Cara Menghilangkan Komedo Dengan Garam Yang Ampuh

Masalah komedo sebenarnya bisa diatasi dengan mudah, cepat, dan murah dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah cara menghilangkan komedo dengan garam. Bahkan menurut pengalaman beberapa orang, cara menangani komedo dengan garam terbukti lebih ampuh dibandingkan penggunaan produk yang ada di pasaran.

Garam diproses dengan cara mengkristalkan NaCl yang ada dalam air laut. Garam dibuat dengan mengeringkan air laut di tambak garam di pesisir pantai yang memiliki ombak tenang. Apa saja manfaat garam untuk komedo? Bahan alami ini mengandung vitamin dan mineral penting termasuk NaCl yang dapat menyehatkan tubuh dan kulit. Kandungan mineral natrium dan clorida mampu menghilangkan komedo, membersihkan penyumbatan pada pori-pori, mengangkat sel-sel kulit mati, dan melancarkan peredaran darah di kulit teratas.

Selain itu, garam mengandung magnesium, zat besi, kalsium, kalium, dan natrium. Kandungan dalam garam tersebut sangat ampuh untuk membasmi bakteri penyebab komedo yang dapat terperangkap dalam pori-pori kulit. Selanjutnya, komedo akan membantu mendetoksifikasi tubuh dari racun dan darah kotor secara internal.

Bagaimana cara menghilangkan komedo dengan garam?

Seberapa ampuh bahan alami ini menghilangkan komedo yang bersarang di wajah anda? Simak ulasan berikut.

1. Menghilangkan Komedo dengan Garam

Setelah mengetahui kandungan garam diatas, kini akan dibahas cara menghilangkan komedo dengan garam. Pertama, ambil 1 sendok makan garam, kemudian tumbuk hingga halus. Kedua, taruh garam dalam wadah. Ketiga, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan handuk. Keempat, oleskan garam ke daerah wajah yang terdapat komedo sambil digosok-gosok secara lembut dan perlahan.

Saat menggosokan memang wajah akan memerah tapi hal ini akan kembali normal dan tidak berbahaya. Kemudian, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan. Lakukan cara menghilangkan komedo dengan garam halus ini hingga komedo menghilang.

2. Garam dan Pasta Gigi.

Garam yang mengandung yodium bermanfaat untuk eksfoliasi atau pengelupasan yang dapat membuat komedo berkurang. Selain itu, garam berguna untuk membuat kulit lebih halus dan lembut.

Terdapat beberapa kandungan dalam pasta gigi. Flouride bermanfaat untuk menguatkan dan mencegah kerapuhan. AHA berguna untuk melembabkan pasta gigi dan memutihkan kulit. Deterjen berfungsi sebagai agen pembersih. Pemutih untuk memutihkan. Agen abrasif yaitu magnesium trisilikat, dikalsium fosfat dihidrat, dan kalsium karbonat yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan membersihkan.

Adapun cara menangani komedo dengan garam dan pasta gigi. Pertama, campurkan 1 sendok teh garam beryodium dan 1 sendok teh pasta gigi mint. Kedua, aduk campuran tersebut hingga merata dan berbentuk pasta. Ketiga, oleskan pada hidung yang terdapat komedo. Keempat, diamkan selama 5 menit. Kelima, pijat dengan jari-jari yang bersih secara lembut dan gerakan memutar. Kemudian, bilas hingga bersih.

Terakhir, ketuk-ketuk sendok dingin yaitu sendok yang telah dimasukan ke lemari pendingin guna menutup pori-pori kulit. Dengan perawatan cara menghilangkan komedo dengan garam dan pasta gigi ini, komedo pada kulit akan berkurang dan kulit terasa lembut.

3. Garam dan Jeruk Nipis.

Selain garam, jeruk nipis dapat mengatasi masalah-masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk memproduksi kolagen untuk keelastisitasan kulit dan menyehatkan kulit secara keseluruhan. Selain itu, asam sitrat berguna untuk membersihkan segala kontaminan yang menyumbat di pori-pori kulit.

Bagaimana cara menghilangkan komedo dengan jeruk nipis? Pertama, sediakan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh air jeruk nipis, kemudian aduk hingga merata. Kedua, cuci wajah hingga bersih dengan menggunakan air hangat guna membuka pori-pori wajah. Ketiga, aplikasikan campuran garam dan jeruk nipis pada kulit wajah yang berkomedo. Keempat, diamkan hingga 5-10 menit lalu keringkan. Selanjutnya, oleskan pelembab yang ringan agar kulit tidak terlalu kering. Lakukan cara menghilangkan komedo dengan garam dan jeruk nipis ini 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Garam dan Gula.

Ternyata campuran gula dan garam dapat bermanfaat untuk membersihkan dan menghilangkan komedo. Gula bertekstur scrub yang baik untuk perawatan kulit dan berguna menghilangkan kotoran yang terperangkap dalam pori-pori. Selain itu, gula mengandung 2 komponen penting yaitu asam alfa hidroksi dan asam glikolat yang membantu menjaga keseimbangan kadar minyak pada kulit.

Caranya? Pertama, campurkan 1 sendok makan gula dan 1 sendok makan garam pada sebuah wadah. Kedua, gosokan campuran tersebut ke daerah hidung dan daerah lainnya yang terdapat komedo dengan gerakan melingkar selama 10-15 menit. Ketiga, bersihkan hidung dan kulit tadi dengan kapas basah. Lakukan perawatan cara menghilangkan komedo dengan garam dan gula ini 2 kali seminggu hingga komedo hilang.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghilangkan komedo dengan garam. Setelah proses pembersihan wajah dengan garam selesai, dapat dipastikan wajah anda bersih dan pori-pori tidak tersumbat lagi. Lakukanlah perawatan kulit dengan garam ini secara rutin dan teratur.

Setelah mengetahui cara menangani komedo dengan garam dapur, ketahui jenis-jenis komedo di hidung yang memiliki perbedaan dalam cara penangannya. Selain itu, ketahui cara menghilangkan minyak berlebih di wajah karena komedo sering diidentikan dengan kulit berminyak.