Penyebab Jerawat Pada Remaja Dan Cara Mengatasinya

Sekitar 85% remaja pernah mengalami jerawat baik jerawat ringan maupun parah. Bahkan Menurut dr Eddy Karta SpKK, masalah kulit yang sering dialami remaja adalah kulit berminyak dan berjerawat. Hal itu dikarenakan masa remaja adalah masa penyesuaian dimana perubahan dan ketidakstabilan hormon dalam tubuh sering terjadi. Hormon yang tidak seimbang ini merupakan penyebab jerawat pada remaja dan produksi minyak di wajah yang berlebih.

Menurut dr Gloria Novelita, SpKK, spesialis kulit dan kelamin, faktor penyebab terjadinya jerawat pada remaja adalah hormone androgen. Hormon penyebab jerawat pada remaja ini muncul pada seseorang di usia pubertas atau masa remaja yaitu sekitar 14 tahun. Namun, banyak remaja yang dengan ketidaktahuannya menggunakan produk penghilang jerawat yang malah membuat jerawat semakin meradang parah.

Apa saja penyebab dan cara mengatasi jerawat pada remaja?

Ketahui penyebab jerawat pada remaja dan ikutilah tips dan langkah cara mengetasi jerawat pada remaja dalam ulasan berikut.

I. Penyebab Jerawat Pada Remaja

Lalu apa penyebab munculnya jerawat pada remaja? Menurut dr Eddy Karta SpKK, memang sebum dan kelenjar minyak lebih aktif pada usia remaja. Jerawat sendiri muncul akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh sebum, debu, dan kotoran lainnya. Ini biasanya dialami oleh para remaja yang sering mengabaikan untuk mencuci muka dan menggunakan produk pembersih wajah yang salah.

Kebiasaan lainnya yang dapat menyebabkan jerawat adalah sering memegang jerawat padahal tangan dalam kondisi kotor. Kebiasaan ini malah membuat infeksi pada sumbatan tersebut.

Berikutnya, gaya hidup dapat menyebabkan jerawat timbul pada remaja. Bagi remaja yang sering begadang pada malam hari, minum beralkohol, mengonsumsi rokok, wajah akan rentan terkena jerawat dan menjadi kusam. Selain itu, makan yang tidak sehat dapat menyebabkan jerawat. Makanan yang tidak sehat diantaranya makanan berminyak dan berlemak dan makanan terlalu pedas.

Kemudian, kosmetik dapat menyebabkan jerawat tumbuh pada wajah. Hal ini terjadi jika kometik tidak cocok dengan jenis kulit dan digunakan terlalu berlebihan dan tebal. Penyebab jerawat pada remaja adalah kondisi pikiran yang stress, terlalu sering terpapar sinar UV matahari, terlalu sering konsumsi makanan penyebab jerawat pada remaja yang berminyak dan berlemak, dan perawatan kulit yang tidak benar.

II. Cara Mengatasi Jerawat Pada Remaja

Setelah mengetahui berbagai faktor pemicu jerawat, anda harus mengetahui cara mengatasi jerawat. Salah satu cara mengatasi jerawat adalah melakukan kebiasaan yang baik. Misalnya, remaja tidak boleh terlalu sering terpapar sinar matahari. Hindari aktivitas di luar ruangan dan jangan lupa gunakan sunblock yang ber-SPF.

Selain itu, anda harus sering mengonsumsi sayuran seperti wortel, jeruk, dan pisang yang mengandung vitamin A dan C. Selain menghindari sinar matahari dan asupan makanan yang sehat, anda perlu mencuci muka minimal 2-3 kali sehari yaitu pagi, siang setelah beraktivitas, dan pada malam hari sebelum tidur.

Ada beberapa tips dalam membersihkan wajah. Pertama, bersihkan wajah dengan jari tangan yang bersih dan jangan menggunakan waslap atau sponge. Kedua, jangan gunakan sabun mandi, gunakanlah sabun ringan dan lembut yang memang diperuntukan untuk wajah. Ketiga, jangan membersihkan wajah terlalu sering. Membersihkan wajah lebih dari 2 kali akan menyebabkan kulit terlalu kering. Hal itu berguna untuk membuat kulit tetap bersih dan bebas jerawat.

Kemudian, kebersihan rambut adalah hal yang penting untuk menangani faktor penyebab jerawat pada remaja. Rambut yang berminyak dan produk perawatan rambut yang bersentuhan dengan wajah dapat menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. Oleh karena itu, pastikan mencuci rambut secara rutin dan teratur.

Selanjutnya, jerawat pada remaja dapat diatasi dengan pengobatan rumahan. Beberapa produk yang dapat menghilangkan jerawat adalah lidah buaya, mentimun, bawang putih, kentang, dan lemon. Umumnya, bahan-bahan alami tersebut dihaluskan terlebih dahulu, baru kemudian digosokan pada wajah yang terdapat jerawat.

Selain menggunakan pengobatan rumah, anda bisa mengobati jerawat dengan obat bebas. Salah satu pengobatan jerawat yang sering digunakan adalah yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida. Pengobatan dengan obat bebas dalam sediaan masker, sabu, krim, lotion, dan gel.

Disamping itu, jerawat dapat diatasi dengan tidur yang cukup. Tidur yang cukup dapat mengurangi stress pada usia remaja. Saat stress berkurang, sebum dan produksi minyak pun dapat menurun produksinya. Menurunnya kadar sebum pada wajah dapat menurangi risko kulit berminyak dan berjerawat.

Berikutnya, jangan menggaruk atau memencet jerawat anda. Memegang jerawat dengan tangan kotor dapat memperparah kondisi jerawat dan meninggalkan luka bekas jerawat.

Mudah bukan untuk mencegah dan mengatasi penyebab jerawat pada remaja. Anda harus membersihkan wajah dengan rajin selesai beraktifitas. Selain itu, bersihkan wajah dari makeup dan segala jenis kotoran agar jerawat tidak timbul pada wajah. Yang paling penting adalah melakukan pola hidup sehat dan hindarilah stress yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Ketahui cara menghilangkan komedo dengan garam sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat pada remaja. Selain itu, baca jenis-jenis komedo di hidung karena komedo berisiko menyebabkan jerawat.