Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Di Dahi Dan Pipi

Jenis jerawat ada banyak macamnya. Ada jerawat yang berbentuk besar dan solitair (satuan), ada juga jerawat yang kecil-kecil, namun jumlahnya banyak. Jerawat jenis kedua ini jika dipencet akan mengeluarkan kotoran berwarna putih seperti nasi atau butiran beras. Biasanya mudah tumbuh di daerah tubuh yang sering berminyak seperti dahi, pipi, hidung, dada, dan punggung. Ada banyak cara menghilangkan jerawat kecil seperti ini yang bisa anda lakukan.

I. Penyebab Munculnya Jerawat Kecil

Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat kecil di dahi dan daerah wajah lainnya, ada baiknya anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah penyebab jerawat kecil:

1. Faktor Hormon.

Ketidakseimbangan hormone pada masa pubertas, menstruasi, atau ketika anda mengalami stress adalah penyebab jerawat kecil akibat faktor hormone. Hal ini disebabkan ketidakseimbangan hormone androgen yang menyebabkan jerawat akan merangsang kelenjar sebaceous memproduksi sebum atau minyak alami tubuh lebih banyak. Perubahan hormone yang dapat menyebabkan jerawat di dahi dan pipi juga bisa berasal dari merokok, menopause, kehamilan, dan diet yang tidak sehat.

2. Faktor Genetik.

Faktor gentik merupakan penyebab jerawat kecil timbul, sama halnya dengan jerawat batu. Jika anda memiliki keluarga yang memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat, anda juga kemungkinan besar memilikinya. Wajah yang berminyak akan menyebabkan jerawat kecil mudah bersarang di wajah anda.

3. Gaya Hidup yang Salah.

Jerawat kecil mudah tumbuh di kulit anda karena asupan makanan yang tidak higienis dan tidak sehat, kurangnya istirahat, dan jarang membersihkan kulit. Hindari makanan yang pedas, berminyak, dan siap saji karena akan merangsang jerawat kecil tumbuh di kulit anda. Gaya hidup yang tidak sehat itu akan membuat kulit anda sulit beregenerasi dan merangsang kelenjar sebaceous memproduksi sebum lebih banyak.

II. Cara Menghilangkan Jerawat Kecil di Dahi dan Pipi

Setelah mengetahui penyebab jerawat kecil, berikut ini adalah ulasan mengenai cara mengatasi jerawat kecil di wajah anda, termasuk dahi dan pipi.

1. Teh Hijau

Menghilangkan jerawat kecil di pipi dan dahi juga bisa dilakukan oleh ampas teh hijau. Herbal ini 50% lebih efektif untuk menghilangkan jerawat kecil dibandingkan obat penghilang jerawat yaitu benzoil peroksida. Selain itu, teh hijau dikenal sebagai jenis teh yang memiliki kandungan nutrisi yang paling tinggi dibandingkan olahan teh lainnya, termasuk untuk kesehatan dan kecantikan.

cara menghilangkan jerawat kecil

Kandungan teh hijau yang dapat menghilangkan jerawat kecil di dahi dan pipi:
• Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate yang berkhasiat sebagai anti-oksidan. Anti-oksidan ini akan menangkal radikal bebas dan bakteri P.acnes yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
• Teh jenis ini juga mengandung antioksidan katekin yang disebut polifenol. Bahkan konsentrasi anti-oksidan dalam teh hijau lebih tinggi dibandingkan dengan anti-oksidan dalam vitamin C dan E. Oleh karena itu, teh hijau mampu menangkal radiak bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat.
• Herbal ini memiliki khasiat anti-bakteri yang dapat membasmi bakteri P.acnes yang dapat memicu timbulnya jerawat.
• Senyawa katekin dalam teh hijau memiliki khasiat ant-inflamasi yang dapat mengatasi peradangan akibat jerawat kecil dan mengatasi warna kemerahan jerawat kecil.
• Teh hijau memiliki indeks glikemiks yang rendah. Ini berguna untuk mengatur tingkat insulin dan kadar gula dalam darah. Tingkat gula darah yang tinggi akan memicu berbagai masalah kulit, termasuk jerawat kecil.

