Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Tahukah Anda bagaimana bopeng bisa muncul di kulit wajah? Bopeng biasanya diakibatkan oleh proses penyembuhan jerawat yang melalui tahapan yang tidak tepat. Misalnya dengan cara memencet dan mengeluarkan paksa isi jerawat dengan menggunakan jari-jari yang kotor dan tidak steril. Hal ini akan menyebabkan bekas luka di wajah yang berlubang yang disebut dengan bopeng. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan sehingga banyak orang yang mencari cara menghilangkan bopeng bekas jerawat untuk memperbaikinya.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat sebenarnya mudah, asalkan dilakukan dengan cara yang benar.

Bopeng dapat diobati dengan menggunakan bahan-bahan alami dan prosedur kecantikan yang banyak disediakan oleh klinik-klinik kecantikan. Menghilangkan bopeng dengan bahan alami memang murah dan aman, namun hasilnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sedangkan melakukan prosedur kecantikan membutuhkan biaya yang mahal dan risiko efek samping yang besar, namun hasilnya akan instan dan tuntas.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat berbasis teknologi vs alami yang bisa anda pilih:

1. Treatment Filler

Treatment filler dapat digunakan untuk mengatasi jaringan parut yang merupakan bekas jerawat dan dijadikan cara menghilangkan bopeng bekas jerawat. Treatment ini termasuk prosedur non-bedah karena cukup disuntikan ke kulit. Treatment filler adalah prosedur kecantikan yang dilakukan oleh dokter dengan cara menyuntikan bahan sintetis untuk mengisi bopeng atau lubang-lubang pada wajah. Cara kerja filler adalah dengan menginjeksikan hyaluronic acid ke daerah cekungan wajah atau bopeng.

Ada beberapa produk filler yang ditujukan untuk perbaikan kulit. Terdapat produk yang bersifat sintetis, produk yang terbuat dari sapi dan babi, terbuat dari sel cadaver yang disterilkan, dan berasal dari lemak pasien itu sendiri. Kemudian, bahan-bahan ini akan diinjeksikan ke daerah yang bopeng. Dokter juga terkadang menggunakan bagian tubuh anda sendiri untuk treatment filler ini. Selain mengisi kekosongan untuk cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang sudah lama, filler juga akan membantu merangsang kolagen. Kolagen akan mempercepat proses penyembuhan pada bopeng. Filler juga akan menebalkan volume bibir, memuluskan kulit yang keriput dan penuh kerutan, dan mengembalikan elastisitas kulit, selain memperbaiki bekas luka jerawat atau bopeng.

Sebelum melakukan filler untuk cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang paling ampuh, dianjurkan untuk melakukan subcision untuk membebaskan jaringan ikat yang menarik kulit dan menyebabkan cekungan. Kemudian, mesin khusus akan memasukan filler ke wajah anda. Hasil dari filler akan membuat wajah anda tampak rata kembali. Bahkan, filler ini lebih efektif dan membuahkan hasil dibandingkan laser, mikrodermabrasi, dan peeling yang masih meninggalkan permukaan kulit yang tidak rata.

Namun, treatment ini membutuhkan down time yaitu wajah akan berwarna kemerahan dan seperti ditumbuhi jerawat pada seluruh permukaan wajah. Hal ini akan berlangsung 3-5 hari. Ada juga akan mengalami reaksi alergi, penggumpalan darah, bengkak, dan memar. Kemudian, treatment ini membutuhkan 3 kali pengulangan dalam jangka waktu sebulan untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus. Kekurangan dari filler adalah filler lama-kelamaan akan terserap oleh tubuh dan menghilang.

2. Treatment Mesotherapy

Salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat pada wajah adalah dengan treatment mesotherapy. Teratment mesotherapy merupakan salah satu prosedur kecantikan yang sedang populer dan trend di dunia kecantikan modern. Treatment ini akan memberikan hasil yang instan, namun lebih aman dibandingkan dengan botox dan operasi plastik.

Cara kerja Mesotheraphy adalah memasukkan vitamin dan bahan alami kedalam kulit dengan menggunakan jarum kecil. Treatment ini biasanya dilakukan dengan menggunakan alat Meso Gun U225 Autoback atau MTS Roller untuk cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan alat. Namun, untuk menghilangkan bekas jerawat yang berlubang-lubang, vitamin dan bahan alami akan dimasukan dengan menggunakan mesin MTS Roller.

