Manfaat, Efek Samping dan Biaya Pengobatan Laser Jerawat

Seiring berkembangnya zaman, alat teknologi modern pun semakin canggih. Semua teknologi diciptakan untuk membantu masalah-masalah yang dialami oleh manusia. Hampir semua masalah dapat dibantu oleh teknologi termasuk masalah kecantikan. Salah satu masalah kecantikan adalah jerawat yang dapat dibantu oleh alat teknologi laser jerawat. Mari kita bahas manfaat, efek samping dan biaya pengobatan laser jerawat bagi anda yang tertarik mencoba metode ini.

laser jerawat

Munculnya jerawat pastilah sangat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Namun, kini masalah jerawat bukan lagi masalah yang sulit diatasi. Kini ada teknologi modern yang dapat mengatasi jerawat secara instan yaitu laser untuk jerawat. Anda tidak perlu menunggu selama berbulan-bulan untuk menghilangkan jerawat anda.

Laser jerawat hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat dan hasilnya akan terlihat bahkan hanya dalam satu kali terapi. Selain itu, menggunakan metode laser penghilang jerawat relative aman karena telah disetujui oleh FDA (semacam BPOM di Amerika Serikat).

I. Jenis Laser Jerawat

Terdapat beragam terapi laser jerawat batu dan jerawat lainnya, diantaranya Blue Light Therapy, Photo Facial, dan Fractional CO2. Jenis laser untuk jerawat yang pertama adalah Blue Light Therapy. Terapi laser dengan sinar biru ini cukup terkenal untuk mengatasi jerawat. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), Blue Light Therapy adalah metode laser yang terkenal dan terbukti dapat membunuh dan membasmi jerawat.

Laser ini akan membunuh bakteri jerawat yang dikenal Propionibacterium acnes yang dapat mneybabkan peradangan. Bakteri tersebut memang sensitif terhadap cahaya biru yang ada pada Blue Light Therapy. Tak hanya membunuh bakteri, Blue Light Therapy juga akan menurunkan produksi minyak di wajah. Blue Light Therapy terbukti dapat mengatasi masalah jerawat yang merupakan masalah pada 50 juta orang Amerika dan 94% diantaranya adalah perempuan.

Jenis laser untuk jerawat yang kedua adalah Photo Facial. Photo Facial bekerja dengan cara menggunakan spectrum cahaya untuk merangsang regenerasi kolagen. Regereasi kolagen inilah yang dapat mengatasi dan menghilangkan jerawat, flek hitam, mengecilkan pori-pori, dan mengencangkan kulit wajah. Terapi ini hampir sama dengan facial biasa, namun bebas dari rasa sakit.

laser jerawat

Pada facial biasa, jerawat pada wajah anda akan dipencet dan kulit berjerawat anda akan dibersihkan. Facial biasa akan menybabkan kulit anda menjadi merah dan bengkak. Sedangkan pada Photo Facial, anda tidak akan merasa sakit, malah membuat wajah anda semakin cerah dan felk hitam menipis. Hasil dari Photo Facial akan terlihat hanya pada 1 kali perawatan. Namun, anda dianjurkan untuk mengulangi perawatan 4 hingga 6 kali yang dilakukan dalam 4 sampai 6 bulan.

Jenis Laser yang ketiga adalah Fractional CO2. Sebenarnya Fractional CO2 adalah terapi yang cocok untuk pengobatan bekas jerawat. Sayangnya Fractional CO2 akan membuat wajah anda berkerak selama 14 hari. Setelahnya, kerak akan berjatuhan dan kulit anda akan mulus. Selain mengatasi jerawat, Fractional CO2 ini berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit, menghilangkan flek bekas jerawat, mengencangkan kulit yang kendur, mengecilkan pori-pori, meremajakan kulit, dan mengatasi masalah pigmentasi kulit. Tujuan dari Fractional CO2 adalah dengan memperbaiki dan mengembalikan jaringan kulit sehingga tindakan menjadi lebih invasive.

II. Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Metode Laser

Terdapat beberapa manfaat dan keuntungan metode laser untuk menghilangkan jerawat jika obat dari dokter dan pengobatan tradisional tidak bisa mengatasi jerawat anda. Beberapa keuntungan metode laser untuk menghilangkan jerawat adalah waktu yang singkat, produksi minyak atau sebum di wajah menurun, membasmi bakteri, tidak menimbulkan rasa sakit, dan meminimalisir rasa sakit.

Keuntungan metode laser untuk jerawat yang pertama adalah menghilangkan jerawat adalam waktu yang singkat. Metode laser ini hanya membutuhkan beberapa kali jadwal perawatan. Perbedaan pada wajah anda akan terlihat hanya dalam beberapa kali jadwal perawatan.

Manfaat menggunakan metose laser yang kedua adalah produksi minyak di wajahpun akan menurun. Minyak di wajah adalah salah satu penyebab jerawat di wajah anda. Selain itu, salah satu keuntungan metode laser ini, bakteri di wajah anda ikut dihancurkan. Hal inilah yang menyebabkan jerawat yang telah hilang tidak akan muncul kembali. Jika anda hanya menggunakan cream dari dokter, cream itu hanya akan bekerja membunuh bakteri di lapisan kulit terluar. Namun, metode laser ini akan membunuh bakteri yang berada di pori-pori dan kulit anda bagian dalam.

