Hindari 5 Penyebab Timbulnya Jerawat Berikut Ini

Penyebab timbulnya jerawat – Jerawat (Acne) merupakan masalah kulit yang ditandai bintik-bintik merah, putih, atau hitam, biasanya disertai benjolan, tapi ada juga yang tidak. Jerawat ini atau istilah medisnya adalah acne vulgaris adalah masalah kulit yang biasanya terjadi pada daerah wajah termasuk dahi, hidung, pipi, dan daerah lainnya seperti leher, punggung, dan dada. Jerawat diakibatkan oleh pori-pori kulit wajah yang tersumbat sehingga menimbulkan benjolan yang meradang dan berisi nanah. Pandu Pradana, Spesialis Penyakit Kulit dari Bamed Skin Care mengatakan bahwa sumbatan pada kelenjar minyak merupakan faktor utama penyebab timbulnya jerawat.

penyebab timbulnya jerawat

Minyak walaupun bentuknya cair, namun lama kelamaan akan mengeras dan membentuk jerawat komedo. Penyebab timbulnya jerawat ini adalah perubahan hormonal di dalam tubuh yang dapat merangsang kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak memproduksi sebum atau minyak lebih banyak. Pemicu timbulnya jerawat akibat perubahan hormone juga terjadi ketika stress, mestruasi, kehamilan, atau konsumsi pil KB. Mengetahui penyebab munculnya jerawat atau acne adalah hal yang sangat penting agar anda mengetahui tindakan pencegahannya.

Berikut Kami Ulas 5 Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat

1. Produksi Sebum atau Minyak Berlebih

Jerawat tidak hanya disebabkan oleh faktor eksternal seperti jarang mencuci wajah, namun bisa juga disebabkan oleh faktor internal. Jerawat juga terjadi akibat berlebihnya produksi sebum atau minyak alami tubuh yang dihasilkan oleh kelenjar minyak atau sebaceous gland yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat batu. Kelenjar minyak atau sebaceous adalah kelenjar yang menghasilkan sebum atau minyak tubuh.

Kelenjar ini terdapat pada semua bagian kulit dan letaknya tidak jauh dari pori-pori kulit. Hal ini dapat menyebabkan sebum menyumbat pori-pori kulit dan saluran folikel rambut yang akan menyebabkan jerawat. Hal ini merupakan penyebab jerawat yang paling umum yang merupakan kombinasi antara sebum, hormone, dan bakteri propionibacterium acne yang terperangkap dalam pori-pori kulit yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat di wajah.

Produksi sebum atau minyak berlebih penyebab jerawat sering terjadi pada remaja pada usia pubertas. Level hormone androgen yang tinggi pada kulit remaja menyebabkan kulit mudah berminyak, pori-pori membesar, dan bahkan berjerawat.

Cara mengatasi sebum atau minyak yang berlebihan pada kulit:
• Mengkonsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan kulit wajah, seperti jambu biji yang mengandung astringen dan antioksidan yang tinggi, pir yang memberikan efek relaksasi pada kulit, dan nanas yang mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, anda juga bisa menggunakan buah-buahan ini untuk dijadikan masker wajah.
• Mencuci muka dengan teratur dan menggunakan facial wash yang tepat. Hal ini dimaksudkan agar sebum dan kotoran tidak menumpuk pada kulit wajah dan memicul timbulnya jerawat.
• Mengunaakan oil control film. Alat ini duigunakan untuk menyerap minyak berlebih tanpa menghancurkan riasan make-up dan menghilangkan kilau berlebih pada wajah.

2. Faktor Hormon

Faktor hormonal pada wanita disebabkan oleh hormon progesterone memicu produksi sebum atau minyak tubuh yang menyebabkan timbulnya jerawat. Hormon ini merupakan salah satu penyebab jerawat, apalagi pada masa pubertas. Jerawat akibat lonjakan hormone ini biasanya akan muncul pada remaja berusia 10 sampai 15 tahun dan seiringnya bertambah usia, jerawat ini akan hilang pada usia 25.

Namun, selain pada usia remaja, jerawat akibat hormone juga timbul di berbagai usia dan seringnya dialami oleh wanita. Banyak juga orang yang mengalami jerawat hingga usia 40 sampai 50 tahun, hingga 7%. Selain itu, jerawat juga sering muncul pada wanita yang sedang hamil, yang sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti feniton, testosterone, estrogen, kortison, dan steroid, dan pada 2-7 hari sebelum menstruasi.

Jerawat akibat hormone yang merupakan penyebab timbulnya jerawat di punggung ini muncul karena tingginya hormone androgen, akibat sindrom ovarium polikistik, menjelang mestruasi, dan menopause. Inilah sebabnya mengapa 50% wanita berusia 20 sampai 29 dan 25% wanita berusia 40 sampai 49 tahun masih mengalami jerawat. Untuk mengatasi penyebab timbulnya jerawat ini, anda bisa selalu memperhatikan kebersihan wajah mengkonsumsi makanan yang bergizi.

