Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung

Jerawat bisa timbul di daerah tubuh manapun sepanjang derah tubuh tersebut memiliki kelenjar sebaceous, kelenjar yang menghasilkan minyak , atau folikel rambut. Punggung juga memiliki kelenjar sebaceous yang menghasilkan sebum atau minyak alami tubuh, sama halnya dengan wajah. Jerawat di punggung disebabkan oleh sebum yang berlebihan, bakteri P.acnes, dan penumpukan sel-sel kulit mati akan menyumbat pori-pori. Penyebab jerawat jenis ini bisa diatasi dengan cara menghilangkan jerawat di punggung.

Jerawat punggung ini seringkali terjadi pada remaja usia pubertas dimana terjadi ketidakstabilan hormon yang menyebabkan kelenjar sebaceous menghasilkan sebum atau minyak alami tubuh lebih banyak. Jerawat punggung memang tidak akan terlihat, namun jika anda melakukan aktifitas seperti berenang, jerawat punggung akan terlihat juga. Ciri jerawat di punggung adalah jerawat yang sering menimbulkan rasa perih dan kurang nyaman pada baian tubuh belakang. Jerawat punggung akan menyebabkan ketidaknyamanan pada saat tidur dan proses penyembuhannya lambat dibandingkan jerawat di wajah.

Bagi anda yang mencoba cara menghilangkan jerawat di punggung dengan minyak pijat atau body lotion, itu adalah hal yang kurang tepat karena bahan-bahan itu bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat punggung lebih banyak lagi. Apakah jerawat di punggung bisa hilang? Tentu bisa.

Berikut ini adalah berbagai cara menghilangkan jerawat di punggung:

1. Aspirin

Aspirin adalah obat penurun demam yang umumnya sering digunakan. Namun, ternyata aspirin juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat di punggung dengan ampuh karena memiliki kandungan anti-inflamasi. Hal yang perlu diingat adalah aspirin digunakan untuk menghilangkan jerawat punggung sebagai obat jerawat luar, bukan dengan cara diminum.

Kandungan-kandungan dalam aspirin yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di punggung:
• Khasiat anti-inflamasi dalam aspirin akan membantu meringankan rasa sakit dan mengatasi peradangan akibat jerawat di punggung.
• Aspirin mengandung acetylsalicylic acid yang juga terkandung dalam asam salisilat yang sering digunakan untuk menghilangkan gatal dan jerawat di punggung dengan ampuh. Kandungan ini dapat membasmi bakteri P.acne yang memicu timbulnya jerawat, melembutkan kulit yang kasar, dan mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.

Cara menghilangkan jerawat punggung dengan bahan aspirin:
• Siapkan 1 tablet aspirin dan air putih secukupnya.
• Campurkan aspirin dan air secukupnya, aduk-aduk hingga merata.
• Bersihkan punggung terlebih dahulu.
• Oleskan aspirin ke daerah punggung yang berjerawat.
• Biarkan 15-20 menit.
• Bersihkan punggung anda kembali.
• Keringkan dengan handuk yang bersih dan kering.

2. Kunyit

Kunyit dipercaya dapat mengembalikan PH alami kulit sehingga kulit terhindar dari maslah kulit dan jerawat. Herbal ini dapat digunakan secara topikal pada punggung yang berjerawat dan dikonsumsi secara langsung sebagai pengobatan dari luar.

cara menghilangkan jerawat di punggung

Kandungan kunyit yang berguna untuk menghilangkan jerawat di punggung badan:
• Kunyit mengandung khasiat anti-bakteri yang bermanfaat untuk menangkal baketri P.acnes yang dapat menyebabkan jerawat.
• Menurut sebuah studi pada tahun 2013 yang dipublikasikan dalam Chemical and Pharmaceutical Bulletin, Senyawa kurkumin dalam kunyit menunjukan aktivitas anti-mikroba yang dapat menghambat laju bakteri P.acne.
• Kurkumin dalam kunyit juga memiliki khasiat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan dan rasa nyeri akibat jerawat di punggung.
• Senyawa kurkuminoid dalam kunyit berkhasiat anti-oksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan bakteri P.acnes yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
• Kunyit merupakan antiseptic alami yang berguna untuk membasmi bakteri P.acnes yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
• Herbal ini merupakan analgesic, anti-alergi, astringent, dan diuretic yang bermanfaat untuk membersihkan kotoran yang terjebak dalam pori-pori kulit dan mnegeluarkan racun dari dalam tubuh.

Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan kunyit secara oral:
• Siapkan setengah sendok the bubuk kunyit dan segelas susu hangat.
• Campurkan kedua bahan tersebut, aduk-aduk hingga merata.
• Konsumsi ramuan ini sekali sehari untuk menghilangkan jerawat di punggung dari dalam.

Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan kunyit secara topikal:
• Campurkan 1-2 sendok the bubuk kunit dengan minyak wijen secukupnya, kemudian aduk-aduk hingga membentuk pasta.
• Bersihkan punggung dengan menggunakan air hangat. Ini akan membuka pori-pori kulit punggung sehingga khasiat dari kunyit mudah meresap ke kulit.
• Oleskan campuran tersebut ke daerah punggung yang berjerawat dengan jari-jari yang bersih dan steril.
• Biarkan selama 1 jam agar khasiat kunyit meresap kedalam kulit.
• Bilas dengan menggunakan air dingin agar pori-pori punggung menutup kembali.
• Keringkan punggung dengan handuk yang kering dan bersih.
• Lakukan perawatan ini sekali sehari hingga jerawat sembuh.

