Baca Deh 5 Manfaat Coklat Untuk Wajah

Hampir semua orang menyukai coklat. Jenis makanan yang telah dikonsumsi sejak 1900 SM ini tidak hanya bisa dinikmati dengan mengolahnya sebagai minuman dan camilan, tapi juga bisa dijadikan masker coklat sebagai salah satu produk perawatan kecantikan. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui manfaat coklat untuk wajah.

Coklat adalah olahan dari biji Pohon Theobroma Cacao. Makanan ini bisa dibentuk menjadi batangan, bubuk, pasta, dan cairan. Namun, sekarang coklat bisa diolah menjadi masker yang bermanfaat bagi kulit wajah.

Ulasan kali ini akan membahas manfaat coklat untuk wajah.

1. Menutrisi Kulit Hingga Kedalam

Nutrisi berupa vitamin dan mineral sangatlah dibutuhkan dalam regenerasi sel-sel kulit yang baru. Coklat mengandung vitamin, yaitu vitamin A, B1, C, D, dan E dan juga mineral, berupa kalsium, magnesium, dan zat besi. Dengan itu, manfaat coklat untuk wajah adalah mampu menutrisi kulit anda hingga kedalam.

Adapun cara membuat cara membuat masker coklat batang untuk menutrisi kulit. Pertama- tama, siapkan dark coklat batangan, kemudian cairkan. Kedua, siapkan garam dan susu putih bubuk full-cream, lalu campurkan kedua bahan tersebut dengan coklat cair tadi. Ketiga, dinginkan hingga mencapai suhu ruangan. Keempat, oleskan ke wajah anda dan diamkan 15 sampai 30 menit.

2. Mengandung Antioksidan

Antioksidan yang menjadi salah satu manfaat coklat untuk wajah, terutama terdapat dalam dark chocolate mampu menjaga kulit wajah dari serangan bakteri dan racun yang kerapkali hinggap di wajah. Menurut para ahli dari American Health Foundation, antioksidan dalam coklat dapat melindungi tubuh 25 kali lebih ampuh dari vitamin E dan 100 kali lebih efektif dari vitamin C.

Lalu, bagaimana cara membuat masker coklat yang dapat dimanfaatkan kandungan antioksidannya? Bahan- bahan yang perlu dipersiapkan adalah 1 sendok makan coklat murni yang mengandung 70% kakao, 1 sendok makan madu asli, dan 1 sendok makan yogurt tawar. Kemudian, campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk-aduk hingga mengental. Selanjutnya, oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dengan air bersih. Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air dingin dan keringkan.

3. Melindungi Wajah Dari Sinar UVA/UVB

Faktanya, manfaat coklat untuk wajah, salah satunya adalah dapat melindungi kulit dari sinar UVA, UVB matahari. Seperti yang telah diketahui, sinar tersebut dapat menyebakan radikal bebas penyebab masalah- masalah kulit, seperti jerawat, penuaan dini, dan kanker kulit.

Kemampuan coklat untuk melindungi kulit dari sinar Ultraviolet matahari adalah karena zat flavonoid yang dikandungnya. Selain itu, coklat mengandung zat anti-inflamasi yang akan mencegah dan menangani peradangan yang disebabkan sinar matahari. Jadi, apakah coklat bisa menghilangkan jerawat? Tentu saja bisa.

Terdapat cara membuat masker coklat bubuk untuk jerawat dan masalah kulit lainnya akibat sinar UVA/UVB. Pertama, siapkan bahan- bahan yang diperlukan, berupa 4 sendok makan biji kopi, 4 sendok makan coklat bubuk murni, 8 sendok makan susu cair putih, dan 2 sendok makan madu. Kedua, giling biji kopi hingga halus.

Ketiga, campurkan coklat bubuk dan kopi bubuk dan aduk-aduk hingga halus. Keempat, tambahkan susu dan madu. Lalu, cara menggunakan masker coklat adalah dengan mengoleskannya ke wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas dengan air bersih dan keringkan.

4. Mencegah Penuaan Dini

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang senantiasa tampak awet muda? Gunakan masker coklat rutin setiap hari untuk mendapatkan kulit yang selalu awet muda. Berbagai ahli dan pakar kecantikan percaya dan juga telah dijelaskan dalam poin sebelumnya bahwa coklat kaya akan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas menyebabkan penuaan dini.

Adapun gejala penuaan dini yang bisa anda cegah dengan masker coklat, yaitu garis- garis halus, kerutan, keriput, bintik- bintik hitam, dan masih banyak lagi. Dengan itu, wajah akan selalu tampak awet muda meskipun usia tidak terlalu muda.

Adapun cara membuat masker coklat bubuk untuk wajah dalam upaya pencegahan penuaan dini. Anda dapat mengombinasikan coklat dengan oatmeal. Oatmeal bisa menjadi bahan produk kecantikan yang tepat jika dikombinasikan dengan coklat. Hal itu dikarenakan oatmeal bisa menjadi scrub yang dapat membantu proses pengelupasan kulit yang telah mati.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah siapkan dark coklat bubuk dan beberapa sendok oatmeal secukupnya. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut dan anda bisa menambahkan air putih, lalu aduk hingga membentuk pasta. Sebelum menggunakan masker tersebut, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air bersih. Selanjutnya, oleskan masker ke wajah hingga merata. Anda bisa melakukan pijatan dengan gerakan memutar. Lalu, diamkan masker coklat hingga 1 jam. Terakhir, bilas dengan air dingin hingga bersih.

5. Melembabkan Wajah

Apakah anda termasuk orang- orang yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan yang sebentar- sebentar terkena sinar matahari? Atau, anda adalah orang yang sering menggunakan makeup? Pasalnya, aktifitas- aktifitas tersebut dapat menyebakan kulit kering dan menjadi rusak.

Nah, coklat membawa kabar baik karena khasiatnya yang dapat melembabkan kulit yang dipicu aktifitas- aktifitas tersebut. Wajah kering anda pun akan teratasi dengan pemakaian masker coklat yang rutin.

Lalu, bagaimana cara membuat masker coklat untuk membantu melembabkan wajah?

Anda bisa membuat masker coklat yang dicampur dengan strawberry. Selain coklat, ternyata buah strawberry pun mengandung antioksidan dan kebaikan nutrisinya yang dapat membantu melembabkan wajah.

Pertama, siapkan coklat alami secukupnya dan dua buah strawberry segar. Kedua, haluskan kedua bahan ini dan campurkan hingga membentuk pasta. Ketiga, oleskan campuran ini ke area wajah, kecuali daerah mata dan bibir. Keempat, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir, bersihkan wajah hingga bersih.

Demikianlah, manfaat coklat untuk wajah. Bagi anda yang tidak ingin menghabiskan budget di salon, anda bisa membuat masker coklat sendiri di rumah. Namun, terdapat pendapat, penelitian, dan studi yang menyatakan makan coklat menyebabkan jerawat yang bisa anda pelajari dalam ulasan selanjutnya. Selain itu, ketahui pula menghilangkan jerawat dengan mentimun yang merupakan bahan mudah dan murah yang bisa anda temukan di rumah.