Jenis-Jenis Komedo : Perbedaan Dan Cara Menghilangkannya

Apa itu komedo dan apa saja jenis-jenis komedo di hidung? Komedo adalah papula atau benjolan kecil pada kulit yang berwarna hitam dan putih. Komedo tergolong kedalam jenis jerawat yang ringan dan umumnya tumbuh pada kulit wajah. Selain pada wajah, komedo sering muncul di daerah lengan, punggung, bahu, dada, dan leher.

Lalu apa saja macam-macam komedo dan cara menghilangkannya? Ulasan kali ini akan membahas jenis-jenis komedo di hidung dan wajah secara lengkap.

I. Jenis- Jenis Komedo

Terdapat beberapa jenis komedo di wajah. Salah satu jenis komedo adalah komedo hitam atau komedo terbuka (blackheads). Bentuk komedo hitam atau blackheads ditandai dengan folikel kulit yang membesar karena terhambat oleh sebum dan penumpukan sel kulit mati.

Warna hitam pada komedo hitam diakibatkan kandungan melanin didalamnya. Awalnya komedo berwarna putih, akan tetapi karena terbuka dan teroksidasi oleh udara warna komedo berubah menghitam. Jika telah nampak pada permukaan kulit, bentuk komedo di hidung dan wajah adalah seperti pori-pori yang menghitam.

jenis-jenis komedo

Selain komedo hitam, terdapat komedo putih atau komedo tertutup (whiteheads). Sebenarnya perbedaan komedo hitam dan komedo putih adalah pada letak dan warnanya saja. Karena letaknya yang berada di bawah epidermis kulit, komedo putih tidak teroksidasi oleh udara. Oleh karena itu, warnanya tidak berubah menghitam. Bentuk komedo putih adalah seperti tonjolan putih yang berukuran kecil dan meruncing.

Adapun mikrokomedo dan makrokomedo. Mikrokomedo adalah komedo yang berukuran sangat kecil dan tidak akan tampak oleh mata. Sedangkan makrokomedo adalah komedo putih yang berdiameter 2-3mm.

Selain itu, terdapat komedo raksasa dan komedo solar. Bentuk komedo dari dekat pada komedo raksasa adalah sejenis kista yang ujungnya terbuka dan berwarna hitam. Sementara komedo solar adalah komedo yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan sering ditemukan pada pipi dan dagu lansia.

II. Penyebab Komedo

Setiap folikel rambut terdiri dari sebum atau kelenjar minyak dan sehelai rambut yang bermanfaat untuk menjaga kulit tetap halus dan mulus. Jenis-jenis komedo di hidung dan wajah diakibatkan oleh minyak dan penumpukan sel kulit mati yang berkumpul pada ujung luar folikel kulit. Karena kulit yang terdapat komedo terbuka dan terpapar udara, komedo menjadi berwarna hitam. Sementara komedo yang tidak teroksidasi udara akan berwarna putih.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi pemicu timbulnya komedo. Salah satu penyebab munculnya komedo adalah anda memiliki tipe kulit berminyak. Hal ini dikarenakan produksi minyak berlebihan dapat memperbesar risiko tersumbat pori-pori wajah.

Selain itu, kurangnya membersihkan wajah dapat memicu timbulnya komedo pada wajah termasuk hidung dan pipi. Kemudian, pemicu timbulnya komedo lainnya adalah tidak membersihkan makeup dengan benar sebelum tidur.

Sebab lainnya adalah iritasi pada folikel sehingga kulit menumpuk dan tidak mengelupas secara teratur. Berikutnya, meningkatnya jumlah propionibacterium acnes pada permukaan kulit adalah penyebab komedo. Selanjutnya, mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti pil KB, lithium, dan steroid.

Terjadinya perubahan hormon dalam tubuh yang menyebabkan produksi minyak berlebihan saat menstruasi pun merupakan penyebab komedo. Selain faktor hormon, penyebab komedo adalah pemakaian produk-produk tertentu seperti cat rambut dan pomade yang mengandung bahan-bahan kimia.

Sebab berikutnya, kulit yang terlalu kering atau terlalu lembab karena pemakaian produk pelembab atau dalam cuaca lembab dapat menyebabkan komedo. Kemudian, komedo dapat diakibatkan folikel rambut yang cedera akibat terapi laser, cheamical peels, dan memencet jerawat.

III. Pengobatan Komedo

Anda bisa mengobati jenis-jenis komedo di hidung dan wajah dengan mengubah kebiasaan yang dapat mendatangkan masalah kulit tersebut. Salah satu kebiasaan untuk mencegah dan mengetasi komedo adalah mengenali jenis kulit. Biasanya komedo mudah muncul pada jenis kulit berminyak. Dengan mengenali karakter kulit anda, anda bisa memilih pembersih wajah yang tepat untuk anda.

cara mengobati komedo

Kebiasaan selanjutnya adalah dengan memilih pembersih yang tepat dan cocok untuk jenis kulit anda. Coba pemakaian produk pembersih dalam 1 bulan untuk mengetes efektivitas produk tersebut. Cara mengobati komedo putih dan hitam selanjutnya adalah dengan memilih pelembab yang cocok. Bagi kulit yang berminyak dan normal, gunakan pelembab oil-free atau bebas minyak.

Kemudian, hindarilah penggunaan produk comedogenic untuk cara hilangkan komedo hitam dan putih. Produk yang bisa mendatangkan komedo adalah conditioner, shampoo, bedak padat, foundation, tabir surya dan susu pembersih.

Pilihlah produk kosmetik atau skincare yang terdapat label non-comedogenic atau produk yang ditujukan untuk menghilangkan komedo tertutup dan terbuka sekaligus jerawat.

Selain menangani secara mandiri, anda bisa membeli obat-obatan yang dijual di pasaran untuk menangani jenis-jenis komedo di hidung dan wajah. Pilihlah obat yang mengandung resorcinol, asam salisilat, dan benzoyl peroxide. Obat-obatan tersebut tersedia dalam bentu koyo atau patch, gel, dan krim. Tujuan penanganan jenis-jenis komedo di wajah tersebut adalah untuk membantu pengelupasan sel-sel kulit yang telah mati, mengurangi minyak berlebih, dan membunuh bakteri.

Demikianlah jenis-jenis komedo di hidung dan wajah dan cara penangannya. Dengan tips-tips diatas, anda bisa tampil dengan kulit yang lebih sehat dan segar. Inti dari penangan komedo adalah memelihara kebersihan wajah. Selain itu, lakukanlah pola hidup sehat agar mencegah komedo datang kembali.

Karena komedo hitam dan putih berisiko berubah menjadi jerawat, baca juga cara mengatasi jerawat meradang. Selain itu ketahui penyebab jerawat pada remaja karena jenis-jenis komedo sering dialami pada usia pubertas.