Pengobatan Jerawat Di Klinik Kecantikan

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak perawatan yang menawarkan pengobatan jerawat di klinik kecantikan dengan penanganan khusus. Banyak wanita yang menjunjung tinggi kencantikan berlomba-lomba dan menyerbu jasa dokter kecantikan untuk menghilangkan jerawat. Apa perbedaan dokter kulit dan dokter kecantikan? Dokter kecantikan adalah dokter yang melakukan prosedur-prosedur untuk mengingkatkan penampilan seseorang, termasuk menghilangkan jerawat dan komedo. Sedangkan dokter kulit adalah dokter yang menangani masalah kulit secara umum.

Pengobatan jerawat di klinik kecantikan adalah solusi bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan sendiri di rumah. Kegiatan atau aktivitas yang menyita waktu mungkin menyebabkan orang-orang tidak memiliki waktu luang untuk melakukan perawatan jerawat. Salon-salon dan klinik-klinik kecantikan juga akan menyediakan sabun atau krim malam dan siang yang praktis digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Selain itu, sebelum melakukan pengobatan jerawat di klinik kecantikan, mereka bisa berkonsultasi dengan dokter ahli kulit untuk masalah jerawat. Hal yang perlu anda perhatikan adalah pilihlah perawatan wajah dokter kulit yang bersih dan nyaman. Hal itu adalah standar kualitas dari tempat tersebut.

Ketahui dan perhatikan juga apa saja perawatan yang boleh klinik kecantikan lakukan. Ulasan ini akan membahas pengobatan jerawat di klinik kecantikan.

1. Terapi Sinar Laser

Terapi laser dapat menghilangkan dan mengatasi jerawat dan bekasnya. Salah satu perawatan salon untuk menghilangkan jerawat ini cukup aman, tidak menimbulkan efek samping, dan bahkan tidak menimbulkan rasa nyeri.

Manfaat Terapi sinar Laser untuk Menghilangkan jerawat:
• Terapi sinar laser akan menumpas dan membasmi bakteri yang dapat menyebabkan jerawat dan memperparah kondisi jerawat. Cahaya laser dan jenis cahaya lainnya akan mebunuh bakteri tersebut.
• Metode ini juga berguna untuk merangsang pembentukan kolagen. Kolagen akan membuat kulit cerah, elastis, dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.
• Terapi ini juga akan menekan produksi minyak oleh kelenjar sebaceous. Minyak yang berlebih dan menumpuk di wajah dapat menyumbat pori-pori, membuat kulit kusam, dan menyebabkan jerawat.
• Perawatan laser akan menghaluskan kulit yang berjerawat.
Metode atau prosedur ini bisa menggunakan berbagai laser. Namun, Blue Light Rays adalah laser yang paling sering digunakan karena memiliki tingkat keamanan yang paling tinggi. Sebaiknya anda melakukan terapi laser secara rutin biasanya 3-4 minggu sekali. Jenis-jenis perawatan laser untuk menghilangkan jerawat:
Blue Light Laser Acne Treatment. Perawatan laser jerawat jenis ini telah mendapat persetujuan dari FDA. Perawatan ini melibatkan penggunaan laser berwarna biru dengan intensitas rendah untuk menghilangkan jerawat. Perawatan ini tidak akan menimbulkan rasa sakit sehingga tidak membutuhkan anestesi lokal. Perawatan ini memiliki beberapa sesi dan biasanya berkesinambungan agar wjah tetap bersih dan bebas dari noda jerawat. Namun, perawatan ini tidak jarang menyebabkan kekeringan dan kemerahan pasca prosedur.
• Kombinasi cahaya berdenyut dan Panas. Prosedur terapi laser ini akan mengecilkan ukuran kelenjar sebaceous yang dapat menyebabkan minyak berlebih dan memperparah kondisi jerawat.
Diode Laser Therapy. Terapi laser jenis ini akan mengendalikasn produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous. Biasanya, terapi ini akan menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu, dokter akan memberikan anestesi lokal. Namun, efek samping dari terapi ini awalnya jerawat akan semakin meradang, kemudian menghilang.
Photodynamic. Terapi ini mengombinasikan cahaya laser dan obat topikal untuk menghilangkan jerawat. Biasanya anda harus mempersiapkan kulit terlebih dahulu dengan perawatan untuk meningkatkan sensitivitas kulit.
Terapi Foto-Pneumatik. Terapi ini akan melibatkan alat seperti vacuum cleaner. Alat ini akan menghisap kotoran, sel-sel kulit mati, dan bakteri yang menumpuk pada kulit.

