Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah

Wajah berminyak berpotensi menimbulkan jerawat dan perlu dilakukan cara menghilangkan minyak berlebih di wajah yang tepat. Wajah berminyak dan lengket diakibatkan kelenjar minyak yang terlalu aktif memproduksi sebum yang berlebihan. Dalam jumlah yang tepat, minyak alami atau sebum bermanfaat untuk mengurangi kerutan, garis-garis halus, menjaga kulit awet muda, dan tampak sehat. Namun, terlalu banyak minyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Kulit berminyak biasanya diturunkan secara genetik tapi bisa juga terjadi akibat fluktuasi hormon akibat penggunaan produk yang tidak tepat, pil KB, stress, menstruasi, dan kehamilan. Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah dapat dilakukan dengan 2 cara. Anda bisa meracik bahan-bahan alami untuk menghilangkan minyak di wajah sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Di sisi lain, anda bisa membeli obat penghilang minyak berlebih yang dapat memberikan hasil yang cepat.

Lalu bagaimana cara menghilangkan minyak berlebih di wajah?

Ulasan kali ini akan membahas bagaimana cara menghilangkan sebum berlebihan. Simak baik- baik.

1. Membersihkan Wajah

Inti dari cara menghilangkan minyak berlebih di wajah adalah menjaga kebersihan wajah. Salah satu cara membersihkan wajah adalah lakukan pada pagi dan malam hari. Membersihkan wajah 2 kali sehari sagat penting untuk mengendalikan produksi sebum dan merupakan salah satu cara mengatasi minyak berlebih pada wajah.

Selanjutnya, jangan menggosok wajah terlalu keras. Menggosok wajah dengan spons atau lap mandi dan digosok dengan scrub dapat mengiritasi kulit. Menggosok wajah dengan kasar malah akan menyebabkan minyak di wajah bertambah. Gosoklah wajah saat mencui muka dengan lembut.

Kemudian, gunakan sabun pembersih dan cairan pembersih makeup yang lembut. Ini dimaksudkan agar kulit tidak teriritasi. Memakai pembersih yang bersifat keras malah akan menambah produksi minyak di wajah. Jika pembersih yang bersifat lembut tidak efektif, gunakan produk pembersih yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, asam beta-hidroksi, dan benzoil peroksida.

Terakhir, gunakan toner hanya pada kulit berminyak. Mengaplikasikan toner pada keseluruhan permukaan wajah dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, dan kemerahan. Gunakan toner hanya pada bagian berminyak saja.

2. Pilih Pelembab yang Tepat

Memiliki kulit berminyak bukan berarti anda harus mengabaikan penggunaan pelembab. Terdapat beberapa tips memilih pelembab untuk cara menghilangkan minyak di wajah.

Pertama, hindari pelembab yang mengandung minyak seperti shea butter dan petroleum. Bahan-bahan ini malah akan menyumbang kadar minyak pada wajah. Sebelum anda membeli sebuah produk pelembab, selalu baca komposisi yang tertera dalam kemasannya.

Kedua, pilihlah pelembab yang mengandung dimethicone. Pilihlah produk pelembab yang mengandung dimethicone dan bebas minyak. Produk yang mengandung dimethicone akan membantu menciptakan kesan matte.

Ketiga, pilihlah pelembab yang bersifat non-acnegenic atau non-comedogenic. Produk pelembab apapun yang anda pilih, harus berlabe non-comedogenic atau non-acnegenic. Produk yang dilabeli seperti itu tidak mengandung bahan-bahan yang akan menyebabkan produksi minyak berlebih dan menyebabkan jerawat. Keempat, gunakan pelembab secukupnya. Aplikasikan pelembab tipis-tipis.

3. Masker Jeruk dan Lidah buaya

Cara mengontrol minyak di wajah dapat dilakukan dengan air perasan jeruk dan daging lidah buaya. Selain itu, anda bisa menggunakan produk aloe vera yang berbentuk gel. Kedua bahan ini memiliki kemampuan untuk menyerap minyak pada kulit tapi tetap menjaga kelembabab kulit tetap seimbang.

Kandungan vitamin C dalam jeruk bermanfaat sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas masuk tubuh yang dapat menyebabkan masalah kulit termasuk kulit berminyak. Selain itu, jeruk mengandung vitamin B6, riboflavin, thiamin, kalium, magnesium, kalsium, fosfor, dan zat besi yang akan menyediakan nutrisi bagi kulit.

Sementara kandungan zat lupeol dalam lidah buaya bermanfaat sebagai antiseptic yang berguna membasmi bakteri penyebab jerawat. Kandungan vitamin A, C, dan E lidah buaya dapat memelihara kulit dan meningkatkan tekstur kulit.
Adapun bahan-bahan yang perlu disediakan untuk membuat ramuan ini. Pertama, siapkan 1 sendok makan air perasan buah jeruk dan bisa disimpan dalam lemari pendingin untuk penggunaan selanjutnya. Kedua, sediakan 1 sendok the lidah buaya yang telah dihaluskan.

Bagaiamana cara membuatnya?

Pertama, campurkan kedua bahan tersebut, kemudian aduk-aduk hingga merata dan bertekstur seperti pasta. Kedua, oleskan ramuan tersebut ke seluruh wajah yang berminyak dan hindari bagain mata. Ketiga, diamkan selama 15 menit. Keempat, setelah kering, bilas dengan air yang bersushu normal hingga bersih. Anda bisa mengulangi perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

4. Masker Apel

Apel adalah salah satu buah yang terkenal kaya manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Selain dikonsumsi, apel dapat dijadikan masker untuk cara mengatasi wajah berminyak. Kandungan anti-lemak pada apel akan mengikis kotoran dan minyak di wajah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Kandungan asam glikolat dalam buah apel mampu mempercepat proses regenerasi kulit baru sehingga kulit tampak lebih indah dan sehat. Selain itu, vitamin A, B, C dan antioksidannya akan melindungi kulit dari kerusakan akibat bakteri dan virus.

Caranya, sediakan 1 buah apel, kemudian haluskan dengan blender atau parutan. Selanjutnya, campur dengan 5 sendok the madu. Setelah kedua bahan tersebut diaduk secara merata, jadikan sebagai masker. Kemudian, setelah 30 mnit, bilas dengan air bersih.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghilangkan minyak berlebih di wajah. Anda bisa mencoba 1 atau beberapa metode diatas.

Jangan lupa baca ulasan lainnya yaitu penyebab jerawat pada remaja karena jerawat erat sekali kaitannya dengan wajah berminyak. Selain itu, ketahui cara mengatasi jerawat meradang untuk mencegah wajah berminyak anda ditumbuhi oleh jerawat yang membandel dan menyakitkan.