Cara menghilangkan jerawat kecil dengan menggunakan bahan aman dari teh hijau:
• Seduh teh hijau dengan menggunakan air panas, kemudian sisihkan airnya.
• Ambil ampas teh hijau.
• Bilas dan bersihkan wajah anda dengan menggunakan air hangat. Air hangat akan membuka pori-pori anda sehingga khasiat dari kandungan teh hijau mudah menyerap kedalam kulit.
• Oleskan teh hijau ke daerah wajah yang terdapat jerawat kecil. Anda bisa menggunakan jari-jari anda, namun pastikan jari-jari anda bersih dan steril agar menghindari kuman dan bakteri dari tangan menular ke wajah.
• Diamkan 1 jam atau hingga teh hijau tersebut mongering.
• Bersihkan wajah anda dengan air dingin agar pori-pori wajah anda menutup kembali.
• Keringkan wajah dengan handuk yang bersih dan kering.
• Lakukan perawatan ini sekali sehari hingga jerawat keci-kecil menghilang.
• Selain itu, anda juga bisa meminum teh hijau dari dalam setiap hari untuk penyembuhan jerawatr kecil dari dalam.

2. Yoghurt

Pilihlah yoghurt yang tanpa rasa, tanpa warna, dan warnanya putih sebagai obat jerawat kecil di dahi dan daerah wajah lainnya. Hal ini disebabkan yoghurt yang telah ditambah gula dan sari buah akan menyebabkan iritasi, ruam merah pada kulit, dan memperparah kondisi jerawat.

Kandungan-kandungan dalam yoghurt yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat kecil di dahi dan pipi:
• Yoghurt mengandung asam laktat dan zinc yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kulit yang sehat tidak mudah terserang masalah kulit dan tidak mudah ditumbuhi jerawat.
• Asam laktat dan asam alpha hidroxy dalam yoghurt juga berguna untuk mengangkal pemunpukan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.
• Asam laktat dalam yoghurt juga akan membantu melembabkan kulit. Kulit yang lembab dan sehat tidak mudah ditumbuhi jerawat.
• Kandungan 1mg zinc dalam 100 gram yoghurt memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi yang akan membantu mengatasi peradangan akibat jerawat kecil. Selain itu, zinc juga akan mengontrol produksi sebum yang berlebihan yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat kecil.
• Kalsium dalam yoghurt mampu melembabkan kulit dan menghidrasi kulit sehingga kulit akan terhindar dari kekeringan dan dehidrasi. Hal ini disebabkan lapisan epidermis kulit sebagian besar tersususn dari kalsium.
• Yoghurt kaya akan kandungan vitamin B kompleks seperti vitamin B2, B5, dan B12. Vitamin B2 akan membuat kulit lebih cerah dan terjaga kesehatannya. Vitamin-vitamin ini juga akan melindungi kulit dari efek radikal bebas yang dapat menyebabkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat kecil kecil di dahi dan pipi dengan menggunakan yoghgurt:
• Siapkan satu sendok yoghurt murni yang tidak berasa dan berwarna.
• Bersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat agr pori-pori terbuka.
• Oleskan yoghurt tersebut ke seluruh permukaan wajah dengan menggunakan bola kapas atau jari-jari anda yang telah steril dan bersih.
• Pijat lebut dan perlahan agar khasiat dari kandungan yoghurt mudah menyerapa ke dalam kulit.
• Biarkan selama 30 menit.
• Bersihkan wajah anda dengan menggunakan air dingin.
• Lakukan perawatan ini sekali sehari hingga jerawat kecil di dahi dan pipi menghilang.

