Memilih Produk Kecantikan Untuk Kulit Berjerawat

Ada banyak obat jerawat yang tersedia di pasaran saat ini, baik itu berbahan dasar alami maupun produk kimia yang biasa dijual di apotik / dokter kulit. Menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan menggunakan bahan kimia biasanya cepat membuahkan hasil, namun jika tidak cocok dengan kulit anda, akan menimbulkan efek samping. Sedangkan menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami memang menjadi pilihan yang lebih aman dan murah, meskipun proses dan hasilnya membutuhkan waktu yang lama. Ini tergantung preferensi masing-masing individu. Selain itu, memilih produk kecantikan untuk kulit berjerawat yang tepat pun menjadi poin penting untuk diperhatikan.

Lalu, apa saja hal yang harus diperhatikan saat memilih produk kecantikan untuk kulit berjerawat? Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai jenis-jenis produk kecantikan wajah yang cocok untuk kulit berjerawat:

1. Pakailah Pembersih (Cleansing Milk) untuk Wajah Berjerawat.

Mengatasi jerawat dan bekasnya dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan wajah dan menggunakan produk pembersih yang tepat. Memilih produk kecantikan untuk kulit berjerawat yang tepat wajib dilakukan agar jerawat membandel dan bekasnya yang telah ada tidak semakin parah, mencegah jerawat baru, dan menyembuhkan jerawat yang telah ada.

Cara memilih pembersih wajah bagi anda yang memiliki masalah kulit berjerawat:
• Tentukan jenis kulit anda terlebih dahulu. Jika anda memiliki kulit yang sensitif dan kali pertama anda mencoba produk tersebut, belilah kemasan kecilnya jikalau produknya tidak cocok dengan jenis kulit anda.
• Belilah produk pembersih wajah yang yang terdapat label non-comedogenic, oil-free, oil-control, dan anti-acne. Biasanya, produk-produk ini telah dirancang khusus untuk mencegah, merawat, dan mengobati, dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Noncomedogenic artinya produk tersebut tidak bersifat menutupi pori-pori kulit. Oil-free artinya produk tidak mengandung minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Anti-acne artinya produk tersebut dapat membasmi bakteri P.acnes yang dapat menyebabkan jerawat. Oil-controll artinya produk dapat mengontrol produksi sebum yang dihasilkan kelenjar sebaceous yang dapat menyebabkan jerawat.
• Gunakan produk pembersih wajah yang ringan, halus, dan lembut. Hindarilah penggunaan pembersih wajah yang menggunakan scrub untuk kulit berjerawat. Tekstur yang kasar dari scrub malah akan melukai jerawat dan membuat jerawat semakin parah. Selain itu, scrub juga akan merangsang produksi sebum berlebih yang dapat menutup pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.
• Gunakan pembersih yang ringan, lembut, dan tidak abrasive. Pastikan produk pembersih alcohol-free atau tidak menggunakan alcohol. Menggunakan pembersih yang mengandung alcohol malah menyebabkan kulit menjadi kering, sensitif, dan mudah teriritasi jika terkena faktor eksternal yang dapat menyebabkan jerawat.
• Gunakanlah pembersih yang dapat mematikan bakteri penyebab jerawat, mebuka pori-pori yang tersumbat, mengurangi warna kemerahan pada jerawat, dan mengontrol produksi sebum yang berlebih. Pilihlah pembersih yang mengandung benzoyl peroxide, herbal clay, sodium sulfacetamide, dan salicylic acid.
• Memilih produk kecantikan untuk kulit berjerawat yang mengandung brightening Essence untuk mengatasi kulit kusam akibat penimbunan sel-sel kulit mati dan warna kulit yang tidak merata akibat jerawat. Ini akan memberikan efek kulit yang lebih cerah, segar, dan sehat.
• Pilihlah pembersih yang mengandung ceramides, mineral oil, lanolin, dan petrolatum untuk membantu melembabkan kulit. Hal ini dikarenakan biasanya produk pembersih akan sangat mengeringkan kulit anda.
• Lakukan konsultasi kepada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan produk mana yang cocok untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya ampuh.

2. Pilihlah Toner untuk Kulit Wajah Berjerawat

Hal yang perlu anda ketahui adalah mencuci wajah dengan air belum cukup membersihkan wajah dari bakteri, debu, dan minyak yang dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, toner digunakan untuk mebuat kulit wajah bersih secara maksimal. Toner wajah merupakan produk yang membuat wajah selalu bersih dan terbebas dari bakteri P.acnes yang dapat menyebabkan jerawat. Toner juga dapat membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya. Selain itu, bagi anda yang memiliki kulit wajah yang berjerawat, anda perlu memperhatikan toner yang akan anda pakai untuk perawatan kulit berjerawat. Gunakanlah toner yang memiliki kandungan minyak pohon teh yang dapat mengontrol produksi sebum pada kulit.

