Kenali Makanan Penyebab Jerawat Berikut Ini

Jerawat adalah masalah yang tidak mudah untuk disembuhkan, mencegahnya merupakan cara yang bijak dibandingkan dengan mengobatinya. Faktanya, jerawat ditimbulkan oleh faktor-faktor penyebab tertentu, seperti faktor stress, hormone, dan makanan yang anda konsumsi. Sebaiknya kenali makanan penyebab jerawat berikut ini agar Anda selalu memiliki kulit sehat bebas jerawat.

Makanan Penyebab Jerawat

Munculnya jerawat di wajah merupakan siklus yang normal, namun hal ini akan menjadi masalah besar jika jerawat yang muncul tidak lagi terkendali. Masalah jerawat pun banyak dikeluhkan baik oleh laki-laki maupun perempuan. Jerawat ini biasanya muncul pada daerah seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Tingkat keparahannya pun berbeda-beda mulai dari komedo yang merupakan jerawat yang paling ringan sampai kista yang berisi nanah dan perlu tindakan operasi.

Makanan yang anda konsumsi dan masuk kedalam tubuh, bisa dianggap racun oleh tubuh dan direspon dengan cara mengeluarkan jerawat. Selain itu, jika anda mengalami kondisi jerawat yang biasanya akan muncul pada waktu-waktu tertentu saja, mungkin saja penyebabbya adalah makanan. Berikut ini adalah makanan penyebab jerawat yang wajib dihindari karena dipercaya dapat menimbulkan jerawat.

Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Anda Ketahui

1. Makanan yang Digoreng

Memakan banyak makanan yang digoreng yang merupakan salah satu makanan penyebab jerawat di pipi akan memasok minyak dan lemak kedalam tubuh. Karena pasokan minyak dan lemak sulit dicerna oleh tubuh, zat ini akan masuk kedalam darah dan dialirkan ke seluruh tubuh untuk dijadikan sumber pembuatan sel baru, termasuk sel kulit. Hasilnya, bukan sel kulit yang baru dan segar yang terbentuk, namun jerawatlah yang terbentuk.

Juga, jerawat akan timbul karena makanan yang digoreng akan menyimpan lemak dalam tubuh. Ketika lemak yang disimpan oleh tubuh melebihi kapasitas, tubuh akan mengeluarkannya melalui pori-pori. Bagian tubuh yang sering mengeluarkan minyak adalah wajah. Ketika wajah anda memproduksi minyak berlebihan, jerawat akan mudah untuk timbul. Selain itu, makanan penyebab jerawat ini memiliki indeks glikemik yang tinggi yang dapat memicu kenaikan glukosa dan insulin didalam tubuh. Tingginya kadar insulin dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Lebih lanjut, lemak didalam darah akan menyebabkan oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lambat. Hal ini akan menyebabkan suplai oksigen dan nutrisi ke seluruh sel tubuh menjadi berkurang. Kondisi ini akan memperparah kedaan jerawat di wajah anda. Makanan yang digoreng yang perlu anda hindari, contohnya adalah ayam goreng, kentang goreng, dan masih banyak lagi.

2. Produk Susu dan Olahannya

Jika anda memiliki jerawat, makanan yang berupa susu, serta produk olahannya, seperti yoghurt, keju, coklat, dan eskrim yang merupakan salah satu makanan penyebab jerawat pada pria bisa memperparah keadaan kondisi jerawat. Produk-produk susu mengandung kadar lemak yang cukup tinggilah yang menyebabkan jerawat tersebut muncul. Selain itu, keju yang memiliki kadar gula yang tinggi dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, jerawat mudah muncul pada kulit wajah anda. Lebih lanjut, produk susu dapat mempengaruhi keseimbangan hormone didalam tubuh yang dapat memicu timbulnya jerawat. Apalagi jika susu diambil dari sapi yang sedang hamil yang mengandung banyak hormone. Kandungan dalam susu akan mengacaukan hormone yang ada dalam tubuh. Hormon yang tidak stabil dalam tubuh akan membuat kelenjar sebaceous atau kelenjar yang memproduksi minyak tidak dapat memerangi bakteri propionibacterium acne yang dapat menimbulkan jerawat.

Selain itu, kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak dapat mengubah hormone-hormon itu menjadi DHT (dihydrotestosteron). DHT akan memicu produksi sebum yang berlebihan yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Selain alasan-alasan tersebut, produk susu yang dikalengkan yang merupakan makanan penyebab jerawat batu yang menambahkan zat-zat aditif dan pengawet yang sulit dicerna oleh tubuh akan menyebabkan jerawat semakin meradang dan menimbulkan jerawat-jerawat baru.

3. Makanan Tinggi Gula

Salah satu makanan yang menyebabkan jerawat adalah makanan yang tinggi gula. Kadar gula yang tinggi yang masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan peningkatan kadar hormone insulin yang dikeluarkan oleh tubuh. Tingginya insulin akan menyebabkan inflamasi pada tingkat selular. Kondisi seperti ini akan mempengaruhi sistem imun atau sistem kekebalan tubuh sehingga infeksi oleh bakteri akan mudah terjadi pada tubuh.

