4 Penyebab Timbulnya Jerawat di Punggung dan Dada

Jerawat punggung dan dada memang tidak terlalu terlihat kentara dibandingkan jerawat di wajah. Namun, tetap saja keberadaannya akan sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Kita harus menghindari penyebab jerawat punggung jika ingin tampil cantik saat memakai baju renang atau baju bahu terbuka. Selain itu, bagi para wanita, jerawat punggung dan dada memungkinkan mereka tidak bisa mengenakan gaun cantik di acara tertentu.

Sedangkan bagi para pria, jerawat punggung dan dada membuat mereka tidak bisa bertelanjang dada saat di pantai. Jerawat di daerah punggung dan dada ini juga seringkali menimbulkan gatal, perih, dan sakit yang akan mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Apakah penyebab jerawat punggung dan dada?

Jerawat bukan saja timbul di daerah wajah saja. Jerawat juga bisa timbul di punggung dan dada. Jerawat bisa timbul dimana saja di bagian tubuh selama daerah tersebut memiliki kelenjar sebaceous yang berfungsi untuk memproduksi minyak atau sebum.

Punggung dan dada juga memiliki kelenjar sebaceous yang akan menghasilkan sebum yang bisa berpotensi menyebabkan jerawat. Punggung dan dada apalagi memiliki kelenjar sebaceous atau sebaea yang lebih banyak dibandingkan bagian tubuh lainnya. Apakah penyebab timbulnya jerawat punggung dan dada?

Berikut ini adalah ulasan mengenai penyebab jerawat punggung dan dada yang dapat mengganggu penampilan anda.

1. Keringat

Punggung dan dada merupakan daerah tubuh yang memiliki kelenjar sebaceous atau sebaea lebih banyak dibandingkan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, punggung dan dada rentan mengalami produksi sebum berlebihan dan penumpukan sel-sel kulit mati yang merupakan penyebab jerawat punggung dan dada. Ketika anda berkeringat setelah aktivitas seharian atau berolahraga, keringat akan bercampur dengan minyak atau sebum, racun, kotoran, dan sel-sel kulit mati.

Jika hal itu dibiarkan pori-pori kulit punggung dan dada bisa teriritasi dan tersumbat sehingga dapat menyebabkan jerawat punggung dan dada. Keringat akan membawa kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Keringat juga akan menciptakan kondisi punggung dan dada yang lembab dan basah. Bakteri penyebab jerawat punggung mudah berkembang di lingkungan yang kotor dan lembab.

Oleh karena itu, jerawat punggung dan dada bisa timbul. Walaupun ketika berolahrga keringat akan membersihkan pori-pori anda, keringat yang mengering merupakan lingkungan yang dijadikan bakteri penyebab jerawat berkembang biak.

Dianjurkan untuk mandi setelah melakukan aktivitas untuk membuang keringat dan racun sebagai cara menghilangkan jerawat di punggung dan dada. Bersihkanlah punggung dan dada anda walaupun sulit untuk dijangkau. Bersihkan dan cucilah punggung dan dada dengan menggunakan sabun ringan dan anti-bakteri yang diperuntukan untuk menghilangkan jerawat punggung dan dada dua kali sehari. Kemudian, anda perlu mengeringkan punggung dan dada dengan handuk yang kering dan bersih.

Anda juga perlu mencuci dan mengganti handuk yang dipakai mengelap keringat agar bakteri dan kuman tidak bersarang di handuk tersebut. Hindari penggunaan spons atau lap yang kasar dan keras karena akan membuat kulit teriritasi dan jerawat punggung dan dada lebih banyak.

Kemudian setelah punggung dan dada bersih, anda bisa mengoleskan benzoil peroksida yang merupakan obat jerawat punggung dan dada paling ampuh ke daerah punggung dan dada yang berjerawat. Anda juga bisa menggunakan pembersih atau toner untuk membersihkan minyak atau sebum dan kotoran yang masih tertinggal di pori-pori dan tidak terjangkau.

Jika anda tidak memungkinkan untuk mandi, anda bisa menggunakan produk yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat adalah obat jerawat punggung dan dada ampuh yang akan membuang minyak dan lemak yang terdapat dalam keringat. Asam salisilat juga akan membantu menyegarkan badan anda. Selain itu, gunakanlah tisu dan handuk untuk mengeringkan keringat setelah melakukan aktivitas atau berolahraga.

2. Pakaian yang Kurang Tepat dan Sesuai

Jerawat punggung dan dada bisa dipicu oleh pakaian yang tidak tepat atau sesuai. Misalnya anda menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau pas badan, namun menyerap panas dan tidak mudah menyerap keringat yang merupakan penyebab jerawat punggung dan dada.

penyebab jerawat punggung

Pakaian ketat akan membuat keringat, kotoran, dan minyak menyumbat pori-pori. Pakaian dengan bahan yang membuat kulit anda tidak bisa bernafas tersebut bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. Hindarilah bahan pakaian seperti lycra dan polyster karena tersbuat dari serat yang kurang menyerap keringat. Bahan ini bisa menjebak sel-sel kulit mati, minyak, dan keringat menimbulkan jerawat punggung dan dada.