3. Facial Wajah

Facial wajah ampuh dan efektif untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat kecil di dahi, pipi, dan permukaan wajah lainnya. Facial ini akan mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati di wajah yang menjadi penyebab jerawat sehingga treatment ini akan mencegah tumbuhnya jerawat kecil. Facial wajah juga berguna untuk menghilangkan sebum atau minyak yang berlebihan di wajah, menghilangkan komedo dan jerawat kecil, dan juga membersihkan wajah untuk mencegah jerawat. Selain itu, facial wajah juga akan menjangkau kotoran-kotoran kecil yang tidak tuntas dibersihkan oleh anda. Lakukan facial sekali dalam sebulan untuk mencegah dan mengobati jerawat kecil di dahi dan pipi.

cara menghilangkan jerawat kecil

Namun, menurut Inneke Halim, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Bethsaida Hospitals, facial hanya dilakukan untuk orang-orang yang memiliki jerawat ringan. Facial wajah tidak diperuntukan orang yang jerawatnya sudah pada tingkat parah. Orang yang memiliki jerawat yang sudah pada tahap parah, sebaiknya mengonsumsi obat untuk menghilangkan jerawat terlebih dahulu, baru kemudian bisa melakukan facial. Kemudian, pastikan klinik kecantikan menggunakan peralatan, seperti handuk, sarung tangan, dan peralatan untuk memencet jerawat kecil steril, bersih, dan higienis. Selain di klinik-klinik kecantikan, anda juga bisa melakukan facial wajah sendiri di rumah.

Cara menghilangkan jerawat kecil dengan cepat dan ampuh dengan melakukan facial sendiri di rumah.
• Siapkan bahan-bahan untuk melakukan facial wajah sendiri di rumah, seperti pembersih wajah (cleanser), sabun pencuci muka, masker, wadah, moisturizer, scrub, serum, dan air hangat.
• Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat dan menggunakan sabun pembersih wajah.
• Pijat wajah dengan menggunakan moisturizer atau minyak zaitun secara lembut dan perlahan.
• Steam wajah dengan menggunakan uap air panas agar pori-pori wajah terbuka dan kotoran mudah dibersihkan.
• Lakukan scrubbing pada wajah untuk mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran di wajah.
• Oleskan masker dari bahan-bahan alami.
• Oleskan juga serum ke seluruh permukaan wajah untuk hasil yang maksimal.

4. Peeling Wajah

Peeling wajah juga dapat digunakan sebagai obat jerawat kecil untuk mencegah dan mengatasi jerawat jenis itu di dahi dan pipi. Dengan perawatan ini, jerawat kecil dan bekasnya bisa diatasi. Selain itu, peeling wajah juga akan menyegarkan dan menghaluskan wajah anda. Peeling wajah juga akan merangsang produksi kolagen yang bermanfaat untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit anda dan juga akan mempercepat regenerasi kulit.

Selain itu, peeling wajah akan mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati dan merangsang produksi kolagen untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat kecil. Kulit kemudian akan terdorong untuk mengungkap kulit yang baru yang lebih sehat dan segar. Mungkin anda akan merasakan seperti terbakar matahari selama 5 sampai 7 hari pasca perawatan, namun kulit anda akan lembut dan terbebas dari jerawat selama 6 hingga setahun kemudian. Selain di klinik-klinik kecantikan, anda juga bisa melakukan peeling wajah di rumah.

Cara menghilangkan jerawat kecil ampuh dengan melakukan peeling di rumah:
• Bersihkan wajah dengan menggunakan toner atau susu pembersih, kemudian pijat-pijat perlahan selama 1 menit.
• Sterilkan pin pemencet jerawat kecil dengan alcohol 70%. Hindari memencet jerawat yang meradang dan terluka.
• Setelah proses memencet jerawat kecil selesai, aplikasikan cream peeling.
• Diamkan selama beberapa menit, kemudian bersihkan cream peeling.
• Basuh wajah dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali.

Berikut tadi adalah cara menghilangkan jerawat kecil di dahi dan pipi dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di dapur anda dan dengan perawatan wajah yang bisa dilakukan di klinik kecantikan atau di rumah. Cara menghilangkan jerawat kecil perlu dilakukan dengan tepat dan melalu tahapan yang benar karena jika tidak, jerawat akan semakin parah, banyak, atau menimbulkan bekas. Selain itu, anda juga perlu menerapkan gaya hidup yang sehat untuk mencegah jerawat datang di kemudian hari. Jika jerawat kecil tidak bisa diobati dengan cara-cara diatas, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.