Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

Jerawat atau istilah medisnya adalah acne vulgaris adalah benjolan yang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit atau folikel rambut oleh bakteri P.acnes, sebum yang berlebihan pada kulit wajah, penumpukan sel-sel kulit mati, dan kotoran. Benjolan ini biasanya disertai darah dan nanah didalamnya yang dapat diatasi dengan cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Jerawat ini biasanya diderita oleh remaja usia pubertas. Hal ini dikarenakan masa pubertas adalah masa dimana lonjakan hormone adrenal terjadi baik pada pria maupun wanita.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa tidak akan mengalami jerawat. Kemudian, banyak yang dilakukan oleh orang-orang untuk menghilangkan jerawat mulai dari bahan-bahan alami yang dapat ditemukan di dapur, melakukan prosedur kecantikan yang disediakan oleh klinik-klinik kecantikan, dan produk-produk penghilang jerawat yang ada di pasaran yang dapat dijadikan cara menghilangkan jerawat dengan cepat.

Jika anda memilih cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan ampuh secara alami dengan murah dan aman tanpa efek samping, anda bisa memilih perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Namun, jika anda memilih cara menghilangkan jerawat secara cepat dan instan, anda bisa menggunakan produk penghilang jerawat atau prosedur kecantikan.

Jika jerawat anda tidak kunjung sembuh, hal ini mungkin disebakan anda melakukan cara menghilangkan jerawat yang tidak tepat dan tanpa melalui tahapan yang benar. Hal ini malah akan menyebabkan jerawat tambah meradang dan menyebar luas ke seluruh permukaan wajah.

1. Pasta Gigi

Pasta gigi yang anda gunakan sehari-hari ternyata mememiliki kandungan yang dapat dijadikan cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan alami. Pasta gigi mengandung hidrogen peroksida, triclosan, dan fluoride yang dapat meredakan inflamasi atau peradangan akibat jerawat, mengeringkan jerawat, dan mencegah iritasi yang ditimbulkan akibat jerawat. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah gunakan pasta gigi pada daerah wajah yang berjerawat saja.

Kandungan dalam pasta gigi yang dapat digunakan untuk dijadikan cara mengatasi jerawat dengan cepat alami:
• Pasta gigi mengandung potassium citrate yang dapat digunakan untuk menurunkankesensitifan kulit dari penyebab jerawat.
• Zinc dalam pasta gigi mampu menguatkan kulit sehingga tidak mudah terserang bakeri P.acnes penyebab jerawat.
• Hydroxyapatipe memeiliki khasiat yang sama dengan zinc yaitu untuk menguatkan.
• Sodium Bikarbonat dalam pasta gigi bermanfaat untuk membasmi bakteri P.acnes yang menyebabkan jerawat. Zat ini juga mampu menciptakan abrasi ringan dan membuat kulit yang terdapat jerawat menjadi putih.
• Flouride dalam pasta gigi berguna untuk menguatkan dan mencegah kerusakan pada kulit. Kandungan ini juga bisa menvegah bakteri tumbuh dan menyebabkan jerawat.
• Triclosan dan Natrium Bezoat membantu membasmi bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat cara tradisional dengan pasta gigi:
• Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat agar pori-pori kulit terbuka dan khasiatnya meresap ke kulit.
• Oleskan pasta gigi ke daerah wajah yang berjerawat dengan menggunakan ujung jari. Pastikan jari anda steril dan bersih untuk mencegah bakteri dari tangan menular ke wajah.
• Hindari aplikasi pasta gigi ke seluruh wajah karena sifatnya yang dapat mengiritasi kulit.
• Biarkan selama 45 menit.
• Bilas dan bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin agar pori-pori menutup kembali.
• Keringkan dengan handuk yang kering dan bersih.
• Lakukan perawatan ini sekali sehari hingga jerawat anda sembuh.

2. Garam Laut

Garam laut merupakan salah satu bahan alami yang dijadikan cara menghilangkan jerawat dengan cepat menggunakan cara tradisional. Bahan ini akan mengeringkan jerawat dan membunuh bakteri P.acnes yang dapat menyebabkan jerawat. Namun, pastikan anda menggunakan garam laut, bukan garam meja sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan alami tanpa efek samping.

Manfaat garam laut yang digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat adalah sebagai berikut:
• Garam laut mengandung berbagai mineral essensial seperti natrium, kalsium, magnesium, yodium, zinc, potassium, dan zat besi yang dapat memeberi nutrisi pada kulit dan menjaga kesehatan kulit. Kulit yang sehat tidak mudah ditumbuhi jerawat.
• Garam mampu membunuh bakteri di kulit yang dapat emicu timbulnya jerawat.
• Garam mengandung mineral yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat.
• Bahan ini juga mampu melarutkan sebum atau minyak lami tubuh yang menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan garam laut:
• Campurkan garam laut dengan air hangat.
• Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.
• Aplikasikan air campuran garam dengan menggunakan bola kapas ke daerah wajah yang berjerawat.
• Diamkan hingga 2 jam.
• Bersihkan dengan menggunakan air dingin.

