Cara Mengatasi Jerawat Meradang Dengan Cepat

Jerawat meradang akan sangat mengganggu penampilan dan menimbulkan ketidaknyamanan. Penampilan sempurna anda akan terganggu dengan adanya jerawat meradang yang bernanah dan berwarna kemerahan itu. Selain itu, jerawat meradang juga kerapkali menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal yang akan menggangu aktivitas harian anda. Apa itu jerawat meradang dan bagimana cara mengatasi jerawat meradang?

Jerawat meradang adalah jerawat yang bengkak, berwarna merah, dan cukup parah. Jerawat meradang ini biasanya juga berisi nanah didalamnya. Penyebab jerawat meradang dan cara mengatasinya bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Jerawat jenis ini bisa disebabkan oleh memencet atau memegang jerawat sembarangan dengan tangan yang kotor.

Bakteri, kuman, dan kotoran dari tangan akan berpindah ke wajah yang menyebabkan jerawat semakin meradang dan parah. Oleh karena itu, ketahuilah cara aman memencet jerawat. Selain itu, hormon juga bisa menjadi faktor penyebab jerawat meradang. Lonjakan hormon pada masa remaja atau pubertas, menstruasi, kondisi stress, dan kurang istirahat dapat menyebabkan jerawat semakin meradang. Lonjakan atau ketidakseimbangan hormon akan membuat produksi sebum atau minyak alami tubuh diproduksi berlebihan.

Sebum tersebut akan menyumbat pori-pori wajah yang menyebabkan jerawat yang meradang. Infeksi bakteri P.acne juga merupakan salah satu faktor penyebab jerawat meradang. Infeksi bakteri terjadi jika anda kurang memperhatikan kebersihan kulit dan lingkungan.

Apakah jerawat meradang bisa sembuh?

Ya, tentu saja. Banyak cara mengatasi jerawat meradang. Anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami, produk-produk penghilang jerawat yang beredar di pasaran, dan perawatan di klinik-klinik kecantikan. Jika anda memilih menggunakan bahan-bahan alami, anda memilih cara yang aman, murah, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Namun, cara ini harus dilakukan dengan penuh ketekunan dan kedisiplinan karena membutuhkan proses yang lama hingga membuahkan hasil. Sedangkan menggunakan produk-produk penghilang jerawat dan perawatan di klinik-klinik kecantikan adalah cara yang instan dan tuntas sebagai cara mengatasi jerawat meradang. Namun, cara tersebut mengharuskan anda merogoh kocek yang cukup dalam dan berisiko menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat meradang.

1. Madu dan Putih Telur untuk Jerawat Meradang.

Salah satu jerawat meradang cara mengatasinya adalah dengan madu dan putih telur.

Kandungan dan manfaat madu dan putih telur untuk jerawat meradang:
• Madu memiliki sifat yang asam dimana bakteri P.acne tidak tahan pada lingkungan tersebut.
• Madu juga memiliki khasiat anti-inflamasi yang berguna untuk meredakan peradangan pada jerawat.
• Kemudian, madu akan melepaskan senyawa hydrogen peroksida. Senyawa ini akan membasmi bakter-bakteri yang dapat menyebabkan peradangan pada jerawat. Senyawa ini juga akan membuat jerawat kempes dengan cepat.
• Madu juga memiliki khasiat antioksidan untuk menangkal radiasi. Radiasi adalah penyebab utama masalah kulit, termasuk jerawat.
• Kandungan vitamin B dalam madu akan menyehatkan kulit secara keseluruhan. Jerawat tidah mudah tumbuh pada kulit yang sehat.
• Vitamin C dalam madu berguna sebagai antioksidan yang akan menangkal radiasi dan bakteri P.acne yang dapat menyebabkan jerawat.
• Putih telur mengandung enzim Lysozyme yang bermanfaat untuk membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat meradang.
• Putih telur juga memiliki kandungan vitamin dan asam amino yang berfungsi untuk menyehatkan kulit secara keseluran. Jerawat tidak akan tumbuh pada kulit yang sehat.
• Kandungan vitamin E dalam telur bermanfaat untuk melembabkan kulit dan menyehatkan kulit.

Setelah mengetahui kandungan dan manfaat dari madu dan putih telur, anda perlu mengetahui cara menghilangkan jerawat meradang dengan bahan-bahan tersebut.

Cara mengatasi jerawat meradang dengan madu dan putih telur:
• Siapkan 1 telur dan 1 sendok teh madu murni. Pisahkan putih telur dari bagian kuningnya.
• Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian kocok hingga merata.
• Bersihkan wajah menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori wajah. Pori-pori wajah yang terbuka akan memudahkan khasiat dari herbal-herbal tersebut meresap kedalam kulit.
• Oleskan ramuan tersebut ke seluruh permukaan wajah, terutama daerah wajah yang berjerawat. Anda bisa menggunakan bola kapas untuk mengoleskannya.
• Lakukan perawatn ini pada malam hari sebelum tidur.
• Pada pagi hari, bersihkan wajah anda dengan menggunakan air dingin.
• Keringkan dengan handuk yang bersih dan kering.
• Lakukan perawatan dengan masker ini hingga jerawat sembuh.

2. Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi dan mengobati jerawat yang meradang.

cara mengatasi jerawat meradang

Kandungan dan manfaat daun sirih sebagai cara mengatasi jerawat meradang:
• Daun sirih memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C akan merangsang produksi kolagen dalam kulit. Kolagen berguna untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat meradang. Vitamin C juga berkhasiat sebagai anti-oksidan untuk menangkal radiasi. Radiasi inilah yang menyebabkan masalah kulit, termasuk jerawat meradang.
• Daun sirih juga mengandung betlephenol yang berkhasiat sebagai anti-bakteri alami. Seperti yang telah diketahui, jerawat meradang disebabkan oleh infeksi bakteri.
• Daun ini juga memiliki kandungan Chevicol. Kandungan ini bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat semakin meradang dang teriritasi.
• Herbal ini juga bermanfaat sebagai agen eugenol yang membuat daun sirih memiliki sifat anti-jamur. Anti-jamur akan mempercepat proses penyembuhan jerawat meradang.
• Khasiat antiseptic alami dalam daun sirih berfungsi untuk membunuh dan membasmi bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat meradang dengan cepat dengan menggunakan daun sirih:
• Siapkan 4-5 daun sirih yang telah dicuci bersih.
• Haluskan daun sirih tersebut menggunakan alat tumbuk atau blender, kemudian tambahkan sedikit air.
• Bersihkan wajah anda terlebih dahulu menggunakan air hangat. Air hangat akan membuat pori-pori wajah terbuka sehingga khasiat daun sirih mudah meresap kedalam kulit.
• Aplikasikan daun sirih tersebut ke daerah wajah yang berjerawat dengan jari-jari tangan yang bersih dan steril.
• Diamkan hingga 15 menit.
• Bersihkan kembali wajah anda dengan menggunakan air dingin. Air dingin akan membuat pori-pori wajah anda menutup kembali.
• Keringkan dengan handuk yang bersih dan kering.
• Anda dapat mengaplikasikan pelembab setelah perawatan ini agar kulit wajah tidak kering.
• Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu hingga jerawat anda sembuh.

3. Menggunakan Vitamin A atau Retinoid.

Mengatasi penyebab jerawat meradang dan gatal bisa dengan mengonsumsi vitamin A atau mengoleskan vitamin A secara topikal. Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak. Dalam tubuh, vitamin ini akan disimpan di organ hati dan tubuh akan melepaskan sedikit demi sedikit. Hal ini dimakasudkan agar vitamin A dalam darah tetap stabil.

Dalam mengonsumsi vitamin A, anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 10.000 IU perhari. Jika dikonsumsi berlebihan, vitamin A yang larut dalam lemak akan bertumpuk dan menjadi racun didalam tubuh. Sedangkan vitamin A dalam bentuk krim adalah dalam bentuk retinoid. Cara kerja retinoid adalah dengan memperngaruhi pertumbuhan sel-sel dimana jerawat tumbuh. Oleh karena itu, proses penyembuhan jerawat meradang akan lebih cepat dan keparahan jerawat akan berkurang.

Retinoid akan mempercepat regerasi kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka. Oleh karena itu, kondisi kulit yang meradang akan tergantikan dengan kulit yang baru. Namun, retinoid adalah obat yang memerlukan resep dokter. Hal ini disebabkan dokter akan meresepkan dosis retinoid berdasarkan jenis dan keparahan jerawat anda. Pada awal penggunaan retinoid, jerawat mungin akan terlihat parah. Hal itu disebabkan retionoid akan membasmi bakteri yang berada di permukaan kulit.

Manfaat vitamin A atau retinoid untuk menghilangkan jerawat meradang:
• Vitamin A berguna sebagai anti-oksidan untuk menangkal radikal bebas. Seperti yang telah diketahui, radikal bebas merupakan penyebab utama masala kulit, termasuk jerawat yang meradang.
• Vitamin A juga akan membunuh dan membasmi bakteri P.acne yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
• Vitamin ini juga bermanfaat untuk mengurangi produksi sebum atau minyak berlebihan. Sebum yang berlebihan ini akan menyebabkan jerawat semakin meradang.
• Vitamin ini juga akan mengurangi efek samping dari hormone androgen. Hormon tersebut merupakan hormone penyebab jerawat.
• Ini juga dapat mempercepat regenerasi kulit dan mempercepat proses penyembuhan jerawat meradang.

4. Menggunakan Antibiotik secara Topikal atau Oral

Selain obat jerawat meradang herbal, penggunaan antibiotik ini juga merupakan alternatif jika jerawat meradang sudah sangat parah dan sakit. Jika bahan-bahan alami tidak mempan untuk mengatasi jerawat meradang, anda bisa mengaplikasikan antibiotik secara topikal atau dikonsumsi secara oral.

Seperti yang telah diketahui, jerawat meradang disebabkan infeksi dari bakteri. Antibiotik akan mengatasi dan membasmi bakteri-bakteri penyebab jerawat tersebut. Namun, menggunakan antibiotik untuk mengatasi jerawat meradang diperlukan resep dari dokter. Jika tidak, alih-alih jerawat meradang akan sembuh, justru ini akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Dokter akan meresepkan antibiotik sesuai dosis yang tepat untuk anda.

Antibiotik yang umum dipakai untuk menghilangkan jerawat meradang:
• Clndamycin atau klindamisin adalah antibiotik oral yang ampuh untuk menghilangkan jerawat meradang. Antibiotik ini berguna untuk membasmi bakteri P.acne yang dapat menyebabkan jerawat dan juga meredakan infeksi pada jerawat.
• Tetracycline atau Tetrasiklin adalah antibiotik yang dapat mengatasi jerawat ringan hingga meradang. Antibiotik ini bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan mengontrol produksi sebum yang berlebihan.
• Erythromycin atau Eritromisin adalah antibiotik yang berkhasiat sebagai anti-inflamasi dan anti-bakteri. Antibiotik ini akan meredakan peradangan dan kemerahan pada jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Berikut tadi adalah ulasan mengenai cara mengatasi jerawat meradang. Jerawat meradang akan sangat mengganggu aktivitas anda karena jerawat tersebut menimbulkan rasa sakit, perih dan gatal. Selain itu, jerawat meradang juga mengganggu penampilan anda. Anda perlu menerapakan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah jerawat datang kembali.