Manfaat metode laser selanjutnya adalah hanya sedit menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Jika anda menduga bahwa metode laser ini menimbulkan rasa sakit, nyeri, dan tidak nyaman, hal itu tidak sepenuhnya benar. Cahaya yang dikeluarkan dar laser akan bekerja tepat di pusat permasalahan jerawat.

Namun, memang akan menimbulkan sedikit rasa tidak nyaman dan nyeri jika anda memiliki jerawat yang parah. Pasienpun tidak perlu khawatir apakah laser akan menimbulkan bekas pada kulit. Tenang saja laser tidak akan mengubah warna kulit pasien.

III. Biaya Laser Jerawat

Teknologi laser untuk jerawat telah sering digunakan dan bisa mengatasi jerawat dan bahkan membuatnya tidak akan tumbuh lagi. Tentunya hasil yang maksimal dari metode ini membutuhkan harga perawatan laser wajah yang tidaklah murah. Untuk satu kali laser saja, anda harus merogoh kocek mulai Rp500.000 hingga Rp7.000.000. Jika anda melakukan 3-4 kali perawatan, tentunya anda juga harus mengeluarkan uang 3-4 kali lipat dari harga diatas.

Namun, metode laser di masing-masing klinik kecantikan tentunya berbeda-beda. Harga juga akan berbeda sesuai dengan perawatan yang anda ambil. Selain itu, harga akan menyesuaikan dengan seberapa luasnya jerawat anda. Yang perlu anda ketahui, metode laser ini tidak saja digunakan oleh kalangan perempuan. Banyak juga kalangan laki-laki yang menggunakan metode laser ini karena sudah tahu pentingnya menjaga penampilan.

IV. Perawatan dan Pantangan Setelah Laser Wajah

Menurut dr. Ruri D. Pamela, SpKK dari Celv Clinic, seorang dokter ahli kulit, anda pantang melakukan beberapa hal dan perlu melakukan perawatan setelah laser wajah. Misalnya, anda pantang mengaplikasikan krim pada wajah karena kan membuat kulit teriritasi. Anda pantang menerapkan krim malam hingga 2 hari setelahnya. Anda juga harus menghindari mencuci muka dengan facial foam. Gunakan saja air dingin dan jangan menggunakan air panas karena akan membuat pori-pori terbuka lebar. Hal ini akan menyebabkan kotoran dan bakteri mudah masuk kembali ke pori-pori anda.

Selain itu, anda juga tidak boleh menyentuh wajah dengan tangan langsung karena pada tangan terdapat banyak kuman. Disamping itu, wajah anda tidak boleh kontak dengan sinar matahari langsung karena akan rentan terkena infeksi. Jika anda hendak keluar rungan, anda sebaiknya menggunakan krim pelindung tabir surya terlebih dahulu. Anda juga perlu menghindari kontak langsung dengan debu. Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk menggunakan masker apagi jika anda berpergian dengan kendaraan roda dua atau trasportasi public.

V. Efek Samping Laser Jerawat

Terdapat beberapa efek samping pengobatan jerawat dengan menggunakan laser. Efek samping yang pertama adalah kulit anda akan mengelupas. Ketika anda melakukan pengobatan laser, sinarnya dapat memperngaruhi pigmen kulit, membuat kulit anda mengelupas, dan bahkan membuat kulit anda cukup terbakar.

Efek samping yang kedua adalah wajah anda akan terasa panas. Ketika melakukan metode ini, wajah anda akan terasa seperti terbakar sinar matahari. Anda juga tidak jarang akan merasakan sedikit rasa sakit dan nyeri tapi itu adalah tanda bahwa proses akan berjalan maksimal.

Efek samping lainnya adalah wajah anda akan terasa bengkak. Dalam kasus lain, wajah anda akan terasa gatal pada bagian yang disinari laser. Untuk menghilangkan bengkak ini, biasanya anda membutuhkan waktu hingga 1 minggu. Bahaya laser wajah selanjutnya adalah akan merasakan iritasi ringan. Oleh karena itu, anda tidak diperbolehkan untuk menyentuh, menggosok, dan bahkan menggaruk wajah yang telah dilaser.

Efek samping terakhir dari metode laser adalah wajah anda akan terasa kering. Namun, biasanya dokter akan memberikan obat untuk melembabkan wajah dan mendukung proses pemulihan.

Demikianlah ulasan mengenai metode laser jerawat. Menggunakan metode laser untuk menghilangkan jerawat adalah cara yang instan dengan hasil yang permanen. Anda bisa memilih menggunakan metode laser untuk menghilangkan jerawat anda apabila anda memang memiliki cukup budget.

Jika anda masih ragu mengenai pengobatan jerawat di klinik kecantikan, anda bisa bertanya dan mencari informasi yang akurat dari pihak klinik kecantikan yang anda pilih. Namun, anda juga perlu mempertimbangkan efek samping yang akan ditimbulkan dari metode laser ini. Selain itu, jagalah selalu kebersihan wajah anda dan pola hidup yang baik agar jerawat yang membandel tidak muncul kembali di wajah anda.