Manfaat Chemical Peeling Untuk Jerawat

Apa itu chemical peeling untuk jerawat? Chemical Peeling adalah prosedur perawatan dan kecantikan kulit yang menggunakan teknik mengelupas kulit secara kaustik, toksik, dan metabolik sehingga terjadi regenerasi kulit. Perawatan ini memiliki manfaat chemical peeling untuk jerawat, memperbaiki, dan menghaluskan tekstur kulit. Prosedur ini menyebabkan pengelupasan kulit mati sehingga kulit akan tercegah dari penuaan dini.

Dewasa ini, tindakan chemical peeling dilakukan untuk mengurangi dampak bahaya dari laser, mengurangi kerusakan akibat sinar UV matahari, dan mengatasi luka akibat jerawat. Namun, anda disarankan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kulit, dokter kecantikan, dan para ahli lainnya sebelum melakukan prosedur ini. Anda tidak boleh sembarangan melakukan chemical peeling di rumah dan salon jika tanpa petunjuk dari ahlinya. Selain itu, banyak produk untuk chemical peeling yang telah beredar di pasaran tapi tidak memiliki lisensi medis.

Apa saja manfaat dari setiap jenis chemical peeling? Lalu apa saja tips-tips yang harus diperhatikan jika anda tertarik dengan prosedur ini? Namun, perhatikan juga efek samping dan bahaya yang akan ditimbulkan.

Simak yuk selengkapnya manfaat chemical peeling untuk jerawat dalam ulasan dibawah ini.

I. Jenis- Jenis Chemical Peeling untuk Jerawat

Apa saja jenis chemical peeling untuk mengatasi jerawat? Jenis chemical peeling yang pertama adalah superficial atau lunchtime peel. Jenis chemical peeling ini menggunakan zat kimia bernama Asam Alpha Hydroxy Acid yang berguna untuk menembus lapisan kulit terluar.

chemical peeling untuk jerawat

Menurut The Complete Idiot Guide to Cosmetic surgery, superficial dapat membuat kulit lebih halus dan segar. Hal ini berguna untuk meningkatkan warna kulit dan tekstur kulit pada wajah, dada, tangan, dan leher. Jenis chemical peeling ini tidak membutuhkan tahap penyembuhan. Anda dapat beraktivitas kembali setelah melakukan prosedur.

Jenis chemical peeling yang kedua adalah medium peel. Ini merupakan jenis chemical peeling yang menggunakan bahan glycolic acid atau trikloroasetat yang memiliki manfaat chemical peeling untuk jerawat dengan cara menembus lapisan kulit tengah guna menyingkirkan sel-sel kulit mati.

Pengobatan ini ditujukan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan termasuk keriput, garis halus, kerutan, bintik-bintik jerawat, dan perubahan warna kulit. Selain itu, jenis chemical peeling ini bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar dan mengobati pertumbuhan abnormal kulit seperti prakanker yaitu actinic keratosis. Tipe chemical peeling ini membutuhkan waktu beberapa lama hingga tahap penyembuhan.

Jenis peeling yang terakhir adalah Deep Peel. Jenis chemical peeling ini menggunakan zat tricholoracetic atau fenol yang berfungsi untuk menembus lapisan kulit tengah dan dalam untuk menghilangkan sel-sel kulit yang rusak. Perawatan ini dapat mengatasi kerusakan parah akibat sinar matahari, perubahan pigmen kulit, keriput atau kerutan kulit yang mendalam.

Selain itu deep peel juga dapat mengatasi flek-flek hitam, garis halus, dan masih banyak lainnya. Namun, prosedur ini hanya bisa dilakukan sekali pada wajah. Menurut “The Complete Idiot’s Guide to Beautiful,” perawatan kulit yang mendalam membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama. Selain itu, jenis chemical peeling lebih berisiko menimbulkan sakit dan menyebabkan efek samping chemical peeling berupa komplikasi. Ini tidak dapat diaplikasikan pada mereka yang memiliki kulit gelap karena dapat menyebabkan kondisi bleaching atau hipopigmentasi.

II. Pantangan Pasca Tindakan Chemical Peeling

Setelah mengatahui jenis-jenis chemical peeling wajah berjerawat, anda juga perlu mengetahui pantangan pasca tindakan. Salah satu pantangan yang wajib dipatuhi adalah tidak boleh menggosok kulit wajah karena kulit akan jauh lebih sensitif pasca tindakan. Selain itu, sebaiknya jangan mengelupas kulit karena akan mempengaruhi hasil dari chemical peeling.

