Obat Apotik Yang Cepat Sembuhkan Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang bisa timbul pada wajah, leher, punggung, dan dada. Jerawat yang berupa bintik-bintik atau benjolan berisi nanah dan darah itu akan sangat menimbulkan ketidaknyamanan dan menurunkan rasa percaya diri. Bagaimana cara menghilangkan jerawat? Ada banyak cara menghilangkan jerawat. Anda bisa menggunakan cara instan dengan obat jerawat di apotik. Namun, penggunaan obat jerawat di apotek harus diaplikasikan dengan tepat dan benar agar tidak menimbulkan efek samping. Lalu, apa saja obat apotik yang cepat sembuhkan jerawat ?

Ulasan lengkap mengenai obat apotik yang cepat sembuhkan jerawat akan dikupas tuntas dibawah ini.

1. Asam Alpha Hidroksi (AHA)

Salah satu obat apotik yang cepat sembuhkan jerawat adalah asam alpha hidroksi, alpha hidroxy acid, atau AHA yang biasanya tersedia di apotik. Yang termasuk kedalam asam alpha hidroksi adalah asam sitrat, asam laktat, dan asam glikolat. Asam-asam tersebut sebenarnya dapat anda temukan dalam buah dan tersedia dalam bentuk obat topikal. Anda bisa menemukan AHA atau asam alpha hidroksi dalam tanaman dan buah-bauan seperti apel, jeruk tebu, dan lain-lain. Dalam bentuk obat jerawat di apotik, asam alpha hidroksi biasanya terdapat dalam sediaan gel atau krim. Cara kerja dari asam alpha hidroksi adalah obat ini akan maksimal bekerja pada kulit yang kering agar kulit tidak teriritasi. Hal ini disebabkan kulit kering mudah mengalami jerawat akibat iritasi kulit.

Obat apotik yang cepat sembuhkan jerawat
Manfaat asam alpa hidroksi atau AHA untuk jerawat:
• Zat ini berguna untuk menghilangkan jerawat karena sifat eksfoliate yang terkandung didalamnya. Zat ini mampu menyingkirkan penumpukan sel-sel kulit mati, debu, dan kotoran dari kulit wajah secara maksimal. AHA atau asam alpa hidroksi akan mengikis sel kulit di bagian epidermis yang mengalami hiperpigmentasi.
• AHA atau asam alpa hidroksi berfungsi untuk mempercepat regenarasi sel. Regenerasi sel berguna untuk membuang sel-sel kulit yang telah mati dan menggantinya dengan sel-sel kuliy tang lebih sehat, cerah, segar, dan baru.
• AHA atau asam alpa hidroksi dengan konsentrasi 4% akan menjaga kelembaban kulit.
• AHA ini juga dapat memebersihkan kotoran yang menyumbat folikel kulit. Oleh karena itu, zat ini dapat mencegah terjadinya jerawat dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.
• Asam alpha hidroksi akan menghilangkan noda dan flek hitam bekas jerawat. Gunakanlah AHA dengan konsentrasi 5% yang dapat menghilangkan dan menyamarkan bekas jerawat. Bahkan, AHA mampu mengatasi bopeng karena kemampuan exfoliasinya yang tinggi.
• AHA dapat mencegah dan menghilangkan jerawat.
• Obat ini bermanfaat untuk mengatasi peradangan atau inflamasi dan kemerahan akibat jerawat.
• Obat ini juga mampu menekan produksi minyak pada wajah. Asam alpha hidroksi atau AHA mampu mengecilkan pori-pori atau folikel kulit. Pori-pori yang kecil akan meminimalisir produksi minyak pada kulit.
• Asam alpha hidroksi mampu melancarkan peradaran darah di bawah kulit. Peradaran darah yang lancer akan membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh kulit. Hal ini akan membuat kulit sehat, cerah, dan berseri.

2. Resorcinol

Resorcinol adalah obat apotik yang cepat sembuhkan jerawat dan tidak memerlukan resep dokter. Resorcinol ini biasanya terkandung dalam produk penghilang jerawat yang berbentuk krim. Hal yang menguntungkan dari penggunaan obat ini adalah resorcinol cocok untuk hampir setiap jenis kulit. Obat ini cocok mulai dari kulit kering hingga kulit berminyak. Namun, obat resorcinol ini tidak berfungsi membasmi dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Oleh karena itu, biasanya produk resorcinol mengkombinasikan kandungan didalamnya dengan zat lain seperti sulfur. Selain itu, produk yang mengandung resorcinol tidak ditujukan untuk ibu hamil dan menyusui. Zat ini dapat membahayakan kesehatan janin. Hentikan juga penggunaan resorcinol jika anda mengalami tanda-tanda alergi.

Kegunaan Resorcinol untuk menghilangkan jerawat:
• Resorcinol berguna untuk mengatasi kulit yang keras, bersisik, dan kasar. Cara kerja ini akan mencegah kulit menyeumbat pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.
• Cara kerja dari obat ini adalah membersihkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, obat ini ampuh untuk mencegah jerawat, mencegah jerawat datang kembali, dan menghilangkan bekas jerawat.
• Resorcinol bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit lainya, seperti panus, kadas, kurap, psoriasis, eksim, seborrhea, dan masih banyak lagi.
• Produk yang mengandung resorcinol adapt mengatasi gatal dan peradangan akibat jerawat.
• Selain itu, produk yang mengandung resorcinol akan mempercepat proses penyembuhan jerawat yang masiih aktif.

