4 Bahaya Memencet Jerawat Sembarangan Di Wajah

Jerawat adalah masalah kulit berupa bintik-bintik atau benjolan berwarna merah yang bisa diakibatkan oleh ketidakstabilan hormon, stress, radiasi, kekurangan nutrisi, dan masih banyak lainnya. Jerawat bisa timbul di bagian-bagian wajah dan tubuh yang tidak diinginkan seperti dahi, pipi, hidung, dagu, dan punggung. Kemudian, anda berusaha menghilangkan jerawat-jerawat yang mengganggu penampilan itu dengan cara yang tidak tepat. Jerawat seringkali ditangani dengan cara yang salah, termasuk mengeluarkan isi jerawat secara paksa yang dapat menimbulkan bahaya memencet jerawat sembarangan.

Memencet jerawat adalah sebuah tindakan merobek dan menyiksa kulit anda sendiri. Hal ini menyebabkan memencet jerawat malah akan membuat jerawat meninggalkan bekas jerawat berupa bopeng atau lekukan pada wajah.

Selain itu, tangan adalah bagian tubuh yang hampir dipenuhi dengan bakteri, kuman, dan kotoran yang berukuran mikro atau sangat kecil. Bakteri dan kuman tersebut akan membuat kondisi jerawat semakin bertambah parah. Jerawat harusnya ditangani dengan menggunakan bahan-bahan alami dan produk-produk penghilang jerawat di pasaran.

Berikut ini adalah ulasan mengenai bahaya memencet jerawat sembarangan di wajah anda.

1. Infeksi Pada Jerawat

Jari-jari anda adalah tempat berasarangnya bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme berbahaya lainnya. Ketika anda memencet jerawat anda, bakteri, kuman, dan kotoran lainnya bisa berpindah dari tangan ke wajah yang berjerawat. Jerawat yang dipencet akan menimbulkan pendarahan dan luka dari jerawat yang lebih parah.

Bakteri dan kuman dari jari tangan akan masuk dari luka ini dan menimbulkan infeksi. Hal itu akan memperparah keadaan jerawat. Jerawat yang merupakan masalah kulit akibat sebum, bakteri, dan kuman yang menyumbat pori-pori malah akan diperparah dengan kotoran dari tangan.

Apalagi infeksi jerawat ini akan terjadi pada anda yang mengalami kekurangan zat besi dan vitamin essensial yaitu masalah pembekuan darah. Infeksi ini akan membuat kuman bertumbuh dan berkembang biak lebih cepat. Kuman-kuman bisa masuk ke bagian dalam tubuh melalui pori-pori. Hal ini dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan dan juga kematian.

Kematian inilah yang merupakan bahaya memencet jerawat di hidung yang utama. Tangani dan hilangkan jerawat anda dengan menggunakan bahan-bahan alami atau produk-produk yang ditujukan untuk menghilangkan jerawat. Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan jerawat dengan garam.

memencet jerawat

Infeksi jerawat dapat menimbulkan masalah yang berbahaya seperti hal-hal berikut:
Infeksi yang ditimbulkan dari memencet jerawat adalah jerawat yang semakin meradang. Peradangan yang parah ini memerlukan pengobatan yang lebih serius. Infeksi ini akan menimbulkan respon inflamasi.
Infeksi ini dapat menimbulkan jerawat yang berdarah. Darah yang keluar biasanya berwarna gelap yang menandakan bahwa ini adalah darah kotor.
• Infeksi jerawat ini bisa menimbulkan nanah pada jerawat. Nanah yang ada biasanya disertai rasa sakit dan perih. Ini membutuhkan perawatan untuk menghilangkan jerawat yang lebih intensif lagi.
• Infeksi jerawat juga bisa menyebabkan bakteri dan kuman masuk ke bagian dalam tubuh. Hal ini dapat menggganggu kesehatan tubuh. Kuman dan bakteri itu bahkan bisa menimbulkan suatu penyakit tertentu.
• Infeksi jerawat ini dapat meninggalkan bekas jerawat. Bekas yang ditinggalkan biasanya berupa flek-flek hitam atau bopeng pada wajah. Bopeng adalah lekukan-lekukan pada wajah yang sangatlah mengganggu penampilan. Infeksi ini akan menimbulkan pembentukan jaringan parut atau bekas jerawat.

2. Iritasi pada Jerawat

Memegang, memecah, dan meremas jerawat tidak akan menghilangkan jerawat, alih-alih memperburuk kondisi jerawat. Apakah bahaya memencet jerawat dapat menyebabkan iritasi? Ya, memencet jerawat pada wajah dapat menimbulkan iritasi kulit. Iritasi dapat memicu efek buruk dan negatif lainnya.

Menurut laporan kepada Georgetown University Health Education Service, kesembuhan akibat memencet jerawat hanyalah dirasakan sementara. Hal yang akan terjadi selanjutnya adalah iritasi pada kulit. Iritasi ini diakibatkan bakteri atau kuman yang keluar dari jerawat ketika dipencet. Hal ini malah akan menimbulkan iritasi baik pada bagian kulit yang berjerawat maupun kulit yang masih sehat.

