Khasiat Pepaya Untuk Wajah Berjerawat

Banyak sekali manfaat pepaya termasuk khasiat pepaya untuk wajah berjerawat. Buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi ini memang sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Jerawat dan bekas jerawat adalah satu momok yang menakutkan terutama bagi para kaum hawa yang sangat menjunjung tinggi nilai penampilan. Jerawat yang tumbuh di wajah akan menurunkan kepercayaan diri mereka. Namun, anda tidak perlu khawatir karena banyak pengobatan baik alami atau kimia yang dapat mengatasi masalah jerawat. Salah satu perawatan alami untuk jerawat adalah dengan menggunakan pepaya.

Buah pepaya memiliki kemampuan untuk mengelupas atau mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, kandungan enzimnya mampu mengurangi peradangan jerawat secara efektif.

Selengkapnya, ulasan kali ini akan membahas khasiat pepaya untuk wajah berjerawat.

I. Kandungan Pepaya Untuk Jerawat

Tentunya manfaat dan khasiat untuk jerawat ini didapatkan dari kandungan- kandungan didalamnya yang dapat anda peroleh dengan dikonsumsi secara langsung atau dibuat masker. Buah pepaya kaya akan enzim papain yang akan membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan lancarnya pencernaan, racun dalam tubuh pun akan ikut terbuang. Racun ini bisa memicu timbulnya jerawat di wajah.

Selain enzim papain, buah pepaya mengandung vitamin C, E, K, serat karbohidrat, zat besi, kalsium, zinc, fosfor, dan magnesium yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh dan sekaligus melindungi kulit dari masalah, termasuk jerawat yang membandel.

Khasiat pepaya untuk jerawat lainnya, pepaya adalah sumber terbaik untuk vitamin A. Vitamin A bermanfaat untuk menguraikan protein aktif dan mebantu mebuang sel-sel kulit mati. Kadar sodium yang rendah pada pepaya akan mebantu menjaga dan menyimpan kadar air dalam kulit. Yang perlu anda tahu bahwa pepaya mengandung karoten yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya, seperti apel dan jambu.

Selain daging buahnya, bagian daun pun memiliki khasiat pepaya untuk wajah berjerawat. Kandungan yang membuat pepaya kaya akan manfaat adalah zat alkanoid. Disamping itu, terdapat enzim papain yang proteolitik yang memiliki kegunaan untuk memecahkan protein didalam tubuh. Pemecahan protein ini tentunya akan mebantu penyerapan protein kedalam tubuh.

Masih banyak lagi khasiat masker daun pepaya untuk jerawat, kesehatan, dan kecantikan. Kandungan fenolik dalam level tinggi dimiliki oleh daun pepaya yang telah tua. Daun pepaya pun mengandung enzim khimoprotein yang berfungsi sebagai katalisator untuk merangsang reaksi hidrolisis anatara protein dan polipeptida dalam tubuh.

Enzim lisozim yang dimiliki daun pepaya bermanfaat sebagai antibakteri yang dapat memicu peradangan kulit. Juga, terdapat senyawa alkaloid karpain yang menunjang kesehatan tubuh manusia, seperti membuhnuh bakteri dan mikroorganisme.

II. Masker Buah Pepaya

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa khasiat pepaya untuk wajah berjerawat akan didapatkan secara alami dan aman. Namun, anda pun perlu memperhatikan cara membuat ramuan pepaya untuk jerawat agar memperoleh hasil yang diinginkan. Lalu, bagaimana cara membuat masker buah pepaya untuk menghilangkan jerawat?

Bagaiamana cara membuat masker pepaya?

Pertama, siapkan 1 buah pepaya yang tidak terlalu matang dan kemudian cuci hingga bersih. Kedua, buang kulitnya dengan cara diiris tipis dan buang getahnya dengan mencucinya kembali. Ketiga, parut buah pepaya tersebut secukupnya. Keempat, gunakan hasil parutan pepaya sebagai facial. Kelima, setelah wajah terasa bersih, gunakan parutannya lagi sebagai masker wajah. Oleskan campuran pepaya ke wajah, kecuali area mata. Keenam, tunggu 15 hingga 20 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih, kemudian keringkan dengan handuk.

