Penyebab Dan Ciri-Ciri Jerawat Batu

Jerawat batu atau Cystic acne ditandai dengan ukuran jerawat yang besar, mengalami peradangan yang hebat, dan menyebar di seluruh wajah. Jerawat batu ini adalah jenis jerawat yang memiliki tekstur yang besar dan keras dibandingkan jenis-jenis jerawat lainnya. Jerawat jenis ini merupakan salah satu jenis yang sulit untuk diobati dan dihilangkan bekasnya. Biasanya ini terjadi pada remaja usia pubertas diakibatkan faktor hormonal. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa jerawat batu akan menyerang orang-orang dewasa. Lalu, apa sebenarnya penyebab dan ciri-ciri jerawat batu?

Banyak faktor penyebab jerawat batu baik jerawat batu di pipi, jerawat batu di dagu, dan jerawat batu di punggung. Jangan coba-coba untuk menghilangkan jerawat batu dengan cara memencet dan mengeluarkan isi jerawat batu agar cepat kempes. Hal ini akan membuat bakteri di tangan menyebar di wajah anda dan membuat jerawat batu tambah menyebar dan meradang. Anda membutuhkan dokter spesialis kulit yang sudah ahli untuk mengatasi jerawat batu jika keadaannya sudah di tahap parah.

Marilah kita ulas penyebab dan ciri-ciri jerawat batu agar anda bisa melakukan tindakan pengobatan dengan pada tahap awal.

I. Ciri-Ciri Jerawat Batu

1. Jerawat Batu Berukuran Lebih Besar dibandingkan Jenis Jerawat Lainnya.
Jika anda telah mengetahui jenis-jenis jerawat seperti jerawat pasir, whiteheads, blackheads, dan masih banyak lagi, jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis-jenis jerawat tersebut. Ciri-ciri jerawat batu yang ukurannya yang lebih besar dibandingkan jenis jerawat lainnya adalah ciri yang cukup jelas dan kentara terlihat. Jerawat jenis ini biasanya terletak di daerah pipi, hidung, dan dagu. Jerawat ini biasanya berukuran besar diakibatkan cairan yang ada didalamnya, peradangan, dan pembengkakan. Bahkan, jika anda menggunakan makeup dan kosmetik untuk upaya memnyembunyikan jerawat batu, jerawat jenis ini akan tetap terlihat.

Jika anda bersikeras untuk menutupi jerawat ini dengan pengalikasian kosmetik dan makeup yang tebal, hal ini malah akan membuat jerawat batu semakin meradang. Karena jerawat batu apalagi jerawat batu di pipi ini akan sangat jelas terlihat dan memepengaruhi fisik seseorang, jerawat ini akan membuat penderitanya memiliki penurunan kepercayaan diri. Sebenarnya, hanya dengan melihat secara sekilas, anda bisa langsung membedakan bahwa jerawat itu jerawat batu atau bukan. Namun, agar anda lebih yakin bahwa itu jerawat batu, anda harus mengetahui ciri jerawat batu lainnya.

2. Jerawat Batu Memiliki Tekstur Keras dan Lebih Sakit Jika Ditekan.

Jerawat batu ini berbeda dengan jenis jerawat pada umumnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jerawat batu akan lebih keras dan terasa lebih sakit jika ditekan. Jerawat ini memiliki tekstur yang keras karena berisi nanah dan bakteri didalamnya. Selain itu, jerawat ini juga akan sangat kaku di wajah. Bahkan, jika anda tidak menyentuhnya dan jika jerawat batu ini tidak sengaja tersentuh, ini akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Namun, hal untuk mengetahui apakah jerawat tersebut jerawat batu atau bukan adalah dengan menekannya.

