Menghindari Penyebab Komedo Di Wajah

Komedo adalah masalah kulit yang sering dialami baik pria maupun wanita. Komedo ini juga berpotensi menjadi jerawat yang merupakan bintik-bintik atau benjolan yang lebih parah dan mengganggu. Komedo tersebut dapat berkembang menjadi jerawat batu, jerawat pasir, dan bahkan kista. Lalu bagaimana cara menghindari penyebab komedo di wajah, kita simak ulasannya.

Anda perlu mengetahui penyebab komedo di wajah untuk tindakan pencegahan. Tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Komedo adalah papula kecil yang bisa berwarna hitam atau putih. Komedo ini tergolong dalam jenis jerawat yang paling ringan yang biasanya terdapat di wajah. Komedo dapat muncul di bagian mana saja di daerah wajah. Namun, zona T yaitu dahi, hidung, dan dagu adalah daerah yang sering ditumbuhi komedo. Komedo disebabkan oleh sebum, sel-sel kulit mati, dan kotoran yang menumpuk di ujung luar folikel. Biasanya komedo ini tidak menimbulkan rasa sakit karena tidak terjadi inflamasi atau peradangan. Namun, komedo dapat menimbulkan peradangan jika digaruk tau dipencet secara sembarangan.

Sebelum mengetahui penyebab komedo tumbuh di wajah anda, sebaiknya anda mengetahui jenis-jenis komedo.

• Komedo hitam, komedo terbuka, atau blackheads.

Komedo jenis ini merupakan penumpukan sebum dan sel-sel kulit mati yang menyumbat ujung luar folikel kulit. Karena letaknya yang berada di ujung luar, kotoran yang menyumbat akan terpapar udara dan menyebabkan komedo berawarna hitam. Warna hitam ini disebabkan oksidasi udara ke kotoran pada pori-pori. Komedo jenis ini seringkali muncul di daerah hidung, dagu, pipi, bahu, dan punggung.

• Komedo putih, komedo tertutup, atau whiteheads.

Komedo putih adalah sebum, bakteri, dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori atau folikel kulit. Jenis komedo ini terletak lebih jauh dalam kulit sehingga terpapar udara dan tidak berwarna hitam. Jenis komedo ini seringkali muncul di daerah dahi dan hidung.

Penyebab komedo di wajah yang perlu anda ketahui:

1. Kurang Perhatian Terhadap Kebersihan Wajah

Faktor utama penyebab komedo putih dan hitam di wajah adalah kotoran, debu, sel-sel kulit mati, bakteri, dan minyak yang menempel di wajah. Apalagi jika anda memiliki banyak aktivitas di luar ruangan. Debu dan polusi di luar ruangan dapat menempel di kulit wajah, menyumbat pori-pori, dan menyebabkan komedo. Oleh karena itu, cuci wajah anda seusai berpergian menggunakan sabun yang ringan dan non-comedogenic. Anda juga perlu membersihkan wajah minimal dua kali sehari dan pada malam hari sebelum tidur.

penyebab komedo di wajah

Cara menjaga kebersihan wajah:

• Break makeup.

Break makeup adalah menghilangkan sisa makeup setelah selesai beraktivitas dan tidak menyisakannya sedikitpun. Sedikit saja kotoran di wajah yang tertingal akan menyebabkan komedo keesokan harinya. Anda bisa menggunakan cleanser atau pembersih wajah untuk mengangkat kotoran sisa-sisa makeup. Anda juga bisa menggunakan makeup remover untuk membersihkan makeup secara menyeluruh dan tuntas.

• Gunakanlah cleaser yang cocok dengan jenis kulit anda.

Cleanser yang bagus dapat menghilangkan kotoran dan polusi. Pembersih juga dapat mengangkat kotoran yang terletak jauh di pori-pori.

• Gunakan cleansing brush.

Alat ini dapat mengangkat semua kotoran tanpa menyisakannya sedikitpun. Gunakan alat dengan bulu yang lembut agar wajah tidak teriritasi.

• Lakukanlah exfoliasi.

Exfoliasi berguna untuk mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Exfoliasi juga dapat membuat kulit anda terasa lebih lembut. Anda bisa menggunakan cleanser exfoliasi yang mengandung glycolic acid seminggu sekali.

Gunakan pelembab atau moisturizer yang ringan.

Moisturizer dapat memberikan nutrisi ke kulit anda agar tetap sehat.

• Hindari kontak langsung antara tangan dan wajah.

Hal ini bisa menyebabkan bakteri yang menyebabkan jerawat berpindah dari tangan ke wajah anda.
Namun, jangan membersihkan wajah terlalu sering karena akan menimbulkan gesekan yang dapat menimbulkan iritasi dan menyebabkan komedo.

2. Menggunakan Kosmetik atau Makeup Secara Berlebihan.

Menggunakan kosmetik atau makeup secara berlebihan merupakan penyebab komedo hitam dan putih. Pengaplikasian kosmetik atau makeup yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo. Alat kosmetik atau makeup juga dapat menghalangi kulit untuk bernafas. Oleh karena itu, gunakanlah makeup atau kosmetik sewajarnya dan hanya dipakai ketika akan menghadiri acara-cara tertentu saja.

