Hilangkan Bekas Jerawat dengan Metode Laser Treatment

Timbulnya bekas jerawat atau bopeng di wajah adalah akibat mengatasi jerawat yang tidak tepat. Misalnya adalah jarang membersihkan muka dan sering memencet jerawat dengan tangan yang kotor. Banyak dokter menyarankan untuk menggunakan perawatan laser bekas jerawat untuk cara mengatasi bekas jerawat dan bopeng di wajah dan membuat wajah mulus kembali.

https://www.seputarjerawat.com/laser-jerawat/

Perawatan laser ini akan merangsang kolagen sehingga kondisi kulit dengan bekas jerawat akan merata. Ada dua jenis perawatan dengan menggunakan laser yaitu perawatan ablative dan non-ablatif. Perawatan laser ablative yaitu dengan menembakan laser sehingga permukaan kulit wajah akan lebih halus. Sedangkan laser non-ablatif adalah dengan merangsang produksi kolagen sehingga tidak mengganggu kulit lapisan luar.

Bagaimana cara kerja laser bekas jerawat? Apa saja jenis lasernya? Lalu perawatan dan pantangan apa yang harus dilakukan pasca tindakan? Kemudian hal yang paling penting adalah berapa biaya laser wajah di rumah sakit dan klinik kecantikan?

Ulasan dibawah ini akan menjawab semua pertanyaan tersebut mengenai laser bekas jerawat yang membandel.

I. Cara Kerja Laser Bekas Jerawat

Bagaimana cara kerja laser untuk mereduksi bekas jerawat yang membandel? Prinsipnya adalah sinar laser akan membuat lapisan kulit terluar dan epidermis kulit seolah-olah dibuat bengkak dan luka. Cahaya laser akan menembus kulit dan membuat pelukaan pada lapisan kulit terluar.

Setelah sampai pada jaringan kulit, sinar laser akan merangsang kolagen dan sel pembaruan untuk mengencangkan kulit. Lapisan kulit yang rusak perlahan akan menghilang. Kemudian, lapisan kulit baru akan tumbuh dari bagian bawah. Perawatan laser ini biasanya membutuhkan waktu 60 menit atau sesuai tingkat keparahan bekas jerawat sang pasien. Akan ada masa downtime, namun anda masih bisa berktivitas seperti biasa. Hanya saja ini membutuhkan perawatan dan perhatian khusus.

Untuk lebih jelasnya, terdapat beberapa tahap dalam proses laser untuk menghilangkan bekas jerawat. Pertama-tama, terapis akan membersihkan wajah anda secara menyeluruh. Kedua, terapis akan memberikan masker sebanya 2 kali selama 1 jam untuk membuat wajah anda kebal atau kebas terhadap sinar laser yang cukup menyakitkan. Kemudian, dokter akan mulai melaser wajah anda dengan alat laser yang canggih.

laser bekas jerawat

Area wajah yang dilaser adalah dahi, pipi, dagu, dan sekitar hidung. Rasanya tidak akan terlalu sakit, hanya akan membuat anda sedikit tidak nyaman. Setelah dokter selesai melaser wajah anda, terapis akan memberikan krim anti-iritasi. Dalam beberapa hari, kulit anda bengkak dan merah-merah. Namun anda tidak perlu khawatir. Kondisi itu hanya berlangsung 2-3 jam.

II. Jenis Perawatan Laser

Terdapat bermacam-macam perawatan laser untuk mereduksi bekas jerawat. Jenis laser yang peratama adalah Laser Fractional CO2. Jika laser Laser Fractional memiliki tindakan non-invasif, laser Laser Fractional CO2 memiliki langkah-langkah yang berbeda. Metode Laser Fractional CO2 ini cocok digunakan untuk mengatasi bekas luka dan jerawat, bintik hitam, keriput, dan kutil.

Cara melakukan Laser Fractional CO2 ini adalah dengan mengaplikasikan cream anastesi, baru kemudian wajah akan dibuat pelukaan dengan laser. Setelah beberapa hari pasca perawatan, metode ini memang akan meninggalkan bekas luka. Namun, lama-kelamaan flek bekas jerawat dan bopengpun akan berangsur menghilang.

Jenis laser kedua adalah Laser Erbium. Dibanding Laser Fractional CO2, Laser Erbium lebih tidak akan terasa sakit dan lebih advanced. Hal itu dikarenakan sinar laser telah dimodifikasi dengan panjang gelombang 2940nm dan sinar dibuat ideal agar kulit mati dapat mengelupas dengan aman. Laser Erbium juga dapat merangsang produksi kolagen dan mendeteksi ketebalan kulit. Jadi, pengelupasan kulit akan sama baik pada bagian kulit yang tebal maupun yang tipis.