Cara pemilihan toner untuk kulit berjerawat:

• Gunakanlah Toner yang Sesuai dengan Jenis Kulit Anda.
Tidak semua produk toner yang beredar di pasaran dapat digunakan oleh anda. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Bagi anda yang memiliki kulit normal, pemilihan toner ini mungkin tidak akan terlalu sulit. Bagi anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, hendaknya anda menggunakan toner yang berlabel astringent. Toner astringent akan mengangkat produksi sebum berlebih, mengontrol prodksi sebum, dan mengencangkan kulit. Selain itu, jika anda memiliki jerawat, pilihlah toner yang mengandung asam salisilat. Zat tersebut dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengangkat sel-sel kulit mati. Bagi anda yang memiliki jenis kulit kering, anda perlu lebih selektif lagi dalam memilih toner. Hal ini dikarenakan toner kebanyakan mengandung alcohol yang dapat membuat wajah anda semakin kering. Sebaiknya, anda memilih toner yang tidak mengandung alcohol dan memilih yang kandungan utamanya air.
• Memilih Produk Kecantikan untuk Kulit Berjerawat yang Memiliki Kandungan Utama Air atau Water-based.
Jika anda memiliki kulit yang berjerawat, hendaklah anda menggunakan toner yang memiliki kandungan utama air. Air akan membuat wajah anda segar, sedangkan kandungan alcohol akan membuat wajah anda terlalu kering. Toner yang memiliki kandungan utama air juga akan menghilangkan sebum atau minyak berlebih pada kulit wajah.
• Gunakan Toner Non-Comedogenic dan Gunakan Toner Cukup Sekali Sehari.
Produk toner yang berlabel non-comedogenic berarti tidak bersifat menutup pori-pori dan tidak memicu timbulnya komedo dan jerawat. Selain itu, gunakan toner pada sore hari setelah anda berpergian. Hal ini disebabkan setelah anda berpergian, kotoran dan debu akan menempel pada wajah yang dapat menyebabkan jerawat.

3. Gunakan Moisturizer atau Pelembab yang Cocok untuk Kulit Berjerawat.

Bagi anda yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak, penggunaan pelembab yang tepat dapat mencegah, merawat, dan menghilangkan jerawat dan bekasnya dalam waktu singkat. Pilih dan gunakanlah moisturizer yang mengandung jojoba oil yang sesuai untuk kulit berminyak dan sensitif.

Cara pemilihan pelembab yang berguna untuk mengatasi kulit yang berminyak dan berjerawat:
• Gunakanlah Pelembab yang Non-Comedogenic atau Anti-Komedo
Pelebab yang bersifat non-comedogenic tidak akan menutup pori-pori kulit dan menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat.
• Pakailah Pelembab yang Memiliki Kandungan Utama Air atau Water-based.
Pelembab yang memiliki kandungan utama air mampu mengatasi produksi sebum atau minyak berlebihan pada kulit. Selain itu, pelembab ini juga akan menambah kesegaran pada kulit. Ditambah, pelembab dengan formula Water-based akan memudahkan kandungan meresap kedalam kulit dan tidak menimbulkan masalah kulit serperti jerawat dan bekasnya. Produk semacam ini relative lebih aman untuk semua jenis kulit, baik untuk kulit kering, minyak, dan berjerawat.
• Gunakan Pelembab yang Tidak Memiliki Kandungan Pemutih
Jika anda memiliki kulit wajah yang berjerawat, hendaknya tidak menggunakan pelembab yang memiliki kandungan pemutih. Kulit sensitif tidak tahan terhadap produk yang memiliki kandungan pemutih didalamnya.

4. Gunakan Kosmetik yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Memilih Produk Kecantikan Untuk Kulit Berjerawat

Banyak orang yang percaya bahwa penggunaan kosmetik dapat memperparah kondisi kulit berminyak dan jerawat yang bersarang di wajah anda. Faktanya, penggunaan kosmetik pada wajah berjerawat masih diperbolehkan asal dilakukan dengan cara yang tepat.

Cara memilih kosmetik / produk kecantikan untuk kulit berjerawat:
• Pilih kosmetik berupa blush on dan eye shadow yang bersifat non-comedogenic, non-oil, dan hypoallergenic karena bebas minyak dan tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit.
• Hindari menggunakan kosmetik yang mengandung alcohol karena akan menyumbat pori-pori dan membuat kulit terlalu kering.
• Pilihlah kosmetik yang mengandung air sebagai kandungan utama, zinc, silica, dan titanium oksida untuk menyrap minyak dan mengobati jerawat.
• Jika kulit anda mengalami iritasi atau kemerahan, sebaiknya hindari penggunaan kosmetik tersebut.

Daftar kosmetik dan cara penggunaannya untuk kulit wajah berjerawat:
• Gunakan Foundation yang Tepat. Pilihlah jenis foundation yang cair karena foundation cair akan lebih mudah dibersihkan dan tidak melekat sepenuhnya dibandingkan foundation yang padat.
• Pilih Bedak tabur dibandingkan bedak padat. Bedak tabur memiliki peluang yang lebih kecil untuk menyumbat pori-pori kulit dibandingkan bedak padat.
• Pakai Blush-on dengan tepat. Gunakanlah blus-on secukupnya dan gunakan merek yang biasa dipakai karena ini tidak akan menambah peradangan dan iritasi jerawat bertambah parah.
• Gunakan Masker Wajah. Sebaiknya anda membuat maker wajah sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami. Hal ini akan mencegah jerawat terpapar bahan-bahan kimia yang akan menyebabkan iritasi.
• Tidak menggunakan BB dan CC cream saat kulit berjerawat. Menurut dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK, Dip.AAAM, MHkes, FKKCS, dermatovenerologist di Rumah Sakit Siloam T.B. Simatupang, hindari penggunaan kosmetik tersebut untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan kelembaban yang dimiliki kedua krim itu sangatlah tinggi dan tidak cocok untuk anda yang memiliki kulit tropis.

Berikut tadi adalah ulasan mengenai cara memilih produk kecantikan untuk kulit berjerawat. Diharapkan, dengan pemilihan obat jerawat yang tepat dan produk perawatan kecantikan harian yang sesuai akan menjadikan kulit bebas jerawat seperti yang diharapkan. Selamat mencoba.