Jenis Salep Penghilang Jerawat Di Apotik

Cara menghilangkan jerawat yang paling mudah dapat dilakukan dengan membeli jenis salep penghilang jerawat di apotik. Salep jerawat tentunya memiliki zat-zat yang dapat meringankan dan mengobati masalah jerawat anda. Selain itu, salep jerawat juga relative murah dan aman. Peramasalahannya adalah salep jerawat mana yang cocok untuk kondisi jerawat anda?

Pada umumnya, mungkin anda tidak tahu salep jerawat mana yang paling ampuh di apotik. Masalah lainnya adalah anda tidak bisa coba-coba untuk mencoba salep jerawat yang tersedia di apotik. Jika salep jerawat tidak cocok dengan kondisi wajah anda, bisa-bisa jerawat semakin parah, meradang, dan menyebar. Tidak penting salep jerawat tersebut murah atau mahal, yang penting adalah salep tersebut cocok dengan kondisi jerawat anda.

Penasaran dengan salep-salep jerawat untuk mengobati jerawat ada?

Nah, kali ini seputarjerawat.com akan mengulas beberapa salep penghilang jerawat yang paling ampuh di apotik. Simak yuk penjelasan lengkapnya!

1. Vitacid

Vitacid adalah salah satu salep penghilang jerawat yang paling ampuh dan salep kulit tercepat untuk jerawat di apotik. Sebenarnya salep jerawat vitacid adalah salep yang memiliki berbagai fungsi untuk kulit. Vitacid adalah salep jerawat yang berbentuk sediaan farmasi krim dengan warna putih kekuningan. Vitacid mengandung antibiotic kuat yang berguna untuk mempercepat penyembuhan kulit dan juga membunuh bakteri penyebab jerawat.

salep penghilang jerawat

Salep jerawat ini juga mengandung asam retinoat atau retinoic acid yang merupakan derivate vitamin A. Salep ini memiliki tiga tingkatan sesuai asam retinoic didalamnya. Tingkatan yang paling rendah adalah 0,025%, tingkatan sedang adalah 0,05%, dan tingkatan paling tinggi adalah 0,1%.

Apa saja manfaat Vitacid untuk menghilangkan jerawat? Vitacid dapat menghilangkan jerawat yang baru tumbuh dan mencegah jerawat semakin meradang. Vitacid juga dapat mengatasi bekas jerawat baik bekas jerawat yang berwarna hitam maupun merah. Salep jerawat ampuh ini juga dapat mengeluarkan komedo baik komedo hitam maupun putih. Selain itu, vitacid juga mampu mengatasi keriput yang terbentuk sebelum waktunya.

Namun, pengobatan jerawat dengan Vitacid ini akan menimbulkan efek samping berupa jerawat yang menjadi hitam, kulit menjadi kemerahan, dan pengelupasan kulit. Asam retinoic juga sangat sensitif terhadap cahaya matahari. Oleh karena itu, anda dilarang kontak langsung dengan sinar matahari jika sedang mengaplikasikan Vitacid.

Jika efek samping makin parah, anda bisa menghentikan penggunaan untuk sementara atau mengurangi intensitas pemakaian. Walaupun begitu banyak efek samping yang perlu diperhatikan, Vitacid relative aman jika pengguna mematuhi cara pakai salep ini. Harga Vitacid di apotik sekitar Rp38.000.

2. Mediklin

Mediklin juga bisa jadi salah satu pilihan untuk mengetasi jerawat yang bersarang di wajah. Salep penghilang jerawat mediklin terbagi menjadi dua yaitu mediklin ungu dan orange. Baik Mediklin ungu maupun orang berharga sekitar Rp40.000. Karena terbagi menjadi dua, mediklin ungu dan mediklin orange memiliki fungsi yang berbeda.

salep penghilang jerawat

Mediklin orange digunakan untuk jerawat yang baru tumbuh di wajah. Mediklin orange ini mengandung alcohol dan anti-bakteri didalamnya. Cara kerja mediklin ini cukup simple yaitu dengan mengempiskan dan mengeringkan jerawat yang baru tumbuh. Kemudian, anti-bakteri dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, kandungan alcohol dapat menyebabkan rasa panas dan perih pada jerawat.

Sedangkan mediklin ungu digunakan untuk jerawat yang sudah parah dan mencegah jerawat yang telah hilang datang kembali. Mediklin ungu ini mengandung clindamycin phosphate sekitar 1,2%, tertinoin 0,025%, dan tidak mengandung alcohol. Karena tidak adanya kandungan alcohol, mediklin ungu tidak akan perih saat dioleskan pada jerawat.

