Kosmetik Yang Aman Untuk Kulit Berjerawat

Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa kosmetik atau make up dapat memperparah kondisi komedo dan jerawat anda. Hal ini dikarenakan mereka percaya bahwa kosmetik dapat menyebabkan kulit semakin berminyak dan menimbulkan jerawat batu. Faktanya, anda masih bisa menggunakan kosmetik meskipun dalam kondisi berjerawat. Namun anda harus mengenali mana saja kosmetik yang aman untuk kulit berjerawat.

Kulit yang berminyak, sensitif, dan berjerawat memerlukan penanganan dan kosmetik yang khusus. Apa saja kosmetik yang aman untuk kulit berjerawat?

Anda perlu mempertimbangkan kosmetik dan produk kecantikan yang aman seperti bedak, foundation, pelembab, dan kosmetik lainnya. Mari simak ulasan kosmetik untuk kulit berjerawat dibawah ini.

1. Bedak Tabur

Bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat, pilihlah bedak tabur atau powder bukan bedak padat. Bedak tabur termasuk kosmetik yang aman untuk kulit berjerawat karena tidak akan menyumbat pori-pori wajah dibandingkan bedak padat. Bedak padat lebih menempel pada kulit, menyumbat pori-pori, lebih sulit dibersihkan, dan memperparah kondisi jerawat anda. Selain itu, produk-produk bedak tabur yang beredar di pasaran biasanya menambahkan kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk kulit berjerawat.

kosmetik yang aman untuk kulit berjerawat

Kandungan dan manfaat dalam bedak tabur yang bagus untuk kulit berjerawat:
• Gunakan bedak tabur yang ringan dan mengandung bahan alami, misalnya tepung jagung dan buckwheat.
• Pilihlah bedak tabur yang berlabel non-comedogenic. Kandungan ini tidak akan menyebabkan dan memperparah kondisi jerawat.
• Anda bisa memilih bedak yang mengandung jeju natural mineral yang dapat menyerap kandungan minyak berlebih.
• Mint dalam bedak tabur dapat menenangkan kulit yang teriritasi akibat jerawat.
• Pilih juga bedak tabur yang mengandung beras, alpukat, tomat, dan gandum yang akan memberi nutrisi pada kulit dan membasmi bakteri yang memperparah jerawat.
• Anda juga bisa menggunakan bedak tabur yang memiliki kandungan asam salisilat. Kandungan ini akan menghilangkan jerawat yang bersarang di wajah anda. Asam salisilat juga memiliki efek anti-inflamasi yang akan meredakan peradangan dan kemerahan pada jerawat.
• Anda juga bisa memilih bedak yang mengandung triclosan dan soybean extract. Kandungan ini mampu mengatasi jerawat.
• Pilihlah bedak yang mengandung zat anti-bakteri. Ini akan membasmi bakteri penyebab jerawat.
• Produk bedak tabur yang mengadung terineol dan niacinamide mampu mengatasi jerawat pada wajah anda. Kandungan ini juga dapat bersifat antiseptic ringan yang akan mengahmbat pertumbuhan bakteri jerawat.
• Gunakan bedak yang mengandung oil-control yang bagus.

2. Foundation Cair

Bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat, anda disarankan menggunakan foundation cair bukan yang padat. Foundation cair ini adalah kosmetik yang aman untuk kulit berjerawat dan tidak akan sepenuhnya menempel pada kulit dan mudah dibersihkan.

kosmetik yang aman untuk kulit berjerawat

Mengapa foundation cair lebih baik dipilih dibandingkan foundation padat bagi kulit berjerawat:
• Foundation cair tidak akan membuat pori-pori tersumbat asal langsung dibersihkan setelah penggunaan.
• Foundation cair tidak menyebabkan jerawat jika digunakan sewajarnya dan tidak berlebihan. Foundation cair tidak menjebak kotoran dan bakteri dalam pori-pori dan masih membiarkan kulit bernafas.
• Foundation cair tidak menyebabkan kulit kering. Jika dibandingkan foundation padat, foundation cair masih memiliki kandungan air yang bisa melembabkan kulit. Kulit yang terlalu kering inilah yang bisa memperparah kondisi jerawat.
Sebenarnya, terdapat beberapa jenis foundation yaitu sheer atau light, medium, dan full coverage. Untuk foundation full coverage, anda cukup menggunakannya pada acara tertentu saja. Untuk sehari-hari anda bisa menggunakan sheer atau light foundation. Namun, usahakan hindari menggunakan foundation terlalu sering dan jangan digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Tips memilih dan menggunakan foundation cair untuk kulit berjerawat:
• Pilihlah foundation cair yang berlabel oil-free, sulfate free, paraben free, dan non-comedogenic.
• Hindari foundation cair yang mengandung lauric acid, coconut butter, lanolin oil, myristyl myristate, isopropyl myristate, dan isopropyl isostearate. Kandungan ini akan membuat jerawat semakain meradang.
• Gunakan kuas atau sponge saat mengaplikasikan foundation cair. Hal ini dimaksudkan agar bakteri dari tangan tidak menular ke wajah.
• Bersihkan kuas dan sponge 2-3 kali seminggu. Ini akan membuat bakteri tidak akan berkembang dalam kuas.

