Penyebab Jerawat Pasir Di Wajah

Jerawat pasir akan mengganggu penampilan dan menimbulkan ketidaknyamanan. Ukurannya yang kecil namun banyak dan menyebar ke seluruh permukaan wajah akan mengganggu kecantikan dan keindahan wajah. Sedangkan rasa nyeri dan gatal yang ditimbulkan akan mengganggu kegiatan dan aktivitas anda. Sebelum jenis jerawat tersebut muncul, anda perlu mengetahui penyebab jerawat pasir di wajah agar anda bisa melakukan tindakan pencegahan. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Jerawat pasir adalah jerawat yang berukuran kecil dan timbul dalam jumlah yang banyak. Jerawat jenis ini timbul biasanya di daerah pipi yang membuat kulit kasar, tidak halus, dan lembut. Jerawat ini disebut jerawat pasir karena jika dipencet akan mengeluarkan isinya yang berbentuk pasir. Jerawat pasir ini disebabkan campuran bakteri Propionibacterium acnes, sebum, minyak, atau lemak, penumpukan sel-sel kulit mati yang menymbat pori-pori wajah.

Selain itu, jerawat pasir atau bruntusan bisa menimbulkan bercak merah dan flek. Jerawat ini bisa disebabkan berbagai faktor. Jerawat pasir bisa disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal.

Berikut ini adalah ulasan mengenai penyebab jerawat pasir di wajah.

1. Kurangnya Perhatian Terhadap Kebersihan Wajah

Tidak memperhatikan kebersihan wajah adalah salah satu penyebab jerawat pasir di dahi dan daerah wajah lainnya. Setiap kali beraktifitas, wajah anda tentu melakukan kontak langsung dengan bakteri dan kotoran di udara. Bakteri dan kotoran ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat pasir.

Membersihkan wajah bertujuan untuk menghilangkan dan membuang debu, minyak, dan kotoran yang menempel pada wajah. Rutinlah mencuci wajah untuk menghilangkan kotoran anda minimal dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Anda juga perlu membersihkan wajah dari kosmetik di wajah anda pada malam hari sebelum tidur.

Kemudian, untuk mencegah jerawat pasir, perlu dilakukan cara mencuci buka dengan benar. Apakah jerawat pasir bisa hilang dengan cara cuci muka yang benar? Ya, tentu saja.

Berikut ini adalah cara mencuci muka dengan benar agar tidak menimbulkan jerawat pasir:
• Pilihlah cleanser atau pembersih wajah yang tepat. Kulit yang berjerawat biasanya memiliki jenis kulit berminyak. Namun, anda tetap perlu mengetahui jenis kulit anda terlebih dahulu Kemudian, anda perlu memilih pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.
• Hindari menggunakan sabun mandi untuk mencuci wajah. Kulit wajah lebih sensitif dan memiliki PH yang berbeda dari kulit bagaian tubuh lainnya.
• Perhatikan kebersihan tangan anda saat mencuci muka. Sebaiknya anda mencuci tangan terlebih dahulu sebleum mencuci muka.
• Utamakan daerah wajah yang berjerawat. Pada bagian yang berjerawat, anda perlu melakukan pemijatan dengan busa lebih lama agar bakteri mati dan jerawat cepat kering.
• Jaga kebersihan handuk. Handuk mungkin saja memiliki bakteri dan kuman yang berpotensi menyebabkan jerawat pasir membandel.
• Hindari penggunaan scrub untuk mencuci muka. Scrub yang terlalu sering digunakan akan merusak jaringan kulit anda.

Namun, mencuci wajah juga jangan dilakukan sesering mungin karena akan menyebabkan timbulnya jerawat pasir. Hal ini disebabkan saat mencuci muka, terjadi gesekan antara kulit wajah dan tangan. Jika anda memiliki komedo, gesekan ini akan membuat komedo teriritasi dan berpotensi menjadi jerawat pasir. Selain itu, sabun pencuci wajah yang digunakan terlalu sering akan menyebabkan wajah kering dan mudah teriritasi.

Wajah akan menjadi rentan terhadap infeksi bakteri dan kotoran. Kulit yang teriritasi juga akan menutup bakteri dan sebum dalam pori-pori yang menimbulkan risiko jerawat pasir. Oleh karena itu, pilihkan pencuci wajah dan pelembab yang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Disamping itu, kulit yang kering akibat terlalu sering mencuci wajah akan membuat kelenjar sebaceous memproduksi sebum lebih banyak lagi. Kondisi kulit berminyak ini dapat menyebabkan jerawat semakin parah.

2. Kebiasaan Memegang Wajah dengan Tangan

Seringnya kontak antara tangan dan wajah adalah salah satu penyebab jerawat pasir di jidat dan daerah wajah lainnya. Kontak antara tangan dan wajah biasanya terjadi saat menggaruk, mengusap, menyangga, dan menopang wajah dengan tangan tanpa sadar. Berdasarkan penelitian, tangan adalah bagian tubuh yang memiliki kuman dan bakteri paling banyak dibandingkan daerah tubuh lainnya.

Bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat, virus, kotoran, debu, dan lemak dapat berpindah dari tangan ke lingkungan wajah. Di sisi lain, wajah adalah bagian tubuh yang paling sensitif. Wajah merupakan bagian tubuh dengan kulit yang paling tipis sehingga rentan terhadap masalah kulit, termasuk jerawat pasir. Apalagi jika wajah anda jarang dibersihkan, minyak dan kotoran pada wajah yang bercampur dengan bakteri dari tangan akan membentuk jerawat pasir.

Jika anda memang diharuskan memegang wajah anda, gunakanlah tisu atau cucilah tangan terlebih dahulu. Menyentuh wajah dengan tangan dapat menyebabkan jerawat pasir semakin banyak dan terisitasi. Berikut ini dampak negative dari menyentuh wajah menggunakan tangan yang dapat menyebabkan jerawat pasir.

• Menyentuh wajah dengan tangan dapat menyebakankulit wajah terisitasi dan menyebabkan jerawat pasir semakin parah.
• Menyentuh wajah dengan tangan dapat menyebabkan penyebaran bakteri yang dapat menimbulkan jerawat pasir.
• Menyentuh wajah juga bisa menyebabkan produksi sebum atau minyak berlebihan pada kulit wajah. Ini akan menciptakan lingkungan yang memungkinakan jerawat pasir timbul.

3. Kurangnya Waktu Tidur

Kurangnya waktu tidur merupakan penyebab jerawat pasir di wajah. Tidur adalah waktu dimana kulit melakukan peremajaan. Oleh karena itu tidur larut malam akan memotong waktu kulit melakukan peremajaan. Jika anda tidak tidur pada malam hari, proses peremajaan atau regerasi sel-sel kulit tidak akan optimal. Padahal regenerasi sel terjadi sekitar jam 10 malam. Tujuan dari regerasi sel adalah mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan kulit yang baru, sehat, dan bersih.

penyebab jerawat pasir

Kurangnya tidur juga bisa memicu inflamasi. Menurut Laporan Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, kurangnya tidur akan merangsang inflamasi sitokin. Inflamasi ini merupakan salah satu pemucu timbulnya jerawat pasir.

Kemudian, jika anda malah melakukan aktivitas pada malam hari, tubuh dipaksa memproduksi insulin yang brguna membuat anda dapat beraktivitas. Insulin yang dipaksa untuk diproduksi malah akan mengganggu sistem metabolisme dan menimbulkan stress. Stress dan depresi dapat menyebabkan jerawat pasir. Kurang tidur juga akan menimbulkan pembengkakan dan peradangan pada kulit yang menimbulkan jerawat jenis lainnya.

Jika anda tidak tidur, kulit akan stress dan memicu timbulnya jerawat pasir. Stress ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Stress akan menstimulasi kelenjar adrenalin memproduksi hormone androgen lebih banyak. Hormon androgen ini akan menyebabkan timbulnya jerawat pasir. Pastikan anda memiliki tidur yang cukup yaitu 7-8jam agar kulit tetap sehat dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

4. Penggunaan Kosmetik

Hindarilah penggunaan kosmetik dengan basis minyak. Basis ini akan menyumbat pori-pori wajah dan merupakan penyebab jerawat pasir di dagu dan daerah wajah lainnya. Selain itu, bekas kosmetik pada wajah yang tidak dibersihkan secara tuntas akan membuat sebum, bakteri, dan sel-sel kulit mati terperangkap dalam pori-pori.

Kemudian, pengaplikasian kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit akan membuat jerawat pasir mudah muncul di wajah anda. Sebelum memilih kosmetik, sebaiknya anda mengetahui jenis kulit anda agar dapat memilih kosmetik yang sesuai.

Berikut ini adalah empat jenis kulit:
• Kulit normal yang jarang mengalami masalah kulit.
• Kulit kering cenderung akan bersisik dan kusam.
• Kulit berminyak yaitu kulit yang memproduksi sebum atau minyak yang berlebihan.
• Kulit kombinasi adalah kulit berminyak hanya pada bagian hidung dan dahi saja.

Berikut ini adalah kosmetik yang dapat memicu timbulnya jerawat pasir:
• Parfum.
Bagi anda yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat, mengaplikasikan produk yang mengandung parfum atau pewangi adalah hal yang tidak tepat. Menurut Mona Gohara, MD, dermatologist sekaligus profesor di Departemen Dermatologi Universitas Yale, penggunaan produk-produk yang mengandung parfum harus dihindari untuk mengurangi efek negative yang tidak diinginkan.
• Alkohol
Walaupun alcohol dapat menghilangkan minyak pada wajah, bahan ini akan membuat wajah terlalu kering. Bahan ini malah akan merangsang kelenjar sebaceous memproduksi sebum yang lebih banyak lagi.
• Minyak Kelapa
Perawatan kulit yang mengandung basis minyak seperti minyak kelapa, jojoba, grapeseed, rosemary, dan lavender perlu dihindari saat anda memiliki kulit wajah yang berminyak. Minyak ini merupakan penyebab jerawat pasir pada pria dan wanita.

Berikut tadi adalah ulasan mengenai penyebab jerawat pasir di wajah yang mengganggu penampilan. Kini anda telah mengetahu penyebab jerawat pasir sehingga anda bisa melakukan tindakan pencegahan. Selalu jaga kebersihan wajah namun dalam porsi yang tidak berlebihan untuk mengatasi penyebab jerawat pasir dan penyebab jerawat punggung dan cara mengatasinya.