Kemudian, kosmetik atau riasan juga perlu dibersihkan secara tuntas dan menyeluruh pada malam hari sebelum tidur. Kosmetik yang tertinggal di wajah saat tertidur akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo. Anda juga bisa mengaplikasikan masker atau pembersih yang terbuat dari bahan-bahan alami agar wajah tetap segar dan terbebas dari komedo. Bagi anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, pilihlah produk yang non-comedogenic. Produk ini tidak menyumbat pori-pori dan tidak menimbulkan komedo. Pilih juga alat kosmetik atau alat rias yang tidak berbasis minyak karena basis tersebut akan memperparah kondisi komedo.

Berikut ini adalah kosmetik penyebab komedo di wajah anda:

• Minyak buah alpukat. Minyak alpukat mengandung oleic acid 65%, linoleic acid 0,8%, dan linoleic acid 15%. Bahan ini cocok untuk kulit kering yang berkomedo. Namun, bahan ini tidak cocok bagi anda yang memiliki kulit berminyak dan berkomedo. Hal ini disebabkan minyak dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo.
• Minyak bunga camellia dengan campuran biji the hijau. Minyak bunga camellia pada dasarnya tidak akan menimbulkan komedo. Namun, jika dicampur dengan biji the hijau, akan menimbulkan campuran yang dapat menyababkan komedo.
• Minyak biji Chia sebenarnya dapat memberikan nutrisi pada kulit karena kandungan omega 3 nya. Namun, kandungan omega 3 ini dapat memicu timbulnya komedo di wajah.
• Coconut butter dan minyak kelapa. Bahan ini sebenarnya bagus untuk melembabkan kulit dan menjaga kesehatan kulit. Namun, kandungan asam sterat didalamnya dapat menyumbat pori-pori dan berpotensi menimbulkan komedo.
• Alkohol akan membuat kulit semakin kering dan menimbulkan masalah kulit lainnya, termasuk komedo.

3. Pola dan Gaya Hidup yang Buruk dan Tidak Sehat.

Pola hidup yang buruk dan tidak sehatpun merupakan penyebab komedo di hidung dan daerah wajah lainnya. Gaya hidup yang buruk yanitu mengonsumsi alcohol, merokok, dan kurangnya waktu tidur. Minum alkohol dapat menyebabkan timbulnya komedo. Mengonsumsi minuman beralkohol akan mengganggu pola tidur. Pola tidur yang buruk akan mengganggu proses regerasi kulit. Oleh karena itu, pergantian kulit yang lebih baru, sehat, dan cantik akan terhambat.

Berikut ini adalah alasan mengapa mengonsumsi alkohol dapat menyababkan timbulnya komedo:
• Alkohol menyebabkan ketidakseimbangan hormone. Hormon yang tidak stabil dan seimbang akan menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi sebum atau minyak lebih banyak lagi. Minyak yang menyumbat pori-pori kan menyababkan timbulnya komedo.
• Alkohol juga akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang menurun dapat menyebabkan tubuh sulit mengatasi bakteri yang dapat menimbulkan komedo.
• Kurasakan hati akibat alcohol dapat menyebabkan komedo. Hati berfungsi menghilangkan racun dalam tubuh. Racun yang bertumpuk akan menyebabkan timbulnya komedo.
• Alkohol dapat menyebabkan stress yang dapat menimbulkan komedo. Stress akan merangsang produksi hormone androgen yang dapat menyebabkan komedo.

Selain itu, banyak orang yang percaya bahwa merokok hanya berpengaruh ke kesehatan paru-paru saja. Padahal, merokok juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan menjadi penyebab komedo di wajah bertambah banyak. Asap rokok mengandung partikel-partikel kimia halus yang dapat berbahaya bagi kulit wajah. Hal ini akan membuat komedo mudah muncul di wajah dan menyebabkan wajah menjadi tidak bersih. Selain itu, kotoran dari asap rook dapat menyumbat pori-pori dan menyababkan timbulnya komedo. Kulit juga menjadi tidak lembab dan tidak sehat karena sering terpapar asap rokok.

4. Mengonsumsi Makanan Berminyak

Makanan berminyak adalah salah satu penyebab komedo di wajah muncul. Makanan berminyak mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi yang merupakan penyebab komedo pada wajah pria dan wanita. Makanan berminyak dan berlemak, misalnya kentang goreng, ayam goreng, ikan goreng, donat, dan masih banyak lagi. Makanan berminyak ini dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Tingginya kadar insulin akan menyebabkan komedo pada wajah. Makanan berminyak juga akan menyumbang minyak pada wajah yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo. Makanan berminyak akan membuat kelenjar sebaceous memproduksi minyak atau sebum lebih banyak lagi.

penyebab komedo di wajah

Disamping itu, makanan berminyak akan menyumbang minyak dalam peredaran darah. Hal ini akan mengganggu sirkulasi darah dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Minyak juga akan menghambat peredaran oksigen dan nutrisi dalam darah sehingga munculah masalah-masalah kulit, termasuk komedo. Hindari juga konsumsi siap saji karena mengandung banyak minyak dan rendah gizi. Konsumsilah sayur dan buah yang mengandung vitamin dan mineral essensial yang bagus untuk kulit berjerawat.

Berikut tadi adalah ulasan mengenai penyebab komedo di wajah baik blackheads maupun whiteheads. Jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur untuk menghilangkan bakteri, kuman, dan bakteri yang dapat menyebabkan komedo. Hindarilah asupan makanan berminyak, pola hidup yang tidak sehat, dan menggunakan makeup secara berlebihan. Cara ini juga bisa menjadi cara mengatasi jerawat pasir.