kondisi jerawat.
• Alkohol juga membuat pembuluh darah melebar dan menyebabkan kulit tidak sehat. Kulit yang tidak sehata akan memperparah jerawat di wajah.

2. Bahan Pewarna dan Pewangi Buatan

Banyak kosmetik dengan tambahan bahan parfum atau pewangi dan pewarna buatan. Bahan parfum atau fragrance dan pewarna buatan dalam daftar bahan kosmetik menandakan bahwa perusahaan kosmetik tersebut tidak menggunakan bahan-bahan alami dalam produknya. Bahan FD & C dalam kosmetik merupakan pewarna buatan yang dapat mengiritasi kulit dan memperparah jerawat. Bahan ini biasanya tertulis dalam daftar bahan, misalnya “Yellow Number 1, D&C, FD & C”. Bahan pewarna tersebut mengandung timbal asetat yang dapat menjadi racun bagi SSP atau Sistem syaraf manusia. Bahan pewarna ini bisa memperparah timbulnya jerawat pada pipi dan sekitar bibir. Bahan pewarna ini juga dapat menimbulkan alergi, iritasi pada kulit, dan karsinogenik. Bahan pewarna dapat ditemukan dalam lipstick dan blush-on.

Beberapa efek samping yang ditimbulkan pewarna buatan:
• Risiko kanker kulit
• Neurotoksisitas
• Gangguan reproduksi wanita
• Memeperparah Jerawat.
• Ruam

Sebagai alternatif, anda bisa memilih produk kosmetik dengan pewarna organic seperti kunyit, kayu manis, dan lain-lain.
Selain pewarna buatan, parfum atau pewangi buatan juga dapat membuat kulit anda terasa gatal dan tidak nyaman. Parfum atau pewangi buatan juga dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. Selain itu, bahan ini dapat menyebabkan kanker kulit.

Bahan pewangi buatan dapat menimbulkan efek samping lainnya seperti:
• Iritasi kulit
• Muntah
• Hiper-pigmentasi
• Ruam kulit
• Pusing
• Sakit Kepala.

Pilihlah kosmetik yang tidak mengandung parfum atau pewangi dan pewarna buatan. Mona Gohara, MD, dermatologist sekaligus profesor di Departemen Dermatologi Universitas Yale mengatakan bahwa mengurangi kosmetik atau skincare yang mengandung parfum adalah penting. Hal ini dimaksudkan agar efek-efek negative dari bahan tersebut tidak berdampak pada kulit.

3. Paraben dan Phtalates

Kandungan paraben dan phthalates umum digunakan dalam kosmetik, skincare, dan produk kecantikan lainnya. Paraben berfungsi mengawetkan kosmetik. Paraben akan menghamabat pertumbuhan jamur dan bakteri. Oleh karena itu, kosmetik dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Terdapat 4 jenis paraben yaitu etil paraben, metil paraben, butyl paraben, dan propil paraben. Paraben dapat masuk jauh kedalam kulit melakui pori-pori kulit.

Kemudian, bahan ini dapat berefek negative terhadap organ lainnya. Paraben ini juga dapat menimbulkan penyakit kanker dan bersifat racun bagi tubuh. Paraben ini juga dapat memperparah kulit berjerawat dan berminyak. Hal ini disebabkan paraben dapat mengacaukan hormon dalam tubuh. Kacaunya hormon dalam tubuh dapat menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak. Hal inilah yang akan membuat kondisi jerawat semakin parah.

Phtalate digunakan untuk mengencerkan bahan padat dalam kosmetik. Ada tiga macam phthalates yang digunakan dalam kosmetik yaitu:
• Dibuthyl phthalate yang dapat anda temukan dalam cat kuku.
• Diethyl Phtalate yang biasanya terdapat dalam produk parfum dan lotion.
• Dimethyl Phtalate yang umumnya terkandung dalam hair spray.

Phtalate akan mengganggu fungsi endokrin yang dikaitkan dengan kanker dini pada payudara anak perempuan. Phtalate juga bisa menimbulkan cacat pada janin. Selain itu, phtalate juga akan mengurangi produksi sperma pada pria dan menyebabkan gangguan liver. Namun, bahan ini kerapkali tidak dimasukan dalam daftar bahan kosmetik karena ditambahkan ke pewangi. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari pewangi atau parfum buatan. Anda juga perlu menghindari produk pelembab dan deodorant yang mengandung phthalate karena itu termasuk bahan kosmetik yang memperparah jerawat anda.

4. Talc

Talc dalam kosmetik adalah bahan yang berfungsi menyerap kelembaban pada kulit dan mengurangi nyeri akibat gesekan. Namun, menurut menurut dr. Adetunji Toriola, ahli epidemiologi Washington University dalam Scientific American, talc dapat menyebabkan peradangan. Seperti yang diketahui jerawat ini diakaibatkan oleh peradangan.

bahan kosmetik yang bisa memperparah jerawat

Mengapa talc termasuk bahan kosmetik yang memperparah jerawat dan berbahaya bagi kulit?
• Talc diklaim aman sebagai kandungan kosmetik. Namun, talc dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.
• Kemudian, talc yang digunakan pada bagian genital akan mengganggu reproduksi dan menyebabkan kanker ovarium dan tumor paru-paru.
• Talc juga dapat merusak warna kulit dan menimbulkan diskolorasi.
• Bahan ini akan menyumbat pori-pori dan memperparah kondisi jerawat.
• Beberapa talc juga mengandung asbes atau asbestos yang dapat menyebabkan kanker paru-paru jika terhirup.

Beberapa kosmetik yang mengandung talc adalah bedak, bedak tabur bayi, sabun, deodorant, dan eye shadow. Bagi anda yang memiliki kulit yang sensitif, berminyak, dan berjerawat, sebaiknya anda membatasi penggunaan talc ini.

Banyak produk-produk kosmetik mengandung bahan kosmetik yang memperparah jerawat. Hindarilah penggunaan basis alcohol pada kometik. Lebih aman anda menggunakan kosmetik yang berbasis air. Kurangi juga kosmetik yang mengandung pewarna dan pewangi buatan. Pilihlah kosmetik yang mengandung pewarna dan pewangi alami. Hindari juga kosmetik yang menggunakan paraben, phtalates, dan talc asbes yang dapat berbahaya bagi kesehatan dan kecantikan kulit.