3. Melanox Cream

Melanox cream adalah salep jerawat yang mengandung hidrokuinon sebanyak 2%. Mengenai salep jerawat ini, ada satandar baku penggunaan hidrokuinon yang aman. Pada tahun 2008 ditetapkan bahwa penggunaan hidrokuinon tanpa resep dokter hanya boleh sampai kadar 0,03%.

salep penghilang jerawat

Namun, sekarang ini, penggunaan hidrokuinon boleh lebih dari kadar tersebut. Jadi, jika anda tidak yakin atau ragu apakah hidrokuinon aman, jangan gunakan tanpa resep dari dokter. Di apotik, harga salep jerawat Melanox Cream berkisar Rp33.000. Namun, masih ada jenis melanox cream yang ada di apotik yaitu Melanox Premium, dan Melanox Forte.

Melanox Premium mengandung whitening formula yang dapat memutihkan kulit. Namun, harganya cukup mahal yaitu Rp250.000. Sedangkan Melanox Forte mengandung hidrokuinon yang lebih tinggi yaitu 4% dan mengandung AHA Glycolic acid. Selain menghilangkan jerawat, Melanox cream juga dapat melawan penuaan dini, membuat wajah lebih cerah, sebagai UV protector, obat penghilang bekas luka, dan masih banyak lainnya.

4. Quinoderm Cream

Jika anda memililiki jerawat dengan tingkat keparahan sedang dan memerah, anda bisa menggunakan Quinoderm cream. Quinoderm cream terbagi menjadi 2 yaitu Quinoderm 5% dan Quinoder 10% yang mengandung Benzoyl Peroxide yang cukup tinggi yaitu 5% dan 10%.

Quinoderm 5% bagus digunakan jika anda memiliki jerawat ringan. Namun jika anda mengalami jerawat batu atau jerawat yang lebih parah, anda bisa menggunakan Quinoderm 10%. Benzoil peroksida dalam kedua jenis Quinoderm sangat ampuh mempercepat proses penyembuhan, pengempisan, dan pengeringan jerawat. Baik Quinoderm 5% maupun 10% memiliki dual action yaitu membasmi bakteri penyebab jerawat sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan jerawat.

Namun, anda tidak boleh menggunakannya terlalu sering atau berlebihan. Sebelum menggunakan salep untuk jerawat ini, sebaiknya anda membaca dengan teliti aturan pakai dan kontra indikasi yang tertera pada kemasannya.

5. Salep Retinoid

Salep retinoid adalah salah satu salep jerawat resep dokter yang dapat mengatasi jerawat yang bersarang di kulit wajah. Bahkan, salep ini juga mampu mengatasi komedo dan bintik hitam pada kulit wajah. Salep retinoid mengandung retinoic acid yang merupakan metabolit dari vitamin A.

Salep Retinoid bekerja dengan cara menghilangkan sel-sel kulit mati dan membasmi bakteri sehingga mencegah munculnya jerawat. Dengan begitu, jerawat di wajah akan berangsur berkurang dan menghilang. Salep ini juga berfungsi untuk mempengaruhi pertumbuhan sel sehingga jumlah dan tingkat keparahan jerawat dapat ditangani.

Salep retinoid termasuk salah satu salep jerawat yang memerlukan resep dokter. Hal itu dikarenakan dosis retinoic acid berbeda-beda untuk setap pasien. Namun, biasanya dokter menganjurkan penggunaan salep ini 1×24 jam dan dioleskan pada malam hari sebelum tidur. Dibutuhkan penggunaan beberapa minggu hingga salep membuahkan hasil, biasanya 9-12 minggu.

Namun, salep retinoid memiliki beberapa efek samping. Salep ini dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Selain itu, salep retinoid juga terkadang menimbulkan iritasi kulit seperti kulit gata-gatal, memerah, dan pengelupasan kulit.

6. Brevoxyl

Brevoxyl adalah salah satu salep penghilang jerawat di apotik termasuk kimia farma dan K24 yang ampuh dan sudah beredar di pasaran. Salep ini mengandung benzoil peroksida hingga 4% sehingga dapat mengatasi jerawat yang sudah parah termasuk jenis jerawat batu. Brevoxyl bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat.

Seperti yang diketahui, bakteri dapat menyebabkan jerawat menjadi bernanah. Selain itu, salep jerawat ini juga mampu mempercepat proses pengeringan dan pengempisan jerawat batu.

7. Acnecidine 5% Gel

Salep ampuh untuk jerawat yang dapat didapatkan di apotek adalah Acnecidine. Acnecidine mengandung benzoil peroksida hingga 5%. Seperti yang telah diketahui, benzoil peroksida dapat membunuh dan membasmi Propanobacterium acnes yang dapat menyebabkan jerawat. Acnecidine juga memiliki komposisi yang dapat menurunkan produksi minyak pada wajah. Namun, Acnecidine memiliki efek samping yang dapat membuat kulit menjadi kering.

Itulah tadi beberapa salep penghilang jerawat yang ampuh di apotik termasuk kimia farma dan k24. Bukan berarti salep lain misalnya salep jerawat acnes yang tidak disebutkan dalam artikel ini tidak ampuh. Jika anda tidak yakin atau ragu, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli kulit. Anda juga bisa melakukan perawatan laser bekas jerawat jika jerawat anda sudah terlalu parah dan anda menginginkan hasil yang cepat dan instan.