Cara Mencegah Jerawat Muncul Di Wajah

Ibarat pepatah bilang, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jerawat yang terlanjur muncul cenderung dapat meninggalkan bopeng bekas jerawat jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu, cara mencegah jerawat tumbuh dengan perawatan yang benar adalah hal utama yang penting dalam menjaga kebersihan wajah. Marilah kita pelajari bagaimana cara mencegah jerawat muncul di wajah untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus sesuai harapan.

Wajah adalah daerah tubuh dimana umumnya jerawat timbul. Jerawat atau acne vulgaris adalah masalah kulit yang ditandai dengan muka berminyak, munculnya bintik-bintik, atau benjolan berwarna kemerahan. Masalah kulit ini akibat penyumbatan pori-pori dan inflamasi kulit. Selain itu, bintik-bintik atau benjolan ini akan sakit jika disentuh. Hal itu disebabkan benjolan atau inflamasi ini biasanya berisi nanah dan darah. Inflamasi jerawat biasanya terdapat di wajah, leher, punggung, dan dada. Jerawat tersebut memiliki berbagai jenis, mulai dari komedo putih (whiteheads) dan komedo hitam (blackheads) sampai jerawat kista.

Cara mencegah jerawat muncul di wajah Anda tidak sesulit yang dibayangkan. Kuncinya hanya 1, komitmen untuk menjaga kebersihan kulit seperti tips-tips dibawah ini:

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Wajah anda berjerawat atau tidak, tetaplah jaga kebersihan wajah anda untuk mencegah jerawat timbul. Mencuci wajah adalah hal yang paling simpel dan sederhana untuk mencegah jerawat. Setelah anda beraktivitas di luar rungan, debu, dan kotoran akan menempel di wajah anda yang bisa menyumbat pori-pori. Kotoran dan debu yang tercampur dengan sebum dan bakteri P.acne akan menyebabkan jerawat. Mencuci muka dengan teratur diperlukan untuk menghilangkan penumpukan sel-sel kulit mati, bakteri, sebum berlebihan, dan kotoran di wajah untuk mencegah jerawat yang mau tumbuh.

Gunakan air yang bersih dan pembersih wajah yang ringan secara rutin. Selain itu, hindari juga penggunaan dan spons yang kasar saat mencuci muka. Kemudian, hindari menggosok wajah secara kasar dan berlebihan untuk cara mencegah jerawat secara alami. Hal itu akan merangsang kelenjar sebaceous memproduksi sebum lebih banyak lagi. Mencuci muka lebih baik menggunakan jari-jari tangan anda saja untuk mencegah jerawat muncul.

Gunakan juga sabun pembersih anti-bakteri dua kali sehari atau sesuai aturan. Selain itu, hindari penggunaan sabun berbahan kimia karena cenderung akan melukai kulit dan menyebabkan iritasi. Jika anda memiliki jenis kulit yang berminyak dan berjerawat, gunakanlah sabun wajah yang mengandung asam salisilat. Kandungan asam salisilat akan mengangkat sel-sel kulit mati. Hal itu akan mencegah timbulnya jerawat di wajah anda. Selain itu, asam salisilat juga akan menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Kemudian, jangan menggunakan sabun badan untuk wajah anda. Sabun badan memiliki PH yang berbeda dengan PH wajah. Penggunaan sabun badan untuk wajah akan meningkatkan risiko timbulnya jerawat karena itu akan menyebabkan iritasi. Selain itu, selalu cuci wajah anda sebelum tidur. Jika wajah anda kotor ketika tertidur, proses regerasi kulit wajah akan terhambat. Setelah mencuci muka, keringkan dengan handuk yang bersih dan kering.

2. Hindari Pemakaian Makeup yang Berlebihan

Hindari menggunakan makeup atau riasan secara berlebihan adalah salah satu cara mencegah jerawat muncul di wajah. Kemudian, gunakan makeup yang sesuai dengan jenis kulit anda dan gunakan hanya pada acara tertentu saja. Disamping itu, biasanya anda juga mengaplikasikan makeup dengan tujuan untuk menyamarkan jerawat. Padahal makeup atau riasan yang bertumpuk akan menyebabkan timbulnya jerawat. Hindari menggunakan concealer yang tidak tepat atau terlalu tebal.

Jika anda memiliki jenis kulit wajah yang mudah berjerawat, hindari juga penggunaan berbentuk padat seperti stick dan krim. Hal itu akan menyebabkan jerawat semakin meradang dan bertambah parah. Gunakanlah kosmetik atau makeup, mulai dari blush-on hingga eye-shadow, yang berlabel oil-free atau bebas minyak, tidak mengiritasi, hypoallergenic, dan non-comedogenic. Gunakan juga make-up yang mengandung zinc oxide, titanium dioxide, dan silica yang dapat menyamarkan kemerahan akibat jerawat dan dapat menyerap minyak.

cara mencegah jerawat muncul

Kandungan-kandungan tersebut juga tidak akan mengiritasi dan menyebabkan jerawat. Hindari kandungan makeup atau kosmetik yang mengandung lilin untuk membuatnya tetap awet dan padat untuk mencegah jerawat agar tidak tumbuh lagi. Selain itu, hindarilah makeup yang mengandung alcohol dan parfum. Ini juga berlaku untuk produk skin care.

