Apakah Makan Kacang Menyebabkan Jerawat?

Hingga saat ini mungkin masih banyak orang yang beranggapan bahwa makan kacang menyebabkan jerawat. Namun, benarkah jerawat adalah salah satu faktor penyebab munculnya jerawat?

Jerawat sendiri timbul akibat adanya produksi minyak berlebih yang menutupi pori-pori. Masih banyak pula faktor penyebab jerawat, seperti stress, telepon genggam, obat- obatan oral maupun topikal, dan penggunaan kosmetik berlebihan yang menutupi pori-pori wajah. Memang tidak bisa dipungkiri jika kacang mengandung lemak. Namun, kadar lemak tersebut tidak mungkin menyebakan penyumbatan lemak yang menutupi pori-pori kulit.

Adapun beberapa kandungan kacang yang perlu anda ketahui. Kacang mengandung lemak tak jenuh yang dapat melindungi organ- organ dalam tubuh ketika terbentur dengan benda luar. Protein dalam kacang berfungsi untuk meregenerasi organ- organ didalam tubuh. Vitamin akan memberikan nutrisi dan kesehatan tubuh.

Lengkapnya, kacang tanah mengandung 27% protein, 40-50% lemak, karbohidrat, vitamin A, B, C, D, E, K, kolin, lesitin, juga mengandung mineral, berupa kalsium, klorida, magnesium, sulfur, kalium, dan fosfor. Protein dalam kacang lebih tinggi dibandingkan protein yang terkandung dalam telur dan daging. Selain itu, kacang mengandung asam amino yang tinggi. Minyak dalam kacang adalah sumber terbaik untuk membersihkan pencernaan.

Lalu, apa benar makan kacang menyebabkan jerawat?

1. Kontra Terhadap Makan Kacang Menyebabkan Jerawat

Apa benar kacang menyebabkan jerawat? Riset dari American Academy of Dermatology menunjukan hal yang bertentangan dengan mitos bahwa makan kacang menyebabkan jerawat. Para pakar dan ahli percaya bahwa jerawat tidak ditimbulkan oleh makanan- makanan, seperti kacang, ice cream, dan coklat.

Colorado State University Department of Health and Exercise menyarankan untuk mengindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan juga gula. Para ahli meneliti 1300 penduduk Pulau Kitivan di Papua New Guinea yang tidak mengonsumsi karbohidrat dan makanan manis. Sehari- hari, mereka hanya makan buah, daging, dan ikan yang dimasak secara tradisional. Hasil penelitian, tidak ada satupun jerawat yang timbul di wajah mereka.

Disamping itu, memakan makanan tinggi gula dapat meningkatkan level insulin dalam darah. Hal tersebut dapat merangsang produksi hormon androgen yang akan membuat kulit berminyak. Demikianlah yang dinyatakan seorang profesor dari UCLA School of Medicine, bernama Howard Murad. Pernyataan tersebut cukup menjelaskan mengapa penduduk pulau tersebut tidak memiliki jerawat satu pun.

Untuk anda yang kini sedang memerangi jerawat, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini bukan? Cobalah untuk mengurangi gula dalam kopi dan teh agar anda bisa memiliki wajah bebas jerawat.

2. Pro Terhadap Makan Kacang Menyebabkan Jerawat

Walaupun banyak penelitian yang membuktikan bahwa kacang tidak akan menyebakan jerawat, masih banyak orang yang beranggapan bahwa makanan ini bisa memicu timbulnya bintik merah yang membandel itu. Lemak dan protein pada kacang termasuk yang sulit untuk dicerna. Jika lemak dan protein ini tidak tercerna dengan baik, daya imun tubuh akan membentuk antibody yang dapat menyebakan peradanga pada kelenjar sebaceous yang dapat menimbulkan jerawat.

Jika kondisi kulit anda memburuk setelah makan kacang, sebaiknya anda memilih untuk mengonsumsi kacang panggang ketimbang kacang goreng. Kacang goreng adalah jenis kacang yang menyebabkan jerawat. Proses pemanggangan akan membantu menguraikan protein dalam kacang. Pilihan lainnya adalah dengan merendam kacang sebelum mengonsumsinya untuk membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, jika anda memiliki alergi terhadap kacang, jerawat pun bisa muncul.

Jika anda beranggapan bahwa jerawat anda adalah akibat kacang, cobalah berhenti mengonsumsi kacang selama 1-2 bulan. Kemudian, lihatlah perubahannya.

3. Kacang Tidak Menyebabkan Jerawat, Tapi Perhatikan Cara Mengolahnya.

Banyak orang percaya bahwa kacang dapat menyebakan jerawat karena lemak yang terkandung didalamnya. Padahal lemak yang paling banyak terkandung dalam kacang adalah lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh adalah lemak baik yang justru akan memberikan manfaat kacang bagi tubuh.

Namun, kadar lemak jenuh dalam kacang akan meningkat jika kacang diolah dengan cara digoreng. Hal ini dikarenakan minyak yang digunakan untuk menggoreng kacang mengandung lemak jenuh. Nah, mengonsumsi kacang goring dan makanan goring lainnya bisa memicu timbulnya masalah kulit, termasuk jerawat. Oleh karena itu, jika anda sangat menyukai kacang tapi takut jerawatan, anda bisa mengonsumsi kacang panggang, dan menghindari makanan penyebab jerawat, yaitu kacang goreng.

4. Jenis Kacang Yang Baik Untuk Kulit Berjerawat

Beberapa kacang seperti kacang mete dan kacang almond malah mengandung asam oksalat yang baik untuk mencegah dan merawat kulit berjerawat. Kacang kedelai pun mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Omega 3 dalam kacang kedelai telah terbukti ampuh menjadikan kulit tampak lebih muda, mencegah kulit kering, dan melawan inflamasi.

Terbukti bukan jika kacang tidak menyebakan jerawat?

Malahan beberapa makanan penyebab jerawat yang jangan dikonsumsi berlebihan adalah keju, susu dan produk olahannya, jus buah yang dicampur gula dan susu, soda, kue, cabai, roti, kentang goreng, dan keripik kentang. Susu dan keju memang memiliki kalsium yang tinggi tapi sebaiknya dikonsumsi seperlunya saja. Selain itu, jus buah akan lebih sehat bila tidak ditambah gula dan susu.

Jika anda makan kacang sambil begadang dan keesokan harinya anda mendapati jerawat timbul di wajah, jangan pernah salahkan kacang. Salahkan anda yang kurang tidur. Kurang tidurlah yang bisa menyebakan jerawat bersarang di wajah anda. Selain itu, selalu jaga kebersihan wajah dan juga perhatikan pola makan sehat.

Demikianlah, ulasan mengenai apakah makan kacang menyebabkan jerawat. Setelah anda mengetahui bahwa kacang tidak akan menyebakan jerawat, ketahui pula cara mengobati jerawat dengan masker kefir yang kini sedang booming dan populer dilakukan. Selain itu, ketahui pula cara menghilangkan jerawat dengan mentimun yang mudah dan praktis dilakukan sendiri di rumah.