Jika anda merasa sakit, jerawat tersebut adalah jerawat batu. Bahkan jika jerawat tersebut ditekan lebih keras lagi, hal ini akan memberikan rasa sakit yang berkelanjutan. Rasa nyeri dan sakit yang ditimbulkan oleh jerawat batu termasuk jerawat batu di dahi akan sulit hilang dalam waktu yang relative lama. Selain itu, anda juga akan melihat tonjolan putih kecil di atas permukaan jerawat batu ini. Dari warna jerawat batu saja sudah terlihat perbedaannya yaitu jerawat yang meradang berwarna merah dengan nanah di dalamnya yang berwarna putih.

penyebab dan ciri-ciri jerawat batu

Hal yang perlu diingat dan diperhatikan adalah jangan menekan jerawat batu bernanah ini dalam upaya untuk mengeluarkan isinya. Hal ini akan membuat jerawat batu semakin meradang dan menyebar luas di seluruh permukaan wajah anda. Segera lakukan cara mengatasinya jerawat batu baik dengan cara alami, dengan produk penghilang jerawat batu di apotek, atau melalui resep dokter.

3. Jerawat Batu Mudah Menyebar dengan Cepat di Wajah.

Salah satu ciri dari jerawat batu adalah jerawat ini mudah menyebar ke seluruh wajah. Bahkan, jika wajah anda dalam kondisi kotor, hal ini akan membuat penyebaran jerawat batu sampai ke leher. Ketika anda telah berhasil mengatasi dan menghilangkan jerawat batu, wajah anda tidak akan semulus sebelumnya. Bekas dari jerawat batu akan menyebabkan wajah anda berlubang atau istilah populernya “bopeng”.

Oleh karena itu, anda tidak diperbolehkan untuk menyentuh dan memencet jerawat batu secara paksa untuk cara menghilangkan jerawat batu. Hal ini akan menyebabkan kotoran, bakteri, dan kuman beralih dari tangan anda ke wajah anda. Ini akan membuat jerawat batu menyebar. Selain itu, nanah dan bakteri yang ada didalam jerawat batu akan menyebar keluar dan menular ke kulit sehat lainnya. Hal ini akan menimbulkan efek inflamasi atau peradangan pada daerah kulit wajah lainnya. Kunci agar jerawat batu tidak menyebar adalah tidak menyentuh dan memencetnya dengan tangan kotor anda. Jika jerawat batu sudah terlanjur menyebar, lebih baik lakukan pengobatan untuk jerawat batu.

4. Jerawat Batu Berpotensi Meninggalkan Bekas Jerawat.

Salah satu fakta yang ada ada bahwa jerawat batu sulit dihilangkan dan akan meninggalkan bekas. Setelah jerawat batu telah berhasil disebuhkan dan mulai mengempes, jerawat ini seringkali meninggalkan bekas yang juga mengganggu penampilan. Hal ini disebabkan jerawat batu tergolong jenis jerawat yang cukup parah dibandingkan jenis jerawat lainnya. Jika jenis-jenis jerawat lainnya hanya meninggalkan bekas kehitaman, jerawat batu ini dapat meninggalkan bekas berupa lubang-lubang atau istilah populernya adalah “bopeng”.

Untuk mengantisipasi agar jerawat batu termasuk jerawat batu di badan tidak meninggalkan bekas, anda harus mengobati jerawatbatu ini dengan tepat. Jika wajah anda sudah terlanjur berlubang akibat bekas jerawat batu, ini bisa disembuhkan dengan teknologi laser dan filler injection yang banyak disediakan di klinik-klinik kecantikan.

II. Penyebab Jerawat Batu

Anda perlu mengetahui penyebab jerawat batu agar anda bisa melakukan tindakan pencegahan jerawat batu. Berikut ini adalah penyebab jerawat batu:

1. Faktor Genetik.

Bagi anda yang memiliki tipe kulit berminyak, hal ini mungkin disebabkan keluarga anda memiliki tipe kulit yang berminyak pula. Banyaknya kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak pada kulit kemungkinan besar diturunkan secara genetic. Jerawat batu termasuk jerawat batu di punggung akan dengan mudah tumbuh di lingkungan kulit berminyak. Jika ada keluarga anda yang mengalami jerawat batu, kemungkinan besar anda juga bisa mengalaminya. Namun jangan khawatir, anda bisa mengatasinya dengan selalu menjaga kesehatan kulit wajah dan membatasi asupan makanan berminyak dan berlemak yang malah menambah pasokan minyak ke tubuh anda.