Pantangan selanjutnya adalah dilarang menggunakan krim malam selama 3-7 hari pasca tindakan. Hal ini dikarenakan kandungan kimia dalam krim malam akan bereaksi dan mempengaruhi kerja dari krim chemical peeling. Berikan waktu beberapa hari agar zat chemical peeling berkerja optimal untuk memperbaiki sel-sel kulit wajah.

III. Manfaat Chemical Peeling untuk Jerawat

Apa saja manfaat chemical peeling untuk jerawat?

Menurut Legal & Corporate Affairs Director, Corporate Secretary Darya-Varia, Frida Chalid, untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, selain produk perawat kulit, anda bisa menjalani chemical peeling sebagai salah satu pengobatan efektif. Prosedur chemical peeling memiliki beberapa tahapan yaitu edukasi, persiapan, tindakan, dan perawatan pasca tindakan.

Menurut Frida Chalid, chemical peeling dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit sensitif, melasma, pigmentasi, penuaan dini, dan juga jerawat. Manfaat chemical peeling untuk jerawat adalah dengan menggunakan bahan anti acne, mengatasi jerawat yang masih aktif, menghilangkan bekas jerawat, menekan produksi minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori kulit. Biasanya chemical peeling dilakukan 2 minggu sampai 1 bulan selama 4-6 kali.

Sedangkan salah satu kombinasi perawatan chemical peeling yaitu mikrodermabrasi bertujuan untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru. Bahkan menurut Ketua Kelompok Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, Dr. Abraham Arimuko, manfaat peeling wajah untuk permasalahan kulit adalah membuat peremajaan kolagen dan memperbaiki tekstur kulit.

chemical peeling untuk jerawat

Selain itu, chemical peeling sangat baik untuk mengatasi beragam masalah kulit seperti membuat kulit tampak lebih cerah, menghilangkan kulit kusam, mengurangi minyak berlebih pada wajah, dan merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat. Namun, hal ini bergantung pada jenis bahan dan konsentrasi yang dipilih oleh dokter yang melakukan tindakan.

IV. Efek Samping Chemical Peeling untuk Jerawat

Disamping beragam manfaat dari chemical peeling, ternyata ada juga bahaya yang ditimbulkan akibat prosedur ini. Sebenarnya efek samping chemical peeling hanyalah sementara namun jika dokter menggunakan bahan chemical peeling yang kuat, efek samping akan bertahan 1minggu hingga 1 bulan. Kulit akan memerah, lebih sensitif terhadap sinar matahari, dan bahkan lebih tipis.

chemical peeling untuk jerawat

Selain itu, jika anda menjalani prosedur chemical peeling terlalu sering dan tidak sesuai petunjuk dokter, wajah anda akan mengalami iritasi dan membuat kondisi jerawat semakin parah. Jika anda ingin melakukan chemical peeling dalam jangka waktu yang lama, anda bisa memilih produk yang mengandung glikolat yang lebih ringan. Produk ini bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

V. Tips Memilih Produk Chemical Peeling untuk Jerawat

Lalu apa saja tips memilih produk cream peeling wajah yang bagus yang bagus dan tepat? Glikolat atau Glycolic acid adalah jenis kandungan dalam chemical peeling yang ringan dan cocok untuk semua jenis kulit. Produk dengan bahan ini dapat mengatasi flek-flek hitam akibat penuaan dini, merawatakan warna kulit yang belang, mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari, dan juga mengatasi jerawat.

chemical peeling untuk jerawat

Asam salisilat atau salicylic acid dan retinol merupakan bahan produk chemical peeling yang lebih kuat dan cocok untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, mengatasi jerawat, dan bopeng bekas jerawat. Jika anda baru pertama kali mencoba chemical peeling, sebaiknya anda menggunakan yang ringan terlebih dahulu.

Nah, itulah ulasan mengenai manfaat chemical peeling untuk jerawat. Lakukanlah konsultasi dengan pakar estetika atau dokter terlebih dahulu sebelum melakukan chemical peeling. Selain itu, menurut Dr Retno Iswari Tranggono, SpKK, seorang ahli kulit dan kelamin, kecantikan dan kesehatan itu tidak didapatkan dari cara yang instan tapi melalui perawatan. Oleh karena itu, tidak ada lagi istilah “beauty is pain”. Ketahui juga salep penghilang bekas jerawat yang dapat dikombinasikan dengan chemical peeling untuk membasmi jerawat.