Cara Menghilangkan Jerawat Merah Di Wajah Dengan Cepat

Bagaimana cara menghilangkan jerawat merah? Lalu, apa penyebab jerawat berwarna merah?

Jerawat yang memerah bukanlah akibat luka. Itu terbentuk karena adanya peradangan. Kemerahan pada jerawat terjadi karena sebum melewati dinding folikel kulit. Dalam pori-pori, sebum bercampur dengan kulit mati yang akan menyumbat pori-pori. Hal ini memungkinkan radikal bebas merusak jaringan dan bakteri jerawat berpopulasi yang menyebabkan kemerahan dan peradangan.

Apabila infeksi tidak berkembang, warna kemerahan itu akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika warna kemerahan tersebut tidak berubah dalam setahun, bisa jadi penyebab timbulnya peradangan jerawat adalah karena luka.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat merah di wajah dengan cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit?

1. Masker Tomat

Masker tomat adalah cara mengatasi jerawat merah yang cukup ampuh dan efektif. Selain menghilangkan jerawat, masker tomat pun mampu mengusir bekas jerawat yang juga sama-sama menggangu penampilan.

Mengapa anda perlu menggunakan masker tomat untuk mengetasi jerawat yang kemerahan?

cara mengatasi jerawat merah

Tomat mengandung berbagai nutrisi essensial seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E, K, zat besi dan potassium. Kandungan- kandungan ini bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka, mengatasi warna kemerahan pada jerawat, dan sekaligus menyehatkan kulit wajah secara keseluruhan.

Di sisi lain, buah ini mampu memperbaiki sel-sel dan jaringan kulit yang rusak, misalnya kerusakan kulit akibat jerawat dan bekasnya. Selain mengatasi jerawat merah, melindungi kulit dari bakteri penyebab peradangan, dan melembabkan kulit, tomat pun dapat mengatasi jerawat batu.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat merah dengan masker tomat?

Pertama, siapkan 1 buah tomat segar yang telah dicuci bersih. Kedua, haluskan tomat dengan blender. Selain menggunakan blender, anda bisa menghaluskan tomat dengan cara menumbuknya. Ketiga, oleskan tomat ke area wajah yang terkena jerawat merah. Diamkan selama 15 hingga 20 menit hingga kandungan tomat meresap kedalam kulit. Keempat, bilas wajah dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa melakukan perawatan ini sekali sehari setiap hari secara rutin.

2. Bengkuang dan Jeruk Nipis

Bengkuang dan jeruk nipis adalah dua bahan alami yang juga dapat menangani jerawat yang meradang dan kemerahan. Adapun alasan mengapa bengkuang dan jeruk nipis bisa menjadi solusi tepat untuk perawatan jerawat anda.

Bengkuang dan jeruk nipis mengandung vitamin C yang akan membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat merah di wajah. Selain itu, kandungan pachryzon dan vitamin B1 dalam bengkuang mampu menyingkirkan jerawat dan mempercantik kulit wajah anda.

Kandungan lainnya dalam bengkuang yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit adalah vitamin E. Jeruk nipis sendiri pun memiliki kandungan asam sitrun, glikosida, damar, belerang, asam amino, minyak atsiri, dan vitamin B1 yang akan membasmi jerawat merah anda.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat merah dengan bahan ini?

Pertama, anda perlu menyiapkan bengkuang dan jeruk nipis yang merupakan bahan utama dalam perawatan ini. Kedua, kupas bengkuang untuk memisahkan daging dan kulitnya, setelah itu cuci hingga bersih. Ketiga, parut bengkuang, dan kemudian tambahkan air sekitar ½ gelas. Keempat, tunggu selama 1 jam, kemudian buang airnya.

Sari bengkuang akan tampak menempel di dasar wadah. Letakan sari bengkuang di piring kecil. Kelima, belah dua jeruk nipis, lalu peras sarinya diatas sari bengkuang. Jangan lupa, aduk- aduk secara merata. Keenam, oleskan ramuan tersebut pada wajah sebagai masker. Tunggu hingga 30 menit, baru boleh dibilas dengan air bersih.

3. Madu dan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan jerawat merah secara alami berikutnya adalah madu dan minyak zaitun. Kedua kombinasi bahan alami ini mampu menyembuhkan jerawat dan bekasnya secara tuntas. Mengapa minyak zaitun dan madu mampu mengatasi jerawat yang merah?