Hindarilah penggunaan bedak padat karena bedak semacam itu akan menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. Gunakanlah bedak tabur untuk mencegah datangnya jerawat. Selain itu, penggunaan foundation dengan hasil akhir dewy atau mengkilap sebaiknya dihindari. Gunakanlah foundation dan concealer produk matte-finished. Produk tersebut akan mengontrol produksi sebum atau minyak di wajah anda. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan makeup sebelum tidur.

3. Hindari Kontak antara Tangan dan Wajah

Kontak antara tangan dan wajah merupakan salah satu penyebab jerawat. Apalagi jika anda memiliki tangan yang kotor dan kulit wajah yang sensitif. Cuci tangan anda terlebih dahulu sebelum memegang muka untuk mencegah jerawat secara alami. Selain itu, hindari memegang jerawat yang ada dengan tangan kotor anda. Jerawat juga tidak boleh disentuh dengan tangan karena akan membuatnya infeksi dan meninggalkan bekas permanen. Kemudian, hindarilah menopang wajah dengan tangan di pipi atau dagu anda. Tangan yang kotor dan penuh dengan kuman akan menularkannya ke wajah anda sehingga timbulah iritasi dan jerawat.

Beberapa efek negative terhadap jerawat jika menyentuh wajah dengan tangan secara berlebihan:
• Memegang wajah dengan tangan akan menyebabkan transfer kotoran, bakteri, lemak, dan virus dari lingkuangan luar ke wajah anda. Hal itu akan menyebabkan timbulnya jerawat.
• Menyentuh wajah dengan tangan dalam bentuk apapun (menyangga, menggosok, dan menggaruk) akan menyebabkan inflamasi pada jerawat.
• Menyentuh wajah dengan tangan akan menyebabkan iritasi dan jerawat.
• Memegang wajahpun akan menyebabkan penyebaran bakteri. Hal ini akan menyebabkan jerawat tumbuh di permukaan kulit yang belum terdapat jerawat.
• Menyentuh wajah bisa meningkatkan produksi sebum atau minyak di wajah. Sebum yang berlebihan akan menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.
• Memegang wajah akan membuat bekas jerawat atau jaringan parut susah untuk dihilangkan.
• Selain itu, menyentuh wajah dengan tanganpun dapat menyebabkan timbulnya kerutan.

4. Gunakan Pelembab yang Sesuai dengan Jenis Kulit Anda

Cara mencegah jerawat muncul di wajah lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan pelembab. Hal itu disebabkan menggunakan pelembab akan membuat wajah anda ternutrisi dan sehat. Wajah yang sehat dan ternutrisi tidak mudah ditumbuhi jerawat. Menggunakan pelembab sebelum tidur juga akan menyebabkan wajah tetap segar. Selain itu, pastikan anda mencuci wajah anda terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan pelembab.

Gunakanlah pelembab yang memiliki kandungan utama air untuk cara mencegah jerawat muncul di wajah. Kandungan air dalam pelembab akan menetralisir produksi sebum yang berlebihan di wajah dan menambah kesegaran wajah. Kandungan air dalam pelembab aman bagi setiap jenis kulit, mulai dari wajah berminyak, berjerawat, hingga kering. Selain itu, bagi anda yang memiliki kulit sensitif, jangan gunakan pelembab yang mengandung bahan pemutih.

Setelah anda menggunakan krim atau obat jerawat, selanjutnya anda bisa menggunakan pelembab. Krim atau obat jerawat memiliki efek mengeringkan kulit. Oleh karena itu, penggunaan pelembab setelahnya sangatlah dianjurkan untuk cara mencegah jerawat. Kemudian, jika anda berkonsultasi dengan dokter dan ia meresepkan benzoyl peroksida yang bersifat mengeringkan kulit, anda bisa mengimbanginya dengan menggunakan pelembab. Gunakanlah pelembab yang mengandung gliserin atau asam hyaluronic untuk menghiundari wajah yang mengelupas, mongering, dan kemerahan.

Berikut tadi adalah ulasan mengenai cara mencegah jerawat muncul di wajah. Anda perlu mengetahui cara mencegah jerawat agar bintik-bintik dan benjolan kemerahan itu tidak bersarang di wajah anda. Jika jerawat anda memiliki jerawat yang semakin parah dan meradang, segera konsultasikan dengan dokter anda. Jika tidak segera ditangani, jerawat akan meninggalkan bekas luka. Selain itu, anda juga perlu menemui dokter jika obat yang anda konsumsi tidak memberikan efek penyembuhan.