Manfaat Minyak Zaitun Untuk Jerawat

Sudah menjalani segala macam cara untuk mencegah jerawat namun jerawat membandel masih muncul juga? Bisa jadi faktor hormonal yang kuat menjadi salah satu penyebabnya. Sebelum Anda berpikir untuk menghilangkan jerawat di klinik-klinik kecantikan yang berbiaya tinggi, ada baiknya Anda menggunakan bahan alami untuk mengatasi jerawat tersebut. Salah satunya dengan menggunakan minyak zaitun yang sudah terkenal memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Dan ternyata, manfaat minyak zaitun untuk jerawat sangat banyak lho.

Minyak zaitun (olive oil) biasanya didapat dari buah zaitun yang sudah tua dan berwarna kecoklatan. Buah zaitun tua ini diperas hingga mengeluarkan minyak dengan bantuan mesin. Minyak zaitun tergolong minyak essensial yang sangat ramah terhadap berbagai jenis kulit, termasuk untuk kulit berjerawat karena sifatnya yang mudah menyerap sehingga tidak menyumbat pori-pori.

Ini yang menyebabkan manfaat minyak zaitun untuk jerawat sangat banyak sehingga seringkali digunakan dalam terapi kecantikan.

I. Kandungan Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Jerawat

Banyak sekali manfaat minyak zaitun untuk jerawat karena kompleksnya vitamin yang terkandung didalamnya, seperti vitamin A, B, C, E, polifenol, favonoid, lemak tak jenuh, dan lain-lain yang berkhasiat sebagai anti-oksidan, anti-bakteri, dan anti-inflamasi. Seperti yang banyak diketahui jika vitamin A sangat efektif untuk menghilangkan jerawat dan memulihkan kulit menjadi sehat kembali. Sementara, Polifenol dan Flavonoid sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi jerawat, menjaga kelembaban kulit, dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dan menangkal radikal bebas.

Minyak zaitun memiliki sifat noncomedogenic sehingga tidak akan menimbulkan jerawat maupun memperparah jerawat yang sudah ada. Dengan kandungan lemak tak jenuh dan vitamen E-nya yang berguna untuk melembabkan kulit, secara berangsur akan membuat kulit tampak kenyal dan awet muda. Selain itu, vitamin ini juga berguna untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Minyak zaitun juga mengandung zat besi yang berguna sebagai antioksidan dan mengaktifkan fungsi vitamin B kompleks. Antioksidan diketahui bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit,  menjaga kelembaban kulit, mengontrol produksi sebum pada kulit berjerawat, mengurangi inflamasi, dan lain-lain. Anti inflamasi disini sangat berguna untuk meredakan peradangan akibat jerawat yang sedang memerah dan bernanah.

II. Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Minyak Zaitun.

1. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Terapi Uap Minyak Zaitun.

Mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk jerawat dapat dilakukan melalui terapi penguapan. Terapi ini terbukti ampuh sebagai perawatan untuk jerawat batu dan jenis jerawat lainnya. Bekas jerawat di wajah andapun akan hilang dan pudar.

manfaat minyak zaitun untuk jerawat

Ccara menggunakan minyak zaitun untuk wajah jerawat dengan terapi uap:
• Rebus air yang telah dicampur dengan minyak zaitun hingga mendidih dan menghasilkan banyak uap.
• Posisikan wajah anda sekitar 18 inci diatas permukaan air hingga uap mengenai wajah.
• Tutupi sekeliling antara wadah air dan wajah anda dengan menggunakan handuk. Hal ini dimaksudkan agar uap mengenai wajah secara menyeluruh.
• Hati-hati jangan terlalu dekat karena akan menimbulkan sensasi terbakar pada wajah.
• Diamkan selama 8-10 menit.
• Keringkan wajah anda dengan handuk yang kering dan bersih.
• Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu hingga jerawat sembuh.

2. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Mengoleskan Minyak Zaitun Langsung ke Wajah.

Merasa repot dengan teknik terapi uap? Anda pun masih bisa mengambil manfaat minyak zaitun untuk jerawat dengan mengaplikasikan minyak zaitun ke wajah secara langsung. Sebelum mengaplikasikan minyak zaitun ke wajah anda, anda perlu membersihkan wajah dengan sabun pembersih yang ringan. Cara mengaplikasikan minyak zaitun untuk jerawat dan kulit berminyak secara langsung ke wajah:
• Siapkan 1 sendok makan minyak zaitun murni.
• Bersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Air hangat akan membuka pori-pori anda. Oleh karena itu, khasiat dari kandungan minyak zaitun akan mudah meresap kedalam kulit.
• Oleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan wajah, terutama permukaan wajah yang berjerawat.
• Diamkan selama 30 menit.
• Bersihkan wajah anda lagi dengan air dingin dan sabun pembersih wajah yang ringan. Air dingin berguna untuk menutup kembali pori-pori kulit.
• Lakukan cara membuat masker minyak zaitun untuk jerawat ini dan aplikasikan ke wajah setiap hari hingga jerawat sembuh.

3. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Scrub Minyak Zaitun.

Scrub berguna untuk mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati. Jika dibiarkan, sel-sel kulit mati yang menumpuk akan menyebabkan jerawat. Cara membuat scrub minyak zaitun untuk jerawat:
• Siapkan 2 sendok garam dan minyak zaitun secukupnya.
• Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian aduk-aduk hingga membentuk pasta.
• Bersihkan wajah anda dengan menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori wajah.
• Gosokan pasta tersebut ke daerah wajah yang berjerawat dengan menggunakan jari-jari tangan. Pastikan jari-jari anda bersih dan steril. Hal ini akan mencegah bakteri dan kuman dari tangan menular ke wajah.
• Lakukan cara tersebut dengan gerakan melingkar selama 3-4 menit.
• Bersihkan wajah menggunakan air dingin agar pori-pori wajah menutup kembali.
• Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu hingga jerawat sembuh.

4. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Minyak Zaitun dan Madu

Minyak zaitun memiliki khasiat anti-bakteri untuk menangkal bakteri P.acne. Sedangkan madu mengandung vitamin yang bermanfaat untuk menutrisi dan menyehatkan kulit. Oleh karena itu, kombinasi dari keduanya ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Untuk mengetahui seberapa besar manfaat minyak zaitun untuk jerawat jika digabung dengan madu, simak ulasannya sebagai berikut:

Sama seperti halnya minyak zaitun, madu pun mengandung khasiat antibiotic alami yang berguna untuk membasmi bakteri, termasuk bakteri P.acne yang dapat menyebabkan jerawat. Madu juga memiliki khasiat anti-oksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab masalah kulit, termasuk jerawat. Sementara, kandungan vitamin B dalam madu berguna untuk mengontrol produksi sebum yang berlebihan yang dapat menyebabkan jerawat. Vitamin ini juga bermanfaat untuk meredakan inflamasi akibat jerawat. Madu pun diketahui mengandung vitamin C.

Cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun dan madu:

• Siapkan 1 sendok makan minyak zaitun dan ½ sendok madu.
• Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian aduk-aduk hingga merata.
• Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat. Air hangat akan membuat pori-pori wajah terbuka.
• Oleskan campuran minyak zaitun untuk menghilangkan jerawat dan madu ke daerah wajah yang berjerawat.
• Biarkan selama 30 menit.
• Bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin hingga pori-pori menutup kembali.
• Keringkan dengan handuk yang kering dan bersih.
• Lakukan perawatan ini sekali sehari hingga jerawat sembuh.

Walaupun minyak ini memiliki beragam manfaat untuk mengobati masalah kulit tersebut, minyak ini juga memiliki efek samping minyak zaitun untuk jerawat. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif, minyak zaitun dapat menimbulkan alergi pada kulit. Segeralah berkonsultasi ke dokter jika anda melihat tanda-tanda alergi setlah pengaplikasian minyak zaitun.

Berikut tadi adalah ulasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk jerawat. Menggunakan bahan alami minyak zaitun untuk menghilangkan jerawat tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Selain itu, bahan alami minyak zaitun relatif lebih murah dibandingkan bahan-bahan kimia. Anda bisa menemukan minyak zaitun di toko obat, apotek, dan supermarket dengan harga minyak zaitun untuk jerawat yang berbeda-beda.  Selamat mencoba.