Pasalnya, minyak zaitun dan madu mengandung anti-bakteri yang dapat memasmi bakteri penyebab jerawat. Disamping itu, minyak zaitun mengandung kalsium, lemak tak jenuh, zat besi, flavonoid, polifenol, vitamin A, B, C, E, lignoserat, anti perdangan, dan asam arachidat. Kandungan- kandungan ini akan mengatasi berbagai masalah kulit wajah anda, termasuk jerawat merah.

Dengan kombinasi berbagai macam senyawa yang terkandung dalam minyak zaitun dan madu yang mengandung vitamin C, sukrosa 1.3%, glukosa 31.3%, air 17.2%, maltose 7.1%, dan katalase maka jerawat merah di wajah anda pun akan hilang dan tidak berani muncul kembali.

Caranya?

Pertama, bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Kedua, campurkan 1 sdm minyak zaitun dan 2 sdm madu, lalu aduk hingga merata. Ketiga, oleskan ke seluruh wajah hingga merata. Keempat, diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

4. Cuci Wajah dan Gunakan Pembersih

Pilihlah pembersih wajah yang lembut untuk mengatasi jerawat merah di wajah anda. Jangan gunakan produk yang menyebakan kulit menjadi kering, bersifat keras, dan mengandung astringent. Selain itu, hindari pembersih wajah yang mengandung alkohol. Carilah pemberih wajah dengan label “non-alcohol” dan “lembut”.

Astringet dan alkohol tidak akan membantu anda dalam proses mengatasi jerawat merah, kandungan ini malah akan memperburuk kulit kering anda. Kulit kering ini akan memicu gejala jerawat yang lebih serius di wajah anda, termasuk perdangan dan kemerahan.

Hal yang perlu anda lakukan lainnya adalah mencuci wajah secara rutin yaitu dua kali sehari. Mencuci wajah dengan sabun pembersih yang lembut selama 1 menit di pagi hari dan 1 menit di malam hari adalah aktifitas rutin yang harus anda lakukan untuk menghilangkan jerawat merah. Jangan gunakan kain kasar atau kuku, gunakanlah ujung jari atau kain yang lembut.

Anda perlu mencuci wajah setelah melakukan aktivitas yang menimbukan keringat, seperti berolahraga. Jangan menggaruk dan menggosok kulit, ingat bahwa kulit yang berjerawat lebih rapuh dan sensitif. Bilas wajah dengan air hangat kuku yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

5. Obat Topikal dengan Bahan Tertentu

Untuk cara yang lebih cepat dalam mengobati kemerahan pada jerawat, anda bisa menggunakan obat topikal yang telah diresepkan oleh dokter. Apa saja kandungan- kandungan dalam obat topikal yang seringkali diresepkan oleh dokter untuk menangani jerawat merah?

Asam salisilat adalah kandungan obat topikal yang sering diresepkan pada penderita jerawat merah. Kegunaan asam salisilat adalah mengurangi risiko pori-pori yang tersumbat, membantu proses penyembuhan jerawat merah, dan bekasnya.

Kandungan lainnya adalah benzoil peroksida. Benzoil peroksida akan membantu membasmi bakteri penyebab jerawat merah sehingga jerawat merah dan bekasnya akan terhindari. Bakteri penyebab jerawat ini kadangkala kebal terhadap antibiotik.

Obat topikal untuk jerawat merah pun sering mengandung retinoid. Kandungan retinoid ini akan sangat membantu untuk mengatasi efek kemerahan pada jerawat dan bekasnya. Retinoid bekerja dengan cara menghambat proses penyumbatan folikel wajah.

Itulah ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat merah di wajah anda dengan cepat. Jangan lupa pu untuk mengaplikasikan pola makan dan pola hidup sehat agar tehindar dari jerawat merah yang tidak diinginkan.

Setelah mengetahui bagaimana cara mengatasi jerawat merah, ketahui pula manfaat vitamin E yang salah satu manfaatnya adalah mengatasi jerawat anda. Jerawat merah pun dapat ditangani dengan mengaplikasikan masker alami untuk jerawat yang dapat anda ketahui dalam ulasan kami lainnya.