2. Injeksi Kortison

Jika jerawat anda sudah parah, anda bisa melakukan perawatan salon untuk menghilangkan bekas jerawat berupa injeksi atau penyuntikan kortison. Suntik jerawat adalah injeksi obat yang mengandung kortikosteroid. Dalam istilah medis, perawatan ini disebut injeksi kortikosteroid intralesi. Kortison adalah obat golongan kortikosteroid yang mempercepat penyembuhan dan menghentikan peradangan jerawat. Banyak orang yang menyebangi terapi injeksi kortison karena praktis, tidak menimbulkan rasa sakit, dan dapat menyembuhkan jerawat dan komedo dengan cepat.

pengobatan jerawat di klinik kecantikan

Fungsi injeksi Kortison untuk mengatasi jerawat:

• Injeksi kortison akan meredakan infalamasi, peradangan, kemerahan, dan pembengkakan pada jerawat karena khasiat anti-inflamasinya. Oleh karena itu, prosedur ini akan mempercepat proses penyembuhan jerawat.
• Terapi injeksi ini juga bermanfaat untuk mencegah jaringan parut terbentuk dan mencegah noda atau flek hitam bekas jerawat.
Namun, injeksi kortison juga bisa menimbulkan efek samping. Efek samping injeksi kortison untuk menghilangkan jerawat:
• Injeksi kortison bisa menyebabkan ketergantungan dan memerlukan pemeriskaan rutin. Injeksi semacam ini memang cepat menghilangkan jerawat. Namun, efek sampingnya adalah jerawat yang akan ketergantungan terhadap injeksi hormone kortikosteroid.
• Injeksi ini bisa menyembuhkan jerawat namun hanya sementara dan memungkinkan jerawat datang kembali. Injeksi kortison memerlukan perawatan yang berulangkali. Jika tidak, jerawat bisa timbul lagi di wajah anda dan membuat kulit menjadi kusam.
• Kulit akan rentan mengalami iritasi. Pastikan dosis kortison yang aman untuk kulit anda. Pentuntukan yang salah akan menyebabkan iritasi dan luka bopeng di wajah.
• Injeksi kortison akan menimbulkan pembengkakan kulit. Kondisi kulit memerah dan bengkak ini akan bertahan selama seminggu setelah prosedur.
• Berpotensi meninggalkan bekas luka. Jika terlalu sering dilakukan, injeksi pada wajah terus menerus akan meninggalkan bekas luka.

3. Chemical Peeling

Anda bisa mencoba chemical peeling atau peeling kimia yang merupakan salah satu pengobatan jerawat di klinik kecantikan. Dengan melakukan chemical peeling atau peeling kimia secara rutin, jerawat dan bekas jerawat akan menghilang. Menurut Dr. Abraham Arimuko, SpKK, MARS, FINS DV, FAADV, Ketua Kelompok Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia (KSDKI) Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), mengatakan bahwa mengatasi masalah kulit dengan chemical peeling akan memperbaiki tekstur kulit dan peremajaan kolagen. Namun, hal ini bersangkutan dengan pemilihan bahan dan konsentrasi yang dokter bersangkutan lakukan.