3. Melakukan Scrub dari Beras

Melakukan scrub bertujuan untuk mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati sehingga sel-sel kulit mati tidak akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat punggung. Anda bisa melakukan scrub dengan butiran yang sangat halus agar tidak terjadi iritasi pada kulit. Lakukan perawatan dengan scrub untuk menghilangkan jerawat punggung seminggu sekali. Hal ini disebabkan melakukan scrub yang terlalu sering akan menyebabkan iritasi.

cara menghilangkan jerawat di punggung

Namun, perawatan ini cocok untuk jerawat punggung yang belum meradang dan parah. Selain itu, anda tidak perlu membeli sabun yang mengandung scrub untuk menghilangkan jerawat punggung. Anda bisa melakukan scrub dengan bahan alami.

Kandungan-kandungan dalam beras yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat punggung:
• Beras mengandung vitamin B1, B2, protein, karbohidrat, dan mineral yang berguna untuk menghilangkan jerawat punggung dan bekasnya.
• Kandungan protein dalam beras akan memberikan nutrisi pada kulit agar kulit selalu tetap terjaga kesehatannya. Kulit yang sehat tidak mudah terserang bakteri P.acne yang dapat menyebabkan jerawat.
• Mineral essensial dalam beras berguna untuk mencegah pertumbuhan jerawat di punggung.
• Vitamin-vitamin B1, B3, B6, dan E dalam beras akan memberikan gizi pada kulit agar kulit selalu sehat. Kulit yang terjaga kesehatannya tidak mudah ditumbuhi jerawat dan akan selalu tetap awet muda.
• Beras juga memiliki khasiat anti-oksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan timbulnya masalah-masalah kulit, termasuk jerawat.
• Karbohidrat dalam beras mampu mengatasi sebum atau minyak berlebih di kulit yangt dapat menyebabkan timbulnya jerawat punggung.
• Oryzanol dalam beras bermanfaat untuk mengembalikan fungsi pigmen kulit. Oleh karena itu, kandungan ini akan membantu menyamarkan bekas jerawat yang ada di punggung.

Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan cepat menggunakan beras:
• Haluskan beras dengan menggunakan alat tumbuk atau blender hingga benar-benar halus.
• Campur beras dengan air secukupnya, kemudian aduk-aduk hingga merata.
• Bersihkan punggung dengan menggunakan air.
• Aplikasikan campuran ke daerah penggung yang terdapat jerawat dan bekasnya.
• Biarkan hingga campuran tersebut mongering atau kira-kira selama 1 jam.
• Bersihkan punggung dengan air bersih.
• Lakukan perawatan ini sekali seminggu hingga jerat punggung sembuh.

4. Oleskan Obat Benzoil Peroksida Secara Topikal.

Benzoil peroksida adalah obat untuk membasmi bakteri P.acnes yang menyebabkan timbulnya jerawat dan mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat punggung. Selain itu, benzoil peroksida juga berkhasiat sebagai anti-inflamasi untuk mengatasi peradangan akibat jerawat punggung, menghilangkan kemerahan, dan mengatasi nyeri yang ditimbulkan jerawat. Produk yang mengandung benzoil peroksida sebanyak 2,5% cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat punggung. Produk obat benzoil peroksida tersedia dalam bentuk cream dan gel.

Kemudian, obat cream dan gel ini digunakan pada punggung yang berjerawat setelah 20 menit anda membersihkan punggung. Obat jerawat ini harus digunakan sesuai takaran yang dianjurkan oleh dokter spesialis kulit dan biasanya diaplikasikan secara topikal sekali sehari. Untuk menghilangkan keseluruhan jerawat punggung, biasanya anda perlu memakai selama 6 minggu.

Para ahli dermatologi banyak yang menganjurkan benzoil peroksida sebagai menghilangkan jerawat di punggung dengan cepat karena efek sampingnya tidak membahayakan kulit. Namun, penggunaan yang berlebihan akan obat ini akan menyebabkan iritasi pada kulit. Efek samping yang ditimbulkan dari obat ini adalah rasa terbakar, sensasi menyengat, dan gatal.

Selain itu, kulit juga bisa kemerahan, mengelupas, mengeras, dan mengering. Hindari paparan langsung pada sinar UV matahari karena obat ini akan membuat kulit anda lebih sensitif terhadap sinar matahari. Obat ini juga memiliki efek memutihkan. Oleh karena itu, hindari kontak pada baju dan rambut anda. Namun, anda tidak perlu khawatir akan efek samping dari Benzoil Peroksida karena efek samping akan menghilang setelah pemakaian selesai.

Berikut tadi adalah ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat di punggung dengan cepat. Jerawat punggung biasanya dengan faktor genetika seseorang yang memiliki produksi sebum atau minyak berlebih di tubuh. Selain itu, faktor gaya hidup dan kebersihan juga dapat menyebabkan jerawat timbul di punggung anda. Hindari asupan makanan, berupa makanan berminyak, pedas, dan siap saji. Selain itu, hindari juga merokok dan minum alkohol. Serta, jaga selalu kestabilan emosi agar terhindar dari stress yang dapat memicu timbulnya jerawat punggung.