Khasiat Ampuh Masker Alpukat Untuk Jerawat

Ada banyak masker wajah alami yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit berjerawat, termasuk masker alpukat. Manfaat masker alpukat untuk jerawat tentunya sudah cukup populer diketahui oleh banyak orang, terutama kaum wanita. Ya, masker alpukat seringkali digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Apa saja kandungan alpukat yang bermanfaat mengatasi jerawat? Apa manfaat masker alpukat untuk jerawat? Dan, bagaimana cara membuatnya?

Temukan jawabannya dalam ulasan berikut!

I. Alpukat Kaya akan Antioksidan

Selain mengandung lemak tak jenuh, alpukat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas didapatkan dari sinar matahari, polusi udara, dan bahkan sisa- sisa makanan yang tidak tercerna dalam tubuh.

Tentunya radikal bebas sangat berbahaya bagi kulit dan dapat menimbulkan masalah- masalah kulit, termasuk jerawat. Oleh karena itu, penting untuk mengaplikasikan masker alpukat untuk menghilangkan jerawat secara rutin.

Zat antioksidan dalam alpukat yang akan melindungi kulit adalah vitamin C, vitamin, dan karotenoid. Karotenoid akan mempromosikan kadar air dalam tubuh serta menghindarkan kulit dari kerusakan termasuk jerawat dan juga menjaga elastisitas kulit. Vitamin C akan meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Kulit akan sangat membutuhkan kolagen untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Sementara vitamin E dapat melindungi kulit anda dari paparan sinar UV dari matahari yang dapat menyebabkan jerawat.

II. Alpukat Sebagai Pelembab Alami

Alpukat mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya adalah biotin atau vitamin B7. Buah alpukat mengandung biotin hingga 2 sampai 6 mikrogram. Vitamin B7 ini berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Kulit yang lembab dan sehat berarti wajah akan terhindarkan dari masalah jerawat. Kekurangan asupan B7 akan mengalami kulit bersisik, bertektur kering, dan munculnya jerawat merah. Gunakanlah masker alpukat untuk jerawat dan masalah- masalah kulit lainnya.

Selain kandungan vitamin B7 yang bermanfaat untuk melembabkan kulit, kandungan yang bermanfaat untuk hal ini adalah lemak tak jenuh. Alpukat sangat terkenal sebagai buah yang kaya akan lemak tak jenuh atau lemak sehat yang tinggi. Asam yang terkandung dalam lemak tak jenuh alpukat memiliki khasiat dan manfaat yang besar bagi kulit.

Lemak yang terkandung dalam alpukat ini berupa asam lemak poli tak jenuh tunggal yang sehat sehingga bisa melindungi kulit dari radikal bebas dari sinar matahari. Kandungan asam lemak ini pun dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan lembut dan sekaligus menjaga kelembaban kulit. Disamping itu, asam lemak sehat ini dapat melindungi kulit dari gejala peradangan termasuk jerawat dan dari kerusakan akibat sinar matahari.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami dengan buah ini?

Pertama, haluskan alpukat. Kedua, oleskan alpukat yang telah dihaluskan ke wajah yang telah dibersihkan. Ketiga, diamkan 10 hingga 15 menit hingga mengering. Keempat, bilas wajah dengan air biasa.

III. Masker Alpukat dan Kopi untuk Jerawat

Cara lain menggunakan masker alpukat untuk jerawat adalah mengombinasikannya dengan kopi. Kopi adalah bahan yang bagus yang efektif untuk menghilangkan jerawat. Bubuk kopi adalah bahan yang dapat bermanfaat untuk meredam minyak yang berlebihan pada kulit. Minyak yang berlebihan ini adalah pemicu timbulnya jerawat.

Kopi seringkali dijadikan bahan dasar untuk pembuat produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat karena mengandung zat besi, magnesium, potassium, mineral, dan asam organik. Selain itu, kopi memiliki kandungan mineral, glikosida, lemak, asam klorogenat, asam alifatik, karbohidrat, protein, asam amino, trigoneline, dan kafein yang memiliki beragam manfaat untuk kecantikan dan kesehatan, termasuk menghilangkan jerawat.