Setelah perawatan, kulit wajah akan terasa kencang dan pada hari kedua atau ketiga, kulit wajah akan mengelupas. Selain dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat, perawatan ini juga dapat mencerahkan kulit.

Selanjutnya adalah jenis Pixel Laser untuk menghilangkan jerawat. Pixel Laser akan membuat lubang-lubang kecil pada wajah anda kemudian menyingkirkan lapisan kulit paling luar. Selah itu, sel-sel kulit disekitarnya yang masih utuh akan mendukung regerasi kulit kembali. Pixel Laser hampir sama dengan Laser Erbium yang akan merangsang produksi kolagen guna mengencangkan kulit dan mebuat kulit lebih lembut. Setelah perawatan anda akan merasakan rasa panas seperti sunburn, bengkak, dan ruam merah pada wajah selama 24-48 jam.

III. Perawatan dan Pantangan Pasca Perawatan Laser

Anda akan diajarkan bagimana merawat kulit wajah dan apa saja pantangan setelah laser wajah. Biasanya anda harus mencuci bagian wajah yang dilaser beberapa kali sehari dan mengoleskan salep atau krim yang diberikan oleh dokter. Cara ini dilakukan untuk mencegah lukan baru pada wajah yang mendapat perawatan. Anda juga diwajibkan menggunakan krim tabir surya jika akan berpergian keluar rumah.

Selain itu, pembengkakan dan eritema atau ruam kemerahan juga sering muncul pasca tindakan. Anda mungkin harus mengompres bagian wajah tersebut dan selalu memposisikan kepala anda lebih tinggi, terutama pada saat tidur. Pada beberapa pasien, steroid mungkin perlu digunakan untuk mengurangi pembengkakan. Kondisi ini biasanya akan bertahan selama 2 minggu pasca tindakan.

Penggunaan make-up juga perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Biasanya setelah perawatan laser, anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter. Hal ini akan memungkinkan dokter tetap memantau dan mengevaluasi wajah anda. Dokter juga mungkin akan memberi obat oles seperti hidrokuinon atau asam retinoat yang membuat wajah anda segera pulih kembali.

Seringkali dokter juga akan meresepkan antibiotic untuk menghindari infeksi pada luka akibat perawatan laser. Hipopigmentasi atau bagian kulit lebih terang dibandingkan kulit lainnya juga sering terjadi.

IV. Biaya Laser untuk Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Teknologi laser adalah perawatan menghilangkan flek bekas jerawat yang relative aman dan hanya menimbulkan sedikit rasa nyeri. Tentu saja harga laser wajah bopeng harus anda keluarkanpun tidaklah murah. Untuk harga perawatan bekas jerawat, dewasa ini diperkirakan 1-2 juta untuk 1 kali perawatan.

Namun, biasa dokter akan merekomendasikan 4-8 kali perawatan agar hasilnya lebih maksimal dan wajah anda lebih cantik, cerah, dan putih. Itu artinya, anda perlu merogoh kocek setidaknya Rp4.000.000 untuk benar-benar menghilangkan bekas jerawat anda.

V. Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Perawatan Laser

Hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah efek samping yang akan ditimbulkan. Selama tindakan, anda mungkin akan merasakan sakit dan rasa tidak nyaman. Setelah perawatan laser penghilang bekas jerawat, orang-orang banyak melaporkan bahwa mereka mengalami pembengkakan, peradangan, kemerahan, pengelupasan kulit, dan bahkan pengerasan kulit.

Selain itu, anda juga harus menghindari kontak langsung dengan sinar matahari selama 30 jam untuk meminimalkan efek tersebut. Perawatan laser CO2 adalah perawatan laser yang terbanyak memberikan efek samping. Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kondisi keuangan anda.

Perawatan laser ini tidaklah murah sehingga anda harus mempersiapkan budget anda terlebih dahulu. Selain itu, perawatan laser juga perlu diulang dan membutuhkan perawatan khusus yang cukup menguras kantong.

Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan metode laser bekas jerawat memang hanya memerlukan waktu yang singkat dengan hasil yang maksimal. Bagi anda yang memiliki budget lebih, anda bisa melakukan perawatan laser ini di klinik kecantikan. Namun, anda juga perlu mengkonsultasikan perawatan yang tepat dengan dokter anda. Hal ini dikarenakan dokter anda akan merekomendasikan perawatan yang tepat dengan kondisi bekas jerawat anda. Anda juga perlu mengetahui laser jerawat yang tentunya memiliki metode dan langkah berbeda dari laser bekas jerawat.