Manfaat Vitamin E Untuk Jerawat

Terdapat manfaat vitamin E untuk jerawat sehingga anda tidak perlu panik akibat kemunculan bintik merah membandel itu. Setelah jerawat kempis, bukan berarti masalah telah selesai. Anda harus dihadapkan dengan bekas jerawat yang menghitam dan bahkan berbentuk lubang-lubang atau bopeng. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu penampilan anda.

Jika segala cara tidak bisa menyelesaikan masalah jerawat, jalan terakhir adalah menutupi jerawat dengan makeup. Namun, penggunaan makeup yang tebal dengan frekuensi yang sering malah akan memperparah kondisi jerawat.

Salah satu bahan yang dipercaya mampu menghilangkan jerawat adalah vitamin E. Banyak produk perawatan jerawat yang menambahkan vitamin E sebagai unsur penting didalamnya. Apa itu vitamin E?

Vitamin E adalah vitamin larut lemak. Terdapat 2 jenis vitamin E yaitu tocopherol dan tocotrienol. Yang sering dibahas adalah vitamin E jenis tocopherol, terutama alfa-tocopherol. Vitamin E terdapat dalam 2 sediaan yaitu oral dan topikal. Sediaan orang biasanya sekitar 100UI – 400UI.

Manfaat vitamin E untuk jerawat adalah karena kandungan antioksidannya.

Masalah-masalah kulit yang dapat diatasi oleh vitamin E adalah menghilangkan jerawat dan bekasnya, menghidrasi kulit, dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

I. Manfaat Vitamin E untuk Kulit Berjerawat

Vitamin E telah terbukti mampu menyembuhkan jerawat dengan cepat karena kandungan antioksidan alaminya. Kandungan antioksidan ini akan menagkal kerusakan kulit akibat radikal bebas dari polusi dan sinar UV matahari. Selain itu, masih banyak Manfaat vitamin E untuk jerawat dan kulit.

Salah satu manfaat vitamin E adalah menutrisi kulit berjerawat dan bekasnya. Vitamin E adalah salah satu bahan yang dibutuhkan baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit. Dengan manfaat vitamin E untuk jerawat, kulit akan terbebas dari efek negatif defisiensi vitamin E.

Manfaat vitamin E untuk jerawat adalah mengurangi risiko jerawat meradang dan menghilangkan flek hitam. Manfaat vitamin E berikutnya adalah mencegah produksi sebum atau minyak berlebihan pada wajah. Vitamin E mampu mengatasi jerawat karena penyebab jerawat adalah produksi minyak berlebih.

Selanjutnya, vitamin E akan menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Kemudian, vitamin untuk kulit berjerawat dan berminyak ini akan mengurangi efek inflamasi atau peradangan pada kulit. Disisi lain, ini mampu mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri pada kulit karena akan menstabilkan fungsi barrier kulit tubuh.

Hal yang perlu diketahui adalah ketika antioksidan dalam vitamin E dikombinasikan dengan antioksidan dalam vitamin A, C, dan selenium, efek yang dihasilkan akan lebih optimal. Oleh karena itu, penting bagi anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin yang lengkap dalam satu waktu.

Pada vitamin A, antioksidannya mampu menekan produksi minyak berlebih dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, manfaat vitamin E untuk jerawat adalah turut membantu kinerja vitamin A dan mencegah efek samping dari vitamin A yang berlebihan.

Sementara antioksidan dalam vitamin C berkhasiat untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan sebagai anti-bakteri. Vitamin E akan kembali menjadi bentuk tereduksi alaminya akibat antioksidan dalam vitamin C.

Hal yang perlu diperhatikan, jangan konsumsi vitamin E dengan zat besi bersamaan karena zat besi inorganik akan merusak kerja dari vitamin E. Selain itu, alkohol, minyak mineral, dan kolestiramin akan mengurangi penyerapan vitamin E dalam usus.

II. Cara Penggunaan Vitamin E

Untuk mengaplikasikan vitamin untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat ini, ambil minyak, krim, dan lotion yang mengandung vitamin E. Kemudian, olekan pada wajah yang berjerawat. Pijat pada area berjerawat dengan gerakan melingkar secara lembut. Hindari kontak dengan mata. Lalu diamkan selama 3-4 jam agar vitamin E menyerap kedalam kulit. Bilas wajah dengan air hangat.

Selain mengonsumsi lansung kapsul merk vitamin e untuk kulit, kapsul dapat diaplikasikan langsung ke kulit yang berjerawat. Bagaimana caranya?

Pertama, ambil 3 kapsul vitamin E dan letakan pada handuk kertas. Kedua, gunakan jarum steril untuk menusuk kapsul vitamin E, kemudian peras dan masukan kedalam botol, sampai hanya tersisa cangkang kapsulnya saja. Ketiga, kapsul vitamin e dioleskan ke wajah yang berjerawat.

Walaupun produk yang mengandung vitamin E dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, efektivitasnya tidak akan sebesar dari sumber alaminya. Oleh karena itu, produk berbasis vitamin E harus digunakan bersamaan dengan sumber alaminya dan suplemen untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan tujuan untuk meningkatkan hasilnya.

Beberapa makanan yang mengandung manfaat vitamin E untuk jerawat adalah biji bunga matahari, ubi jalar, madu, gandum, hazelnut, brokoli, kecambah, kangkung, wortel, asparagus, dan kacang almond. Sementara buah-buahan yang mengandung vitamin yang cocok untuk kulit berminyak ini adalah papaya, mangga, dan kiwi.

Setelah anda mengetahui makanan vitamin E untuk jerawat, anda perlu mengetahui makanan pencegah jerawat karena vitamin E banyak ditemukan didalamnya. Selain itu, ketahui jerawat pada kulit kering yang dapat ditangani dan disembuhkan dengan vitamin E.