3 Daftar Makanan Pencegah Jerawat Di Wajah

Selain produk perawatan kulit, jerawat dapat dicegah dengan pemilihan menu makanan pencegah jerawat yang baik dan sehat. Ternyata, selain disebabkan oleh minyak, bakteri, kuman, kotoran, dan penumpukan sel kulit mati, jerawat diakibatkan oleh ketidakstabilan hormon dalam tubuh. Oleh karena itu, tindakan pencegahan jerawat harus dilakukan dari dalam dan luar. Jerawat bisa dilenyapkan dengan makanan dan minuman yang mengandung kandungan senyawa tertentu.

Penasaran makanan pencegah jerawat apa saja yang harus anda konsumsi?

Kali ini seputarjerawat.com akan merangkum beberapa makanan yang dapat mencegah jerawat tidak timbul pada wajah anda. Simak selengkapnya.

1. Buah Pencegah Jerawat

Salah satu buah pencegah jerawat adalah pomegranate. Dibalik kelezatannya, buah pomegranate adalah makanan yang ampuh untuk mencegah bintik merah membandel bersarang di wajah. Apa saja manfaat pomegranate untuk mencegah jerawat?

Pomegranate mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas masuk kedalam tubuh yaitu zat antosianin. Seperti yang telah diketahui, radikal bebas dapat menyebabkan sejumlah masalah kulit termasuk jerawat. Selain itu, pomegranate dapat menekan hormon stress karena kandungan nutrisi didalamnya. Dengan menekan hormone stress yang merupakan salah satu faktor penyebab jerawat, masalah jerawat pada kulit akan bisa dicegah.

Kemudian, pomegranate dapat memicu produksi kolagen karena kandungan vitamin C atau asam askorbatnya. Dengan meningkatnya produksi kolagen, kesehatan kulit pun akan ikut meningkat sehingga kulit terhindar dari masalah jerawat.

Selain pomegaranate, alpukat bisa menjadi menu makanan pencegah jerawat. Alpukat mengandung vitamin E yang akan meningkatkan vitalitas kulit. Selain itu, alpukat dapat menahan kelembaban dan mengurangi inflamasi pada kulit karena kandungan vitamin C nya.

Selanjutnya, buah yang dapat menangkal tumbuhnya jerawat adalah semangka. Semangka dapat memicu produksi nitrogen monoksida karena kandungan I-citrulline yang tergolong dalam asam amino. Ketika nitrogen monoksida diproduksi, hal ini akan mempercepat proses penyembuhan luka dan jerawat parah. Selain itu, semangka mengandung agen anti-inflamasi yaitu likopen. Agen ini mampu mencegah terbentuknya inflamasi pada kulit.

Selain ketiga buah diatas, anda bisa mengonsumsi buah-buahan lainnya yang kaya akan antioksidan yaitu likopen. Seperti yang telah diketahui, antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas. Bahkan senyawa ini mampu membuat kulit tetap sehat dan awet muda. Apa saja buah yang tinggi akan likopen? Buah apricot, anggur, dan tomat adalah contoh buah berlikopen tinggi yang baik untuk mencegah jerawat. Selain dikonsumsi langsung, buah dapat dijadikan jus sebagai makanan minuman pencegah jerawat.

2. Sayuran untuk Mencegah Jerawat

Salah satu sayuran yang baik untuk mencegah jerawat adalah adas. Adas adalah sejenis sayuran yang berfungsi untuk membersihkan kulit. Akar dari sayuran ini berperan untuk proses detoksifikasi, mengurangi hidrasi yang berlebihan, mengurangi inflamasi atau pembengkakan pada kulit, dan meningkatkan sistem metabolism.

Selain itu, anda bisa mengonsumsi artichoke yang merupakan makanan alami pencegah jerawat. Articoke adalah sayuran hijau berserat yang kaya akan vitamin V sebagai antioksidan. Sayuran ini sangat bagus untuk proses detoksifikasi untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Selain kedua sayur diatas, anda bisa mengonsumsi sayuran yang tinggi akan kandungan serat untuk mencegah jerawat. Bukannya serat hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan? Jerawat tentu memiliki kaitan dengan sistem pencernaan. Racun akan terakumulasi dalam tubuh jika sistem pencernaan tidak berjalan dengan baik. Hal ini akan menyebabkan jerawat muncul dalam sekejap.

Selain jerawat, sistem pencernaan yang buruk akan mendatangkan masalah kulit seperti eksim. Pastikan sayuran yang kaya akan serat ada dalam daftar makanan pencegah jerawat keseharianmu. Buah tersebut diantaranya kol, brokoli, dan wortel.

3. Makanan Laut untuk Pencegahan Jerawat

Salah satu makanan hasil laut yang ampuh untuk mencegah jerawat adalah lemak ikan. Menurut Rachelle Wood, ahli gizi holistik terdaftar di Charlottetown PEI, lemak ikan mengandung asam lemak essensial seperti omega-3 dan omega-6 yang penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.

Kandungan asam essensial bermanfaat untuk mencegah sel melakukan penyumbatan kotoran dalam pori-pori dan juga mencegah sega bentuk peradangan. Rachelle Wood merekomendasikan ikan sarden, makarel, dan salmon untuk mencegah noda jerawat.

Selain lemak ikan, makanan hasil laut lainnya yang bermanfaat mencegah jerawat adalah kerang. Mengapa kerang dapat mencegah jerawat terbentuk? Karena kandungan zinc nya. Kandungan ini mampu menekan produksi hormon penyebab jerawat yaitu hormone androgen.

Hasilnya, kulit akan terbebas dari jerawat yang diakibatkan oleh hormone. Selain itu, kerang dapat membasmi bakteri p.acnes penyebab jerawat. Hal ini dikarenakan vitamin A yang terkandung didalamnya. Selain membunuh bakteri, vitamin A berfungsi merontokan penumpukan sel kulit mati dan membuang zat-zat racun yang akan memicu timbulnya jerawat.

Beberapa makanan pencegah jerawat dalam ulasan ini memang tidak dapat mencegah jerawat hanya dalam sekali makan. Lebih baik anda mengatur pola makan anda dan memasukan makanan-makanan tersebut dalam menu sehari-hari anda. Hal ini dimaksudkan agar kulit senantiasa sehat dan terhindari dari jerawat yang membandel.

Jangan lewatkan untuk membaca ulasan lainnya yaitu cara mengobati jerawat pada kulit berminyak sebagai langkah penyembuhan jerawat jika anda memiliki kulit berminyak. Selain itu, ketahui cara mengobati jerawat pada kulit sensitif apabila anda memiliki kulit sensitif dan ingin mengetahui cara lainnya untuk mengobati jerawat selain menghindari asupan makanan yang dapat mengundang jerawat.