Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Lidah Buaya

Apakah anda pernah mendengar atau mebaca cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya? Lidah buaya adalah tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat kesehatan dan kecantikan. Bahan herbal ini telah digunakan sejak peradaban kuno sebagai salah satu tanaman obat. Bahkan lidah buaya dapat mengatasi luka bakar ringan. Dan, dewasa ini, lidah buaya telah digunakan untuk berbagai tujuan, terlihat dari sejumlah produk kecantikan yang memasukan bahan ini kedalam salah satu kandungannya.

Lidah buaya atau aloe vera telah dijadikan bahan utama dalam pembuatan produk perawatan kulit dan perawatan rambut. Penggunaan lidah buaya pun telah dilakukan untuk mengatasi berbagai kondisi, termasuk jerawat dan bekasnya. Kulit yang terdapat jerawat dan bekasnya umum terjadi pada setiap orang dan akan sangat menggangu kepercayaan diri. Ulasan kali ini, seputar jerawat.com akan membahas mengenai cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya.

Namun, sebelum mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu cara kerja lidah buaya dalam mengobati jerawat dan bekasnya.

Lidah buaya bertindak sebagai anti-bakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Selain itu, lidah buaya mengandung polisakarida dan giberelin yang akan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih. Seperti yang diketahui bahwa penumpukan sel kulit mati akan menyebabkan infeksi bakteri pada pori-pori kulit anda.

Lidah buaya pun dipercaya mampu mempercepat pertumbuhan sel sehingga kulit yang rusak akan sedikit meninggalkan luka dan akan sembuh lebih cepat. Selain itu, aloe vera berkhasiat sebagai anti-peradangan atau anti-inflamasi yang akan membantu meredakan nyeri, radang, dan kemerahan yang berhubungan dengan jerawat. Juga, bahan ini memiliki sifat penenang.

Saat diaplikasikan ke bagian yang terinfeksi, ini juga berfungsi sebagai pereda nyeri. Lidah buaya akan masuk ke lapisan terdalam, meredakan peradangan, dan menahan rasa nyeri.

Bahan ini pun memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi luka secara efektif. Yang berperan sebagai antioksidan adalah flavonoid yang terkandung didalamnya. Kandungan dalam gel ini akan membantu mengobati kulit dan mengurangi rasa nyeri dan sakit. Ditambah, aloe vera mengandung vitamin C, E, dan zinc yang bisa menyembuhkan luka pada kulit dengan cepat.

Kandungan dari lidah buaya yang dapat mempercantik dan menghaluskan kulit adalah vitamin A, B, C, dan E. Vitamin A bermanfaat agar kulit dapat melakukan penyembuhan sendiri. Dengan itu, bekas jerawat akan cepat hilang. Kekurangan vitamin B dapat memicu timbulnya masalah kulit. Sebaliknya dengan asupan cukup vitamin B, kulit akan cerah dan sehat. Dan, dengan bantuan vitamin E dan C, kulit akan senantiasa lebih awet muda dan cerah.

1. Masker Lidah Buaya

Masker lidah buaya sangat mudah untuk dibuat dan diaplikasikan dan menguntungkan bagi anda yang sibuk akan aktivitas sehari-hari. Adapun cara membuat masker lidah buaya untuk wajah berjerawat ini.

Pertama, ambil daun lidah buaya dari tanamanya secara langsung. Kedua, daun direbus selama beberapa menit dalam air panas. Ketiga, aduk- aduk hingga cairannya membentuk gel sambil direbus. Keempat, tunggu hingga bahan campuran dingin dan ramuan siap dipakai untuk masker wajah. Kelima, oleskan gel ke daerah wajah yang terdapat jerawat dan bekasnya.

Keenam, diamkan masker lidah buaya selama 20 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air bersuhu normal yang bersih. Untuk hasil yang maksimal, aplikasikan masker lidah buaya secara teratur. Berapa lama menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya? Maksimal dua minggu anda sudah bisa melihat hasil positifnya.

2. Masker Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Menghilangkan bekas jerawat bisa dilakukan dengan mengombinasikan lidah buaya dengan minyak zaitun. Apa saja kandungan minyak zaitun yang dapat membasmi bekas jerawat? Minyak zaitun mengandung vitamin A,B,C,E, kalsium, zat besi, lemak tak jenuh, anti bakteri, flanovoid, polifenol, lignoserat, anti peradangan, dan asam arachidat. Kandungan- kandungan ini terbukti ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya dan minyak zaitun adalah dengan mengupas 1 daun lidah buaya yang masih segar. Ambil bagian gelnya saja. Blender gel lidah buaya hingga halus. Campurkan dengan minyak zaitun secukupnya, aduk hingga merata. Masukan campuran lidah buaya dan minyak zaitun kedalam lemari pendingin. Gunakan ramuan ini pada malam hari menjelang tidur. Cuci wajah pada keesokan harinya. Lakukan perawatan ini rutin sekali sehari.

3. Masker Lidah Buaya dan Garam

Lidah buaya dapat digabungkan dengan garam untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Garam memiliki tekstur yang kasar sehingga dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati pada wajah. Anda bisa menggunakan garam sebagai scrub alami dengan cara mencampurkan garam dengan lidah buaya.

Selain itu, garam memiliki khasiat anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Adapun cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya dan garam. Siapkan 30 gram lidah buaya dan 1 sendok teh garam atau secukupnya. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut dan aduk- aduk hingga merata.

Lalu, oleskan masker lidah buaya ke area kulit yang terdapat bekas jerawat yang telah dibersihkan secara merata. Setelah itu, pijat seluruh wajah dengan lembut dan perlahan. Diamkan kurang lebih 15 menit atau hingga mengering. Bilas dengan air bersuhu normal, lalu keringkan dengan handuk bersih. Lakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu.

4. Jus Lidah Buaya

Cara selanjutnya mengolah lidah buaya untuk jerawat dan bekasnya adalah dengan menjadikannya jus lidah buaya. Lidah buaya mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Dengan demikian, mengonsumsi jus lidah buaya memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan pemakaian dari luar. Ditambah, konsumsi dari dalam akan membantu meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit- penyakit degenaratif.

menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya

Bagaimana cara membuat jus lidah buaya untuk wajah yang terdapat bekas jerawat? Pertama, pisahkan gel lidah buaya dari kulitnya, lalu ambil gelnya saja. Kedua, rebus gel lidah buaya hingga mendidih, kemudian blender gelnya. Ketiga, konsumsilah dengan segera. Untuk hasil yang maksimal, konsumsilah secara rutin. Berapa lama bekas jerawat bisa hilang dengan sendirinya dengan jus lidah buaya ini? Tidak dipastikan tapi jika perawatan dilakukan secara teratur, hasilnya akan cepat terlihat.

5. Masker Lidah Buaya dan Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang dapat menyamarkan noda bekas jerawat dengan baik. Selain itu, kandungan- kandungan dalam lemon mampu menutrisi kulit sehingga kulit tampak cerah, halus, dan cantik secara alami. Asam sitrat yang terdapat pada lemon merupakan Alpha Hydroxy Acids (AHA). AHA memiliki sifat exfoliating yang dapat mebantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

Bagaimana cara membuat masker lidah buaya dan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat? Ambil daun lidah buaya, lalu tekan hingga gelnya keluar. Masukan gel dalam blender. Tambahkan beberapa tetes lemon atau jeruk nipis, kemudian campurkan. Simpan campuran bahan ini didalam lemari pendingin. Oleskan masker ini malam sebelum tidur. Biarkan selama semalaman dan bersihkan wajah keesokan harinya. Lakukan perawatan ini dengan teratur hingga bekas jerawat menghilang.

6. Masker Lidah Buaya, Madu, dan Kunyit

Cara alami berikutnya untuk menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya adalah dengan mengkombinasikannya dengan madu dan kunyit. Madu dan kunyit sama- sama memiliki khasiat yang baik untuk kulit.

Madu mengandung 17.2 % air, 31.3 % glukosa, 1.3 % sukrosa, katalase, vitamin C, dan 7.1% maltose yang mampu mengatasi masalah kulit, termasuk jerawat dan bekasnya. Kandungan ini bisa didapat dari madu asli yang belum ditambahkan zat tambahan apapun. Selain itu, madu mengandung anti-bakteri yang dapat melawan infeksi bakteri penyebab jerawat.

Sementara kunyit memiliki khasiat anti-inflamasi atau anti-peradangan yang dapat mengatasi jerawat yang bengkak dan merah. Kunyit pun merupakan sumber antioksidan, yaitu kurkuminoid, yang dapat mencegah radikal bebas. Kombinasi dari ketiga bahan ini akan membantu proses penyembuhan bekas jerawat.

Caranya?

Bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Sediakan gel lidah buaya, kemudian haluskan dengan blender. Setelah halus, campurkan dengan 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan madu, lalu aduk hingga merata. Oleskan ke seluruh permukaan wajah hingga merata. Biarkan selama 30 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya yang dapat anda praktikan sendiri di rumah. Namun, jika perawatan ini menimbulkan beberapa efek samping pada kulit, seperti iritasi, bisa jadi kulit anda alergi terhadap lidah buaya. Segera hentikan pemakaian dan segera konsultasikan dengan dokter.

Setelah mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya, anda juga bisa mencoba mempraktikan cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan bahan alami lainnya. Atau, anda bisa menggunakan pembersih wajah untuk menghilangkan bekas jerawat karena kunci utama dalam membersihkan bekas jerawat adalah kebersihan. Selalu terapkan pola hidup dan makan sehat agar kulit anda tetap cantik dan bebas dari masalah- masalah kulit.