4 Cara Mengobati Jerawat Pada Kulit Normal

Setiap jenis kulit tidak akan terlepas dari masalah kulit termasuk jerawat. Jika anda memiliki kulit yang normal, tidak terlalu kering dan berminyak, anda sangat beruntung. Hal ini dikarenakan jerawat pada kulit normal cenderung lebih mudah diobati dan disembuhkan. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui cara mengobati jerawat pada kulit normal.

cara mengobati jerawat pada kulit normal

Kulit normal tidak seperti kulit kering dimana terjadi pecah-pecah yang merupakan tempat bakteri dan kuman berkembang biak. Selain itu, tidak seperti kulit berminyak yang memiliki pori-pori yang mudah dimasuki minyak dan bakteri penyebab jerawat. Namun, bila kulit normal tidak dibersihkan dan dirawat dengan baik, kulit normal ini bisa ditumbuhi jerawat.

Memilih produk perawatan wajah yang cocok untuk jenis kulit normal adalah salah satu cara terbaik untuk merawat tipe kulit ini. Jangan gunakan produk untuk kulit berminyak dan kering karena produk tersebut akan menghancurkan tipe kulit normal.

Lalu bagaimana cara mengobati jerawat pada kulit normal?

Ulasan kali ini akan membahas beberapa cara jerawat pada kulit normal dapat disembuhkan.

1. Gunakan Pembersih Wajah yang Tepat.

Jenis kulit normal adalah kulit yang kadar air dan kadar minyaknya seimbang. Pori-pori pada kulit normal lebih kecil dan akan terasa halus jika disentuh. Jangan asal dalam memilih produk pembersih, pilihlah produk yang ditujukan untuk cara mengobati jerawat pada kulit normal.

Pembersih wajah yang cocok untuk kulit normal adalah soft-free atau pembersih ber-PH netral. Selain itu, biasanya cream cleanser atau sabun wajah tanpa busa tidak akan membuat kulit terlalu kering dibandingkan foaming cleanser. Pilihlah pembersih wajah yang akan membersihkan kotoran hingga ke pori-pori tapi tidak membuat wajah terlalu kering dan berminyak sesudahnya.

Kemudian, frekuensi membersihkan wajah yang dianjurkan adalah dua kali sehari. Ada beberapa tips bagi pemilik kulit normal dalam membersihkan wajah. Pertama, hindari pembersih wajah yang mengandung pewangi. Pembersih seperti ini tidak bagus untuk kulit normal, apalagi kulit sensitif. Kedua, bersihkan wajah dengan tangan secara lembut, jangan menggosoknya terlalu kasar. Hal ini dapat mengiritasi jerawat dan kulit normal anda. Ketiga, hindari menggunakan sabun kecantikan yang mengandung pemutih dan penghalus kulit.

2. Gunakan Pelembab yang Tepat

Pasalnya, produk perawatan jerawat seringkali bersifat mengeringkan kulit karena memang ditujukan untuk membuat jerawat kering dan mengelupas. Oleh karena itu, gunakan pelembab atau moisturizer yang tidak mengandung minyak atau water-based untuk mengimbanginya.

Selain itu, gunakan pelembab yang berlabel non-comedogenic atau non-acnegenic untuk cara mengobati jerawat pada kulit normal. Biasanya, pelembab wajah untuk kulit normal dan berjerawat yang baik mengandung bahan-bahan diantaranya linoleic acid, glycerin, dan mineral oil.

Gunakan moisturizer atau pelembab dalam sediaan bentuk gel setelah mandi dengan air hangat. Pelembab perlu digunakan dua kali sehari atau lebih selesai mencuci muka. Dapat pula anda menggunakan pelembab bersamaan dengan produk anti jerawat herbal. Jadi, gunakan pelembab sebelum menggunakan krim anti jerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, tambahkan pelembab dari dalam seperti mengonsumsi air putih, sayur, dan buah.

3. Aplikasikan Krim dan Obat Anti Jerawat Alami

Banyak produk perawatan kulit dan jerawat yang kini beredar di pasaran. Sebagian diantaranya berbahan herbal dan natural yang memang aman dan manjur digunakan untuk cara mengobati jerawat pada kulit normal. Kelebihannya lagi, obat perawatan jerawat berbahan herbal lebih murah.

Krim anti jerawat yang baik memiliki bahan-bahan diantaranya lactic acids, alpha hydroxyl acids, minyak zaitun, aloe vera, dan glycerin. Selain itu, pilihlah produk kecantikan berbahan natural yang telah terdaftar di BPOM.

Yang perlu anda perhatikan, biarkan lah wajah normal anda beradaptasi dengan kandungan dalam obat anti jerawat herbal. Jika kulit anda terasa gatal, muncul ruam merah, iritasi, terlalu kering, atau terlalu berminyak, jangan gunakan produk herbal tersebut setiap hari. Anda dapat menggunakannya selang beberapa hari atau sekali tiga hari.

Apabila efek menyakitkan masih terasa, aplikasikan selama 20-30 menit lalu bilas. Berikan waktu kulit untuk beradaptasi. Setelah kulit anda membaik, lanjutkan pemakaian obat jerawat herbal.

4. Gunakan Masker dari Bahan Alami

Anda bisa membuat masker alami untuk wajah normal dan berjerawat dari madu untuk membuat kulit normal tetap lembab. Madu memiliki kandungan anti-bakteri yaitu lysozyme. Bagimana cara membuatnya?

Pertama, campurkan madu dengan buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti apel. Kedua, oleskan ke permukaan wajah yang terdapat jerawat. Ketiga, diamkan selama 15-20 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air hangat.

Selain itu, anda bisa mencampurkan madu dengan bahan alami yang mengandung citric acid atau asam sitrat. Citric acid bermanfaat untuk menghambat proses penuaan dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Citric acid dapat anda temukan pada tomat dan lemon.

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami masalah jerawat. Jika anda memiliki kulit normal, pilihlah produk untuk cara mengobati jerawat pada kulit normal yang tidak akan membuat wajah terlalu kering atau berminyak. Hal yang paling penting adalah tindakan pencegahan agar wajah tidak ditumbuhi jerawat. Mencegah jerawat dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan wajah dan melakukan pola hidup yang sehat.

Baca ulasan lainnya yaitu cara mengobati jerawat pada kulit sensitif jika anda memiliki kulit normal yang cenderung sensitif. Selain itu, ketahui juga cara mengobati jerawat pada kulit berminyak jika anda memiliki karakter kulit yang terkadang normal dan di waktu lain sering memproduksi minyak berlebih.