Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mentimun

Selama ini, mungkin anda mengetahui mentimun hanya sebagai bahan makanan saja. Karena rasanya yang segar akibat tingginya kandungan air didalamnya, banyak orang suka mengonsumsi mentimun ini. Namun, siapa sangka bahwa mentimun ini dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan jerawat dengan mentimun. Selain itu, mentimun dapat bermanfaat mengatasi ganguan kulit lainnya, diantaranya menghilangkan minyak berlebih pada wajah, mengecilkan pori-pori kulit, menyembuhkan luka bakar akibat sengatan matahari, dan memutihkan kulit wajah.

Apa saja kandungan dan manfaat mentimun untuk wajah berjerawat?

Mentimun mengandung 90% air yang akan membantu menjaga kelembaban kulit secara alami. Selain itu, mentimun mengandung silica yang akan memberikan nutrisi untuk menunjang kesehatan kulit anda. Mentimun pun bertindak sebagai anti keriput, anti penuaan, dan anti jerawat.

Kemudian, mentimun dapat mencegah kotoran masuk kedalam pori-pori kulit karena fungsinya untuk mengencangkan pori-pori. Seperti yang telah diketahui, kotoran dalam pori- pori akan menyebabkan timbulnya jerawat. Mentimun pun dapat membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati, debu, dan kotoran yang sangat penting untuk mencegah munculnya jerawat. Bahan alami ini pun mengandung zat anti- inflamasi yang membantu meringankan rasa nyeri, kemerahan, dan peradangan jerawat di wajah.

Secara alami, mentimun mengandung berbagai vitamin dan mineral essensial diantaranya vitamin A, C, E, fosfor, magnesium, potassium, dan kalsium. Kandungan ini akan meberikan nutrisi pada kulit baik dari luar bila mentimun diaplikasikan secara topikal dan dari dalam bila mentimun dikonsumsi secara langsung. Hal ini akan mebuat kesehatan kulit terjaga dengan baik.

Disamping itu, mentimun mengandung vitamin E yang berkhasiat antioksidan untuk mencegah radikal bebas menyebabkan jerawat pada kulit. Masker mentimun mampu menghilangkan minyak berlebih, sisa makeup, bakteri, sel kulit mati, dan kotoran yang keseluruhannya menempatkan kulit wajah berisiko tinggi mengalami masalah jerawat.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan mentimun?

1. Cara Membuat Masker Mentimun

Bagaimana cara mebuat masker mentimun untuk menghilangkan jerawat? Membuat masker untuk mengatasi jerawat dengan mentimun sebenarnya relatif mudah. Anda bisa mencobanya dengan cara membuat masker mentimun untuk jerawat di bawah ini.

Pertama, siapkan mentimun secukupnya, kemudian cuci hingga bersih. Kedua, potong mentimun menjadi bagian yang lebih kecil, lalu masukan kedalam mesin blender. Ketiga, haluskan timun dengan menggunakan blender. Keempat, saring untuk memisahkan ampas dan sari timunnya. Kelima, ambil sari timun dan kemudian campurkan dengan sari lemon. Aduk- aduk hingga tercampur merata. Mentimun untuk mengobati jerawat siap untuk digunakan.

Mudah bukan cara menghilangkan jerawat dengan mentimun?

Setelah campuran mentimun siap digunakan, aplikasikan ramuan tersebut pada wajah berjerawat secara merata. Kemudian, tunggu hingga 30 menit atau hingga mengering. Terakhir, bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

2. Jus Mentimun untuk Mengobati Jerawat

Dengan mengonsumsi buah mentimun secara langsung atau minum jus mentimun, itu adalah cara mengobati jerawat secara ampuh, cepat, dan alami dari dalam. Jika anda tidak suka mengonsumsi mentimun secara langsung, anda bisa mengolahnya sebagai jus dengan rasa yang lebih lezat dan enak. Cara menghilangkan jerawat dengan jus mentimun cukup mudah.

Pertama, bersihkan mentimun, lalu potong mentimun kecil- kecil. Kedua, masukan ke blender, kemudian blender hingga halus. Konsumsi jus mentimun tersebut secara rutin setiap hari. Jika anda ingin varian rasa, anda bisa menambahkan jeruk nipis atau jeruk lemon. Tidak ada salahnya bagi anda yang memiliki jerawat untuk mencoba resep ini di rumah. Khasiat mentimun untuk jerawat dapat anda peroleh dengen mengonsumsi jus mentimun tiap hari.

3. Mentimun dan Lemon

Lemon adalah buah yang menyediakan manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit anda. Buah lemon pun dapat mengobati jerawat secara alami dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Kandungan vitamin C dalam buah lemon mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebakan penuaan kulit. Vitamin A, B1, dan B3 pada lemon mampu membuang minyak berlebih pada kulit. Minyak berlebih ini dapat menyumbat folikel kulit dan menyebabkan jerawat. Hal ini membuat lemon menjadi sahabat terbaik mentimun untuk cara menghilangkan jerawat.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan mentimun dan lemon? Pertama, siapkan mentimun yang telah dihaluskan dengan menggunakan blender. Kedua, tambhkan 1 sendok the lemon, kemudian aduk- aduk hingga merata. Ketiga, aplikasikan campuran tersebut sebagai masker di pagi dan malam hari. Lakukan perawatan tersebut dua hari sekali untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

4. Mentimun dan Tomat

Tomat yang dikombinasikan dengan mentimun akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Tentunya dengan kandungan- kandungan nutrisi yang dimiliki oleh kedua bahan tersebut, campuran ini akan sangat efektif untuk mengatasi jerawat membandel. Selain kandungan vitamin C dapat mengatasi jerawat, kandungan itu pun mampu mencerahkan kulit secara alami.

Kandungan lainnya dalam tomat yang mampu membantu menghilangkan jerawat, diantaranya solanin, saponin, antioksidan, bioflavonoid, asam sitrat, asam malat, asam folat, vitamin A, vitamin C, lemak, dan protein. Senyawa- senyawa dalam tomat tersebut akan membantu melawan radikal bebas yang bersumber dari sekeliling anda, mengangkat sel-sel kulit mati, dan menjaga kesehatan.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan mentimun dan tomat?

Pertama, potong mentimun dan tomat menjadi beberap bagian. Kedua, haluskan kedua bahan tersebut hingga halus dan membentuk pasta. Ketiga, oleskan campuran tersebut ke seluruh area wajah. Keempat, diamkan 15 hingga 20 menit, lalu bersihkan wajah anda.

5. Mentimun dan Yoghurt

Mentimun dan yoghurt sudah sering dikombinasikan sebagai bentuk perawatan kecantikan, termasuk untuk menghilangkan jerawat. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Kandungan lactic acid dalam yogurt mampu melembabkan dan menyehatkan kulit sehingga tidak mudah ditumbuhi jerawat.

Selain itu, terdapat kandungan zinc yang akan menenangkan kulit dan menghilangkan flek jerawat dan bekasnya pada wajah. Sifat anti-bakteri dan anti-jamur dalam yogurpun akan sangat berguna untuk mengatasi jerawat. Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan mentimun dan yogurt?

Pertama, potong mentimun menjadi bagian kecil, lalu haluskan hingga benar- benar lembut. Kedua, tambahkan 2 sendok yogurt polos, aduk-aduk hingga rata. Ketiga, oleskan ke wajah yang terdapat jerawat. Keempat, diamkan selama 30 hingga 45 menit hingga nutrisi dalam mentimun dan yogurt terserap kedalam kulit. Terakhir, bilas dengan air hangat.

Nah, itulah cara menghilangkan jerawat dengan mentimun. Setelah mengetahui manfaat masker mentimun untuk jerawat, anda perlu mengetahui masker alami untuk jerawat dari bahan- bahan alami lainnya. Ketahui pula manfaat masker beras untuk menghilangkan jerawat yang terbuat dari bahan yang mudah anda dapatkan di rumah.