Hal ini dimaksudkan untuk meratakan kulit yang berlubang. Sebelum melakukan prosedur wajah anda akan diberi krim penghilang rasa sakit sehingga prosedur ini akan aman dari rasa sakit. Selain menghilangkan bopeng,treatment ini juga mampu mencerahkan kulit anda. Anda bisa melakukan prosedur ini di dokter spesialis kulit dengan harga berkisar Rp500.000 hingga Rp1500.000.

3. Jeruk Nipis.

Sekarang kita beralih membahas bahan yang lebih alamai seperti jeruk nipis. Jeruk nipis adalah bahan yang populer baik di bidang kesehatan maupun kecantikan. Buah ini memiliki kandungan yang memiliki khasiat yang luar biasa, juga untuk cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan jeruk nipis.

Kandungan jeruk nipis yang dapat menghilangkan bopeng di wajah:
• Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang bermanfaat sebagai exfoliant alami untuk cara menghilangkan bopeng bekas jerawat alami dan cepat. Ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mengungkal sel-sel yang lebih sehat, segar , dan baru. Selain itu, kandungan ini juga bermanfaat untuk mencegah infeksi dan iritasi yang disebabkan oleh jerawat.
• Buah ini juga mengandung agen pencerah kulit yang dapat mempercepat proses penyembuhan bopeng di wajah anda.
• Jeruk nipis juga mengandung zat astringent. Zat ini akan memperkecil pori-pori kulit wajah, mengangkat sebum yang berlebih pada wajah, dan menyamarkan flek-flek hitam bekas jerawat.
• Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal bakteri P.acnes yang dapat memicu timbulnya bakteri. Vitamin ini juga akan melarutkan sebum berlebihan pada wajah yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami dengan jeruk nipis:
• Siapkan beberapa jeruk nipis, kemudian peras sarinya.
• Campurkan sari jeruk nipis dengan sedikit air, aduk-aduk hingga tercampur.
• Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori kulit dan khasiat dari kandungan jeruk nipis mudah meresap ke kulit.
• Lakukan perawatan ini pada malam hari.
• Pada keesokan harinya, bersihkan wajah dengan air dingin agar pori-pori wajah menutup kembali.
• Keringkan dengan handuk kering dan bersih.

4. Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu daun ajaib yang memiliki banyak khasiat untuk kecantikan dan kesehatan. Daun sirih ini memiliki khasiat antiseptik alami yang berguna untuk menghilangkan bopeng.

cara menghilangkan bopeng bekas jerawat

Kandungan daun sirih yang dapat menghilangkan bopeng:
• Daun sirih mengandung flavonoid yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan timbulnya jerawat sehingga tidak meninggalkan bopeng.
• Daun ini juga memilki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini berkhasiat sebagai antioksidan untuk menangkal bakteri P.acnes yang dapat menyebabkan jerawat. Vitamin ini juga dapat meredakan peradangan atau inflamasi akibat jerawat. Vitamin C juga memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat.
• Kandungan betlephenol dalam daun sirih berkhasiat sebagai anti-bakteri, anti-fungal, dan anti-oksidan. Kandungan ini akan melindungi kulit dari bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.
• Daun sirih mengandung chevicol yang dapat menangkal bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.
• Kandungan minyak atsiri dalam daun sirih bermanfaat sebagai antiseptic alami. Ini akan membasmi kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang sudah lama dengan bahan alami dengan daun sirih:
• Siapkan 5-7 lembar daun sirih.
• Cuci daun sirih hingga bersih.
• Haluskan dengan cara ditumbuk atau menggunakan blender.
• Cuci wajah and dengan menggunakan air hangat.
• Aplikasikan pada daerah wajah yang terdapat bopeng dengan menggunakan jari yang sudah bersih dan steril.
• Diamkan hingga 1 jam.
• Keringkan dengan menggunakan handuk yang kering dan bersih.
• Lakukan perawatan ini empat kali seminggu hingga jerawat sembuh.

Berikut tadi adalah cara menghilangkan bekas bopeng bekas jerawat. Bahan-bahan alami cenderung lebih aman dan murah dibandingkan dengan prosedur kecantikan yang disediakan oleh klinik-klinik kecantikan. Namun, jika anda memiliki budget yang tinggi, anda bisa mencoba cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang sudah lama yang instan di klinik kecantikan pilihan. Selain itu, pastikan anda berkonsultasi pada dokter spesialis kulit ahli perawatan apa yang tepat untuk menghilangkan bopeng.