Jenis pakaian dan faktor lainnya yang berpotensi menimbulkan jerawat punggung dan dada:

• Tali Bra.Tali bra juga dapat memicu timbulnya jerawat punggung dan dada. Jerawat yang berada di sekitar tali bra disebabkan oleh keringat yang membuat tali penuh bakteri dan lembab.
• Pelembut pakaian. Bahan-bahan kimia yang terdapat dalam pelbut pakaian dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat.
• Parfum Pakaian. Parfum memiliki kandungan bahan-bahan kimia yang dapat membakar kulit dan menyebabkan jerawat.

Pakailah pakaian yang longgar seperti katun untuk memungkinkan kulit punggung dan dada anda bernafas. Gunakanlah baju yang tidak ketat, tipis, dan dapat menyerap keringat. Gunakan juga pakaian yang terbuat dari serat alami atau dari bahan yang membuat kulit punggung dan dada anda tidak lembab.

Anda perlu selektif dalam memilih pakaian, apalagi pakaian untuk sehari-hari. Anda juga perlu mengganti baju sesering mungkin ketika berkeringat dan mencuci pakaian hingga bersih. Mencuci pakaian yang benar bukan hanya menghilangkan noda-noda pada pakaian. Melainkan membersihkan bakteri dan kuman yang ada di baju. Mencuci baju yang benar adalah dengan cara merendam pakaian, kemudian membilasnya di air yang mengalir hingga sisa detergen hilang.

3. Paparan Bahan Kimia dan Benda yang Tidak Bersih dan Steril

Jerawat punggung dan dada juga bisa diakibatkan benda yang tidak steril bersentuhan dengan punggung dan dada. Benda yang tidak steri bisa jadi pakaian yang kotor dan basah karena keringat, sprei dan selimut yang kotor, dan sandaran kursi yang kotor. Benda –benda tersebut terdapat banyak bakteri dan kuman yang dapat memicu tibulnya jerawat punggung dan dada.

Jika anda tidak mengganti sprei anda, sebum, kuman, bakteri, sel-sel kulit mati, dan kotoran lainnya dapat menumpuk dan menyebabkan jerawat punggung dan dada. Oleh karena itu, rutinlah mengganti sprei untuk mencegah munculnya jerawat di punggung dan dada dan daerah tubuh lainnya. Dianjurkan untuk menggunakan sprei katun karena tidak membuat kulit anda lembab saat tidur.

Ketika anda menggunakan conditioner dan shampoo, pastikan tidak ada residu yang tertinggal di punggung dan dada. Bersihkanlah hingga tuntas karena residu conditioner di punggung dan dada dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Conditioner kebanyakan mengandung basis minyak yang dapat menyebabkan jerawat punggung dan dada.

Kemudian, basis minyak tersebut akan tertinggal di punggung dan dada dan membuat bakteri terperangkap dalam pori-pori. Residu yang tertinggal dari conditioner dan shampoo akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jika anda memiliki jerawat punggung dan dada, anda dianjurkan untuk menghindari conditioner dengan kandungan shea butter dan jojoba.

Bahkan beberapa orang alergi terhadap kandungan conditioner yang dapat membuat jerawat semakin parah. Oleh karena itu, setelah menggunakan produk rambut saat mandi, anda perlu melakukan pembersihan punggung dan dada kembali.

4. Asupan Makanan yang Dapat Menyebabkan Jerawat

Asupan makanan penyebab jerawat punggung dan dada adalah makanan yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga meningkatkan produksi insulin. Dengan meningkatnya insulin, ini akan mempengaruhi hormone androgen yang meningkatkan produksi sebum atau minyak berlebihan. Sebum yang menyumbat pori-pori inilah yang menyebabkan jerawat punggung dan dada.

Beberapa makanan yang dapat menyebabkan jerawat di punggung dan dada:

• Olahan Susu
Jika susu, keju, yoghurt, dan olahan susu lainnya dikonsumsi berlebihan, hal ini dapat menyebabkan jerawat punggung dan dada. Walaupun susu mengandung kalsium yang penting bagi tubuh, hormone dalam susu akan merangsang kelenjar sebaceous memproduksi sebum lebih banyak. Seperti yang diketahui sebum yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.
• Kue dan Soda
Makanan yang tinggi gula seperti soda, kue, dan jus buah dapat menyebabkan timbulnya jerawat punggung dan dada. Makanan-makanan tersebut mengandung glukosa yang tinggi yang dapat memicu produksi insulin di tubuh. Tingginya produksi insulin dalam tubuh inilah yang akan menyebabkan jerawat punggung dan dada.
• Makanan Berminyak
Makanan berminyak mengandung kadar indeks glikemik yang tinggi. Hal ini dapat memicu kadar glukosa dan insulin dalam tubuh. Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi perlu dihindari karena dapat menyebabkan jerawat punggung dan dada.
• Cabai
Kurangilah asupan makanan pedas yang mengandung cabai. Cabai merupakan makanan yang dapat menyebabkan jerawat punggung dan dada. Saat mengonsumsi makanan pedas, anda biasanya akan berkeringat dan pori-pori kulit lebih terbuka. Hal itu dapat membuat keringat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat punggung dan dada.

Berikut tadi adalah ulasan mengenai penyebab jerawat punggung dan dada. Anda telah mengetahui penyebab jerawat punggung dan dada sehingga anda bisa mencegah, menghindari, dan mengantisipasinya dengan obat jerawat untuk punggung dan dada. Selain itu, jerawat punggung dan dada biasa terjadi pada masa pubertas di kalangan remaja karena kurangnya kesadaran akan kebersihan kulit.