5 Manfaat Masker Kefir Untuk Jerawat

Kefir adalah susu kambing atau susu sapi yang difermentasi dengan bibit buah kefir. Proses fermentasi berlangsung selama 4 hari dan diselingi dengan proses pengadukan. Pengadukan bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan bakteri prebiotik. Kemudian, apa manfaat masker kefir untuk jerawat? Sebelum mengetahuinya, ketahui terlebih dahulu cara kerja masker kefir.

Kefir mengandung vitamin, yaitu biotin, B1, B12, dan K. Biotin bekerja untuk menyembuhkan organ- organ tertentu yang mengontrol kesehatan kulit seseorang dan juga membantu penyerapan vitamin B dengan baik. Dengan menjaga kesehatan organ, seperti hati dan ginjal, biotin memainkan peran penting untuk menghilangkan jerawat.

Kefir merupakan antibiotik alami karena bakteri dan ragi yang terkandung didalamnya. Umumnya, bakteri baik akan membantu menumpas bakteri jahat didalam tubuh.

Lalu, apa saja manfaat masker kefir untuk jerawat?

1. Masker Kefir Untuk Kulit Berminyak dan Rentan Terhadap Jerawat

Kefir dapat digunakan untuk menyingkirkan jerawat dan mengurangi sekresi kulit. Seperti yang telah diketahui, kefir akan melancarkan sistem pencernaan. Namun, anda mungkin belum tahu jika banyak racun terakumulasi dalam usus, pencernaan yang buruk akan sangat mempengaruhi kulit.

Hal pertama yang akan anda perhatikan adalah kulit berminyak dan munculnya jerawat. Nah, minum kefir secara rutin dan tertaur akan membantu menormalkan mikroflora usus anda.

Selain itu, anda bisa membuat sendiri masker kefir. Pertama, buatlah lapisan kasa atau tidu bersih, kemudian berikan kefir diatasnya. Kedua, diamkan di wajah anda 15- 20 menit. Ketiga, bilas dengan menggunakan air bersih. Karena perwatan ini tidak akan menimbulkan efek samping, lakukan langka- langkah tersebut sekali sehari.

2. Masker Kefir untuk Kulit Kering dan Berjerawat

Jika anda memiliki jenis kulit kering dan sensitif, masker kefir bisa menjadi salah satu produk kecantikan yang tepat. Manfaat masker kefir untuk jerawat pada kulit kering adalah melindungi, membersihkan, dan juga memberikan nutrisi yang luar biasa untuk kulit wajah. Oleh karena itu, wajah tidak mudah terserang masalah- masalah kulit, termasuk jerawat.

Lalu, bagaimana cara membuat masker kefir untuk menghilangkan bekas jerawat dan jerawat pada kulit kering? Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah siapkan 1 kuning telur, 1 sendok the minyak zaitun, dan 2 sendok makan kefir. Kemudian, aduk hingga merata dan oleskan ke wajah. Selanjutnya, diamkan selama 15- 20 menit hingga kandungan kefir terserap ke kulit. Bilas dengan air hangat, diikuti dengan air dingin.

3. Masker Kefir Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Terdapat cara membuat masker kefir untuk kulit berminyak dan berjerawat. Pertama, campur 2 sdm kefir, 1 sdm madu, dan 1 putih telur. Kedua, campur semua bahan hingga tercampur merata. Ketiga, oleskan ke wajah dan diamkan 15 sampai 20 menit. Keempat, bilas dengan air dingin. Masker ini akan melindungi, memurnikan, menyingkirkan minyak berlebih penyebab jerawat.

4. Meredakan Inflamasi

Peradangan atau inflamasi terjadi jika kulit mengalami cedera. Radang muncul akibat reaksi kekebalan tubuh terhadap senyawa dan mikroba yang mengiritasi kulit. Kulit yang mengalami peradangan akan terlihat kemerahan, ruam, lebam, dan luka.