III. Masker Buah Pepaya dan Putih Telur

Cara mengatasi jerawat lainnya adalah dengan manfaat masker pepaya dan putih telur. Putih telur mengandung protein yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Terdapat kandungan- kandungan putih telur dengan manfaat yang semakin ampuh dan cepat bila dikombinasikan dengan khasiat pepaya untuk wajah berjerawat. Putih telur mengandung kalium yang akan membantu menjaga kelembaban dan kesehatan kulit.

Protein akan mengurangi kerutan, membuat kulit tetap awet muda, dan mebantu proses pergantian sel-sel kulit. Magnesium dapat menjaga kulit wajah agar tetap segar. Riboflavin dalam putih telur akan menangkal radikal bebas dan mebuang racun akibat polusi yang dapat menyebabkan jerawat. Kandungan ezim lisozim akan mebantu menjaga elastisitas kulit wajah.

Selain menghilangkan jerawat, putih telur seringkali dimanfaatkan untuk membuat rambut lebat dan indah. Dengan mengkombinasikan putih telur dan buah pepaya, ini akan menjadi masker yang ampuh dan cepat untuk menghilangkan jerawat.

Bagaimana cara membuatnya?

Pertama, pisahkan kuning dan putih telur. Kedua, campurkan putih telur dengan buah pepaya yang telah dihaluskan. Ketiga, aduk- aduk hingga benar- benar tercampur. Keempat, oleskan wajah dan tunggu hingga mengering. Kelima, bilas dengan air bersih.

IV. Masker Buah Pepaya dan Kunyit

Kunyit mengandung antibakteri dan antioksidan sekaligus yang dapat menghilangkan bakteri di kulit dan melawan radikal bebas penyebab timbulnya jerawat. Bahan herbal ini memang sudah populer dalam perawatan alami untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Pepaya dan kunyit ini bisa menjadi kombinasi yang tepat untuk memaksimalkan khasiat pepaya untuk wajah berjerawat.

Pertama, siapkan 2 ruas kunyi yang telah ditumbuk halus dan buah pepaya yang telah dipotong- potong. Kedua, campurkan kedua bahan ini hingga tercampur merata. Ketiga, aplikasikan masker ini ke kulit wajah secara merata. Terakhir, diamkan hingga kering dan bilas dengan air bersih.

V. Masker Daun Pepaya

Selain dagingnya, bagian pepaya yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat adalah daunnya. Daun pepaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang akan menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Di sisi lain, daun pepaya mampu membersihkan kulit wajah secara maksimal.

Adapun cara membuat masker daun papaya untuk menghilangkan jerawat. Pertama, jemur dua helai daun pepaya hingga agak kering dan layu. Kedua, tumbuk daun pepaya kering hingga halus. Ketiga, tambahkan 1 sendok air panas dan aduk sampai menyerupai pasta. Keempat, oleskan pasta pepaya tersebut ke wajah sebagai masker. Kelima, diamkan hingga 30 menit. Keenam, bilas wajah dengan air dingin yang bersih.

Demikianlah, khasiat pepaya untuk wajah berjerawat. Untuk mendapatkan khasiat dan manfaatnya, anda bisa mengonsumsi buah pepaya secara langsung atau menjadikannya sebagai masker. Anda bisa mencoba salah satu atau semua cara diatas untuk menghilangkan jerawat anda. Tidak perlu khawatir karena ini adalah perawatan yang alami dan aman.

Buah dan daun pepaya pun dapat dimanfaatkan untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat merah di wajah yang akan mengganggu penampilan anda. Kemudian, selain masker pepaya yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan jerawat, masih banyak masker alami untuk jerawat dari bahan- bahan alami yang mudah anda dapatkan.