3. Facial Wajah

Facial wajah hanya diperuntukan untuk jerawat yang ringan dan sedang, tidak diperuntukan untuk jerawat yang sudah parah dan meradang untuk cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah. Perawatan facial wajah ini perlu diperhatikan apalagi untuk anda yang memiliki kulit sensitif. Facial ini digunakan untuk mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati, mengecilkan pori-pori wajah, dan mencegah timbulnya jerawat. Umumnya, facial ini bertujuan untuk melembabkan wajah dan membersihkan wajah.

Menurut Dr. Grace Novelita, SpKK, dokter ahli kulit dari Klinik BeYouTiful Jakarta, peradangan akibat jerawat sebaiknya tidak ditambah trauma fisik, arinya tidak ditekan-tekan yang malah akan memperparah kedaaan peradangan. Ia menambahnkan bahwa kulit yang berjerawat bisa mendapatkan perawatan facial asal sering melakukan pembersihan wajah, mengaplikasikan penyegar untuk kulit berminyak, dan memakai tabur surya jika akan pergi keluar rumah. Banyak klinik kecantikan dan SPA yang menyediakan jasa layanan facial. Mereka akan menggunakan bahan-bahan atau cream yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan mengurangi warna kemerahan akibat jerawat. Pastikan petugas klinik kecantikan yang akan melakukan facial wajah menggunakan alat-alat yang steril dan higienis dan menggunakan sarung tangan yang steril.

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Untuk cara menghilangkan jerawat dengan cepat untuk laki-laki dengan facial wajah, facial terbagi menjadi dua yaitu facial ala spa yang memanjakan dan facial invasive dengan tujuan menghilangkan jerawat. Facial kulit memanjakan adalah dengan cara memijat kulit wajah dengan bahan-bahan atu krim yang dapat menghilangkan jerawat. Facial wajah yang lebih invasive menggunakan prosedur exsfoliasi yang bertujuan untuk mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati dan menghilangkan penyumbatan pada pori-pori wajah. Sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu untuk menentukan cara yang tepat digunakan untuk menghilangkan jerawat anda. Facial selain dilakukan oleh klinik kecantikan, ternyata juga bisa dilakukan oleh sendiri di rumah.

Cara menghilangkan jerawat dengan melakukan facial wajah sendiri di rumah:
• Bersihkan dan pijat dengan lembut area wajah. Gunakan ujung jari yang bersih dan steril untuk memijat wajah. Hal ini akan merilekskan otot-otot di wajah dan memperbaiki sirkulasi darah di wajah.
• Gunakan pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit, biasanya bebentuk sabun pembersih wajah, facial wash, atau facial foam.
• Setelah selesai membersihkan wajah, keringkan wajah dengan handuk yang bersih dan kering.
• Aplikasikan face toner dengan menggunakan bola kapas untuk menyegarkan kulit wajah.
• Anda juga dapat menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami sambil melalukan pijatan lembut agar khasiat kandungan mudah meresap kedalam kulit.

4. Laser CO2

Laser CO2 cukup populer di kalangan yang peduli akan kesehatan dan kecantikan kulit untuk cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Laser CO2 ini merupakan laser fractional yang menggunakan karbon dioksida. Teknik ini memiliki peluang risiko yang minim karena tidak akan menggangu dan merusak jaringan wajah. Tahapan teknik laser CO2 dimulai dari tahap awal hingga finishing. Setiap sesi, teknik laser CO2 akan memakan waktu hingga 1 jam. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik bagi wajah, anda bisa mengulangi teknik ini setiap enam bulan sekali.

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat dengan laser CO2:
• Wajah anda akan diberikan anastesi agar wajah menjadi kebal dan mati rasa.
• Karena laser akan membuat wajah anda terasa panas dan terbakar, anda juga akan disemprotkan CO2 agar wajah merasakan sensasi dingin.
• Laser akan memberikan luka dan peradangan pada bagian kulit lapisan luar atau epidermis.
• Setelah sampai di lapisan kulit terluar, laser akan merangsang kolagen yang berfungsi untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit.
• Kulit yang dirusak lama-kelamaan akan menghilang dan tergantikan oleh lapisan kulit yang baru.
• Akan ada bekas luka dalam beberapa hari pasca prosedur namun jerawat akan berangsur berkurang dan menghilang.
• Perawatan ini biasanya akan mamakan waktu 60 menit.
• Untuk jerawat yang parah, biasanya anda dianjurkan untuk melakukan perawatan laser CO2 sebulan sekali hingga jerawat sembuh.

Berikut tadi adalah cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Sebenarnya, menghilangkan jerawat dengan cepat dengan menggunakan bahan alami lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping dibandingkan dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Bahan-bahan kimia akan menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun, penggunaan bahan alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat membutuhkan ketekunan dan kesabaran.