Inflamasi pada kulit wajah bisa disebabkan oleh penyakit kulit, infeksi bakteri dan jamur, sengatan serangga, alergi, dan kesalahan pada penggunaan kosmetik. Selain dijadikan sebagai masker, kefir juga dapat dikonsumsi secara rutin. Penelitian menunjukan bahwa susu kambing atau sapi yang difermentasi dengan buah kefir memiliki khasiat yang lebih ampuh untuk mengatasi jerawat bila dibandingkan serbuk biji buah kefir. Kemampuan kefir untuk mengatasi inflamasi jerawat karena kandungan polisakarida didalamnya.

5. Menghindarkan Dari Masalah- Masalah Kulit.

Selain fungsi masker kefir adalah untuk mengatasi jerawat dan komedo, masker kefir memiliki kandungan AHA yang akan memperlambat proses penuaan dan mengurangi kerutan pada wajah. Kandungan AHA dalam kefir pun dapat meningkatkan kolagen yang dapat mengencangkan kulit wajah dan juga berguna untuk meremajakan kulit.

Keunggulan dari masker kefir adalah bahan natural dan alami yang menjadi kandungan utamanya. Dengan begitu, masker ini mengurangi efek negatif penggunaan kosmetik dan skincare yang mengandung bahan kimia, misalnya iritasi pada kulit. Selain itu, jika anda menginginkan kulit yang lebih cerah dan sehat, masker kefir bisa membuat kulit lebih cerah dan membantu melepaskan sel-sel kulit mati pada wajah.

Manfaat masker kefir untuk jerawat lainnya adalah bahan ini mengandung banyak bakteri Lactobacilli yang akan mengatur keseimbangan kadar asam dalam kulit. Oleh karena itu, PH alami kulit akan terjaga dan kulit bebas dari maslah jerawat.

Setelah mengetahui manfaat masker kefir untuk jerawat, anda pun perlu untuk mengetahui cara membuatnya. Untuk mendapatkan bibit kefir, anda bisa membelinya secara online atau membelinya di toko khusus. Setelah anda mendapatkan bibit kefir, pertama, siapkan toples untuk menyimpan kefir.

Kemudian, masukan 2 sendok makan biji kefir kedalam wadah. Lalu, tambahkan susu kambing atau susu sapi sebanyak 2 ½ cangkir. Jangan terlalu penuh agar tidak menggangu proses fermentasinya. Berikutnya, tutuplah wadah dan simpan dalam kamar bersuhu normal. Yang perlu diingat adalah jangan menyimpannya dalam lemari pendingin karena akan menggangu proses fermentasinya. Tunggu kurang lebih 8 jam. Apabila anda ingin menggunakan masker kefir ini di pagi hari, anda bisa menyiapkannya di malam hari.

Namun, dibalik manfaat masker kefir untuk jerawat, kefir memiliki efek samping. Apa saja efek samping masker kefir? Masker kefir bersifat detoksifikasi untuk membuang racun dan kotoran yang mengendap dalam kulit. Namun, kefir akan mengeluarkan racun dengan cara menimbulkan reaksi berupa munculnya bintik- bintik kecil seperti jerawat dan juga warna merah yang disertai gatal. Jika anda melihat reaksi ini, teruskan pemakaian dan reaksi itu akan hilang dengan sendirinya.

Mungkin, kini anda penasaran berapa harga masker kefir asli?

Tentunya setiap produsen masker kefir membandrol harga yang berbeda- beda. Namun, kisaran harganya adalah mulai dari Rp200.000 hingga Rp350.000 per KG. Biasanya kefir susu kambing lebih mahal dua kali lipat dibandingkan kefir susu sapi.

Nah, itulah ulasan mengenai manfaat masker kefir untuk jerawat yang bisa anda praktikan sendiri di rumah dengan mudah dan murah. Bahan alami lainnya untuk mengatasi jerawat adalah dengan manfaat cuka apel untuk jerawat yang bisa anda pelajari dalam ulasan lainnya. Selain itu, ketahui pula manfaat coklat untuk wajah yang salah satunya adalah untuk mengatasi jerawat.