Manfaat Masker Beras Untuk Menghilangkan Jerawat Dan Bekas Jerawat

Sudah tahu manfaat masker beras untuk jerawat?

Telah berbagai macam obat jerawat yang telah anda gunakan tapi bintik merah membandel ini bukannya pergi malah semakin tumbuh dan berkembang di wajah anda. Tentu saja masalah jerawat yang tak kunjung sembuh ini membuat anda frustasi dan kesal dibuatnya. Apalagi jika jerawat sudah memenuhi wajah anda, hal itu akan menurunkan kepercayaan diri anda.

Perawatan dan pengobatan jerawat memang bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan konsistensi untuk melakukannya. Selain itu, anda tidak boleh melanggar pantangan makananan tertentu. Setelah pola makan dan hidup anda sehat, barulah anda bisa menggunakan obat jerawat baik yang alami maupun obat yang dijual di pasaran.

Anda bisa menggunakan obat jerawat alami jika anda khawatir akan obat jerawat di apotek yang mengandung bahan kimia. Salah satu cara alami dan cepat adalah dengan menggunakan tepung beras.

Lalu, apa manfaat masker beras untuk jerawat dan bekasnya dan bagaimana cara membuatnya? Simak ulasan lengkapnya!

I. Kandungan Beras

Beras memiliki kandungan yang mampu membasmi jerawat dan bekas jerawat. Manfaat masker beras untuk jerawat dan bekasnya adalah karena didalamya terkandung vitamin B1, B2, B3, B6, E, protein, mineral, dan karbohidrat. Protein dalam beras akan mebantu menutrisis kulit dari dalam tubuh. Sementara mineral didalamya akan membantu mengurangi pertumbuhan dan perkembangan jerawat.

Vitamin dalam beras akan membantu memberikan asupan gizi pada sel-sel dan jaringan kulit. Vitamin B1, B2, B3, B6, dan E dapat membuat kulit tampak awet muda dan sekaligus mempertahankan kesehatan kulit. Kandungan karbohidratnya mampu menyerap minyak berlebih pada wajah. Seperti yang diketahui bahwa minyak berlebihan dapat memicu terjadinya jerawat. Kemudian, squalana oil pada beras mampu membuat wajah tetap lembab. Oryzanol dapat mengembalikan fungsi pigmen kulit yang telah rusak.

II. Masker Tepung Beras

Untuk memperoleh manfaat masker beras untuk jerawat dan bekasnya, bahan- bahan yang perlu anda siapkan adalah 1 sendok madu, ½ gelas beras, ¼ sendok teh bubuk kayu manis, dan 1 sendok bubuk kunyit. Cara membuat masker beras untuk kulit berjerawat adalah dengan merendam beras selama semalaman.

Pada pagi harinya, buang air rendaman beras, lalu tumbuk beras hingga halus. Kemudian, jemur beras yang telah halus tersebut (tepung beras) hingga kering. Tepung beras siap dibuat masker bila telah benar- benar kering. Ambil 1 sendok tepung beras, kemudian masukan kedalam mangkuk. Tambahkan 1 sendok madu, ¼ sendok teh bubuk kayu manis, dan 1 sendok kunyit. Aduk aduk hingga merata dan masker pun siap untuk digunakan. Itulah tips cara membuat masker dari beras.

Bagaimana cara pemakaiannya?

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah mencuci wajah hingga benar- benar bersih, lalu keringkan dengan handuk bersih. Lalu, oleskan campuran beras tersebut ke wajah secara merata. Biarkan ramuan menempel di wajah anda selama semalaman dan bilas pada keesokan harinya. Lakukan perawatan ini secara rutin sebelum tidur. Setelah anda mengetahui cara mengaplikasikannya, segera praktikan cara membuat masker tepung beras untuk jerawat yang bisa anda lakukan di rumah.

Apa saja manfaat bahan- bahan yang dipergunakan?

Pertama, madu. Madu memiliki banyak sekali manfaat. Beberapa diantaranya adalah anti peradangan, anti bakteri, dan melembabkan kulit. Namun, tidak semua jenis kulit cocok dengan bahan madu ini. Oleh karena itu, coba sedikit madu di kulit sebelum mulai membuat masker. Jika terasa perih atau gatal, jangan masukan madu kedalam olahan masker anda. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakanlah madu yang asli.

Bahan berikutnya adalah kunyit. Kunyit mengandung antioksidan yang dapat menjaga keelastisitasan kulit, menghilangkan jerawat dan bekasnya, dan masih banyak lagi. Walaupun begitu, karena kunyit ini bisa membuat kulit menjadi kuning ketika diaplikasikan, banyak orang yang tidak ingin kunyit masuk dalam salah satu komponen perawatan kecantikan mereka. Tenang saja warna kuning dari beras akan berkurang jika telah dicampur dengan beras.

Kayu manis telah dipercaya sejak zaman dahulu berkhasiat sebagai astringent, antivirus, antijamur, dan antiseptik. Kandungan- kandungan ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi jerawat karena mereka memeiliki cara kerja dengan menyerap minyak berlebih.

III. Masker Air Beras

Selain bagian berasnya, manfaat masker beras untuk jerawat dan bekasnya dapat diperoleh dari air beras. Air bekas cucian beras yang berwarna keruh itu biasanya dibuang tapi ada manfaat dibaliknya. Anda bisa menggunakan air bekas cucian berat tersebut untuk mencuci muka setiap hari. Atau, ambil selembar tisu atau tisu masker, rendam dalam air cucian beras, lalu aplikasikan ke wajah.

Namun, hal perlu anda ingat adalah memastikan air beras bersih untuk menghindari terjadinya penempelan bakteri di wajah. Biasanya flek- flek hitam jerawat dan bekasnya berangsur menghilang dan tidak akan tampak lagi. Mudah bukan cara menghilangkan jerawat dengan air beras?

IV. Beras dengan Lemon

Lemon dipercaya sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya karena kandungan vitamin C dan anti-bakteri yang terkandung didalamnya. Buah lemon kaya akan vitamin C untuk melawan jerawat yang bersarang di wajah anda. Selain itu, buah ini memiliki sifat desinfektan alami yang membantu mencegah infeksi kulit. Asam alami lemon akan menghancurkan bakteri penyebab jerawat.

Pertama, bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Kedua, siapkan 3 genggam beras, lalu rendam selama semalaman. Ketiga, blender pada keesokan harinya, kemudian jemur hingga kering dan berubah menjadi tepung. Keempat, ambil tepung secukupnya dan campurkan dengan perasan lemon.

Aduk- aduk hingga merata dan berbentuk pasta. Kelima, oleskan pada wajah anda secara merata dan beri pijatan lembut dengan gerakan melingkar selama 15 menit. Diamkan selama 45 menit hingga mengering. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih.

V. Beras dan Yogurt

Yogurt adalah bahan yang terkenal akan kandungan bakteri baiknya yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan antibakteri dalam yogurt pun dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan beras dan yogurt.

Pertama, bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Kedua, siapkan tepung beras dan campurkan dengan 3 sdm yogurt. Aduk- aduk hingga berbentuk seperi pasta atau krim. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke wajah yang terdapat jerawat. Diamkan selama 30 menit hingga kering. Terakhir, bilas wajah anda hingga bersih.

Demikian ulasan mengenai manfaat masker beras untuk jerawat. Masker beras dalam ulasan ini termasuk kedalam masker alami untuk jerawat, untuk lebih lengkapnya, baca ulasan lainnya! Ketahui pula jerawat merah dan bagaimana cara mengobatinya jika anda memiliki bentuk jerawat yang meradang dan berwarna kemerahan.