Jangan Salah Pilih Serum Untuk Kulit Berjerawat

Serum wajah adalah salah satu produk skin care yang kini sedang populer untuk mempercantik dan merawat wajah. Pilihan serum pun makin variatif dan beragam. Mulai dari merek yang ternama hingga merek lokal mulai muncul dengan masing-masing keunggulannya. Jenis serum untuk kulit berjerawat adalah serum yang paling banyak dicari.

serum untuk kulit berjerawat

Untuk mengetahui seluk-beluk serum untuk kulit berjerawat, simak informasinya dibawah ini.

I. Fakta Serum

Fakta yang pertama adalah serum dibuat untuk mengatasi kondisi dan masalah-masalah kulit yang berbeda. Jadi, apakah serum cocok digunakan untuk kulit berjerawat? Ya, tentu saja. Serum dapat mengatasi berbagai masalah kulit diantaranya adalah jerawat, minyak berlebih, penuaan dini, keriput, kulit kering, wajah kusam, dan flek hitam.

serum untuk kulit berjerawat

Fakta yang kedua adalah serum diformulasikan dengan molekul yang lebih kecil sehingga mudah menyerap kedalam kulit dibandingkan pelembab atau krim biasa. Hal ini akan memberikan hasil yang lebih maksimal dalam perawatan dan kecantikan wanita.

Fakta yang ketiga, serum selalu dibuat dalam bentuk cair atau gel agar lebih mudah saat dikombinasikan dengan perawatan wajah lainnya seperti krim siang atau malam. Hal ini akan menyebabkan kulit terhindar dari masalah dehidrasi atau kekeringan kulit.

Fakta yang keempat adalah meski sering disamakan dengan krim dan pelembab, serum adalah produk perawatan yang berbeda. Serum tidak dapat dipakai sendirian karena tidak akan berefek maksimal. Oleh karena itu, gunakan serum untuk membooster kinerja dari krim perawatan wajah harian ANda.

Fakta yang kelima adalah pemakaian serum harus sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan dan jangan dipakai berlebihan. Jika digunakan terlalu banyak, serum malah akan memberikan dampak buruk pada kulit. Biasanya cukup 1-2 tetes serum untuk ditepuk – tepukkan ke wajah.

Fakta yang keenam adalah serum tidak bersifat tahan lama. Serum memiliki kandungan yang mudah rusak. Oleh karena itu, simpanlah didalam kulkas atau di tempat yang sejuk dan dingin.

Saat Anda berniat membeli serum untuk kulit berjerawat, pastikan untuk memperrhatikan bahan-bahan aktif yang terkandung dalam serum.

II. Tips Memilih Serum untuk Kulit Berjerawat

Setelah mengetahui 6 fakta mengenai serum, kini saatnya anda perlu mengetahui tips memilih serum untuk kulit berjerawat. Tips yang pertama adalah ketahui terlebih dahulu jenis kulit anda. Terdapat lima jenis kulit yang biasanya dimiliki seseorang yaitu berminyak, kering, normal, sensitif, dan kombinasi. Bijaklah dan jangan sampai sembarangan memilih serum. Hal ini akan menimbulkan dampak buruk jika anda terkena efek sampingnya.

Tips yang kedua dalam memilih serum adalah pahami kondisi dan masalah kulit anda dan tentukan tujuan pemakaian dari serum yang sudah disesuaikan dengan jenis kulit anda tersebut. Misalnya, jika anda memiliki jenis kulit berminyak dan mengalami masalah jerawat, sebaiknya anda memilih serum untuk jerawat. Setelah itu, pilihlah serum yang memang anda inginkan.

Serum untuk jerawat biasanya dianjurkan untuk mengandung Tea Tree. Tea tree bermanfaat untuk mengatasi infeksi bakteri pada prajurit yang berperang sejak abad ke-18. Awal tahun 1900-an, tea tree digunakan untuk mengatasi komedo, jerawat, kulit berminyak, kulit kombinasi, bakteri, dan jamur. Bahkan hasil sebuah penelitian menyatakan bahwa Tea Tree memiliki efek yang sama dengan benzoil peroksida.

Seperti yang telah diketahui, benzoil peroksida dapat mengatasi jerawat yang meradang. Letak perbedaannya adalah tea tree cenderung aman karena berasal dari bahan alami dan organic. Nah, salah satu produk serum untuk jerawat yang seputarjerawat.com rekomendasikan untuk anda adalah Essential Acne Prone Gel Serum dari Egyptian Beauty Skin. Serum ini bertekstur gel sehingga mudah diserap oleh kulit dan mengandung bahan aktif Tea Tree Oil dan Triclosan.

serum untuk kulit berjerawat

Tips yang ketiga adalah perhatikan petunjuk dan aturan cara pemakaian. Meski serum telah terbukti aman dan bagus, pemakaian yang salah malah akan menimbulkan masalah baru.

III. Cara Menggunakan Serum

Setelah mengetahui tips memilih serum yang cocok untuk kulit berjerawat dan mengetahui manfaat serum untuk kulit berjerawat, anda juga perlu mengetahui cara menggunakan serum.

Langkah yang pertama adalah cuci wajah dengan air hangat, kemudian keringkan. Kemudian anda bisa menggunakan toner terlebih dahulu untuk menyegarkan kulit sebelum menggunakan serum. Anda dapat membaca tips memilih toner untuk kulit berjerawat disini.

Langkah selanjutnya, teteskan 1-2 tetes serum kemudian ratakan pada wajah dan leher. Lakukan hal tersebut dua kali sehari pada pagi dan malam sebelum mengaplikasikan krim siang ataupun krim malam. Serum tidak akan bekerja dengan baik jika anda menggunakannya berlebihan atau salah.

serum untuk kulit berjerawat

Anda bisa memijat ringan kulit wajah saat serum dioleskan untuk memudahkan penyerapan bahan serum untuk kulit berjerawat. Tunggu 2-3 menit. Setelah itu, baru lanjutkan dengan rangkaian produk perawatan lainnya seperti pelembab, tabir surya, dan krim mata.