Cara Menghilangkan Komedo Dengan Cepat

Komedo merupakan masalah kulit yang cukup mengganggu penampilan dan menimbulkan ketidaknyamanan. Jika dianggap sepele, komedo dapat berpotensi menjadi jerawat yang merupakan masalah kulit yang lebih parah dan sulit dihilangkan. Bahkan komedo dapat berkembang menjadi jerawat batu, jerawat pasir, dan kista. Kemudian, beberapa orang berusaha mengatasi dan menghilangkan komedo dengan pembersih wajah yang belum tentu menghilangkan komedo. Selain itu, walaupun komedo telah hilang atau teratasi, komedo dapat muncul kembali. Bagaimana cara menghilangkan komedo dengan cepat, tepat, dan benar?

Komedo adalah penumpukan minyak, lemak, atau sebum pada daerah dahi, hidung, dan pipi yang berminyak. Sama seperti jerawat, penyebab komedo di wajah adalah penumpukan sel-sel kulit mati, sebum, bakteri, kotoran dan debu yang menyumbat poi-pori wajah. Bahkan, komedo adalah jenis jerawat yang paling ringan. Terdapat dua jenis komedo yaitu komedo hitam atau blackheads dan komedo putih atau whiteheads. Kemudian, banyak cara menghilangkan komedo mulai dari menggunakan bahan-bahan alami hingga produk-produk yang dapat menghilangkan komedo.

Berikut ini adalah ulasan mengenai cara menghilangkan komedo di hidung dan daerah wajah lainnya baik whiteheads maupun blackheads:

1. Garam Dapur

Garam dapur yang merupakan bumbu masakan untuk penyedap makanan bisa digunakan sebagai cara mengatasi komedo. Garam dapat dijadikan scrub yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di wajah.

cara menghilangkan komedo

Kandungan-kandungan dalam garam dapur yang berguna untuk cara menghilangkan komedo:
• Garam mengandung mineral essensial seperti kalsium, magnesium, potassium, dan sulfat yang berguna memberikan nutrisi pada kulit agar kulit tetap sehat. Kandungan mineral ini juga mampu membuka pori-pori kulit dan melancarkan sirkulasi darah. Pori-pori kulit yang terbuka dapat memudahkan kotoran komedo keluar. Sirkulasi darah yang lancer akan membuat kulit sehat dan tidak mudah mengalami komedo.
• Garam juga mengandung khasiat antibakteri. Khasiat ini mampu membasmi bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya komedo.
• Bahan ini juga memiliki tekstur Kristal halus yang menyingkirkan sel-sel kulit mati yang dapat menimbulkan komedo.
• Zat besi dalam garam dapat mengaktifkan fungsi antioksidan dan memfungsikan vitamin B kompleks. Antioksidan berguna menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan masalah kulit termasuk komedo. B kompleks dapat menyehatkan kulit agar tidak mudah ditumbuhi komedo.

Cara menghilangkan komedo di hidung dan daerah wajah lainnya dengan garam dapur:
• Masukan 2-3 sendok makan garam dapur ke setengah baskom air.
• Jangan aduk campuran tersebut.
• Gunakan air tersebut untuk mencuci muka.
• Gunakan garam yang mengendap di bawah sebagai scrub untuk wajah. Gosokan butiran garam tersebut ke daerah wajah yang berkomedo.
• Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu hingga komedo hilang.

2. Teh Hijau

Teh hijau mampu mengatasi wajah berminyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo. Teh hijau akan membuat produksi sebum berlebih oleh kelenjar sebaceous atau sebasea menjadi berkurang. Herbal ini juga mampu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Anda dapat mengonsumsi air teh hijau secara rutin untuk mengatasi komedo. Anda juga bisa mengaplikasikan teh hijau secara topikal untuk menghilangkan komedo.

cara menghilangkan komedo

Kandungan-kandungan dan manfaat teh hijau untuk cara mengatasi komedo:
• Teh hijau mengandung senyawa antioksidan. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyababkan masalah kulit, termasuk komedo.
• Kandungan flavonoid dan polifenol dalam teh hijau bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.
• Kafein dalam teh hijau dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kafein juga dapat menghilangkan stress. Stress inilah yang dapat menyebabkan komedo.
• Vitamin B kompleks dalam teh hijau dapat membuat kulit sehat dan ternutrisi.
• Tanin atau katekin dalam teh hijau berguna sebagai antioksidan dan antibakteri. Antioksidan akan menangkal radikal bebas penyebab masalah kulit. Antibakteri akan menangkal bakteri yang dapat menyebabkan munculnya komedo.
• Kandungan vitamin C dalam teh hijau dapat berkhasiat sebagai antioksidan.
• Vitamin E dalam teh hijau bermanfaat melembabkan dan menyehatkan kulit.

Cara menghilangkan komedo putih dan hitam dengan teh hijau:
• Rendam teh hijau dalam air panas hingga 10 menit.
• Jika menggunakan teh hijau celup, anda bisa merendam kantong teh selama 5 menit.
• Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat. Ini dimaksudkan untuk membuka pori-pori wajah sehingg khasiat teh hijau mudah meresap ke kulit.
• Oleskan air teh hijau ke daerah wajah yang terdapat komedo dengan menggunakan bola kapas.
• Tiriskan ampas teh hijau atau kantong teh hijau celup, kemudian gosokan ke daerah wajah yang berjerawat selama 5 menit.
• Bersihkan wajah kembali dengan menggunakan air dingin.
• Lakukan perawatan ini sekali sehari hingga komedo menghilang.

