Cara Mengatasi Jerawat Pasir Dengan Cepat

Banyak sekali jenis jerawat yang dapat mengganggu penampilan dan menimbulkan ketidaknyamanan, mulai dari jerawat batu hingga jerawat pasir. Ada jenis jerawat yang bentuknya besar namun jumlahnya satu. Ada juga jerawat kecil-kecil dan jumlahnya banyak yang akan membuat wajah anda terasa kasar, kusam, dan kotor yang disebut jerawat pasir. Jerawat pasir ini kerapkali menimbulkan rasa gatal, peri, dan nyeri. Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat pasir dengan cepat ?

Jerawat pasir adalah jenis jerawat dengan ukuran kecil-kecil namun jumlahnya banyak. Jerawat ini disebut jerawat pasir karena jika dipencet akan mengeluarkan butiran seperti pasir. Jenis jerawat ini bisa muncul di bagian muka, punggung, leher, dan dada. Jerawat pasir di leher, dahi, jidat, dagu, pipi, dan bagian tubuh lainnya diakibatkan pori-pori atau folikel kulit yang tersumbat sebum, bakteri P.acne, sel-sel kulit mati, dan kotoran. Jerawat jenis ini seringkali dialami oleh kalangan remaja pada usia pubertas.

Hal ini disebabkan pada usia tersebut, lonjakan atau ketidakstabilan hormon androgen terjadi. Hormon tersebut menyebabkan jerawat pasir muncul di wajah. Jerawat pasir juga bisa diakibatkan oleh penyebab jerawat pasir dan cara mengatasinya yang berbeda-beda seperti faktor genetik, efek obat-obatan tertentu, kosmetik atau makeup yang tidak sesuai jenis kulit, dan kurangnya perhatian terhadap kebersihan.

Ada banyak cara mengatasi jerawat pasir dengan cepat mulai dari menggunakan bahan-bahan alami, bahan-bahan kimia dalam obat jerawat pasir paling ampuh di pasaran, hingga perawatan yang disediakan di klinik kecantikan. Ulasan berikut ini akan mengupas cara mengatasi jerawat pasir.

1. Masker Campuran Beras, Kunyit Bubuk, dan Putih Telur untuk Menghilangkan Jerawat Pasir.

Beras, putih telur, dan kunyit bubuk merupakan obat jerawat pasir alami yang memiliki kandungan yang berkhasiat untuk menghilangkan jenis jerawat tersebut.

Kandungan dan manfaat dari ketiga bahan tersebut untuk menghilangkan jerawat pasir atau jerawat beruntusan:
• Beras mengandung vitamin dan mineral essensial yang berguna untuk memberikan nutrisi kepada kulit agar tetap sehat. Kulit yang sehat tidak mudah ditumbuhi jerawat pasir.
• Beras juga mengandung vitamin C yang bermanfaat sebagai anti-oksidan. Anti-oksidan akan menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan masalah kulit, termasuk jerawat pasir.
• Beras memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi melembabkan dan menyehatkan kulit secara keseluruhan.
• Beraspun mengandung vitamin B1 yang berguna untuk mengecilkan pori-pori kulit gara jerawat pasir tidak mudah tumbuh.
• Kunyit mengandung zat anti-inflamasi yang berguna untuk meredakan peradangan dan warna kemerahan pada jerawat pasir.
• Kunyit juga mengandung antiu-oksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan bakteri P.acne yang dapat menyebabkan jerawat.
• Kunyit juga memiliki khasiat antiseptic dan antibakteri alami yang berfungsi membasmi bakteri P.acne yang dapat menyebabkan jerawat.
• Putih telur mengandung vitamin E yang berguna untuk melembabkan dan menyehatkan kulit.
• Putih telur juga mengandung asam amino dan protein yang berfungsi menghilangkan jerawt.

Cara mengatasi jerawat pasir dengan cepat dengan kunyit bubuk, putih telur, dan beras :
• Haluskan beras putih dengan menggunakan blender atau alat tumbuk, kemudian ambil 1 sendok the saja.
• Haluskan juga kunyit, kemudian ambil 1 sendok the. Anda juga bisa membeli kunyit bubuk yang sudah jadi.
• Pisahkan 1 putih telur dari kuning telurnya.
• Campurkan beras putih yang telah dihaluskan, kunyit bubuk, dengan putih telur, kemudian aduk-aduk hingga merata. Campuran tersebut akan berbentuk kental atau seperti pasta.

• Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih dan tuntas. Air hangat akan membuka pori-pori wajah yang terbuka sehingga khasiat dari kandungan ketiga bahan tersebut mudah meresap ke kulit.
• Oleskan ke daerah wajah yang terdapat jerawat pasir dan komedo. Anda bisa menggosoknya dengan gerakan melingkar dan dengan perlahan.
• Biarkan hingga kering kira-kira 30 menit.
• Bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin agar pori-pori menutup kembali. Dikhawatirkan bakteri dan kotoran akan menyumbat pori-pori yang terbuka.
• Keringkan dengan handuk yang bersih dan kering.
• Lakukan perawatan ini 1 kali seminggu hingga jerawat pasir dan komedo sembuh.

2. Jeruk Nipis dan Air Mawar untuk Menghilangkan Jerawat Pasir

Jeruk nipis dan air mawar dipercaya dapat mengatasi dan menghilangkan jerawat pasir, jerawat beruntusan, dan jenis jerawat lainnya.

Kandungan-kandungan dan manfaat jeruk nipis dan air mawar yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pasir dengan cara alami:
• Jeruk nipis mengandung senyawa asam, asam sitrat, atau citric acid yang berguna mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati. Penumpukan sel-sel kulit mati merupakan penyebab timbulnya jerawat.
• Jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang bermanfaat sebagai anti-oksidan. Anti-oksidan akan menagkal radikal bebas dan bakteri P.acne yang dapat menyebabkan jerawat.
• Jeruk nipis memiliki kandungan berbagai vitamin, mineral essensial, dan asam amino yang berfungsi menyehatkan kulit. Jerawat pasir tidak mudah tumbuh di kulit yang sehat.
• Mawar mengandung zat antiseptic atau antibakteri yang berguna membasmi bakteri P.acne yang dapat menyebabkan jerawat.
• Mawar juga mengandung vitamin A yang berguna mempercepat proses penyembuhan jerawat pasir dan menghilangkan bekasnya.
• Mawar memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat menyehatkan dan melembabkan kulit.

Cara mengatasi jerawat pasir dengan cepat menggunakan jeruk nipis dan air mawar :
• Campurkan air perasan jeruk nipis dengan air mawar masing-masing 2 sendok the.
• Bersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat.
• Oleskan campuran tersebut ke daerah wajah yang berjerawat dengan menggunakan bola kapas.
• Diamkan hingga 30 menit agar khasiat dari kedua bahan tersebut meresap kedalam kulit.
• Bersihkan kembali wajah anda dengan menggunakan air dingin.
• Lakukan perawatan ini sekali sehari hingga jerawat sembuh.

3. Produk yang Mengandung Sulfur atau Belerang untuk Mengatasi Jerawat Pasir.

Para ahli banyak memanfaatkan sulfur dan belerang untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Belerang atau sulfur mampu mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati, membunuh bakteri P.acne yang dapat menyebabkan jerawat. Senyawa ini juga berguna untuk mengencangkan kulit dan mengurangi perdangan pada jerawat pasir. Selain itu, masalah kulit seperti jerawat, jerawat pasir, bisul, panu, kadas, dan kurap dapat diatasi dengan produk yang mengandung senyawa ini.