3. Pelembab Ringan

Pilihlah pelembab atau moisturizer yang ringan bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat. Hindari penggunaan rich moisturizer yang akan membuat kulit anda sangat berminyak. Rich moisturizer akan menyebabkan hidrasi berlebih pada jaringan kulit. Kemudian, kotoran akan mudah menempel pada kulit dan akan menimbulkan infeksi dan jerawat. Pilih dan gunakanlah pelembab yang berbasis air atau water based. Basis ini ramah bagi kulit yang berjerawat. Pelembab water based adalah rekomendasi bagi kosmetik yang aman untuk kulit berjerawat karena mudah menyerap kedalam kulit dan tidak menimbulkan peradangan jerawat.

kosmetik yang aman untuk kulit berjerawat

Cara memilih pelebab yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat:
• Pilih pelembab yang berlabel non-comedogenic. Pelembab secam ini tidak akan menimbulkan komedo dan memperparah kedaan jerawat.
• Gunakan pelemabab yang mengandung air. Pelbab ini akan memberikan kegaran pada wajah dan membuang minyak berlebih.
• Hindari pelmabab dengan kandungan pemutih. Pelembab yang mengandung pemutih akan memperparah kondisi jerawat.
• Pilih pelembab yang berbentuk cream. Ini akan melembabkan kulit secara ringan. Kandungan ini juga mampu melawan alergi pada kulit.

Selain itu, jika anda telah menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi yang rich cream, anda tidak pelu menggunakan pelembab.

4. Kandungan Kosmetik Lainnya

Anda perlu memilih produk-produk kosmetik yang aman untuk kulit berjerawat seperti kandungan dalam blush-on, eye-shadow, toner, tabir surya, dan lotion cukur.

Tips-tips memilih kosmetik untuk kulit berjerawat:
• Pilihlah blush-on dan eye shadow yang oil-free atau tidak mengandung minyak, non-comedogenic, non-acnegenic, dan hypoallergenic. Kosmetik jenis ini tidak akan menyebabkan produksi minyak berlebih dan tidak menimbulkan iritasi pada wajah.
• Pilihlah kandungan dan warna bedak, eye shadow, dan blush on yang sesuai dengan jenis kulit anda dan sesuai warna kulit.
• Hindari bahan alcohol dalam kosmetik atau make up termasuk pembersih wajah karena membuat kulit terlalu kering. Alkohol juga dapat menyebabkan jerawat.
• Untuk menutupi jerawat dan menyerap minyak, gunakan kosmetik yang mengandung titanium oksida, silica, oksida seng, dan mineral.
• Gunakan juga tabir surya dengan SPF minimal 30 atau spectrum luas yang berguna untuk menghindari kulit terbakar dan kulit berjerawat. Tabir surya ini juga akan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB dari matahari. Gunakan tabir surya cair atau spray on. Hindari tabir surya yang memiliki kandungan benzofenon dan PABA karena dapat mengitasi wajah.
• Untuk lotion cukur pria, pilih produk yang mengandung benzoil peroksida dan antibiotic topikal. Kandungan ini cocok bagi pria dengan kulit berjerawat.
• Gunakan scrub, pembersih wajah, dan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Anda bisa membuatnya sendiri atau memilih produk masker yang terbuat dari mentimun atu tomat.

Ulasan diatas adalah tips memilih kosmetik untuk kulit berjerawat. Lakukan semua tips diatas dan lakukanlah pola hidup sehat. Berolahraga secara teratur, menghindari makanan berminyak dan berlemak, mendapatkan istirahat yang cukup, dan seleksi ketat terhadap kosmetik yang dipakai akan mengatasi dan menghilangkan jerawat anda.