Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi

Jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan penyumbatan folikel rambut oleh bakteri P.acnes, penumpukan sel-sel kulit mati, produksi sebum yang berlebihan, dan kotoran. Jerawat ini bisa muncul baik pada pria maupun wanita, apalagi di masa pubertas. Masa pubertas adalah masa dimana lonjakan hormone terjadi yang dapat menyebabkan jerawat, namun hal ini dapat diatasi dengan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Hindari untuk memencet dan mengeluarkan isi jerawat dengan paksa karena akan menularkan bakteri di tangan ke wajah anada. Hal ini malah membuat jerawat tambah meradang dan semakin menyebar ke seluruh permukaan kulit.

Pasta gigi dipercaya dapat mengeringkan jerawat dan membasmi bakteri P.acnes yang dapat memicu timbulnya jerawat. Apapun merek pasta gigi yang anda gunakan untuk menghilangkan jerawat termasuk pepsodent, ciptadent, close up, dan enzim, merek tersebut akan mengandung triclosan, menthol, alcohol, hydrogen peroksida, dan baking soda yang mampu mengatasi jerawat.

Namun, menurut Dr Neal Schultz, dermatologists berbasis di New York, pasta gigi diperuntukan gigi bukan untuk kulit. Penggunaan pasta gigi untuk kulit dapat menimbulkan efek kemerahan, rasa terbakar, kulit mengelupas, dan dapat mengiritasi kulit. Oleh karena itu, hal yang perlu diperhatikan adalah cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi dan efek sampingnya yaitu menggunakan pasta gigi hanya pada daerah yang berjerawat karena sifatnya yang dapat mengiritasi kulit.

I. Kandungan Pasta Gigi untuk Menghilangkan Jerawat.

Pasta gigi yang digunakan untuk menggosok gigi setiap hari sebenarnya diperuntukan untuk gigi, bukan untuk kulit. Namun, kandungan-kandungan dalam pasta gigi dapat mengeringkan jerawat sehingga mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Kandungan pasta gigi yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat:
1. Pasta gigi mengandung triclosan, hydrogen peroksida, menthol, dan minyak essensial yang akan membuat jerawat cepat mengering.
2. Pasta gigi juga mengandung baking soda yang mempercepat proses penyembuhan jerawat, menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas, dan menyembuhkan luka bekas jerawat.
3. Kandungan triclosan dalam pasta gigi akan membuat jerawat menjadi kering. Selain itu, kandungan ini juga akan mencegah bakteri P.acnes penyebab jerawat tumbuh dan berkembang biak. Kombinasi antara seng sitrat dan seng kloridam dapat mencegah pembentukan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.
4. Senyawa hydrogen peroksida mampu membuat kulit yang berjerawat menjadi lebih putih. Kandungan ini juga mampu mencegah bakteri P.acnes menyebabkan jerawat.
5. Kandungan natrium benzoate dalam pasta gigi dapat mencegah mikroorganisme tumbuh dan berkembang biak menyebabkan jerawat.
6. Flouride dalam pasta gigi dapat menjaga kesehatan kulit dan menghindari kerusakan kulit. Kandungan ini juga dapat membasmi bakteri P.acnes yang dapat menyebabkan jerawat.
7. Lebih bagus lagi jika anda memilih pasta gigi yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida yang sangat ampuh untuk mengobati dan menghilangkan jerawat anda.
8. Potassium citrate dalam pasta gigi dapat menurunkan sensitivitas kulit terhadap penyebab jerawat.
9. Zinc dalam pasta gigi akan menguatkan kulit yang ditumbuhi jerawat.
10. Hydroxyapatipe memiliki khasiat yang sama dengan zinc yaitu menguatkan kulit.

II. Cara Memilih Pasta Gigi untuk Menghilangkan Jerawat

1. Pilihlah pasta gigi yang berwarna putih. Hindari pemilihan pasta gigi yang bergaris-garis hijau, biru, atau merah. Kandungan triclosan, hydrogen peroksida, dan sodium bikarbonat dapat mengeringkan jerawat. Pasta gigi yang berwarna biasanya akan mengiritasi kulit.
2. Hindari pemilihan pasta gigi yang betujuan untuk memutihkan gigi. Pasta gigi semacam ini akan memberikan rasa terbakar pada kulit dan membuat kulit menjadi belang-belang. Pasta gigi ini biasanya mengandung melanin ekstra yang akan lebih reaktif pada kulit dan meninggalkan bercak-bercak yang semakin mengganggu penampilan.
3. Hindari pemilihan pasta gigi berbentuk gel. Pasta gigi ini kemungkinan tidak memiliki bahan aktif yang dapat mengeringkan jerawat.
4. Pilihlah merek pasta gigi yang mengandung flourida rendah. Banyak orang yang mengalami alergi ketika menggunakan flourida secara topikal.
5. Gunakanlah pasta gigi organic yang dapat menghilangkan jerawat. Pasta gigi semacam ini biasanya tidak mengandung flourida dan bahkan bahan kimia lainnya yang berbahaya. Namun, pasta gigi ini masih memiliki bahan aktif yang dapat mengeringkan jerawat.

III. Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi

• Siapkan pasta gigi yang tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berlebihan. Pilihlah pasta gigi yang mengandung bahan organic yang hanya mengandung hydrogen peroksida, triclosan, baking soda, dan menthol.
• Hindari penggunaan pasta gigi yang berbentuk gel karena ini akan membuat jerawat tambah kering dan kaku.
• Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat agr pori-pori kulit wajah terbuka dan kandungan berkhasiat dari pasta gigi mudah meresap kedalam kulit, kemudian keringkan dengan handuk.
• Oleskan pasta gigi ke daerah wajah yang berjerawat dengan menggunakan ujung jari. Pastikan jari anda bersih agar tidak menularkan bakteri ke wajah.
• Biarkan selama 30 menit atau anda juga bisa membiarkannya semalaman.
• Bersihkan dengan menggunakan air dingin agar pori-pori menutup kembali.
• Keringkan dengan handuk yang bersih dan kering.
• Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu hingga jerawat sembuh.

2. Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi dan Garam Laut

Garam laut memiliki manfaat luar biasa yang dapat menghilangkan jerawat. Kombinasi garam laut dan pasta gigi akan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Manfaat-manfaat garam laut yang dapat menghilangkan jerawat:
• Kadar garam yang tinggi mampu membunuh bakteri P.acnes yang dapat menyebabkan jerawat.
• Kandungan mineral dalam garam laut mampu menggantikan mineral yang hilang akibat jerawat dan mempercepat penyembuhan jerawat.
• Garam laut akan membantu melarutkan minyak atau sebum pada kulit yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.
• Bahan ini juga mengandung mineral essensial seperti zat besi, zinc, potassium, yodium, kalsium, magnesium, dan natrium yang dapat memberikan nutrisi pada kulit.
• Garam juga memiliki sifat menetralkan racun yang dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat di wajah dengan pasta gigi dan garam:
• Siapkan pasta gigi dan garam dengan perbandingan yang sama, kemudian aduk-aduk hingga merata.
• Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat, kemudian keringkan dengan handuk.
• Oleskan pada daerah wajah yang berjerawat dengan menggunakan jari. Pastikan jari anda bersih dan steril.
• Biarkan selama 10 menit.
• Bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin.
• Keringkan dengan menggunakan handuk yang bersih dan kering.
• Lakukan perawatan ini rutin tiga kali seminggu.

3. Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi dan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Kombinasinya dengan pasta gigi akan membuat ini sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Kandungan jeruk nipis yang berguna untuk menghilangkan jerawat:
• Jeruk nipis mengandung vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan untuk menghambat radikal bebas dan bakteri P.acnes masuk ke tubuh dan menimbulkan jerawat. Vitamin ini juga mampu melarutkan sebum atau minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.
• Buah ini juga memiliki kandungan anti-bakteri yang dapat menangkal bakteri P.acnes.
• Khasiat anti-inflamasi dalam jeruk nipis akan membantu untuk meredakan peradangan yang diakibatkan jerawat.
• Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) mampu mebuka pori-pori yang tersumbay yang dapat memicu timbulnya jerawat.
• Buah ini juga mengandung flavonoid yang berkhasiat sebagai anti-oksidan yang khasiatnya sama dengan vitamin C untuk jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi dan jeruk nipis dengan cepat:
• Campurkan pasta gigi dengan air perasan jeruk nipis, aduk-aduk hingga tercampur.
• Bersihkan wajah anda dengan menggunakan air hangat.
• Keringkan wajah dengan menggunakan handuk kering dan bersih.
• Oleskan campuran pasta gigi dan jeruk nipis ke daerah wajah yang berjerawat. Pastikan jari anda bersih dan steril.
• Lakukan perawatan pada malam hari sebelum tidur.
• Pada keesokan harinya, bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin.
• Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu.

Pasta gigi memang merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, namun bahan ini dapat mengiritasi kulit. Oleh karena itu, anda dapat mencoba menggunakan bahan-bahan alami lainnya yang aman untuk digunakan dan produk-produk penghilang jerawat yang terbukti khasiatnya.