Begini Ternyata Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cuka Apel

Anda perlu mengetahui cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel untuk menunjang penampilan anda. Penampilan, terutama, penampilan wajah adalah hal yang perlu dirawat dan dijaga dengan baik. Namun, masalah kulit, seperti jerawat dan kulit kusam kerapkali ditemukan menghiasi wajah anda. Tak jarang anda menggunakan produk jerawat yang mengandung bahan kimia yang sangat tinggi.

Sadarkah anda bahwa ada cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel yang lebih alami? Cuka Apel adalah salah satu jawaban untuk membuat wajah anda terbebas dari jerawat dan kulit kusam. Pemakaian cuka apel secara rutin dapat membuat wajah bersinar, cerah, dan bersih.

Terdapat dua macam cuka apel yaitu yang terbuat dari sari apel beralkohol (cider) dan cuka apel yang terbuat dari fermentasi sari apel. Cuka apel yang terbuat dari sari apel beralkohol mengandung alcohol dengan kadar 5,85% sehingga bagi konsumen muslim sebaiknya lebih memperhatikan hal ini.

Sementara kandungan yang terdapat dalam cuka apel adalah asam sitrat, asam asetat, silicon, zat besi, zat tembaga, zat belerang, natrium, magnesium, kalium, fosfor, dan kalsium. Selain itu, cuka apel mengandung vitamin yaitu vitamin B dan C.

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel yang bisa anda lakukan sehari- hari.

Namun, sebelum mengetahui caranya, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu manfaat yang terkandung pada cuka apel untuk jerawat. Karena zat astringent yang terkandung didalamnya, cuka apel bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Selain itu, karena sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, cuka apel dapat mencegah iritasi akibat jerawat. Juga, yang tidak boleh dilupakan adalah kemampuan cuka apel untuk menyeimbangkan PH alami kulit wajah. Oleh karena itu, cuka apel dapat melindungi kulit dari serangan bakteri jerawat.

1. Gunakan Cuka Apel Langsung ke Bagian yang Berjerawat

Mengaplikasikan cuka apel langsung ke bagian wajah yang berjerawat adalah salah satu cara yang baik untuk melawan jerawat. Cuka apel mengandung khasiat antiseptik yang dapat membunuh bakteri jahat penyebab jerawat.
Pertama, basahi kapas, lalu tempelkan ke daerah wajah yang berjerawat. Kedua, diamkan 2-3 menit. Ketiga, bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan langkah- langkah ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

2. Membuat Toner Cuka Apel

Jerawat memang sangat menjengkelkan apalagi jika bintik merah tersebut tidak kunjung sembuh padahal anda telah melakukan berbagai hal. Jika anda memiliki jerawat, sebaiknya ada menempuh cara alami terlebih dahulu, salah satunya dengan menggunakan cuka apel. Membuat toner cuka apel bisa dilakukan dengan bahan- bahan yang mudah ditemukan di rumah dan dengan cara yang praktis.

Adapun bahan- bahan yang perlu disiapkan, yaitu 250ml air putih yang telah disaring, 250ml cuka apel organik yang tidak dipasteurisasi dan tanpa filter, dan 1 botol plastic untuk menyimpan toner. Cara membuatnya adalah campurkan air yang telah disaring dan cuka apel, kemudian kocok hingga tercapur sempurna. Setelah itu masukan campuran kedalam botol dan toner cuka apel pun siap digunakan.

Ada bebera tips tambahan untuk cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel. Mulailah menggunakan toner cuka apel dan dilakukan di malam hari. Setelah beberapa hari anda melakukannya, jika anda rasa tidak ada reaksi negatif yang muncul, anda bisa meningkatkan frekuensinya menjadi dua kali sehari.

Untuk pertama kali, diamkan cuka apel di wajah anda selama lima menit. Jika hal itu aman- aman saja setelah dilakukan beberapa kali, anda bisa mengaplikasikannya lebih lama. Jika anda memiliki jerawat punggung, anda bisa menggunakan semprotan untuk mencapai area tersebut.

3. Campurkan Cuka Dan Madu

Cuka apel dan madu adalah kombinasi yang sangat bagus. Cuka apel berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat sementara madu bermanfaat untuk melembabkan wajah anda.

Pertama, tuangkan air putih secukupnya kedalam mangkok, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu murni dan 1 sendok makan cuka apel. Kedua, oleskan pada area wajah anda yang berjerawat, tapi hindari daerah mata dan mulut anda. Ketiga, diamkan selama 20 menit hingga kering dan meresap. Kemudian, bilas dengan menggunakan air bersih.

4. Metode Dari Dalam (Internal)

Cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel dapat dilakukan dari dalam yaitu dengan mendetoksifikasi racun dan kotoran yang berada dalam tubuh. Lalu, bagaiamana cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel dengan mengonsumsinya langsung?

Anda perlu mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dengan 1 gelas air putih. Kemudian, konsumsi secara rutin sebanyak 1 gelas perhari. Metode dari dalam ini bisa memberikan efek yang lebih lama karena kandungan cuka apel, berupa vitamin, mineral, dan antiseptic alami langsung masuk kedalam tubuh. Selain membantu menghilangkan jerawat yang membandel, cuka apel pun dapat menyehatkan organ- organ dalam tubuh.

5. Cara Yang Paling Benar Menghilangkan Jerawat dengan Cuka Apel

Menurut http://health.liputan6.com, manfaat cuka apel untuk jerawat bukan berarti anda bisa mengaplikasikan cuka apel dengan sembarangan. Cuka apel harus diencerkan, jika tidak itu dapat mengiritasi kulit dan bahan menyebabkan sensasi terbakar. Selain itu, untuk mengantisipasi reaksi alergi terhadap kulit, anda sebaiknya memercikan sedikit cuka apel ke kulit anda.

Caranya adalah dengan menepuk- nepukan sedikit cuka apel di bagian belakang telinga dan diamkan selama 15 menit. Untuk perawatan di rumah, anda bisa mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:4 (cuka apel:air). Namun, pastikan campurannya lebih encer lagi jika anda sensitif terhadap bahan ini.

Oleskan ramuan tersebut seperti anda sedang menggunakan toner yaitu dengan mengoleskannya menggunakan kapas. Diamkan hingga 15 menit, lalu basuh dengan air bersih. Mulailah 1-3 kali seminggu dan gunakan pelembab atau salep, cream wajah setelahnya.

Begitulah, ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel yang bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah dan murah. Selain itu, ketahui pula manfaat coklat untuk wajah yang salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat. Namun, ada pula anggapan bahwa makan coklat menyebabkan jerawat, apakah itu benar? Temukan jawabannya!