Jika jerawat batu diturunkan secara gentik, penderitanya biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
• Memiliki kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak yang terlalu aktif memproduksi sebum atau minyak yang membuat kulit sangat berminyak.
• Memiliki siklus regerasi kulit yang tidak normal sehingga kulit tidak cepat berganti menjadi kulit yang lebih sehat dan segar.
• Memeiliki respon yang terlalu berlebihan terhadap inflamasi yang dapat meninggalkan bekas luka jika timbul jerawat.
Berikut ini adalah beberapa fakta penyebab jerawat batu akibat faktor genetic.
• Gen akan mempengaruhi seberapa sensitif jenis kulit anda dan reaksinya terhadapa perubahan hormone dalam tubuh anda.
• Gen akan mempengaruhi seberapa kuat kulit untuk menangkal bakteri penyebab jerawat.
• Gen akan mempengaruhi seberapa kuat kulit untuk bereaksi dengan zat kimia tertentu, misalnya yang terkandung dalam kosmetik.

2. Penggunaan Kosmetik yang Tidak Tepat.

Jika anda memiliki jerawat batu, lebih baik tidak menggunakan kosmetik dan makeup terlalu sering atau setiap hari. Apalagi kosmetik dengan kandungan minyak. Minyak dalam kosmetik dapat menyumbat pori-pori kulit wajah atau folikel rambut yang dapat memicu timbulnya jerawat batu. Untuk mencegah dan mengatasi jerawat batu, anda lebih baik memilih tipe kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit. Selain itu, jangan terlalu lama membiarkan aplikasi kosmetik pada wajah dan selalu membersihkan wajah sebelum tidur. Anda juga bisa menggunakan toner, facial wash, dan milk cleanser.

Apalagi jika anda memiliki kulit sensitif. Kulit sensitif cenderung akan mengalami reaksi negative jika menggunakan jenis kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulitnya. Biasanya ini akan menimbulkan reaksi alergi dan iritasi. Alergi terjadi jika kulit sensitif anda diaplikasikan kosmetik yang mengandung bahan-bahan kimia dan memiliki sifat alergenik. Iritasi terjadi jika anda pertama kali menggunakan kosmetik yang mengandung bahan-bahan iritan atau tidak cocok dengan jenis kulit anda.

Salah satu kosmetik yang dapat menyebabkan jerawat batu adalah produk pelembab yang mengandung banyak minyak dan bersifat comedogenic atau menyumbat pori-pori. Selain itu, ada juga produk alas bedak dan krim wajah yang bersifat comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan jerawat batu. Banyak juga kosmetik yang mengandung zat tambahan seperti zat pengawet, zat pewangi, dan zat pewarna yang dapat memperparah keadaan jerawat batu termasuk jerawat batu di dagu.

3. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Salah satu penyebab timbulnya jerawat batu adalah gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat biasanya adalah kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, tidak mendapatkan istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan minyak dan berlemak yang dapat memicu timbulnya jerawat batu. Merokok akan menyebabkan sel-sel kulit yang rusak dan menyempitkan pembuluh darah di dekat permukaan kulit. Jika sel-sel kulit menjadi rusak, hal ini akan menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut. Hal ini akan memicu timbulnya jerawat batu.

Selain itu, kurangnya istirahat akan membuat kulit anda tidak dapat beregenerasi menjadi kulit yang lebih sehat dan baru. Hal ini akan memperburuk kondisi kulit sehingga mudah ditumbuhi jerawat batu. Untuk mencegah dan mengobati jerawat batu, hindarilah makanan siap saji dan makanan yang mengandung santan, minyak, dan berasa pedas. Makanan-makanan ini akan merangsang kelenjar sebaceous memproduksi sebum atau minyak tubuh lebih banyak. Selain itu, gunakan salep jerawat batu ampuh. Pilihlah makanan yang mengandung vitamin dan mineral essensial seperti buah dan sayur yang bagus untuk kulit yang berjerawat batu termasuk jerawat batu di dada.

Penjelasan diatas merupakan informasi penting akan ciri-ciri dan penyebab jerawat batu. Kebanyakan jerawat batu menyerang remaja atau usia pubertas yang belum sadar akan pentingnya kebersihan diri. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan orang dewasa tidak mengalami jerawat batu. Banyak juga orang dewasa yang mengalami jerawat batu karena aplikasi kosmetik yang tidak dibersihkan segera dan tidak menyeluruh. Untuk mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat, ada baiknya anda mereview ulasan yang satu ini : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat