Cara Cepat Menghilangkan Noda Hitam Di Wajah Bekas Jerawat

Menghilangkan noda hitam di wajah bekas jerawat perlu diketahui, terutama oleh wanita yang sangat menjunjung tinggi nilai penampilan.

Jerawat adalah masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang, terutama kaum wanita. Permasalahan jerawat sering dikeluhkan karena akan sangat mengganggu penampilan. Selain itu, jerawat bisa meninggalkan bekas jerawat berupa noda hitam yang membandel dan sulit untuk dihilangkan. Tentu saja hal ini akan menggangu kepercayaan diri dan membuat tampilan anda kusam jika jerawat tak segera diatasi.

Tak jarang berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan noda hitam di wajah bekas jerawat, mulai dari menggunakan bahan- bahan alami, obat-obatan kimia, hingga operasi. Namun, obat- obatan dan operasi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, bahan- bahan alami digunakan sebagai alternatif pengobatan medis untuk menghilangkan dan memudarkan noda hitam di wajah bekas jerawat.

Bekas jerawat yang tertinggal di wajah anda akan menjadi pengingat dimana jerawat bersarang. Namun, anda tidak perlu khawatir akan hal ini karena jika bekas jerawat ditangani dengan tepat dan segera, flek hitam yang ditimbulkan tidak akan bersifat permanen. Dan, tentunya anda harus melakukannya dengan konsisten karena bekas jerawat tidak akan hilang dalam beberapa jam atau hari saja.

1. Hip Rose

Hip rose adalah buah yang berasal dari beberapa jenis bunga mawar yang disebut sebagai Rosa rubiginosa atau Rosa moschata dan banyak tumbuh di Chili. Minyak yang terbuat dari Hip Rose ini mengandung antioksidan dan vitamin yang akan menjaga kulit tetap halus dan sehat. Vitamin yang terkandung dalam bahan ini adalah vitamin A, C, dan E serta asam lemak.

Kandungan antioksidan dan vitamin A ini berfungsi sebagai anti aging untuk meningkatkan kekenyalan wajah dan mengurangi kerutan di wajah. Selain itu, vitamin A, C, E dapat meningkatkan produktivitas kolagen, meningkatkan tekstur kulit, dan membantu dalam hal pigmentasi.

Hip rose cocok untuk mengatasi bekas jerawat akibat pasca atau saat menstruasi akibat meningkatnya hormon kewanitaan. Banyak hip rose dengan berbagai brand yang dijual di pasaran dan biasanya dikemas dalam botol berpipet.
Cara pemakaiannya adalah dengan mengaplikasikannya pada daerah wajah berjerawat sambil melakukan pijatan ringan. Lakukan perawatan ini sekali sehari hingga noda hitam bekas jerawat berangsur menghilang.

2. Kulit Mentimun

Menggunakan kulit mentimun adalah cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat selanjutnya. Kulit dan daging mentimun tidak hanya terkenal akan kesegarannya, tapi juga manfaatnya untuk kesehatan.

Kulit mentimun mengandung astringent yang berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, mencegah timbulnya jerawat, dan menghilangkan kemerahan pada kulit. Disamping itu, kulit mentimun mengandung antioksidan dan vitamin E yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengatasi radikal bebas yang dapat menyebabkan jerawat.

Cara mengolahnya, kupaslah kulit mentimun dan siapkan kulit mentimun secukupnya. Kemudian, gosokan pada derah wajah yang terdapat jerawat. Nah, daging mentimun yang telah dikupas kulitnya tadi sebaiknya dimakan. Mentimun mengandung silica atau zat kolagen yang akan memutihkan dan mencerahkan kulit wajah.

3. Biji Fenugreek

Biji Fenugreek dapat mengatasi noda hitam di wajah bekas jerawat dengan cara kerja yang luar biasa dan alami. Fenugreek atau Klabet memiliki nama lain Hu Lu Ba dan dikenal sebagai salah satu bahan obat di daratan Cina.

Biji Fenugreek atau biji klabet kaya akan galaktomannan (galactomannan) dan polisakarida (polysaccharide). Biji klabet ini pun merupakan sumber yang kaya akan senyawa saponin seperti neotigogens, tigogenin, gitogenin, yamogenin, dan diosgenin. Konstituen aktif lainnya adalah alkaloid seperti choline dan trigonelline, minyak atsiri (volatile oil), mucilago (mucilage).

Bahan herbal ini adalah bumbu serbaguna yang dapat mencegah dan mengatasi wabah. Ini membantu proses detoksifikasi pada lapisan epidermis dan juga membantu menyingkirkan masalah kulit.

Bagaimana cara menggunakannya untuk menghilangkan bintik hitam bekas jerawat?

Pertama, sediakan air secukupnya, sebuah panci, dan dua sendok makan biji Fenugreek. Kedua, panaskan air di panci hingga agak panas. Ketiga, tambahkan biji Fenugreek kedalam panci. Keempat, biarkan hingga air mendidih, lalu aduk-aduk hingga lengket. Kelima, simpan didalam ruangan bersuhu dingin atau masukan ke kulkas. Kemudian, aplikasikan campuran bahan tersebut ke kulit berjerawat, lalu biarkan 15 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air hangat diikuti air dingin.