Kegunaan Chemical peeling untuk menghilangkan jerawat:
• Perawatan atau prosedur ini akan mengatasi infalamasi berupa pembengkakan, peradangan, dan warna kemerahan pada jerawat.
• Chemical peeling atau peeling kimia juga bisa berguna untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit bekas jerawat.
• Chemical peeling akan mengelupas dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Kulit pun akan tumbuh lagi menjadi kulit yang lebih muda, sehat, bersih, mulus, dan halus.

Dokter kulit akan memberikan sapuan bahan kimia ke daerah permukaan wajah terutama wajah yang terdapat jerawat. Prosedur chemical peeling menggunakan berbagai bahan kimia yang sesuai dengan kedalaman lapisan kulit yang ingin dicapai.

pengobatan jerawat di klinik kecantikan

Jenis Chemical Peeling untuk menghilangkan jerawat:
• Superfiacial atau lunchtime peel. Jenis chemical peeling ini menggunakan bahan kimia AHA atau Asam Alpha Hidroxi. Zat ini akan membersihkan kulit di bagian lapisan kulit terluar. Chemical peeling ini juga akan mencerahkan dan menghaluskan kulit.
• Medium peel. Chemical peeling ini melibatkan glycolic acid atau trikloroasetat yang bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan rusak.
• Deep peel. Chemical peeling ini melibatkan asam Tricholoracetic atau fenol yang berguna untuk menembus kulit dan menghilangkan sel-sl kulit yang mati dan rusak. Chemical peeling ini juga berguna untuk mengatasi bekas jerawat berupa bopeng.
Namun, untuk jenis kulit sensitif, prosedur ini akan menyebabkan kulit memerah dan mengelupas setelah prosedur.

4. Botox

Botox adalah salah satu cara pengobatan jerawat di klinik kecantikan dengan memasukan cairan botulinum ke daerah wajah yang berjerawat. Menurut Anil Shah, ahli bedah plastik yang berpraktek di Chicago, AS, botox dapat berguna untuk menghilangkan jerawat.

pengobatan jerawat di klinik kecantikan

Manfaat botox untuk menghilangkan jerawat:
• Botox akan menekan produksi minyak berlebih yang dapat menyumbat folikel kulit dan menyebabkan jerawat.
• Botox juga akan mengeliminasi dan memperkecil pori-pori yang besar.
• Perawatan botox juga akan mebuat bakteri penyebab jerawat kelaparan.

Namun, botox untuk menghilangkan jerawat memiliki efek samping bagi tubuh. Pastikan anda memilih dokter kecantikan yang berpengalaman untuk menyuntikan botox.

Efek samping perawatan wajah di klinik kecantikan berupa botox:
• Menyuntikan botox di tempat yang salah akan menyebar dan membahayakan diri.
• Cairan botox yang menyebar juga bisa menyebabkan kelopak mata turun, mata kering, dan senyum miring.
• Anda juga meungkin mengalami memar, bengkak, dan gejala flu. Tanda-tanda efek samping tersebut merupakan respon terhadap zat asing yang masuk kedalam tubuh berupa cairan botulinum tersebut.
• Anda sebaiknya menghubungi dokter anda jika mengalami sesak nafas, sulit melan, sulit menahan air kecil, otot lemas, dan gangguan penglihatan.

Pastikan untuk melakukan pengobatan jerawat di klinik kecantikan dengan dokter yang tepat. Jangan lupa untuk menceri tahu informasi sebanyak-banyaknya dan hasil yang anda inginkan dari dokter kecantikan sebelum memulai prosedur. Selain itu, informasikanlah tentang kondisi kesehatan anda kepada dokter kecantikan sebelum memulai prosedur menghilangkan jerawat tersebut. Ketahui juga harga perawatan wajah di salon untuk memperkirakan budget anda dengan prosedur yang akan dilakukan. Gunakan juga obat jerawat di apotik yang membantu menghilangkan jerawat anda.