Iritasi juga terjadi akibat bakteri dan kuman menular dari jari-jari tangan untuk memencet jerawat ke daerah wajah anda yang berjerawat. Selain itu, memencet jerawat malah akan membuat bakteri dan kuman masuk ke bagian tubuh yang lebih dalam lagi. Bakteri ini akan membuat jerawat semakin meradang dan teriritasi. Setelah itu, jerawat akan semakin parah yang ditandai dengan warna kemerahan. Warna kemerahan pada jerawat itulah yang mengindikasikan bahwa terjadi iritasi pada jerawat.

Walaupun indikasi iritasi tidak ditunjukkan setelah memencet jerawat, iritasi terjadi pada bagian kulit yang lebih dalam. Kuman dan bakteri terperangkap yang akan menyebabkan jerawat yang lebih parah dan meradang. Hal ini juga akan membuat jerawat berbekas. Bekas jerawat akan bertahan lama pada wajah dibandingkan jerawat itu sendiri.

Bahaya memencet jerawat sembarangan:
• Luka pada Kulit.
• Rasa perih yang semakin menjadi pada bagian jerawat.
• Jerawat yang semakin memerah dan meradang.
• Jerawat yang terasa gatal.

3. Menimbulkan Bekas Luka dan Bekas Jerawat

bahaya memencet jerawat

Bagi anda yang beranggapan bahwa memencet jerawat akan memebersihkan kulit anda dari jerawat, hal itu salah. Faktanya, mengeluarkan isi jerawat secara paksa dapat menimbulkan bahaya memencet jerawat sembarangan. Mungkin memencet jerawat akan membuat isi jerawat keluar dan jerawat menjadi kempes.

Namun, memencet jerawat ini akan meninggalkan bekas luka yang sangat kentara. Anda yang bertujuan untuk menghilangkan jerawat yang mengganggu penampilan, malah mendapatkan luka yang lebih mengganggu terhadap penampilan anda.

Jerawat adalah sebum atau minyak alami tubuh, penumpukan sel-sel kulit mati, dan kotoran lainnya yang menyumbat pori-pori wajah. Memencet jerawat akan mengeluarkan paksa kotoran tersebut dan malah akan merobek jaringan kulit. Jaringan kulit yang robek secara paksa inilah yang akan menimbulkan bekas jerawat.

Memencet jerawat juga akan menekan sumbatan dalam pori-pori lebih dalam lagi di bagian kulit. Inilah yang akan menyebabkan jerawat berbekas. Bekas jerawat akibat memencet jerawat semabarangan dapat dibagi menjadi beberapa jenis:
• Bekas luka karena tekanan. Bekas jerawat ini biasanya merupakan depresi yang sangat luas pada kulit yang berbentuk bulan dan miring di tepi. Bekas luka ini diakibatkan oleh proses memencet jerawat.
• Bekas luka terangkat seperti keloid. Bekas luka jerawat ini diakibatkan isi dari jerawat berupa sebum dan kotoran lainnya dikeluarkan secara paksa saat memencet jerawat.
• Bekas luka dengan perubahan warna. Kerusakan akibat memnect jerawat secara paksa akan menimbulkan kondisi abnormal kulit lainnya. Ini kemungkinan akan menyebabkan perubahan warna abnormal kulit.
• Eritema atau kemerahan permanen. Bekas luka akibat memencet jerawat ini disebabkan kapiler kecil di dekat permukaan kulit rusak atau melebar secara permanen. Hal ini kemungkinan terjadi jika anda memencet jerawat secara paksa.

Gunakanlah bahan-bahan alami atau produk penghilang jerawat yang membuat jerawat anda mengecil dan menghilang.

4. Jerawat yang Semakin Parah dan Bertambah Banyak

Salah satu bahaya memencet jerawat sembarangan adalah jerawat akan semakin parah dan bertambah banyak. Dibawah kulit yang berjerawat, terdapat bakteri dan kuman yang menyebabkan jerawat meradang. Bakteri dan kuman yang berasal dari jerawat yang dipencet akan menyebar ke kulit wajah lainnya yang sehat.

Selain itu, memencet jerawat juga malah akan menyebabkan bakteri dan kuman tertekan kedalam dan menimbulkan jerawat di daerah kulit lainnya. Hal ini malah akan menambah buruk kondisi jerawat dan wajah anda. Ini juga akan menyebabkan kemunculan jerawat baru di area wajah yang sebelumnya tidak terdapat jerawat.

Ditambah, jari-jari tangan anda penuh dengan bakteri, kuman, dan mikroorganisme berbahaya lainnya yang berukuran mikro. Ketika anda memencet jerawat dengan menggunakan jari-jari tangan yang kotor, bakteri propionibacterium acne dan mikroorganisme lainnya akan berpindah dari tangan ke wajah.

Hal ini akan menyebabkan bakteri propionibacterium acne menyebabkan timbulnya jerawat yang lebih banyak lagi. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk memencet jerawat karena akan memperburuk tampilan anda. Memencet jerawat dengan paksa dapat dikategorikan sebagai penganiayaan atau perobekan pada kulit wajah.

Berikut tadi adalah bahaya memencet jerawat sembarangan yang harus anda ketahui. Jika anda ingin jerawat sembuh, tidak memencet jerawat adalah hal yang penting. Bahkan jika anda hanya ingin memegang jerawat, anda diwajibkan untuk mencuci tangan anda terlebih dahulu. Memencet jerawat sembarangan dengan tangan yang kotor malah akan menyebabkan infeksi, iritasi, bekas jerawat, dan jerawat yang semakin banyak. Masih ingin mencoba memencet jerawat anda lagi?