3. Asam Azelat

Asam azelat, salah satu obat apotik yang cepat sembuhkan jerawat ini biasanya tersedia dalam bentuk obat krim atau gel. Asam Azelat sebenarnya terbuat dari biji-bijian seperti barley dan gandum. Namun, asam azelat adalah obat yang memerlukan resep dari dokter. Biasanya dokter akan menganjurkan pengaplikasian obat ini sebanyak dua kali sehari. Kemudian, untuk melihat hasil dari obat ini, anda perlu menggunakan asam azelat selama 4 minggu secara rutin.

Obat ini akan mengatasi dan merawat jerawat mulai dari jerawat ringan hingga sedang. Keuntungan dari asam azelat adalah obat ini tidak menimbulkan iritasi kulit dan memiliki efek samping yang minor dibandingkan obat antibiotic untuk menghilangkan jerawat. Namun, saat konsumsi obat ini bukan berarti anda akan terbebas dari masalah jerawat. Konsumsi obat ini harus diimbangi oleh pola hidup yang sehat, olahraga, asupan makanan yang baik, dan kebersihan wajah.

obat apotik yang cepat sembuhkan jerawat
Fungsi Asam Azelat sebagai obat apotik yang cepat sembuhkan jerawat:
• Asam azelat memiliki cara kerja yang hampir sama dengan antibiotic. Obat ini juga mampu menumpas bakteri yang dapat menyebabkan dan memperparah kondisi jerawat. Cara kerja seperti akan membuat jerawat kempes dan mongering.
• Obat ini juga bermanfaat untuk menekan produksi keratin. Keratin adalah senyawa pada tubuh yang berpotensi menyumbat folikel rambut dan menyebabkan jerawat.
• Asam azelat berguna untuk mengurangi produksi minyak di kulit. Asam azelat akan mempengaruhi kelenjar sebaceous untuk menghasilkan minyak lebih sedikit. Minyak ini dapat menyumbat folikel dan menyebabkan jerawat.
• Obat ini juga mampu mengatasi pembengkakan dan kemerahan akibat jerawat meradang. Hal ini karena asam azelat memiliki khasiat anti-inflamasi.
• Asam azelat akan mebuka pori-pori dan menbersihkan kotoran yang terjebak didalamnya.
• Obat ini juga memiliki efek hiperpigmentasi postinflamasi sehingga memiliki efek untuk mencerahkan kulit pasca peradangan.

4. Isotretinoin

Isotretinoin merupakan salah satu obat jerawat di apotik yang dapat menjadi pilihan anda. Obat ini mampu mengatasi dan menghilangkan jerawat yang parah sekalipun. Bahkan, obat ini adalah salah satu obat jerawat batu paling ampuh.

Manfaat isotretinoin sebagai obat apotik yang cepat sembuhkan jerawat:
• Isotretinoin diperuntukan untuk jerawat batu atau nodul yang tidak bisa diobati oleh obat seperti benzoil peroksida atau antibiotic.
• Cara kerja dari obat ini adalah menkan produksi minyak atau sebum oleh kelenjar sebaceous yang belebihan. Minyak yang berkurang di wajah anda akan otomatis meminimalkan jumlah jerawat di wajah anda. Seperti yang diketahui, minyak akan menutup pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat.
• Selain itu, isotretinoin juga mampu meredakan peradangan dan warna kemerahan pada jerawat bernanah.
Karena terlalu ampuh dan keras untuk menghilangkan jerawat, isotretinoin memiliki potensi efek samping yang besar bagi kesehatan. Ibu hamil juga tidak boleh mengonsumsi isotretinoin karena akan menggangu masa kehamilan dan janinnya. Oleh karena itu, anda perlu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini.

Efek samping akibat isotretinoin:
• Alergi seperti kesulitan bernafas, gatal-gatal, pembengkakan di daerah wajah.
• Sakit kepala, pandangan kabur, dan muntah.
• Nyeri bagian perut secara tiba-tiba.
• Demam, menggigil dan gejala flu.
• Kejang-kejang.

Tidak semua orang akan mengalami efek samping diatas. Namun, segera hentikan penggunaan isotretinoin dan minta tolong kepada medis jika anda mengalami gejala efek samping diatas.

Ulasan tadi telah membahas obat apotik yang cepat sembuhkan jerawat. Walaupun tergolong pada penyembuhan instan, obat penghilang jerawat di apotik bukanlah obat yang akan bekerja dalam semalam. Anda perlu menggunakan obat- obat apotik diatas secara teratur, disiplin, dan sesuai petunjuk di kemasan atau dokter. Lakukan juga pola hidup sehat dan jagalah kebersihan wajah agar jerawat cepat hilang dan tidak datang kembali. Perhatikan juga hal yang harus dihindari ketika berjerawat.