Jerawat Pada Kulit Kering : Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Jerawat biasanya hanya akan timbul pada karakter kulit berminyak. Namun, ternyata kulit kering tidak akan terjamin bebas dari jerawat. Mengapa jerawat pada kulit kering bisa terjadi?

Berbeda halnya dengan jerawat pada kulit berminyak, jerawat pada kulit yang kering diakibatkan oleh kurangnya kandungan air pada kulit. Menurut dermatologis Joshua Zeichner, produksi sebum atau minyak berhubungan dengan masalah jerawat pada kulit yang kering ini. Selain mempengaruhi kulit berminyak, sebum menjadi alasan mengapa kulit menjadi kering.

Walaupun wajah terlihat kering, ternyata kandungan minyak yang tidak terlihat masih menjadi faktor utama pemicu jerawat. Pasalnya, mereka yang mengalami jerawat pada kulit yang kering ini dialami oleh orang-orang berusia dewasa. Jarang ada remaja yang mengalami problem ini.

Masalahnya lagi pengobatan jerawat pada kulit yang kering akan menyebabkan kulit mengelupas. Alih-alih jerawat menghilang, ini malam membuat kondisi jerawat semakin parah.

Lalu apa saja penyebab dan bagaimana mengatasi masalah jerawat pada kulit kering?

Simak ulasannya untuk menjawab pertanyaan tersebut.

I. Penyebab Jerawat Pada Kulit Kering

Faktanya, kulit akan tetap menghasilkan minyak atau sebum apapun jenis kulit anda. Namun, karena kulit yang kering adalah kulit yang rusak, minyak yang diproduksi tidak menempel berlama-lama pada kulit terluar. Jadi, kulit anda bergantung pada lapisan berminyak atau lipid yang membantu kulit tetap beregenerasi dan mencegah bakteri dan kuman mengiritasi kulit. Namun, kulit yang kering telah kehilangan kemampuannya untuk melakukan cara kerja ini.

Akibatnya, kulit kering malah akan menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati yang lebih banyak dan memproduksi minyak berlebih guna melembabkan diri sendiri (namun tidak menempel lama pada kulit terluar). Akhirnya, penumpukan sel kulit mati dan sebum tak kasat mata akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, kulit kering berjerawat dapat diakibatkan oleh kulit yang terlalu sensitif terhadap zat-zat yang terdapat dalam produk kecantikan. Produk perawatan wajah seperti peeling, facial, dan scrub mengandung bahan aktif yang dapat menyebabkan jerawat.

II. Cara Mengatasi Jerawat Pada Kulit Kering

jerawat pada kulit kering

Jika jerawat sudah cukup parah dan merambah pada wajah, leher, lengan, dan punggung, anda perlu menggunakan produk kosmetik untuk kulit kering berjerawat yang bebas minyak atau berbahan dasar air. Gunakan foundation atau alas bedak yang bebas minyak dan ringan. Begitu pula dengan eyeshadow dan eyeliner.

Selain itu, jangan lupa gunakan tabir surya ber- SPF minimal 30 dan pelembab wajah untuk kulit kering dan berjerawat walaupun cuaca berawan dan matahari tidak terik. Tabir surya dan pelembab sangat penting untuk merawat dan memelihara segala jenis kulit.

Selain menggunakan pelembab yang non-comedogenic, anda perlu memilih tabir surya yang berlabel seperti itu. Hal yang paling penting, gunakan pelembab dan tabir surya yang berbahan dasar air atau water-based dan diaplikasikan 2 kali sehari. Dengan memilih produk perawatan kulit dan jerawat yang baik maka jerawat pada kulit yang kering mampu dihindari.

Selain penggunaan kosmetik yang perlu diperhatikan, anda harus memiliki tidur yang cukup untuk membuat kulit tetap sehat dan segar. Kemudian, anda perlu mengonsumsi banyak sayuran dan buah untuk menyediakan nutrisi bagi kulit. Selanjutnya, minum air 2 liter sehari untuk menjaga kekenyalan kulit dan mencegah dehidrasi kulit. Jangan lupa untuk membersihkan wajah atau mencuci muka pada pagi hari dan pada malam hari sebelum tidur.

Tips berikutnya, pakai sabun pembersih wajah non-busa. Biasanya pembersih wajah yang tidak mengeluarkan banyak busa saat dipakai tidak menyebabkan kulit kering setelah pemakaiannya. Jika anda menggunakan pembersih wajah yang lain, lihat kondisi kulit setelah dibersihkan dengan pembersih tersebut.

Jika kulit anda terasa terlalu kering dan menimbulkan gatal, itu berarti produk tersebut tidak cocok dengan pembersih anda. Selain itu, jangan terlalu sering mencuci muka karena akan menyebabkan kulit kering dan produksi sebum pada permukaan kulit berkurang.

Selanjutnya, gunakan produk untuk kulit kering berjerawat yang sesuai. Biasanya produk perawatan jerawat memiliki sifat pengeringan yang dapat menyebabkan kulit semakin kering dan bahkan mengelupas. Oleh karena itu, pilihlah produk perawatan jerawat yang benar-benar cocok untuk kulit anda.

Salah satu kandungan dalam produk perawatan jerawat adalah asam salisilat. Bagi beberapa orang, kandungan asam salisilat akan menyebabkan kulit semakin kering. Hal ini dikarenakan asam salisilat bekerja dengan mengikis lapisan epidermis kulit dimana terjadinya penumpukan sel kulit mati dan pori-pori tersumbat.

Begitu pula jangan menggunakan pengobatan yang mengandung benzoil peroksida. Kandungan ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, sama dengan asam salisilat, benzoil peroksida dapat menyebabkan ruam-ruam kemerahan, gatal, dan kulit semakin kering. Namun, bukan berarti kulit kering tidak bisa menggunakan produk yang mengandung zat-zat tersebut. Alternatif lain, anda bisa menggunakan produk yang water-based dan kandungan benzoil peroksida yang lebih rendah.

kulit kering berjerawat

Terakhir, anda bisa menggunakan masker alami untuk wajah kering dan berjerawat. Misalnya, masker putih telur bermanfaat untuk mengobati jerawat pada kulit kering. Kandungan protein dan asam amino berguna untuk mempercepat regenerasi kulit dan mengencangkan pori-pori kulit. Caranya, kocok putih telur hingga mengembang, kemudian oleskan dan diamkan hingga mengering. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Lakukan tips untuk menghilangkan jerawat pada kulit kering dalam ulasan ini secara rutin dan teratur. Normalnya, pengobatan membutuhkan waktu hingga 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, bila keluhan anda mengenai jerawat pada kulit yang kering tidak membaik, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa jenis kulit anda dan masalah kulit yang sedang anda hadapi sehingga dapat menentukan jenis penanganan yang tepat.

Jangan lewatkan untuk membaca ulasan lainnya yaitu cara menghilangkan minyak berlebih di wajah jika anda memiliki kulit berminyak yang rentan terkena jerawat.