Manfaat sulfur atau belerang untuk menghilangkan jerawat pasir:
• Belerang atau sulfur dapat berguna sebagai cara menghilangkan jerawat pasir kecil kecil dan masalah kulit lainnya. Masalah kulit lain seperti panus, kadas, kurap, dan bisul dapat disembuhkan oleh produk yang mengandung sulfur.
• Belerang atau sulfur ini juga berguna mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati yang bertmpuk dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat pasir.
• Belerang atau sulfur dapat membunuh dan membasmi bakteri P.acne yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
• Belerang atau sulfur juga dapat menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di wajah. Debu dan kotoran dapat bercampur dengan sebum dan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
• Belerang atau sulfur juga dapat membuang kelebihan sebum di wajah. Sebum yang berlebihan ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat pasir.

Produk-produk dan obat jerawat pasir apotik yang mengandung belerang atau sulfur biasanya tersedia dalam sediaan sabun padat, lotion, krim, salep, dan masih banyak lainnya. Gunakan produk yang mengandung sulfur atau belerang ini adalam dua minggu secara teratur hingga anda melihat hasilnya.

cara mengatasi jerawat pasir

Namun, sulfur ini jangan digunakan berlebihan karena dapat membuat kulit kering. Oleh karena itu, aplikasikan pelembab yang ringan dan oil-free setelah menggunakan produk yang mengandung sulfur ini. Anda juga bisa berkunjung ke pemandian dengan air yang mengandung belerang untuk mengatasi jerawat pasir.

4. Obat yang Mengandung Nicotinamide

Nicotinamide atau niacinamide adalah bentuk dari vitamin B3 yang bisa ditemukan dalam telur, daging, ikan, kacang polong, susu, ragi, dan gandum. Obat jerawat ini dapat dijadikan alternatif cara mengatasi jerawat pasir dengan cepat.

Manfaat nicotinamide yang berguna untuk menghilangkan jenis jerawat tersebut:
• Nicotinamide mengatur kadar lemak dan gula dalam tubuh. Seperti yang diketahui, tingginya gula dan lemak dalam tubuh dapat membuat produksi insulin lebih banyak. Produksi insulin yang berlebihan ini dapat menyebabkan jerawat pasir.
• Nicotinamide juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Jerawat pasir tidak mudah tumbuh di kulit yang sehat.
• Nicotinamide juga berfungsi untuk meredakan inflamasi atau peradangan akibat jerawat pasir.
• Senyawa ini juga berguna untuk melembabkan kulit. Kulit yang lembab adalah kulit yang sehat. Kulit yang sehat tidak ditumbuhi jerawat.

Nicotinamide dapat ditemukan di obat-obat atau produk untuk menghilangkan jerawat. Senyawa ini juga dapat ditemukan di obat yang mengandung vitamin B kompleks. Nicotinamide yang diaplikasikan secara topikal biasanya dioleskan dua kali sehari. Namun, nicotinamide dapat berbahaya untuk hati jika dikonsumsi lebih dari 3 gram per hari.

cara mengatasi jerawat pasir

Selain itu, anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi nicotinamide jika anda memiliki gangguan fungsi hati, gangguan ginjal, tekanan darah rendah, dan riwayat asam urat. Hal itu disebabkan nicotinamide akan memperparah kondisi tersebut. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi nicotinamide untuk menghilangkan jerawat pasir, anda harus berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan meresepkan nicotinamide dengan dosis yang sesuai dengan kondisi jerawat pasir anda.

Berikut tadi adalah ulasan mengenai cara mengatasi jerawat pasir dengan cepat. Anda perlu mengaplikasikan kedisiplinan, ketekunan, dan kesabaran ketika melakukan cara menghilangkan jerawat diatas. Cara-cara diatas bukanlah cara instan dalam sekejap, namun membutuhkan proses hingga membuahkan hasil. Kemudian, jagalah kecantikan dan kesehatan kulit anda karena kulit merupakan asset penting baik bagi pria maupun wanita.