3. Faktor Kebersihan Wajah

penyebab timbulnya jerawat pada wajah

Pori-pori wajah yang tersumbat yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat pasir juga bisa diakibatkan oleh sisa make-up yang tidak dibersihkan, alamt make-up yang tidak dibersihkan, dan bahkan handuk yang tidak bersih. Kontak dengan alat-alat yang tidak higienis seperti itu dapat menyebabkan bakteri propionibacterium acne menyebar di wajah dan dapat menyebabkan jerawat.

Oleh karena itu, untuk mencegah timbulnya jerawat, anda perlu membersihkan wajah anda secara rutin dan menyeluruh. Jerawat akan muncul jika anda jarang membersihkan wajah atau membersihkan dengan cara yang tidak tepat dan meninggalkan residu pada wajah.

Namun, mencuci muka terlalu sering juga tidak baik. Mencuci muka berlebihan akan menghilangkan sebum atau minyak alami kulit sehingga kulit akan memproduksi minyak dengan jumlah yang lebih banyak lagi yang merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat pada pria. Hal ini dapat menyebabkan jerawat.

Mencuci muka cukup dua kali sehari, selesai berpergian, dan setelah penggunaan make-up menggunakan air hangat dan sabun pencuci muka yang ringan. Hindari penggunaan spons, cukup menggunakan jari-jari untuk meratakan sabun dan membersihkan wajah anda.

Hal-hal yang perlu dihindari ketika mencuci muka yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat:
• Memilih produk pembersih wajah yang tidak cocok dengan jenis kulit.
• Menggunakan air yang terlalu panas untuk mencuci muka.
• Terlalu sering melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit.
• Menggosok muka dengan spons terlalu kasar dan keras.

4. Menggunakan Make-Up yang berlebihan

Jerawat bisa timbul akibat pemakaian make-up atau kosmetik oleh kaum wanita yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat di pipi. Memang tidak ada yang salah dari penggunaan make-up, namun jika make-up telah digunakan berlebihan dan tidak dibersihkan dengan baik sesudahnya, hal itu akan memicu timbulnya jerawat.

Make-up yang berlebihan merupakan pemicu utama munculnya jerawat. Selain itu, ada juga produk make-up yang tidak cocok dengan jenis kulit anda yang dapat memicu timbulnya jerawat. Jika anda memiliki jerawat, gunakan obat jerawat sebelum penggunaan make-up dan bersihkan make-up sebelum tidur. Apabila anda memiliki kulit berjerawat, gunakanlah make-up yang mudah dibersihkan dan tidak menimbulkan komedo.

Pilihlah make-up yang bersifat non-comedogenic atau tidak menimbulkan komedo dan make-up yang tidak mengandung minyak. Anda juga perlu mencocokan jenis kulit anda dan produk yang akan digunakan, jika tidak ini akan menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

Jika anda menghadiri acara yang mengharuskan anda menggunaan make-up dalam waktu yang lama, gunakanlah make-up yang mudah dibersihkan dan ulanglah pemakaian make-up. Hal itu dimakasudkan agar make-up yang berada lama di permukaan kulit tidak akan menyumbat pori-pori wajah yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.

5. Faktor Jenis Kulit

Setiap orang pasti pernah mengalami wajah berjerawat, namun ada sebagian orang yang memiliki potensi yang lebih tinggi daripada yang lainnya karena faktor jenis kulit yang ia miliki yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat di jidat. Hal ini disebabkan jenis kulit anda bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Apalagi jika anda memiliki jenis kulit berminyak, tidak jarang jerawat akan muncul pada wajah anda dengan tidak diduga-duga. Jika anda memiliki kulit wajah yang berminyak, anda harus melakukan penjagaan dan pencegahan ekstra agar kulit tidak mudah berjerawat. Hal ini disebabkan produksi minyak atau sebum yang berlebihan akan membuat kotoran dan debu mudah menempel pada wajah.

Selalu bawa kertas minyak kemanapun untuk menyerap minyak berlebih yang menempel pada wajah anda jika anda memiliki jenis kulit yang berminyak. Namun, hal ini tidak berarti bahwa orang-orang dengan kulit normal dan kering tidak memiliki risiko terserang jerawat.

Hal diatas adalah ulasan mengenai faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat pada daerah wajah, punggung, dan dada anda. Dengan mengetahui penyebab jerawat, anda bisa melakukan tindakan pencegahan atau pengobatan jerawat. Dapatkan kulit yang mulus dan cantik dambaan setiap wanita.