3 Cara Mengobati Jerawat Pada Kulit Sensitif Secara Alami

Cara mengobati jerawat pada kulit sensitif merupakan tantangan tersendiri bagi para praktisi kecantikan. Selain itu, cara menghilangkan jerawat pada kulit sensitif harus dilakukan dengan perhatian khusus. Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih produk perawatan jerawat karena produk yang tidak tepat malah akan memperparah kondisi jerawat dan kondisi kulit sensitif.

kulit sensitif

Misalnya saja produk perawatan jerawat yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida yang banyak di pasaran tapi tidak cocok untuk kulit sensitif. Kedua bahan ini malah akan membuat kulit sensitif teriritasi. Beberapa pengalaman orang yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat, menyembuhkan jerawat membandel pada karakter kulit tersebut dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami. Penggunaan bahan-bahan alami ini lebih aman untuk kulit sensitif.

Apa saja bahan-bahan alami yang dapat diandalkan untuk cara mengobati jerawat pada kulit sensitif?

Jika anda memiliki kulit sensitif dan jerawat anda tidak kunjung sembuh, simak ulasan berikut.

1. Melakukan Pengobatan Non-Medis

Salah satu cara mengobati jerawat pada kulit sensitif non-medis adalah rajin mencuci muka terutama pada daerah wajah berjerawat. Lakukan 2 kali sehari yaitu pada pagi hari sebelum beraktifitas dan pada malam hari saat akan tidur. Gunakan produk pembersih jerawat membandel dari apotek atau dokter atau sabun pembersih ringan tanpa pewangi.

Jika anda menggunakan sabun pembersih dari apotek, pilihlah yang berlabel hypoallergenic atau minyalah apoteker merekomendasikan sabun yang cocok. Selain itu, gunakan air hangat karena air dengan suhu tersebut tidak mengiritasi kulit.

Kemudian, gunakan handuk yang terpisah untuk wajah dan untuk badan. Juga, pastikan untuk menepuk-nepukan handuk, bukan menggosokannya. Hal ini dilakukan agar handuk tidak mengiritasi kulit.

Pengobatan selanjutnya, gunakan pelembab. Banyak produk perawatan jerawat yang akan membuat kulit kering. Penggunaan pelembab ini bermanfaat agar kulit sensitif tidak terlalu teriritasi dengan produk jerawat. Ketika memilih pelembab, pilihlah pelembab yang terdapat label non-comedogenic yang cocok untuk cara menghilangkan jerawat dan yang berlabel hypoallergenic yang cocok untuk kulit sensitif. Produk ini tidak akan berkontribusi dalam memperparah jerawat.

Terakhir, berhati-hatilah dalam pemilihan menu makanan. Batasi makanan yang akan memperparah kondisi jerawat seperti nasi putih, pasta, dan roti putih yang tinggi akan gula dan karbohidrat. Menurut American Journal of Nutrition, pilihan makanan yang baik untuk orang-orang berjerawat adalah sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Juga, minumlah 8 gelas perhari yang dikonsumsi sepanjang hari agar kulit tetap terhidrasi. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan membantu dalam cara menghilangkan jerawat pada kulit sensitif secara alami.

2. Menggunakan Masker Baking Soda atau Oatmeal

Terdapat beberapa masker dari bahan alami yang dapat digunakan untuk cara mengobati jerawat pada kulit sensitif. Salah satu masker wajah sensitif dari bahan alami yaitu masker baking soda. Natrium Bikarbonat dalam baking soda akan membantu membasmi bakteri p.acnes sehingga jerawat dapat teratasi. Namun, sebenarnya baking soda terlalu keras untuk kulit sensitif sehingga aplikasikan hanya pada derah berjerawat saja.

Caranya?

Pertama, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan air 1 mangkuk. Kedua, aduk-aduk hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada wajah. Ketiga, Diamkan hingga mongering lalu bilas dengan air bersih. Namun, jika kulit sensitif anda terasa gatal dan memerah, hentikan penggunaan masker alami ini.

masker baking soda

Selain itu, anda bisa membuat masker alami dari oatmeal untuk cara menghilangkan jerawat pada kulit sensitif. Kandungan polisakarida didalamnya mampu mengatasi kulit yang kering, kusam, dan sensitif. Selain itu, oatmeal akan berperan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit.

masker oatmeal

Pertama, haluskan ½ cangkir oatmeal dengan blender, lalu masukan kedalam wadah. Kedua, tambahkan air, kemudian aduk-aduk hingga membentuk pasta. Ketiga, aplikasikan pada wajah yang berjerawat dan biarkan mengering. Ini adalah cara ampuh dan efektif untuk mengatasi kulit teriritasi.

3. Obat yang Diresepkan

Mengunjungi ahli dermatologi dan dokter adalah hal yang disarankan untuk cara mengobati jerawat pada kulit sensitif. Dokter akan meresepkan obat atau produk untuk kulit sensitif tertentu yang sangat sesuai dengan jenis kulit dan masalah kulit yang sedang anda alami. Walaupun tidak semua obat yang dijual di pasaran tidak efektif, kondisi kulit pada setiap orang akan berbeda-beda. Selain itu, setiap orang memiliki gaya hidup yang berbeda-beda yang akan memiliki pengobatan jerawat yang berbeda.

Namun, obat dan krim jerawat yang beredar di pasaran kebanyakan mengandung beta hydroxyl acid, alpha hydroxyl acid, dan benzoil peroksida yang tidak tepat untuk kulit sensitif. Bahan kimia ini akan mengelupaskan kulit secara paksa, memberikan efek ruam merah, dan sensasi terbakar pada kulit yang terlalu sensitif.

Oleh karena itu, dokter mungkin akan memberikan resep dengan dosis yang lebih rendah dan interval konsumsi yang lebih jarang. Misalnya, obat jerawat yang biasanya digunakan 2 kali sehari akan digunakan sekali sehari.

Nah, itulah cara mengobati jerawat pada kulit sensitif. Cara- cara dalam ulasan ini sangat aman untuk kulit sensitif dalam mengatasi jerawat. Walaupun begitu, jika jerawat anda tak kunjung sembuh, segera kunjungi dokter kepercayaan anda.

Jangan lupa untuk membaca ulasan lainnya yaitu jerawat pada kulit kering karena kulit sensitif erat kaitannya dengan kulit yang kering. Selain itu, ketahui makanan pencegah jerawat untuk mengobati jerawat pada kulit yang sensitif secara alami.