3 Cara Mengobati Jerawat Pada Kulit Berminyak

Apakah anda memiliki jenis kulit berminyak dan sedang mengalami jerawat? Lalu bagaimana cara mengobati jerawat pada kulit berminyak? Kulit berminyak sering menjadi biang masalah kulit seperti komedo, wajah mengkilap, kusam, dan membuat makeup tidak tahan lama. Selain itu, jenis kulit berminyak adalah yang paling rentan terkena jerawat.

Namun, dengan perawatan kulit wajah yang baik, anda bisa terbebas dari produksi minyak berlebih dan timbulnya bintik jerawat yang sangat mengganggu. Pada kulit berminyak, pori-pori kulit rentan tersumbat oleh minyak yang berlebihan dan juga bakteri.

Ulasan kali ini akan membahas produk yang tepat untuk kulit berjerawat dan berminyak dan juga cara mengobati jerawat pada kulit berminyak.

1. Perawatan Sehari-hari untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Bersihkan wajah 2-3 kali sehari untuk cara mengobati jerawat pada kulit berminyak. Juga, untuk membersihkan wajah, gunakanlah sabun pembersih yang lembut dan ringan yang khusus untuk wajah berminyak dan berjerawat. Gunakan jari tangan anda yang bersih untuk mencuci muka, jangan gunakan kain pembersih atau spons yang malah memberikan stimulus pada kelenjar minyak agar memproduksi sebum lebih. Kemudian, pastikan anda menggunakan air hangat, jangan air terlalu panas atau dingin. Air dengan suhu tinggi akan malah mengiritasi kulit anda.

Jika anda memiliki rambut berminyak, pastikan anda mencuci rambut setiap hari. Setelah membersihkan wajah, aplikasikan toner yang mengandung minyak pohon teh. Minyak pohon teh sangat cocok untuk kulit berminyak pada dahi, hidung, dan dagu. Selain itu, gunakan pelembab yang mengandung jojoba oil yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Setelah menggunakan pelembab, anda bisa mengaplikasikan obat jerawat untuk kulit berminyak dan sensitif.

Kemudian, jika anda akan beraktifitas di luar rumah, gunakan tabir surya untuk mencegah minyak atau sebum diproduksi berlebih. Di sisi lain, kurangi asupan makanan yang mengandung minyak dan lemak berlebihan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan memegang atau memencet jerawat dengan tangan yang mengandung bakteri dan kuman. Hal ini malah akan memperparah kondisi jerawat baik pada pria maupun wanita.

Resep perawatan kulit berminyak dan berjerawat lainnya adalah usahakan kulit anda terpapar sinar matahari pagi selama 15 menit. Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang baik dan bermanfaat untuk mengeringkan minyak pada kulit.

2. Memperhatikan Penggunaan Kosmetik

Bagi anda para pemilik kulit berminyak dan bejerawat, hindarilah penggunaan kosmetik yang bergonta-ganti. Penggunaan kosmetik yang bergonta-ganti akan menyebabkan jerawat mudah timbul di wajah dan menyebabkan jerawat yang ada semakin meradang dan parah. Selain itu, gunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Nah, agar untuk cara mengobati jerawat pada kulit berminyak, pilihlah makeup primer sebagai dasarnya. Makeup primer ternyata memiliki banyak sekali untuk kulit berminyak diantaranya membuat foundation atau alasa bedak menjadi tahan lama, membuat wajah menjadi lebih matte, mengecilkan pori-pori, dan menyerap minyak. Dengan makeup primer ini, kulit wajah tidak akan mengkilap dan kosmetik lebih tahan lama dan tidak mudah luntur.

Hal yang perlu anda perhatikan adalah hindari penggunaan bedak padat. Bedak padat berisiko tinggi menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat dan bekas jerawat di wajah. Bagi pemilik kulit berminyak, gunakan bedak tabur dengan kandungan herbal yang ringan. Bedak tabur akan cepat menyerap minyak berlebih di wajah.

Kemudian, hal yang paling penting, pilihlah kosmetik yang oil-free dan berlabe non-comedogenic. Produk-produk yang berlabel seperti itu tidak mengandung minyak dalam komposisinya. Oleh karena itu, kosmetik ini tidak akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo ataupun jerawat.

Selain itu, anda harus selalu menyediakan kertas minyak agar wajah anda selalu bebas minyak. Walaupun anda telah menggunakan bedak dan pelembab yang bebas minya, bukan berarti wajah anda akan terbebas dari minyak. Tidak perlu menggosok-gosokan kertas minyak ke wajah, anda hanya perlu menekan-nekannya dengan lembut. Hal ini dimaksudkan agar jerawat tidak teriritasi.

3. Masker Alami dari Mawar atau Tanah Liat.

Salah satu masker yang dapat diamanfaatkan untuk cara mengobati jerawat pada kulit berminyak adalah air mawar. Air mawar bermanfaat untuk membebaskan wajah anda dari minyak yang mengkilap dan menjadikan wajah anda lebih cerah. Kandungan astringent didalamnya mampu menyingkirkan lemak yang menempel pada wajah. Bagaimana caranya? Caranya mudah, hanya dengan mencuci wajah anda dengan air mawar.

Selain itu, anda bisa melakukan cara merawat wajah berminyak berjerawat dan berkomedo dengan tanah liat. Bagimana bisa? Ternyata tanah liat memiliki kemampuan untuk menyerap minyak berlebih pada wajah. Pertama, campurkan 1 sendok makan tanah liat dengan beberapa tetes perasan lemon.

Kedua, aduk kedua bahan tersebut hingga merata dan bertekstur pasta. Ketiga, aplikasikan ramuan tersebut ke seluruh permukaan wajah dengan kuas, hindari daerah mata. Keempat, diamkan selama 20 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat guna menutup poti-pori kulit.

Jadi, gunakan produk yang khusus sebagai langkah untuk cara mengobati jerawat pada kulit berminyak. Selain itu, aplikasikan pembersihan wajah yang rutin dan teratur dan pola hidup yang sehat untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat.

Baca ulasan lainnya yaitu cara mengobati jerawat pada kulit normal. Selain itu, ketahui cara mengobati jerawat pada kulit sensitif jika anda memiliki kulit berminyak dan sensitif terhadap hal-hal seperti produk perawatan kulit, tisu, dan bahakan shampoo dan sabun yang anda pakai.