3. Pore Cleansing Strips

Cara menghilangkan komedo dengan pore cleasing strips adalah cara yang simpel, praktis, dan efektif. Pore cleansing strips merupakan alternatif yang lebih murah dan simple dibandingkan perawatan facial untuk komedo di klinik-klinik kecantikan. Pore cleansing strips akan membuat kulit wajah bersih dari pori-pori dan juga mengecilkan pori-pori.

Cara menggunakan pore cleansing strips sebagai alat penghilang komedo:
• Bersihkan dan cuci terlebih dahulu wajah anda dengan menggunakan air hangat. Ini dimaksudkan agar pori-pori kulit terbuka dan komedo mudah terangkat.
• Keringkan wajah dengan handuk atau tisu yang kering dan bersih.
• Tempelkan pre cleansing strips di daerah wajah yang berkomedo, biasanya di daerah hidung.
• Biarkan selama 2 menit atau sesuai pentunjuk di kemasan.
• Tarik pre cleasing strips dengan sekali tarik dan gerakan cepat. Komedo akan terangkat dan menempel di pore cleasing strips.
• Bersihkan waajaah anda kembali menggunakan air dingin sehingga pori-pori menutup kembali. Dikhawatirkan kotoran akan masuk lagi kedalam pori-pori dan menyebabkan timbulnya komedo.

Pore cleansing strips digunakan hanya tiga hari sekali atau seminggu dua kali. Hal ini disebabkan jika dilakukan terlalu sering digunakan untuk cara membersihkan komedo, kulit sehat sedikit-sedikit akan terkikis dan teriritasi. Pada awal pemakaian, mungkin komedo yang terangkat hanya sedikit. Namun, setelah tiga kali pemakaian, komedo yang terangkat semakin banyak dan maksimal. Selain itu, pemakaian pore cleansing strips untuk peratama kali akan menimbulkan rasa gatal jika anda memiliki kulit sensitif.

Alat ini biasanya dapat ditemukan di toko kecantikan, apotek, atau minimarket. Biasanya terdapat berbagai macam mulai dari pore cleansing strips yang berwarna putih hingga berwarna hitam. Selain itu, produk-produk pore cleansing strips juga biasanya ditambah bahan-bahan alami yang berujuan untuk mengangkat dan menghilangkan komedo lebih maksimal.

4. Mikrodermabrasi untuk menghilangkan komedo.

Mikrodermabrasi merupakan salah satu penangan atau perawatan yang dapat ditujukan untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Penggunaan mikrodermabrasi untuk menghilangkan komedo telah diteliti aman menurut medis dan klinis. Mikrodermabrasi dilakukan oleh tenaga medis yang bertujuan untuk me-renormalkan dan menormalkan kulit wajah dari komedo dan jerawat. Mikrodermabrasi ini akan menghilangkan kotoran pada komedo kemudian mikrodermabrasi akan merangsang pembentukan sel baru untuk menutup lubang bekas komedo tersebut. Mikrodermabrasi juga akan merangsang produksinya kolagen. Oleh karena itu, kulit akan sehat, cerah, berseri, dan elastis.

Perawatan atau prosedur ini menggunakan alat khusus dan bahan utama berupa bahan organic berupa kristal halus. Perawatan ini akan mengikis dan mengangkal sel-sel kulit yang telah mati dengan menggunakan mycro crystal alumunium tri oksida.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat dengan mikrodermabrasi:
• Pembersihan Wajah. Pada tahap ini, tenaga medis akan membersihkan wajah dengan menggunakan toner atau susu pembersih dari kotoran yang menempel di wajah.
• Proses dembrasi dengan alat. Proses dembrasi dengan alat ini akan terasa seperti diusap dengan zat mikro kristal dengan menggunakan vakum handpiece. Cara ini bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati. Kemudian, sel baru yang lebih bersih, baru, dan sehat akan terungkap. Proses dembrasi dengan alat akan mengangkat sel-sel kulit mati dengan hasil yang maksimal.
• Proses vakum. Proses ini bertujuan mengangkat dan membersihkan sel-sel kulit mati yang masih tersisa di wajah. Proses ini bisa membersihkan komedo di wajah anda, terutama hidung. Oles karena itu, wajah akan cerah, halus, dan berseri.
• Peeling. Anda juga bisa mengangkat sel kulit mati dengan prosedur peeling. Peeling tidak akan menimbulkan rasa perih di wajah.
• Masker. Setelah komedo dikeluarkan, tenaga medis akan mengaplikasikan masker ke wajah anda.
• Mikrodermabrasi membutuhkan waktu 5 hingga 7 hari.

Berikut tadi adalah ulasan mengenai cara menghilangkan komedo dengan cepat. Cobalah salah satu atau semua cara diatas untuk mengatasi dan menghilangkan komedo. Lakukan cara-cara diatas dengan ketekunan, kedisiplinan, dan kesabaran hingga proses tersebut membuahkan hasil. Namun, jenis kulit tiap orang berbeda-beda sehingga keefektifan cara-cara diatas berbeda bagi tiap-tiap orang.