Pertama, haluskan alpukat dan campurkan dengan 2-3 sendok teh kopi. Kedua, oleskan campuran alpukat dan kopi ini ke wajah yang berjerawat, lalu gosok dengan lembut selama beberapa menit. Ketiga, tunggu selama beberapa menit hingga mongering, kemudian bilas wajah dengan air biasa. Ulangi langkah- langkah tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

IV. Masker Alpukat, Kuning Telur, dan Susu untuk Jerawat

Kombinasi antara alpukat, kuning telur, dan susu dapat dijadikan bahan dari masker alpukat untuk bekas jerawat. Terkadang jerawat dan bekas jerawat sulit sekali dihilangkan karena kondisi wajah yang sering dalam keadaan kotor. Anda harus sering- sering membersihkan minyak berlebih, kotoran, dan debu yang melekat pada wajah. Apabila anda khawatir akan merek pembersih wajah dan facial wash yang memiliki efek samping, jatuhkan pilihan anda pada buah alpukat, kuning telur, dan susu yang 100% aman.

Dalam 100 gram kuning telur, terdapat 361 kilokalori energy, 16,3 gram protein, 31,9 gram lemak, 0,7 gram karbohidrat, 586 miligram fosfor, 147 miligram kalsium, dan 7 miligram zat besi. Selain itu, terdapat kandungan vitamin dalam kuning telur berupa 2000 IU vitamin A, 0,27 mg vitamin B1, dan vitamin C. Kandungan- kandungan itu bermanfaat untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan menghindarkan kulit dari masalah- masalah, termasuk jerawat.

Sementara susu mengandung vitamin A, B6, D, protein, dan biotin yang ampuh dan cepat untuk menjadikan kulit lembut, halus, dan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Tidak hanya itu, ssusu mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acids) yang bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit, mengangkat sel kulit mati, mencegah datangnya jerawat dan komedo, dan juga mebersihkan kulit secara menyeluruh.

Masker alami penghilang jerawat ini dapat mengangkat kotoran dan membersihkan pori-pori kulit secara sempurna. Kocok 1 kuning telur hingga berbusa, lalu tambahkan daging alpukat halus dan setengah cangkir susu. Campurkan ketiga bahan tersebut, kemudian aplikasikan seperti anda menggunakan masker pada umumnya. Tunggu 15-20 menit dan kemudian bilas hingga bersih. Anda bisa rutin menggunakan masker alpukat untuk jerawat dan bekasnya agar problem kulit itu hilang dan wajah tetap bersih.

V. Masker Alpukat dan Kayu Manis untuk Jerawat

Kayu manis adalah bahan yang mengandung sifat anti-mikroba guna membasmi jamur dan bakteri penyebab jerawat yang membandel. Selain itu, kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang akan menangkal radikal bebas penyebab jerawat. Kandungan kayu manis lainnya yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat adalah eugenol, minyak atsiri, tannin, sinamaldehide, safrol, damar, kalsium oksalat, zat penyamak, dan masih banyak lagi.

Pertama, siapkan 2 sendok makan alpukat yang telah dihaluskan dan ¼ sendok bubuk kayu manis. Kedua, campur kedua bahan tersebut, lalu aplikasikan pada wajah yang terdapat jerawat. Ketiga, tunggu hingga ½ jam, kemudian bilas dengan air hangat. Aplikasikan masker ini sekali seminggu hingga jerawat menghilang.

Alpukat adalah buah yang mampu memberikan manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh maupun kulit. Tidak perlu khawatir untuk menjadikan alpukat sebagai salah satu komponen perawatan kecantikan anda. Bahan ini terbukti alami dan aman. Aplikasikanlah masker alpukat untuk jerawat secara rutin sesuai yang diinstruksikan diatas.

Setelah mengetahui manfaat masker alpukat untuk jerawat, ketahui pula khasiat pepaya untuk kulit berjerawat. Masih banyak pula bahan- bahan alami yang berguna untuk mengatasi jerawat, salah satunya adalah menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang bisa anda baca di ulasan lainnya.