Hal yang perlu anda tahu bahwa bakteri juga merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah anda. Selain itu, ketika kadar gula darah menjadi tinggi atau berfluktuatif didalam tubuh, kondisi ini akan mengakibatkan peningkatkan hormonal cascading, dan pada akhirnya akan meningkatkan produksi sebum. Produksi sebum yang berlebihan akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

makanan yang menyebabkan jerawat

Selain dari itu, kadar gula yang tinggi juga dapat menyebabkan hormone penyebab jerawat meningkat. Gula juga dapat menyebabkan kerusakan pada serat dan kolagen kulit. Tidak heran jika gula dapat menyebabkan kulit kering. Kulit yang kering ini dapat menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati di pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat. Lebih lanjut, gula juga merupakan zat yang memicu peningkatan lemak didalam tubuh.

Lemak yang berlebihan adalah penyebab kulit menjadi lebih berminyak yang rentan terkena jerawat. Disamping itu, makanan yang tinggi gula akan menurunkan elastisitas kulit. Gula pasir dan gula olahan yang merupakan bentuk sederhana dari gula biasanya digunakan dalam olahan kue, permen, dan biscuit yang merupakan makanan penyebab jerawat komedo.

Gula pasir ini akan memicu jerawat. Mulai sekarang, beralihlah pada konsumsi buah yang kaya akan vitamin, serat, dan mineral yang bagus untuk kulit anda. Gula alami pada buah-buahan hanya berupa karbohidrat dan serat yang tidak berdampak buruk pada kulit anda.

4. Kafein

Makanan atau minuman penyebab jerawat sumber kafein bukan hanya kopi, tapi juga coklat, teh, minuman berenergi, obat penahan sakit, dan masih banyak yang lainnya. Kafein juga dapat ditemukan pada rokok. Kafein ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah karena akan mempengaruhi keseimbangan hormone yang ada didalam tubuh. Zat kafein ini akan memicu dan merangsang peningkatan adrenalin merilis yang merupakan hormone yang dapat memicu timbulnya stress.

Stress yang diakibatkan lonjakan hormone dapat menyebabkan jerawat timbul pada kulit wajah anda. Pada akhirnya ini akan mempengaruhi produktifitas kelenjar sebaceous menghasilkan sebum atau minyak tubuh yang lebih banyak. Zat kafein akan menyebabkan sulit tidur dan peningkatan hormone penyebab stress yang menyebabkan jerawat yang ada semakin meradang.
Selain itu kafein pada kopi yang merupakan makanan penyebab jerawat dapat membuat anda terjaga sepanjang malam dan memiliki pola tidur yang buruk.

Hal ini akan mengganggu siklus regenerasi sel yang akhirnya dapat menyebabkan munculnya masalah kulit, salah satunya jerawat. Selanjutnya, jika seseorang sulit untuk tertidur, pembuangan racun atau proses detoksifikasi dalam tubuhnya pun akan terhambat. Racun-racun yang terakumulasi didalam tubuh akan menyebabkan timbulnya jerawat.

5. Minuman Bersoda

Salah satu makanan yang menyebabkan adanya jerawat adalah yang mengandung soda. Untuk mencegah jerawat dan mengobati jerawat, anda perlu menghindari makanan dan minuman yang mengandung sodayang merupakan makanan penyebab jerawat kecil. Hal ini disebabkan, jika anda terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda, jerawat di wajah anda bisa berlanjut ke tahap yang lebih parah.

Faktanya, soda mengandung kadar gula yang tinggi yang dapat menaikan kadar gula dalam darah. Selain itu, soda juga mengandung aspartame. Aspartam terbukti dapat menurunkan PH alami tubuh dan menyebabkan peradangan atau inflamasi pada sel. Minuman bersoda ini dapat menyebabkan inflamasi pada tingkat selular, termasuk jerawat. Daripada mengonsumsi minuman bersoda yang rendah akan gizi, lebih baik mengonsumsi air putih 8 gelas perharinya. Konsumsi air putih akan mempercepat regenerasi sel kulit. Sel-sel kulit yang teregenerasi akan mempercepat penyembuhan jerawat dan bekasnya.

6. Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara terus-menerus akan menyebabkan fungsi hati menurun. Apabila fungsi hati sampai menurun, kesehatan kulit pun akan ikut menurun dan terganggu. Jika anda memiliki kesehatan kulit yang buruk, jerawat pun akan rentan untuk timbul. Selain itu, alcohol juga dapat menstimulasi peningkatan hormone testosterone.

Hormon tersebut akan mempengaruhi kelenjar sebaceous dalam memproduksi sebum atau minyak tubuh. Kerja kelenjar sebaceous yang terlalu aktif akan menyebabkan peningkatan sebum di kulit yang akan menyumbat pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat. Alkohol juga dapat meningkatkan risiko rusaknya sistem aliran darah yang akan menyebabkan jerawat, kulit kusam, dan keriput.

Berikut tadi adalah ulasan makanan penyebab jerawat yang harus dihindari karena dapat menyebabkan masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan anda. Selalu jaga dan rawat kulit anda dan hindari makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat dengan cara menjaga pola hidup sehat.