Yang perlu diingat, jangan biarkan biji Fenugreek di wajah anda lebih dari 20 menit. Dan, anda bisa menggunakan kapas untuk membersihkan wajah.

4. Semangka

Segar dan nikmat adalah apa yang anda rasakan ketika memakan buah semangka. Namun, ada manfaat lain dari buah ini yaitu dapat menghilangkan noda hitam di wajah. Selain itu, semangka bisa melarutkan sel kulit mati karena kandungan kalium yang tinggi.

Semangka dikenal sebagai buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Tidak heran, buah ini dapat memberikan kesegaran dan menghilangkan rasa haus. Disamping itu, buah semangka mengandung serat, protein dan karbohidrat yang telah diketahui kaya akan berbagai manfaat.

Juga, semangka mengandung vitamin A, B, C yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Buah ini pun dapat mencegah tanda- tanda penuaan dini dan melindungi kulit dari efek radikal bebas. Kandungan vitamin A, C, dan Lycopene nya dapat membuat kulit lembab dan tetap terhidrasi.

Bagimana cara membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat dengan semangka?

Haluskan buah semangka segar. Kemudian, campurkan dengan sedikit madu agar sedikit kental. Aplikasikan ke kulit dengan noda jerawat sambil memijatnya dengan lembut. Diamkan hingga mongering, lalu bilas dengan air bersuhu normal.

5. Masker Aspirin

Masker aspirin dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan cepat karena kandungan asam salisilat dan sifat anti-inflamasi didalamnya. Kandungan asam salisilat akan meningkatkan produksi kolagen, membuka pori-pori wajah, dan mempercepat pergantian sel. Kolagen berguna untuk mengisi permukaan kulit yang tidak rata sehingga kulit akan lebih halus. Manfaat lain dari aspirin adalah mengurangi perubahan kulit menjadi gelap dan juga melembutkan kulit.

Cara mebuat masker aspirin adalah dengan menghancurkan 4 sampai 5 tablet aspirin hingga bubuk. Kemudian, campurkan dengan gel lidah buaya atau yoghurt alami, aduk-aduk hingga rata. Lalu, aplikasikan campuran bahan tersebut ke kulit dengan noda hitam dan biarkan selama 15 menit. Setelahnya, cuci wajah anda dengan air suhu normal dan keringkan dengan handuk bersih.

Namun, cara ini tidak dianjurkan untuk orang yang alergi terhadap aspirin. Sebaiknya gunakan cara alami lainnya untuk mengantisipasi efek samping yang tidak diinginkan.

6. Pala

Bubuk pala dapat membantu menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidan didalamnya. Selain itu, bahan ini dapat mencegah bahaya infeksi pada jerawat dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Bahan ini pun memiliki khasiat anti-bakteri yang dapat membasmi bakteri- bakteri penyebab jerawat. Bakteri yang dapat menimbulkan jerawat adalah P.acnes.

Kandungan pala lainnya yang bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam di wajah bekas jerawat adalah minyak atsiri, saponin, asam oleanolat, 2 miligram zat besi, 32 miligram kalsium, 29 IU vitamin A, 1 miligram Vitamin B1, dan 22 miligram vitamin C.

Adapun cara menghilangkan noda hitam dengan pala. Pertama, bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Kedua, siapkan 3 sendok makan bubuk pala, campurkan dengan sedikit air, lalu aduk-aduk hingga merata dan kental. Ketiga, oleskan ke seluruh wajah hingga merata. Keempat, diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air hangat diikuti air dingin.

7. Minyak Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu vitamin yang bagus untuk kulit wajah. Vitamin ini cukup ampuh untuk menghilangkan noda hitam di wajah bekas jerawat. Dalam perawatan noda hitam bekas jerawat ini, anda sebaiknya menggunakan minyak vitamin E.

Vitamin E, sejak dahulu kala, telah dikenal akan manfaatnya untuk meningkatkan tektur kulit. Selain itu, vitamin E merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel kulit. Jaringan luka di kulit bekas jerawat biasanya kekurangan elastisitas dan kolagen. Vitamin E membantu menyingkirkan dan meringankan bekas luka.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak vitamin E 2 sampai 3 kali sehari. Setelah 2 minggu perawatan secara konsisten dan teratur, anda bisa melihat efek positifnya.

Demikianlah cara cepat menghilangkan noda hitam di wajah bekas jerawat yang bisa anda coba praktikan di rumah. Cara- cara diatas merupakan cara menghilangkan bekas jerawat alami tanpa menimbulkan efek samping. Walaupun begitu, anda perlu menyesuaikannya dengan tipe kulit anda. Juga, apakah kulit anda alergi terhadap bahan- bahan diatas.

Selain bahan- bahan alami diatas yang dapat menyamarkan noda bekas jerawat, ada pula pembersih wajah untuk menghilangkan bekas jerawat karena kebersihan adalah kunci utama dalam menyingkirkan noda hitam yang membandel dan menggangu itu. Selain itu, apabila anda tidak mengalami masalah jerawat tapi berpotensi terkena masalah kulit ini, sebaiknya anda mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan jerawat, seperti dalam ulasan apakah makan kacang bisa menyebabkan jerawat.